Yang Bukan Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat Yaitu

Yang Bukan Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat Yaitu



Teknik Dasar Pencak Silat

– Pencak silat adalah seni bela diri asli Republic of republic of indonesia yang telah menjadi warisan budaya turun-temurun. Seni bela diri pencak silat juga diakui secara resmi sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event-consequence internasional.

Sepanjang sejarah pencak silat, olahraga bela diri ini telah dikembangkan sedemikian rupa di berbagai daerah di Indonesia sehingga masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Dalam praktiknya, teknik dasar pencak silat mengutamakan keindahan dan keharmonisan gerak tubuh.

Gerakan yang mirip seperti tarian dalam pertarungan membuat pencak silat mengandung unsur seni yang sangat dalam. Tentu bukan perkara mudah untuk menguasai seni bela diri ini sehingga Anda yang ingin melakukannya harus mengetahui apa saja teknik dasar dalam pencak silat.

Tabel Konten

  • one

    Teknik Dasar Pencak Silat

    • one.1

      Kuda-Kuda
    • one.2

      Sikap Pasang
    • one.3

      Pola Langkah
    • i.4

      Delapan Penjuru Mata Angin
    • ane.five

      Tendangan
    • i.6

      Pukulan
    • 1.7

      Gerakan ini digunakan saat menyerang atau bertahan. Dalam gerakan pukulan juga masih terbagi menjadi empat jenis, yaitu pukulan lurus, bandul, melingkar, dan tegak.
    • 1.8

      Tangkisan
    • 1.9

      Kuncian
    • one.10

      Berbaring
    • one.eleven

      Guntingan



Teknik Dasar Pencak Silat



Pertandingan pencak silat Indonesia vs Vietnam Body of water Games 2011. Sumber: Wikimedia Commons

Pencak silat adalah keahlian dalam mempertahankan diri dengan menangkis, menyerang, dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Adapun 10 teknik dasar dalam seni bela diri pencak silat yaitu:



Kuda-Kuda



Teknik paling mendasar dalam bela diri pencak silat adalah kuda-kuda. Teknik ini merupakan sikap menapakkan kaki yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan saat bertahan maupun menyerang. Dalam teknik dasar pencak silat, kuda-kuda terbagi menjadi 6 gerakan dasar, yaitu kuda-kuda depan, tengah, belakang, samping, silang, dan depan belakang.

Baca :   Jelaskan Yang Dimaksud Gerak Tari Berpasangan



Sikap Pasang



Teknik yang kedua adalah sikap pasang. Teknik ini merupakan posisi kombinasi antara kuda-kuda dan kemampuan atau fleksibilitas diri yang menyesuaikan keadaan dengan situasi, baik itu saat menyerang atau bertahan.



Pola Langkah



Teknik lainnya yang perlu Anda kuasai selanjutnya adalah pola langkah. Pola langkah maksudnya adalah menggabungkan antara kuda-kuda dengan fleksibilitas langkah dengan pemahaman arah yang benar.

Teknik ini diperlukan agar langkah atau gerakan Anda tidak mudah terbaca oleh lawan. Seperti saat mengubah pijakan kaki dari satu sudut ke sudut lainnya.



Delapan Penjuru Mata Angin



Kemampuan seorang pesilat akan meningkat apabila berhasil menguasai teknik delapan penjuru mata angin. Teknik ini berhubungan dengan arah gerak pesilat yang akan melangkah dalam posisi bertahan ataupun menyerang. Gerakannya menyerupai sudut di tiap arah penjuru mata angin.



Tendangan



Ssilat menggabungkan antara keharmonisan gerak tubuh, tangan, dan kaki. Itulah alasannya teknik tendangan menjadi salah satu yang paling dasar dan harus dikuasai. Teknik tendangan terbagi menjadi empat jenis, yaitu tendangan lurus ke depan, ke samping, memutar, dan melingkar.



Pukulan





Gerakan ini digunakan saat menyerang atau bertahan. Dalam gerakan pukulan juga masih terbagi menjadi empat jenis, yaitu pukulan lurus, bandul, melingkar, dan tegak.





Tangkisan



Seorang pesilat tidak hanya dituntut untuk mampu menyerang dengan baik, namun juga bertahan sama baiknya. Itulah mengapa teknik tangkisan menjadi sangat penting untuk dikuasai agar pesilat dapat menghindari serangan lawan. Terdapat empat tangkisan, yaitu tangkisan luar, dalam, atas, dan bawah.



Kuncian



Pencak silat sangat terkenal dengan teknik kuncian yang mematikan. Kuncian umumnya digunakan untuk menyasar bagian vital seperti leher, dagu, kaki, dan pergelangan tangan lawan.

Baca :   Baju Koko Pria Warna Abu Abu



Berbaring



Sikap berbaring merupakan salah satu teknik yang perlu dilakukan saat kondisi terpojok. Ketika Anda terjatuh, Anda tetap bisa membela diri dengan membalikkan keadaan lewat teknik berbaring.



Guntingan



Untuk yang terakhir adalah guntingan, yaitu teknik yang dilakukan dengan cara melakukan tendangan seperti gunting yang menjepit. Tujuannya untuk menjatuhkan dan melumpuhkan lawan.

Demikianlah beberapa teknik dasar pencak silat yang perlu Anda ketahui. Dengan menguasai teknik-teknik, maka kemampuan silat Anda bisa terasah dengan lebih baik lagi.

Yang Bukan Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat Yaitu

Source: https://asriportal.com/yang-bukan-teknik-tendangan-dalam-pencak-silat-yaitu/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …