Stop Kontak Yang Dipasang Didalam Tembok Disebut

Stop Kontak Yang Dipasang Didalam Tembok Disebut

Stop Kontak
banyak digunakan pada instalasi listrik rumah , gedung maupun pada industri , manfaat yang sangat besar pada sumber listrik untuk kebutuhan berbagai macam keperluan.

Pengertian Stop Kontak

adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif , negatif dan grounding pada instalasi listrik. ( wikipedia ) .
merupakan cloth instalasi listrik yang berfungsi sebagai pusat penghubung antara arus listrik dan peralatan listrik.


Gambar Finish Kontak





Terminate kontak besar



Stop kontak kecil

Stop kontak in bow

Terminate kontak out bow


Kegunaan / Fungsi Stop Kontak





  • End kontak kecil


    merupakan cease kontak dengan dua lubang (kanal) yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada daya rendah ke alat-alat listrik melalui steker yang juga berjenis kecil.














  • Stop kontak besar

    , juga nerupakan terminate kontak dengan dua kanal Air-conditioning yang dilengkapi dengan lempeng logam pada sisi atas dan bawah kanal AC yang berfungsi sebagai ground.sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk daya yang lebih besar.








Berdasarkan tempat pemasangannya













  • Stop kontak in bow


    merupakan finish kontak yang dipasang di dalam tembok.














  • Stop kontak out bow

    , yang dipasang di luar tembok atau hanya diletakkan di permukaan tembok pada saat berfungsi sebagai cease kontak portable.






thank wikipedia & refenge47







Folio ii

Saya akui masih banyak kekurangan dalam pembuatan blog ini maupun postingan web log sikil rayapen , untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran dari sobat sekalian demi kenyamanan pengguna web log ini maupun kemajuan dari blog sikil rayapen sehingga dapat memenuhi apa yang diharapkan dari sobat . Dengan senang hati saya menerima kritik dan saran dari sobat semua .Atas keikhlasan sobat sekalian yang telah memberikan kritik dan sarannya saya ucapkan banyak terimakasih.

Admin blog Sikil Rayapen

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, stop kontak dibedakan menjadi dua macam, yaitu stop kontak kecil dan stop kontak besar.

Terminate kontak kecil adalah stop kontak memiliki dua lubang [kanal] yang biasanya digunakan untuk menyalurkan listrik yang berdaya rendah pada alat-alat listrik. Dengan demikian, steker yang ada pada elektronik juga berjenis kecil.

Finish kontak besar merupakan end kontak yang juga memiliki dua kanak AC, hanya saja dilengkapi dengan lempeng logam untuk ground di sisi atas dan bawah kanal Air-conditioning tersebut.

Jenis Stop Kontak Berdasarkan Tempat Pemasangannya

JIka dilihat dari segi tempat pemasangannya, maka stop kontak terbagi menjadi dua jenis, yaitu stop kontak in bow dan end kontak out bow.

Istilah stop kontak in bow digunakan untuk end kontak yang dipasang di dalam tembok, sedangkan stop kontak out bow dipasang di luar tembok. Biasanya cease kontak out bow hanya diletakkan di permukaan tembok pada saat berfungsi sebagai stop kontak portable.

Baca :   Sebutkan Titik Titik Yang Mempunyai Jarak Sama Terhadap Sumbu Y

Jenis Stop Kontak di Setiap Negara

Ada sekitar 14 jenis finish kontak yang tersebar di seluruh dunia. Setiap stop kontak juga punya ukuran volt yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis stop kontak berdasarkan persebaran negaranya.

ane. End Kontak Tipe A [23 Negara]

Wikipedia

Terminate Kontak Tipe A memiliki bentuk colokan berupa dua lempeng yang saling berdekatan sebagai konektornya. Stop kontak ini merupakan terminate kontak kelas Two dengan standar dua cabang paralel datar dan rata-rata satuan tegangan listriknya adalah 120 volt dan 220 volt.

Negara-negara yang menggunakan stop kontak tipe A yaitu Bangladesh, Kamboja, China, Jepang, Myanmar, Filipina, Taiwan, Thailand, Maldives, Vietnam, Bahama islands, Barbados, Bermuda, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Jamaika, Meksiko, Republic of peru, Puerto Rico, Trinidad & Tobago, dan USA.

2. Stop Kontak Tipe B [17 Negara]

Image: BukaReview

Terminate Kontak tipe B berbentuk dua lempeng saling berdekatan sebagai konektor dan satu lempeng berbentuk U dan memiliki tegangan dalam rentang 100 volt hingga 230 volt. Negara-negara yang menggunakan terminate kontak Tipe B antara lain Jepang, Thailand, Taiwan, dan Filipina, Bahamas, Barbados, Bermuda, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Jamaika, Meksiko, Peru, Puerto Riko, Trinidad & Tobago, dan USA.

3. End Kontak Tipe C [30 Negara]

Netio

Jenis Stop Kontak Tipe C memiliki dua kaki koneksi berbentuk silindris yang dikenal sebagai Europlug dan memiliki dua pin berdiameter 4 mm. Pin tersebut memiliki ukuran pusat 19 mm, dengan jarak antar pin di dasar terpisah sejauh 18,six mm dan di ujungnya sejauh 17,5 mm. Ada sebanyak 30 Negara yang menggunakan stop Kontak tipe C ini termasuk Indonesia.

four. Finish Kontak Tipe D [sixteen Negara]

TripSavvy

Terminate Kontak tipe D memiliki tiga koneksi berbentuk bulat yang membentuk segitiga dengan kekuatan five ampere dengan tegangan antara 220 volt dan 230 volt. Negara negara yang menggunakannya adalah Republic of india, Nepal, People’s republic of bangladesh, Butan, Hong Kong, Makau, Republic of the maldives, Monaco, Myanmar, Nepal, Sri lanka, dan lain sebagainya.

five. Stop Kontak Tipe East [10 Negara]

www.richbrand.com

Stop kontak tipe Eastward memiliki dua koneksi berbentuk bulat yang panjangnya fourteen mm dan diameter 4,8 mm. Negara-negara yang menggunakannya adalah Belgia, Ceko, Kingdom of denmark, Ethiopia, Perancis, State of israel, Monaco, Maroko, Polandia, dan Slovakia. Ukuran tegangan yang digunakan untuk Stop Kontak tipe East adalah 220 volt dan 230 volt.

vi. Stop Kontak Tipe F [14 Negara]

Netio

Selain tipe C, Republic of indonesia juga menggunakan Finish Kontak tipe F yang disebut sebagai “Schuko Steker” atau “Schutz Kontakt”. Negara yang menggunakan stop kontak tipe F antara lain Republic of indonesia, Kingdom of bhutan, Mesir, Federal democratic republic of ethiopia, Israel, Makau, Peru, Rusia, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Turki, dan Uruguay.

Baca :   Istilah Asing Dari Lompat Tinggi Adalah

7. Stop Kontak Tipe G [19 Negara]

Stop Kontak tipe G memiliki bentuk persegi panjang yang membentuk segitiga sama kaki disertai dengan pivot netral yang memiliki ukuran panjang 17,7 mm dan pin pendek berukuran 6,35 mm. Tegangan yang digunakan adalah voltnya adalah 220 volt, 230 volt, dan 240 volt.

Stop kontak Tipe Chiliad merupakan tipe perangkat listrik yang digunakan di Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Negara brunei darussalam, Kamboja, Hong Kong, Kenya, Makau, Maldives, Myanmar, Singapura, dan lain sebagainya.

8. Stop Kontak Tipe H [iii Negara]

Wikimedia Commons

Stop kontak tipe H hanya digunakan secara eksklusif di negara Israel, Palestina, dan Thailand. Terminate kontak tipe H memiliki tiga garpu bulat membentuk segitiga dengan ukuran panjang sebesar 19 mm dan jarak antara satu koneksi/pin dengan koneksi lainnya adalah 19 mm.

9. Stop Kontak Tipe I [seven Negara]

WorldStandards.eu

Stop kontak tipe I memiliki 2 koneksi berbentuk 5 terbalik dengan kemiringan 30 derajat dengan Pin di surface area tengah yang berfungsi sebagai grounding. Negara yang menggunakan Cease Kontak Tipe I antara lain Argentine republic, Commonwealth of australia, China, Fiji, Myanmar, New Zealand, dan Uruguay.

10. End Kontak Tipe J [iii Negara]

TurboSquid

Finish Kontak Tipe J memiliki 2 koneksi, colokan ini bisa membentuk V dengan kemiringan 30° jika ditarik garis lurus. Selain itu, terdapat dua pin sejajar yang berfungsi sebagai pin fasa dan netral. Sementara satu pin di tengah berfungsi untuk grounding. Stop kontak tipe J hanya digunakan di Maldives, Swiss, dan Principality of liechtenstein.

eleven. Stop Kontak Tipe K [4 Negara]

Quora

Stop kontak tipe One thousand memiliki tiga pivot dengan dua pin fasa-netralnya berbentuk lingkaran penuh dan pin groundingnya berbentuk U setengah lingkaran. Stop kontak tipe K hanya digunakan di negara Bangladesh, China, Kingdom of denmark, dan Maldives.

12. Stop Kontak Tipe L [15 Negara]

TurboSquid

Stop kontak tipe L berbentuk tiga garpu bulat yang ditempatkan dalam satu garis lurus. Negara yang menggunakan tipe terminate Fifty adalah Chili, Republic of cuba, Ethiopia, Italia, Maldives, San marino, Uruguay, Canary Island, Libya, Suriah, dan lain sebagainya.

13. End Kontak Tipe M [8 Negara]

TurboSquid

End Kontak tipe M merupakan stop kontak dengan kekuatan fifteen ampere serta memiliki tiga garpu atau konektor bulat berbentuk segitiga. Negara yang menggunakan End Kontak Tipe M antara lain Bhutan, India, State of israel, Makau, Nepal, Singapura, Sri Lanka, dan Afrika Selatan.

14. Stop Kontak Tipe N [2 Negara]

TurboSquid

Stop kontak tipe N merupakan terminate kontak standar resmi yang digunakan di negara Afrika Selatan dan Brazil saja. Negara-negara bagian di Brasil yang menggunakan tipe Northward antara lain Goiás, São Paulo, Espírito Santo, Paraná, dan Bahia.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis stop kontak dan persebarannya yang penting untuk kamu ketahui jika nanti kamu berkunjung ke negara lain.

Baca :   Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi Terhadap Transportasi

Summary

Article Name

Jenis Stop Kontak Berdasarkan Fungsionalnya

Description

Ada sekitar fourteen jenis terminate kontak yang tersebar di seluruh dunia. Setiap stop kontak juga punya ukuran volt yang berbeda. Ketahui lebih lengkap di sini ya!

Author

Detty Ulyana

Publisher Proper noun

SpaceStock

Publisher Logo

Dapatkan Lampu Gratis,

Share Artikel Ini

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Siapa sih yang tidak pernah melihat atau menggunakan stop kontak dan saklar sepanjang hidupnya?

Rasanya hampir semua orang di dunia tahu apa itu stop kontak dan saklar ya.

Cease kontak dan sakar merupakan salah satu perangkat listrik yang sangat umum digunakan di bangunan-bangunan seperti rumah, kantor, pabrik, hotel, dan lainnya.

Gambar stop kontak dan saklar

Saklar ini adalah sebuah alat listrik yang berguna untuk memutuskan jaringan listrik dan untuk menghubungkannya.

Saklar ini banyak digunakan untuk alat listrik dengan arus kuat dan lemah sekalipun.

Secara umum, saklar terdiri dari 2 buah logam yang menempel pada satu rangkaian listrik.

Rangkaian ini dapat terhubung dan terputus sesuai dengan keadaan sambung [on] maupun keadaan putus [off] pada rangkaian tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa peran utama saklar ini untuk menyambungkan listrik dan concluding dengan perangkat elektronik dan sebaliknya, agar kita dapat dengan mudah menyalakan dan mematikan perangkat tersebut.

Biasanya saklar digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Gambar saklar lampu

Secara umum, penggunaan saklar dapat dibagi 2 yaitu dengan cara ditekan [saklar tekan] dan dengan cara digeser [saklar geser].

Saklar tekan cara penggunaannya adalah dengan menekan saklar.

Jika saklar ditekan, maka komponen di dalamnya akan bergerak naik dan turun yang menyebabkan arus listrik dari arah sebrang dapat mengalir ke arah lainnya.

Saklar tekan dapat kalian temukan pada saklar lampu dirumah.

Untuk saklar geser, cara penggunaannya tentunya sesuai dengan namanya, digeser.

Jika saklar digeser, komponen pada saklar akan bergerak ke kanan dan ke kiri yang menyebabkan arus listrik dari arah satu dapat mengalir ke arah lainnya.

Untuk saklar geser sendiri banyak ditemukan pada perangkat elektronik kecil seperti pada senter.

Sedangkan stop kontak [bahasa inggrisnya stop kontak adalah socket outlet] merupakan perangkat listrik yang berfungsi sebagai tempat menghubungkan aliran listrik ke berbagai alat elektronik yang kita miliki.

Gambar cease kontak

Cara menghidupkan alat elektroniknya adalah dengan menyambungkan steker pada alat elektronik ke finish kontak.

Seiring perkembangan teknologi, kita dapat menemukan banyak sekali varian stop kontak dan saklar.

Yang paling sering didengar tentang saklar lampu dan stop kontak ini salah satunya adalah outbow dan inbow.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan saklar lampu dan end kontak inbow dan outbow?

Video liên quan

Stop Kontak Yang Dipasang Didalam Tembok Disebut

Source: https://apayangkamu.com/jenis-stop-kontak-yang-dipasang-di-dalam-tembok-adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …