Sinopsis Buku Biasanya Terdapat Di Cover Sisi Bagian

Sinopsis Buku Biasanya Terdapat Di Cover Sisi Bagian

Kamu menyebut tulisan tersebut dengan sebutan apa?

Selain kover dan nama penulis, tulisan di bagian belakang buku biasanya juga menjadi salah satu hal yang paling pertama dilihat sebelum membeli buku. Beberapa orang menyebutnya ‘sinopsis’. Padahal penyebutan ini keliru, lho. Tulisan pada bagian belakang buku ini disebut blurb.

Lalu, apa yang membedakan sinopsis dengan blurb?

Sinopsis adalah ringkasan  sebuah cerita secara lengkap. Mulai dari awal, konflik hingga penyelesaian, tanpa ada yang ditutup-tutupi. Sinopsis juga menjabarkan siapa saja karakter utama dalam naskah dan seperti apa latarnya. Sinopsis biasanya digunakan oleh penulis ketika ingin mengirimkan naskah pada penerbit.

Sedangkan blurb adalah penjelasan singkat mengneai buku yang tertera pada bagian belakang buku. Blurb biasanya berisi kutipan, ringkasan cerita, teetimoni, poin-poin dalam buku yang menimbulkan penasaran calon pembaca, dan sebagainya. Blurb dibuat semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membaca buku tersebut. Karena itu, pada blurb kita sering menjumpai ringkasan cerita yang meninggalkan sebuah pertanyaan untuk membuat calon pembaca penasaran dan tertarik membaca buku tersebut.

Nah, sekarang jangan sampai tertukar lagi, ya. Kalau disuruh mengirimkan sinopsis ke penerbit, nggak usah sok-sokan msiterius.

“Apakah dia bisa menemukan pembunuhnya?”

Ya, editornya nggak tahu. Editor juga bingung kalau sinopsisnya cuma sampai di situ. Editor kan bukan cenayang.

Nah, berikut tips menulis sinopsis supaya naskahmu lolos untuk diterbitkan

Apa kamu pernah melihat syarat pengiriman naskah ke penerbit?


Pada syarat pengiriman naskah, calon penulis hampir selalu diminta untuk menuliskan sinopsis ceritanya. Pembuatan sinopsis ini memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang, karena pendek—menulis puluhan ribu kata saja kami bisa, masa membuat sinopsis yang singkat nggak bisa? Namun, membuat sinopsis juga bisa jadi sangat susah karena naskah singkat inilah yang akan menentukan naskah kita.

Baca :   Jelaskan Strategi Dalam Mengatasi Ancaman Di Bidang Ideologi

Lalu, apa nih tipsnya untuk menulis sinopsis yang akan dikirimkan ke penerbit?

    1. Tulis secara padat

Beberapa penerbit memberi syarat agar sinopsis hanya dibuat sepanjang satu sampai dua halaman, karena itu jamu dituntut untuk menuliskannya secara singkat dan padat. Hal ini juga dilakukan agar membuat editor yang mereview naskahmu tidak bingung dan bisa mengingat cerita pada sinopsis kamu.

    ii. Tulis bagian pentingnya saja

Maksudnya, tulislah adegan-adegan yang berpengaruh pada perkembangan cerita. Kamu tidak perlu menulis tentang karakter sampingan yang tidak berhubungan dengan perkembangan cerita—sekalipun ceritanya menarik bagi kamu.

    3.
Tulis secara runtut

Sebelum menulis sinopsis, kamu bisa membuat poin-poin sesuai struktur plot cerita kamu (seperti outline).

Misal:

#i Karakter kamu punya masalah apa?

#ii Karakter kamu mendapat dorongan untuk bertindak

#3 dan seterusnya

Setelah membuat poin-poin tersebut sampai cerita tamat, kamu bisa menjahitnya dari satu titik plot ke titik plot lainnya hingga menjadi sinopsis yang bersifat naratif.

    4. Tulis secara lengkap, tanpa rahasia

Seperti yang sudah kit bahas di atas, sinopsis berbeda dengan blurb. Kamu tidak boleh mengakhiri sinopsis dengan bermain tebak-tebakan dengan editor.

“Bisakah si A menemukan pelaku sebenarnya?”

Yang ada editornya malah bingung dan malas membaca naskah kamu secara keseluruhan. Tuliskan naskah kamu secara lengkap, termasuk penyelesaian masalah dan pengungkapan plot twist yang kamu rancang.


five. Edit

Sama seperti naskah lengkap milik kamu, sinopsis juga perlu melalui proses pengendapan dan penyuntingan. Setelah sinopsis kamu selesai, coba lihat lagi, apakah sinopsis kamu sudah sesuai dengan poin-poin sebelumnya (padat, hanya berisi bagian penting saja, runtut, dan lengkap). Kalau belum, kamu bisa menyesuaikannya lagi. Dan yang penting sinopsis kamu juga harus rapi, ya.

Baca :   Contoh Soal Peluang Tidak Saling Lepas

Nah, setelah mengetahui perbedaan blurb dengan sinopsis, juga tips mengenai menulis sinopsis untuk dikirimkan ke penerbit, kapan nih berencana untuk mengirimkan naskahmu? Pastikan bukan menulis sinopsisnya bukan seperti menulis blurb, yah! ^^

Sinopsis Buku Biasanya Terdapat Di Cover Sisi Bagian

Source: http://www.penerbitkoru.com/blog/perbedaan-sinopsis-dengan-blurb-serta-tips-menulis-sinopsis-untuk-dikirimkan-ke-penerbit/25/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …