Yang Termasuk Kesalahan Dalam Melakukan Servis Adalah

Yang Termasuk Kesalahan Dalam Melakukan Servis Adalah

Berikut bukan termasuk kesalahan servis atas dalam bola voli adalah

Ada berbagai macam teknik dalam permainan bola voli. Namun sering kali terjadi kesalahan dalam teknik tersebut jika teknik tidak dikuasai dengan baik, terutama dalam teknik servis bawah. Untuk bisa menghindari terjadinya kesalahan, maka harus diketahui terlebih dahulu kesalahan apa saja yang mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam teknik servis bawah bola voli:

ane. Posisi kaki yang salah

Teknik servis bawah dalam permainan bola voli merupakan teknik servis yang paling mudah. Meskipun begitu, ada saja kesalahan yang mungkin terjadi ketika melakukannya. Salah satunya adalah posisi kaki yang salah. Dalam melaksanakan teknik servis bawah, posisi kaki yang sejajar merupakan salah satu kesalahan.

Salah satu posisi kaki haruslah berada di depan dan satu lagi berada di belakang. Hal ini berguna agar ketika melakukan servis, badan tetap bisa diseimbangkan dan pukulan tetap akurat.

2. Pukulan terlalu pelan

Kesalahan lain yang sering terjadi dalam teknik servis bawah adalah pukulan yang terlalu pelan. Pukulan yang terlalu pelan menyebabkan bola sulit menyeberang ke daerah lawan atau bahkan tidak dapat menyeberang melewati net. Hal ini tentu merugikan tim.

Pukullah bola dengan kekuatan yang cukup keras agar bola bisa melaju dengan kecepatan yang baik untuk masuk ke dalam daerah lawan. Pastikan pula arah pukulan tepat agar bola tidak keluar garis.

three. Bola bergerak ke atas

Kesalahan selanjutnya adalah bola bergerak ke atas. Bola yang diservis seharusnya bergerak ke depan memasuki daerah lawan, namun adakalanya bola justru bergerak ke atas dan kembali lagi ke posisi kita berdiri. Hal ini dikarenakan kesalahan dalam teknik memukul bola.

Hal yang harus dilakukan adalah mengarahkan kepalan tangan dalam ke arah depan dan memukul bola sambil mendorongnya ke arah depan. Dengan begitu, bola tidak akan bergerak ke atas. Pastikan pula kepalan tangan dalam kondisi tegang sehingga memiliki kekuatan yang cukup untuk menyeberang melewati cyberspace.

4. Memukul sebelum tanda

Kesalahan yang ini biasanya terjadi akibat terlalu gugup. Memukul bola sebelum Pluit dibunyikan merupakan salah satu kesalahan yang sering terjadi. Wasit biasanya hanya akan melakukan teguran untuk kesalahan ini. Namun jika sudah 3 kali melakukan kesalahan ini maka kesempatan akan diberikan pada tim lawan.

5. Bola tidak terpukul

Bola yang tidak terpukul akan kembali ke daerah sendiri sehingga menjadi poin bagi tim lawan. Maka dari itu, konsentrasi penuh saat melakukan servis adalah hal yang sangat penting.

Baca :   Kegiatan Menghasilkan Barang Atau Jasa Disebut

6. Bola keluar garis

Kesalahan ini terjadi akibat kurang fokus saat melakukan servis bawah. Pukulan tidak tepat ke arah daerah lawan sehingga bola justru keluar garis. Kesalahan ini menyebabkan poin bagi lawan sehingga sangat merugikan tim.

Itulah kesalahan dalam teknik servis bawah bola voli yang perlu diketahui agar bisa dihindari. Dengan latihan yang rutin dan disiplin, maka kesalahan tersebut bisa dihindari.


Page 2

Berikut bukan termasuk kesalahan servis atas dalam bola voli adalah

Berikut bukan termasuk kesalahan servis atas dalam bola voli adalah

Salah satu teknik dalam permainan bola voli yang harus dilatih dengan baik adalah teknik passing atas. Teknik passing atas dilakukan untuk menerima dan mengoperkan kembali bola yang datang dari arah atas. Namun dalam melakukan passing atas, terdapat pula beberapa kesalahan yang kadang terjadi. Berikut ini adalah beberapa kesalahan passing atas dalam permainan bola voli:

ane. Kaki tidak ditekuk

Ketika melakukan passing atas, salah satu sikap awalan yang wajib dilakukan adalah menekukkan kedua kaki. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga keseimbangan badan. Jika kaki tidak ditekuk saat akan melakukan passing atas, maka dorongan badan ketika naik ke atas pun jadi tidak maksimal.

Badan yang tidak mencapai ketinggian yang sesuai tentu akan menyebabkan gagal menangkap bola sehingga bola menjadi poin bagi lawan. Maka dari itu, usahakan untuk tetap melakukan passing atas sesuai dengan urutan teknik yang baik dan benar agar passing tidak gagal.

2. Posisi jari salah

Kesalahan lain yang sering terjadi pada saat melakukan passing atas adalah posisi jari yang salah. Jari yang terbuka terlalu lebar dan terlalu lurus justru tidak akan membentuk cekungan mangkuk. Jari yang seperti ini justru membuat bola tidak tertahan sehingga lepas dan jatuh ke dalam daerah tim sendiri.

iii. Posisi siku salah

Selain posisi jari yang salah, posisisiku yang salah juga merupakan salah satu kesalahan dalam passing atas. Jika posisi siku terlalu keluar atau justru terlalu ke dalam, maka hal ini akan menyebabkan jari-jari dan telapak tangan menjadi terlalu datar. Posisi tangan yang datar seperti ini akan menyebabkan bola menjadi tidak bisa ditampung sehingga justru jatuh ke dalam daerah sendiri.

4. Lengan terlalu awal lurus ke atas

Kesalahan lain dalam passing atas adalah lengan terlalu awal lurus ke atas sebelum bola datang. Hal ini justru menyebabkan tangan menjadi kehilangan kekuatan untuk melakukan passing. Sebaiknya lengan tidak langsung naik ke atas sebelum bola datang agar tidak kehilangan tenaga.

Baca :   Mtk Kelas 8 Semester 2 Hal 11

5. Jari tidak terbuka

Pada kebanyakan pemain voli wanita, jari-jari saat akan melakukan passing atas justru tidak terbuka dan cenderung sangat lemas. Hal ini menyebabkan bola jadi tergelincir dan jatuh ke dalam daerah sendiri. Sangat penting untuk membentuk telapak tangan dengan jari terbuka dan tegang agar bola terperangkap.

Itulah beberapa kesalahan dalam passing atas yang perlu diketahui. Untuk menghindari terjadinya kesalahan dan menyebabkan poin pada lawan, maka sebaiknya lakukan latihan passing dengan baik.

Jangan biarkan pola gerak yang salah  dalam permainan bola voli menurunkan kualitas permainan,Dalam permainan bola voli yang harus diperhatikan umumnya seseorang pemain tidak bisa mengetahui letak kesalahannya.




Untuk mengetahui kesalahan mintalah seseorang untuk mengetahui apa saja yang harus dibetulkan saat melakukan teknik dalam bola voli,seperti Passsing bawah,passing atas,blocking dalam bola voli,service bawah,service atas,smash.

Dengan mengetahui kesalahan  lebih awal tentunya  akan meningkatkan kualitas permainan nantinya,Kesalahan itu diantaranya;

  • Kesalahan passing bawah dalam permainan bola voli

  • Kesalahan passing Atas dalam permainan bola voli

  • Kesalahan blocking dalam permainan bola voli


  • Kesalahan Smash dalam permainan bola voli


  • Kesalahan  Servis Atas dalam permainana dalam bola voli


  • Kesalahan Servis Bawah dalam permainan bola voli


Kesalaha pasing bawah yang terus menerus dibiarkan  akan membuat kebiasaan yang buruk,sehingga kualitas passing tidak sesuai yang diharapkan.kesalahan itu antara lain;


  • Lengan terlalu tinggi di atas bahu saat melakukan passing bawah

  • Dalam menerima passing bawah,saat tubuh direndahkan pinggang yang ditekuk seharusnya lutut yang harus ditekuk.

  • Bola tidak kearah muka karena pemindahan berat badan tidak dilakukan yaitu berat badan dari tengah kearah sasaran.

  • Posisi lengan dalam posisi yang tidak tepat,posisinya tidak menempel

  • Saat bola datang ,bola menyentuh tubuh bukan pada bagian lengan.


Kesalahan umum pasing atas yang sering dilakukan sebagai berikut;

  • Dalam sikap persiapan passing atas tidak menekuk lutut serta tidak cepatnya menempatkan badan dibawah bola.
  • Saat melakukan pasing atas membuka jarinya terlalu lebar dan lurus.
  • Saat melakukan passing atas siku keluar kesamping atau terlalu rapat.
  • Pergelangan tangan kurang fleksibel sehingga kurang sempurna.

  • Penekanan bola waktu passing pada ujung jari sehingga kaku sering sobek,apalagi gerakannya mengencup bola.

  • Kurangnya penekanan kekuatan mendorong bola kedepan keatas,dikarenakan sebelum perkenaan bola lengan lurus terlebih dahulu.
  • Kurang keharmonisan gerak beraturan antara jari, pergelangan tangan,lengan, badan dan kaki

  • Gerakan perkenaan bola terlalu eksplosif atau kurang eksplosif sehingga arah dan sasaran bola menyeleweng



  • Penguasaan koordinasi gerakan yang sangat kurang akibat kurangnya belajar


  • Pemain sendiri tidak konsisten saat melakukan latihan ,sering jenuh untuk melakukan latihan-latihan.
  • Saat melakukan passing atas pemain jari-jarinya rapat serta lemas.

  • Menggerakkan pergelangan tangan tidak ke arah depan atas melainkan hanya kedepan saja.





  • Perkenaan bola pada telapak tangan sehingga terdengar bunyi “plak” dalam melaksanakan passing atas.

Baca :   Gambar Batik Fauna Yang Mudah Digambar



Kesalahan saat melakukan blocking  sebagai berikut;


  • Saat ingin melukan blocking melompatnya kurang tepat
  • Dalam melakukan Timing blocking kurang tepat.
  • Memejamkan mata saat melakukan blocking.
  • Memaksakan diri melakukan blocking meskipun jangkauannya terlalu pendek.
  • Saat melakukan blocking tidak melebarkan jari-jari tangan.








Kesalahan umum pada pemain saat melakukan blast  antara lain;



  • Saat melakukan nail bola tidak di pukul secara tepat sasaran
  • Awalan langkah terakhir tidak sesuai.
  • Tolakan hanya menggunakan satu kaki.
  • Saat ingin melakukan smash hanya mengayunkan dengan satu tangan.
  • Dalam melakukan smash pukulan dilakukan dengan tangan bengkok /sikut ditekuk.
  • Pendaratan kaki tidak mendarat bersama-sama setelah melakukan boom.

Kesalahan yang sering dilakukan Saat Melakukan Servis Atas

sebagai berikut;

  • Saat melemparkan bola ,bola tidak di belakang bahu sehingga lengan kesulitan untuk memukul bola.
  • Dalam melakukan service atas lemparan bola tidak di depan tubuh.

  • Tidak memukul  bola dengan tumit telapak tangan tidak terbuka.
  • Saat memukul bola tidak memukul di bagian tengah belakang,apalagi pergelangan tangan  tidak ditekuk,tidak mengakhiri menjatuhkan lengan ke pinggang.


  • Lemparan bola Tidak di belakang bahu dan tidak memindahkan berat badan kedepan

  • Saat melakukan service bawah bola tidak dipegang setinggi pinggul.
  • Pukulan bola tidak tepat pada bagian tengah belakang dan tidak mengayunkan lengan ke depan arah net
  • Pada saat melakukan service bawah pada tangan yang memegang bola ikut di ayunkan.saat memukul bola tidak dengan tumit telapak tangan yang terbuka.
  • saat memukul bola kepala dan bahu tidak berada didepan sejajar dengan lutut,tidak melahkah kedepan dengan kaki depan.

Kesalahan-kesalahan  tersebut harus dipahami.  Kesalahan yang sering dilakukan harus
segera dibetulkan. Kesalahan yang dibiarkan akan mengakibatkan pola gerakan menjadi salah, sehingga gerakan tidak efektif dan tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Orang lain juga sering membacanya;

sportgibaz.blogspot.com










Pengertian pemainlibero dalam bola voli beserta beberapa ketentuan dan aturannya



https://sportgibaz.blogspot.com/2018/08/pengertian-pemain-libero-dalam-bola.html



Yang Termasuk Kesalahan Dalam Melakukan Servis Adalah

Source: https://idkuu.com/berikut-bukan-termasuk-kesalahan-servis-atas-dalam-bola-voli-adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …