Sikap Badan Pada Saat Lari Cepat Adalah

Sikap Badan Pada Saat Lari Cepat Adalah

KOMPAS.com
– Lari merupakan jenis olahraga yang sangat populer dan sangat mudah dilakukan namun tetap perlu ada yang diperhatikan seperti posisi badan.

Selain menjadi olahraga prestasi yang masuk cabang atletik, lari juga sering dilakukan oleh banyak orang karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Salah satu nomor olahraga lari adalah lari jarak pendek yang disebut juga dengan istilah dart atau lari cepat.

Untuk ajang perlombaan tingkat nasional maupun internasional, lari jarak pendek biasanya menempuh jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Selain itu, lari jarak pendek dengan jarak 50 meter dan 60 meter juga dilombakan di lapangan tertutup atau indoor.

Adapun, lari cepat menempuh jarak 50 meter juga termasuk dalam Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) telah disepakati dan ditetapkan menjadi instrumen atau alat tes yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Nomor-nomor Lari Jarak Pendek

Dalam melakukan lari cepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah posisi badan.

Bagaimana posisi badan yang benar saat lari cepat? Posisi badan yang benar saat melakukan lari cepat adalah condong ke depan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips mengatur posisi tubuh saat melakukan lari cepat, seperti dikutip KOMPAS.com dari Juara.BolaSport.com.

Tips Mengatur Posisi Tubuh Agar Bisa Berlari Cepat

Saat melakukan lari, posisi tubuh yang benar adalah condong ke depan. Tujuannya adalah agar tubuh bisa memanfaatkan gravitasi yang bisa mendorong tubuh saat berlari.

Selain itu, dengan mencondongkan tubuh ke depan, kaki tidak akan banyak mengeluarkan tenaga dan keseimbangan tubuh lebih terjaga.

Baca juga: Nomor-nomor Lari Jarak Menengah

Menegakkan kepala saat berlari berguna agar tenggorokan tetap terbuka lebar sehingga memudahkan pernapasan.

Selain itu, pandangan ke depan juga bisa membantu pikiran untuk terus maju dan waspada dengan apa yang ada di depan.

  • Bernapas dengan hidung dan mulut
Baca :   Tumbuhan Yang Hidup Di Daerah Lembab Disebut

Ketika berlari, usahakan bernapas secara rileks. Saat menghirup dan membuang udara lakukanlah dengan menggunakan hidung dan mulut.

Teknik pernapasan tersebut membuat volume udara yang dihirup dan dibuang menjadi lebih banyak dibandingkan bernapas menggunakan hidung saja atau mulut saja.

Baca juga: Nomor-nomor Lari Jarak Jauh

Saat berlari, tidak perlu lama-lama menginjak permukaan tanah. Injaklah tanah secara singkat dan halus. Lakukanlah langkah yang pendek dan tidak terlalu cepat.

Gerakan lengan juga bisa memengaruhi lari. Oleh karenanya, saat berlari tekuklah lengan 90 derajat dengan ayunan yang tidak mengubah sudut.

Lakukan ayunan yang tidak melewati garis tengah tubuh. Tujuannya, supaya tidak mempersempit ruang paru-paru.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com
– Lari jarak pendek adalah nomor lari yang menempuh jarak fifty sampai 400 meter. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam lari jarak pendek adalah sikap badan saat melakukan gerakan lari.

Dikutip dari Modul 3 Sehat-Bugar untuk Tua-Muda (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian lari jarak pendek adalah olahraga atletik lari yang dilakukan dengan kecepatan penuh dengan lintasan yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Adapun, nomor lari yang termasuk dalam kategori lari jarak pendek adalah lari fifty meter, 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Lari jarak pendek disebut juga dengan istilah lari cepat atau sprint. Teknik start yang digunakan pada lari jarak pendek adalah start jongkok atau crouching start.

Baca juga: Peraturan dan Nomor Perlombaan Lari Jarak Pendek

Gerakan showtime lari jarak pendek

Aba-aba yang digunakan pada start lari jarak pendek adalah “Bersedia”, “Siap”, dan “Yak” atau bunyi pistol.

1. Aba-aba “Bersedia”

Saat mendengar aba-aba “Bersedia”, lutut kaki belakang diletakkan pada ujung kaki yang di depan dengan jarak satu kepal tangan.

Baca :   Cara Membuat Patung Dari Bahan Lunak

Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu. Telapak tangan kiri (jari-jari) diletakkan di belakang garis starting time. Pandangan lurus ke depan (ke arah lintasan).

ii. Aba-aba “Siap”

Sikap saat terdengar aba-aba “Siap” adalah lutut kaki depan membentuk sudut xc derajat, sementara kaki belakang membentuk sudut 120-140 derajat.

Angkatlah pinggul ke arah depan atas dengan bahu dan garis punggung sedikit diturunkan ke bawah.

Baca juga: Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari Jarak Pendek

iii. Aba-aba “Yak” atau bunyi pistol start

Ketika ada aba-aba “Yak” atau bunyi pistol first, kedua kaki mendorong dengan dorongan yang eksplosif terhadap tumpuan pada first block.

Langkah pertama untuk memulai gerakan lari adalah sekitar 45-75 sentimeter di depan garis offset.

Vitamin C dikenal luas karena perannya mendukung sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, tak heran jika itu menjadi salah satu manfaat buah melon karena buah ini kaya akan vitamin C.

Sikap badan saat berlari

Untuk mencapai kecepatan maksimal saat berlari, pelari jarak pendek atau sprinter harus memperhatikan sikap badannya.

Baca juga: Start untuk Lari Jarak Pendek: Teknik Dasar dan Tips

Sikap badan yang benar pada waktu melakukan gerakan lari jarak pendek adalah:

  1. Setelah aba-aba “Yak” atau bunyi pistol offset, pelari melesat ke depan.
  2. Sikap badan condong ke depan dengan tolakan kaki sekuat tenaga.
  3. Saat berlari, pendaratan kaki dengan telapak kaki bagian depan.
  4. Ketika berlari, pandangan diarahkan lurus ke depan.
  5. Gerakan ayunan tangan dilakukan secara kuat di depan dada dengan tangan mengepal.
  6. Ketika memasuki garis finis, lari dilakukan terus menerus tanpa mengubah sikap lari.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca :   Jelaskan Tiga Teknik Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil


sebutkan 4 ciri ciri latihan kelenturan​


i. Protein di bawah ini yang termasuk dalambgolongan poly peptide berdasarkan struktur molekulnya adalah…a. albuminb. kolagenc. globulind. glutelinmohon …

bantuannya kak​


Orang tua kita di sekolah adalah


5. Tuliskan dan jelaskan dampak negatif olahraga renang (dikalangan masyarakat).​


cara bermain bola basket​


Untuk mengasah cara berpikir kalian secara rasional, logis, kritis, dan analistis, coba berikan jawaban soal-soal essay berikut ini dengan kemampuan b …

erpikir kalian sendiri! 1. Bagaimana cara melakukan gerakan dalam permainan lompat tongkat? Jawab: ii. Sebutkan bentuk latihan keseimbangan! Jawab: three. Jelaskan yang dimaksud keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani! Jawab: 4. Sebutkan tanda-tanda anak kurang istirahat! Jawab: 5. Bagaimana cara melakukan permainan arung jeram dalam pramuka? Jawab:​


bagaimana cara mengeluarkan napas di dalam air​


i. Yang tidak termasuk ciri-ciri anak sehat di berikut ini adalah……A. Tangkas, gesit dan gembiraB. Mata bersih dan bersinarC. Kulit dan rambut ber …

sihD. Memiliki sikap terampil​


ringkasan pembelajaran bab half dozen tentang aktivitas senam hal 211-224​


(Essay) Jawab soal berikut dengan benar, dengan petunjuk sebagai berikut. ✓ Skor 4: jika kamu mampu menjawab empat jawaban dengan baik ✓ Skor 3: jika …

kamu mampu menjawab tiga jawaban dengan baik ✓ Skor 2: jika kamu mampu menjawab dua jawaban dengan baik ✓ Skor 1: jika kamu mampu menjawab satu jawaban dengan baik 1. Sebutkan empat prinsip gerakan meroda! 2. Sebutkan empat prinsip guling lenting! Format penilaian essay (K1-3), gerakan meroda, gerakan guling lenting Butir Soal dan Aspek yang dinilai 1 2 No Nama Peserta Didik Jml. Skor Nilai Meroda Guling lenting ane 2 three 4 1 2 3 4 1 Ratna 2 Dwi three Fikrul Dst. Skor Maks = 8 Nilai = skor perolehan/skor maksimal 10 4 ​

Sikap Badan Pada Saat Lari Cepat Adalah

Source: https://kafesentul.com/bagaimana-sikap-badan-ketika-melakukan-gerakan-lari

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …