Tuliskan Tujuan Utama Dari Bermain Bola Voli

Tuliskan Tujuan Utama Dari Bermain Bola Voli

Bola.com, Jakarta –
Bola voli merupakan satu di antara cabang olahraga (cabor) bola besar yang diciptakan oleh Wiliam Thou. Morgan pada 1895. Olahraga ini sebelumnya hanya berkembang dan dimainkan di Amerika maupun negara sekitarnya sehingga pada waktu itu kurang begitu terkenal.

Namun, seiring berjalannya waktu, bola voli kemudian menyebar ke Benua Eropa dan Asia. Alhasil, perlahan banyak yang gemar memainkan olahraga ini.

Berkat ketenarannya, olahraga bola voli telah dijadikan sebagai salah satu cabor berbagai turnamen tingkat dunia, mulai SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga ini, maka langkah awal yang harus disiapkan tentunya perlengkapan olahraga bola voli. Itu menjadi faktor pendukung yang bisa membuat Anda layaknya seorang pemain voli profesional.

Tak hanya itu, Anda juga harus mengetahui lebih dahulu bahwa olahraga bola voli juga memiliki tujuan yang terkandung di dalamnya, baik secara eksplisit maupun tujuan secara implisit.

Lantas, apa saja tujuan utama permainan bola voli? Berikut ulasan selengkapnya.

one. Tujuan Permainan Bola Voli: Melewatkan Bola di Atas Cyberspace

Tujuan yang pertama ini termasuk ke dalam salah satu peraturan permainan bola voli yang paling mendasar. Kedua tim yang bertanding harus berusaha membuat bola melewati cyberspace.

Kemudian, harus menempatkan bola tersebut di lantai area lawan yang sekiranya mereka tidak bisa menjangkau bola tersebut.

Jika diperhatikan, tujuan ini tidak jauh berbeda dengan yang ada dalam permainan bulu tangkis hingga tenis. Pemain harus berusaha bagaimana caranya supaya bola mampu melewati cyberspace dan jatuh di area yang sulit dijangkau oleh lawan.

Baca :   Variasi Dan Kombinasi Gerak Dasar Melakukan Lompat Jauh Adalah

2. Tujuan Permainan Bola Voli: Menjaga Kesehatan Tubuh

Sama halnya dengan cabang olahraga lain, bola voli juga memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seseorang yang hobi bermain bola voli akan membuat tubuhnya selalu dalam kondisi prima dan memiliki stamina yang kuat.

Hal tersebut disebabkan karena di dalam permainan bola voli, terdapat banyak pergerakan tubuh yang dilakukan untuk mempelancar peredaran darah, meregangkan otot sehingga akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Di sisi lain, permainan bola voli akan menambah ketahanan jantung sehingga jangan heran jika para atlet voli memiliki stamina yang cukup kuat ketika berlari atau jogging.

3. Tujuan Permainan Bola Voli: Mencari Prestasi

Tentunya, semua orang yang memiliki hobi dalam dunia olahraga bukan hanya bertujuan menyehatkan tubuh dan menuruti kegemarannya, tetapi jauh di dalam hati kecilnya mereka ingin berprestasi.

Bahkan, tak ada satu atlet pun yang ingin melewatkan kesempatan meraih prestasi yang akan mengharumkan nama dirinya, daerah, maupun negaranya.

Kendati demkian, bagi Anda yang ingin lebih dalam mempelajari bola voli untuk mencapai prestasi, maka terlebih dahulu harus menguasai berbagai macam teknik maupun skill yang ada pada olahraga tersebut.

Anda juga tidak boleh melewatkan untuk belajar mengenai variasi permainan bola voli yang jarang diketahui orang lain.

iv. Tujuan Permainan Bola Voli: Mencapai Kemenangan

Tak berbeda dengan cabang olahraga lainnya, faktor kemenangan menjadi salah satu tujuan utama karena hal inilah yang akan membuat pemain tersebut menorehkan prestasi. Semua olahraga tentunya bertujuan memperoleh kemenangan ketika bertanding.

Karena itulah kemenangan termasuk ke dalam salah satu tujuan permainan bola voli yang juga sekaligus menjadi tujuan paling umum pada olahraga yang lainnya.

Baca :   Perpaduan Kalimat Yang Berkaitan Dengan Ide Pokok Disebut

5. Tujuan Permainan Bola Voli: Membentuk Solidaritas

Tidak bisa dipungkiri olahraga yang dimainkan secara beregu akan memberikan dampak positif, yakni membentuk solidaritas antara sesama pemain.

Setiap pemain akan berusaha melengkapi satu sama lain sehingga akan membentuk sebuah kekompakan yang ada di antara sesama pemain bola voli, atau dikenal dengan julukan “squad work”.

Di sisi lain, apabila para pemain atau atlet memiliki jam terbang banyak, maka akan membuatnya menjalin banyak pertemanan dari berbagai daerah dan negara jika olahraga yang diperlombakan tersebut mencapai ranah internasional.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Tentunya tujuan utama permainan bol voli tak lepas dari teknik dasar bermainnya. Berikut teknik dasar pemainan bola voli

  1. Teknik dasar service, yaitu pukulan bola di daerah belakang garis lapangan untuk melampaui cyberspace dan masuk ke daerah lawan. Teknik ini dilakukan pada awal permainan dan selepas terjadinya pelanggaran yang dilakukan pemain lawan. Pukulan service dapat berupa serangan apabila bola dipukul dengan keras dan terarah dengan disertai teknik smash.
  2. Teknik dasar passing, yaitu usaha atau upaya seorang pemain untuk menggunakan teknik tertentu. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan bola kemudian dioper kepada teman selanjutnya diolah di expanse lapangan sendiri.
  3. Teknik dasar spike atau nail, merupakan bentuk serangan mematikan yang kerap digunakan dalam permainan bola voli supaya tim mendapatkan poin lebih.
  4. Teknik dasar block (bendungan), yaitu usaha untuk mencegah serangan lawan dengan cara membendung. Teknik membendung biasanya digunakan dalam pertahanan.

Tuliskan Tujuan Utama Dari Bermain Bola Voli

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4076800/tujuan-utama-permainan-bola-voli-yang-jarang-disadari

Baca :   Alat Untuk Mengukur Kecepatan Sebuah Lagu Adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …