Tujuan Utama Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepak Bola Adalah

Tujuan Utama Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepak Bola Adalah

tirto.id – Salah satu jenis taktik yang harus dikuasai dalam sepak bola adalah pola pertahanan. Meskipun tujuan utama dari permainan sepak bola adalah mencetak gol ke gawang lawan, setiap tim dalam olahraga populer ini dituntut tidak hanya piawai menyerang, tetapi juga bertahan. Banyaknya gol yang dicetak tentu bisa sia-sia jika gawang sendiri kebobolan berkali-kali.

Menukil penjelasan Josep A. Luxbacher dalam buku Sepakbola (1998:169), pertahanan dan serangan dalam sepak bola adalah dua sisi yang saling berlawanan dan didasari tujuan yang berbeda, tetapi berhubungan dengan aspek yang sama, yakni kemampuan para pemain melakukan perubahan secara cepat dan efektif.

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani. Olahraga dan Kesehatan oleh Kemendikbud (2018:iv), pertahanan di sepak bola dapat diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan, kebobolan gol, atau kelelahan dalam pertandingan.

Bagaimana strategi tim dalam bertahan juga mesti menjadi perhatian utama pelatih sepak bola. Mengutip sebuah ulasan dalam Jurnal Prestasi Olahraga (Vol. 4, No. iii, 2021) terbitan UNESA, setiap pelatih harus bisa menganalisis secara tepat taktik atau strategi pola serangan maupun pertahanan yang diperlukan timnya di tiap pertandingan.

Pola penyerangan dalam sepak bola bertujuan supaya para pemain mampu menerobos wilayah pertahanan lawan sehingga dapat mencetak banyak gol. Untuk dapat menerapkan pola penyerangan yang tajam dan membuahkan gol, sebuah tim perlu melakukan koordinasi antar-lini secara baik, dari lapangan belakang, tengah, hingga depan.

Sebaliknya, pola pertahanan diterapkan dengan tujuan untuk merebut bola dari lawan sekaligus mempertahankan wilayah permainan, terutama area di sekitar kotak penalti, supaya tidak dimasuki oleh para pemain. Apabila pola pertahanan diterapkan secara baik, risiko gawang kebobolan gol bisa dihindari.

Jenis-jenis Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Strategi pertahanan ada banyak ragamnya dalam sepak bola, bergantung pada siasat masing-masing pelatih dan kondisi tim. Meski begitu, secara teori, pola pertahanan bisa diklasifikasikan dalam beberapa jenis yang selama ini umum digunakan.

Baca :   Lompat Tinggi Gaya Guling Perut Disebut Juga

Dikutip dari modul PJOK: Permainan Bola Besar (2020:12-13) terbitan Kemendikbud, jenis-jenis pola pertahanan dalam sepak bola meliputi homo to human defense, zone defense, dan kombinasi keduanya. Penjelasan tentang tiga jenis pola pertahanan dalam sepak bola tersebut adalah sebagai berikut.

1. Man to Man Defense

Man to man defence adalah penjagaan satu lawan satu. Pertahanan man to man biasanya dilakukan pada daerah pertahanan. Pertahanan man to human being bersifat ketat sehingga pemain bertahan harus selalu mengawal pergerakan lawan selama mereka berada dalam area yang dipertahankan.

Apabila pemain lawan keluar dari daerah yang dipertahakan, penjagannya sudah bukan menjadi tugas pemain di barisan pertahanan. Namun, pemain harus selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi pada saat pertandingan, seperti adanya serangan balik cepat atau pergantian posisi pemain di tim lawan.

Pola pertahanan man to man lebih banyak membutuhkan tenaga. Maka dari itu, dibutuhkan pemain dengan fisik yang baik dan prima untuk melakukan tugas tersebut.

2. Zone Defense

Zone defense dapat diartikan sebagai pertahanan yang menitikberatkan pada formasi pemain dalam area bertahan timnya. Dalam praktik zona defense diperlukan kerja sama tim yang baik, kemampuan menghambat pergerakan pemain penyerang, strategi pertahanan berlapis, serta formasi bertahan yang kokoh dan solid. Pertahanan dengan pola zona defense efektik jika dapat mendorong pemain lawan keluar dari dari daerah yang dijaga.

3. Kombinasi Human being to Man dan Zone Defence

Pertahanan kombinasi man to man dan zone defence force bisa diartikan sebagai perpaduan untuk menjaga lawan dan menghindari terjadinya kebobolan bola. Dalam penerapan teknik kombinasi tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh individu maupun tim.

Baca :   Bacalah Kembali Biografi George Saa Dan Ardian Syaf Di Atas

Beberapa taktik dalam kombinasi human being to human being dan zone defense adalah sebagai berikut:

a. Taktik perorangan

Taktik perorangan merupakan strategi yang digunakan dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik dan mental seorang pemain dalam menghadapi masalah selama pertandingan.

b. Grup taktik

Grup taktik merupakan strategi atau siasat yang dilakukan oleh ii orang atau lebih pemain untuk menyerang dan bertahan sebagai upaya mencari kemenangan dalam suatu pertandingan.

c. Kolektif taktik

Kolektif taktik merupakan strategi yang dijalankan oleh suatu tim berupa adanya kerja sama untuk memperoleh kemenangan dalam suatu pertandingan sepak bola.

Baca juga artikel terkait TEKNIK SEPAK BOLA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif

(tirto.id – sym/add)


Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Addi M Idhom
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Kamu tentu tahu, dalam pertandingan sepakbola, yang dicari adalah kemenangan. Untuk mencapai kemenangan, sebuah timnya mestinya tak melulu fokus pada pola penyerangan yang kreatif. Pola pertahanan dalam sepakbola yang kokoh juga harus diperhatikan.

Bahkan dalam sepakbola modern, bebebapa tim besar kerap lebih fokus menguatkan pola pertahanannya ketimbang penyerangan untuk bisa menang. Salah satu yang terkenal adalah sistem pertahanan parkir charabanc ala Jose Mourinho yang sempat sukses bersama Chelsea pada medio 2004-2007.

Pada prinsipnya,
tujuan utama membuat pola pertahanan dalam sepakbola

dalah menjaga pemain lawan agar tidak sanggup menembus lini pertahanan. Dengan demikian, mereka akhirnya kesulitan dalam menciptakan peluang dan mencetak gol. Gawang jadi aman dari kebobolan.

Tentu saja, hasil akhir yang diharapkan dari membuat pola pertahanan ini adalah kemenangan.

Tim-tim sepakbola biasa mengaplikasikan pola pertahanan ketika tim mencari hasil imbang atau sudah dalam posisi unggul.

Dalam sepakbola mod, ada beberapa jenis pola pertahanan dalam permainan sepakbola yang biasanya digunakan untuk mencapai tujuan. Diantaranya:

ane. Pola Man to Man Marking

Pola ini diwujudkan dalam bentuk menempatkan setiap pemain bertahan untuk menjaga individu per individu lawan. Jadi, fokusnya adalah orang.

Baca :   Waktu Yang Digunakan Dalam Permainan Softball

Pemain bertahan yang ditunjuk ditugaskan untuk mengawal secara khusus satu pemain lawan agar tidak bisa leluasa bergerak. Baik dalam melakukan pergerakan tanpa bola maupun saat membawa bola.

Hanya saja, tugasnya hanya mengawal sampai batas tengah lapangan pertahanan. Jika penyerang lawan mundur jauh melewati garis tersebut, maka itu sudah bukan lagi tugasnya. Biasanya, pelatih menerapkan pola ini jika menanggap permainan individu-individu musuh punya skill yang mumpuni dan berbahaya jika diberi ruang.

2. Pola Zone Marking

Berbeda dengan man to man, pola zone marking memusatkan perhatian seluruh pemain bertahan untuk menjaga areanya masing-masing. Dengan demikian, fokusnya adalah zona.

Setiap pemain bertahan diberikan zonanya masing-masing untuk dipertahankan dari serangan lawan. Tugasnya adalah memastikan lawan tidak berlama-lama mengolah bola di zonanya.

Agar pola ini efektif, setiap pemain harus disiplin dengan tugasnya. Mereka juga mesti saling berkomunikasi dengan baik untuk saling menutup zona satu sama lain jika ditinggalkan.

three.Pola Kombinasi

Pola ini adalah gabungan dari kedua pola sebelumnya. Dalam satu waktu pertandingan, para pemain bertahan fleksibel dalam melakukan perubahan pola dari zone mark ke human being to human mark atau sebaliknya.

Pilihan pola kombinasi ini sangat cocok jika penyerang-penyerang lawan menggunakan pola permainan yang kreatif. Dimana para penyerang bergerak liar dari satu expanse ke surface area lain yang berpotensi membuat kacau lini pertahanan.

Dengan demikian, pemain bertahan mulanya menerapkan pola man to man, bisa seketika berubah fokus menjaga zona ketika penyerang lawan bertukar-tukar pos. Tentu saja, pelatih punya kewenangan untuk hal ini.

Nah, itulah tujuan utama membangun pola pertahanan dalam sepakbola beserta pola yang bisa digunakan untuk mewujudkannya.

Tujuan Utama Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepak Bola Adalah

Source: https://termasyhur.com/jelaskan-tujuan-menerapkan-pola-pertahanan-dan-pola-penyerangan-dalam-permainan-sepak-bola

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …