Dalam jagat hiburan, pantomim menjadi salah satu pertunjukan hiburan yang sangat diminati dan mengundang banyak edukasi selain lawakan yang dipertunjukannya. Seni pantomim juga menjadi salah satu pameran teater yang sangat laris dipertontonkan pada tahun fourscore-90an, pada saat televisi hitam putih
booming. Siapa saja tokoh pantomim yang dikenal?

Dalam sejarahnya, pantomim sudah ada sejak jaman Mesir kuno dan India, hal ini diperkuat dengan adanya penemuan-penemuan ukiran atau relief pada candi dan piramida Mesir. Relief tersebut menggambarkan adanya gerakan penyembahan dewa namun tidak seperti seni tari.

Gerakan yang ditemukan dalam relief tersebut  cenderung menggambarkan tentang pesan-pesan tertentu melalui bahasa isyarat. Hingga pada akhirnya, dengan adanya ilmu pengetahuan dan perkembangan jaman, seni pantomim menyebar ke daerah Romawi, yaitu di kawasan Sparta dan Dorian lalu ke daerah lainnya termasuk Yunani. Pada tahun 600 SM seni pantomim dijadikan sebagai media komunikasi yang berisi tentang lawakan-lawakan atau lelucon oleh para aktornya.

Masuknya seni pantomim ke kawasan Dorian inilah yang yang memulai terbentuknya seni pantomim modern. Hingga akhirnya memunculkan banyak seniman pantomim terkenal seperti Charlie Chaplin dan lainnya. Di Indonesia sendiri seni pantomim baru muncul di tahun 1970 an. Seni ini melahirkan banyak aktor-aktor pantomim terkenal. Namun sayangnya hingga saat ini seni pantomim tidak sepopuler jenis-jenis seni lainnya.

Secara umum, seni pantomim bisa diartikan sebagai seni yang yang menampilkan gerak tubuh serta mimik muka untuk menggambarkan tentang suatu tingkah laku, karakter, sifat, dll tanpa adanya dialog. Seni ini dapat ditampilkan secara langsung di atas panggung maupun secara tidak langsung di televisi ataupun layar lebar.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Yogya Kembali

(Baca juga: Teknik Dasar Bermain Pantomim)

Penampilannya pun bisa tunggal atau sendirian, bisa berpasangan dengan seorang pemain pantomim lain dan bisa juga berkelompok dengan banyak pemain pantomim lainnya.

Nah, dari sekian banyak tokoh pantomim yang ada di dunia, berikut beberapa diantaranya yang paling terkenal:

  1. Charlie Chaplin

Siapa yang tak kenal dengan tokoh pantomim yang satu ini? Charlie Chaplin lahir di London tanggal sixteen april 1889 dan wafat tanggal 25 Desember 1977. Chaplin merupakan seorang seniman pantomim yang terkenal selama 75 tahun perjalanan karirnya. Charlie Chaplin tak hanya sebagai seniman pantomim melainkan juga sebagai komposer dan pembuat film.

Banyak film yang dibuat dengan beliau sebagai aktor komedinya seperti The Great Dictator, City Lights dan picture-picture lainnya. Ciri khas Charlie Chaplin adalah adanya kumis berbentuk persegi di bawah hidungnya, mirip seperti Adolf Hitler.

  1. Marcell Marceau

Marcel Marceau merupakan seniman pantomim kelahiran Perancis tanggal 22 Maret 1953 dan wafat tanggal 22 September 2007. Kehadiran Marcel memberikan pengaruh seni pantomim dan mengembangkan seni modern ke penjuru dunia, salah satu contohnya adalah teknik moonwalking yang dibawakan oleh Michael Jackson di konser-konsernya.

  1. Jemek Supardi

Jemek Supardi merupakan pria kelahirN 14 Maret 1953, Ia adalah seniman teater berkebangsaan Republic of indonesia. Namanya dikenal sebagai penampil pantomim yang menyuarakan ketimpangan sosial masyarakat. Ia telah menghasilkan banyak karya di berbagai medium pertunjukan antara lain di panggung pertunjukan, pasar, jalan, sampai kuburan.

  1. Septian Dwi Cahyo

Septian Dwi Cahyo merupakan seniman pantomim asal Indonesia yang lahir tanggal 4 September 1968. Seni pantomim yang Ia pelajari terinspirasi dari Marcel Marceau, seniman pantomim terkenal di dunia. Tak hanya seni pantomim Septian Dwi Cahyo juga menggeluti moving picture-moving picture bioskop dan juga sinetron.

  1. Wanggi Hoediyatmo
Baca :   Variasi Dan Kombinasi Gerak Dasar Melakukan Lompat Jauh Adalah

Salah seorang artis pantomim itu adalah Wanggi Hoediyatno (30) atau yang lebih dikenal dengan nama Wanggi Hoed. Pria kelahiran Palimanan, 24 Mei 1988 itu sudah menjadi artis pantomim sejak 2006. Sejak kecil, ia mengaku sudah tertarik dengan dunia pantomim. Tapi, ia baru mulai aktif mempelajari pantomim sejak 2004.

Please follow and like us: