Serat Dari Hewan Yang Berbentuk Jaringan Adalah

Serat Dari Hewan Yang Berbentuk Jaringan Adalah

Berdasarkan asal bahan penyusunnya, serat dikelompokkan menjadi serat alami (polimer alami) dan serat sintetis (polimer sintetis).  Sebelum kamu mempelajarinya, cobalah kamu amati gambar macam-macam serat berikut. Kemudian  kelompokkan masing-masing serat ke dalam kelompok serat alami atau serat buatan. Caranya klik dan geser gambar serat menuju kelompoknya.


Serat Alami

Serat alami adalah serat  yang langsung diperoleh dari alam. Berdasarkan asal usulnya, serat alam dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok,yaitu serat yang berasal dari tumbuhan , hewan , dan bahan tambang.
Serat yang berasal dari tumbuhan mengandung unsur utama berupa selulosa. Bagian tumbuhan yang dapat dijadikan serat antara lain biji, daun, dan batang. Serat yang berasal dari biji  misalnya kapas dan kapuk. Serat yang diambil dari batang misalnya serat jute dan rami. Serat yang diambil dari daun misalnya abaca, sisal, dan daun nanas. Salah satu serat alami yang paling mahal adalah linen. Linen  dibuat dari tanaman lenan. Produksi linen membutuhkan banyak tenaga kerja (padat karya), sehingga diproduksi dalam jumlah kecil. Namun kain linen  menjadi bernilai karena sangat sejuk dan segar digunakan dalam cuaca panas.


Sumber: kaskus.com,soscilla.blogspot.com,qolbyghybil.blogspot.com,
mayacraft.asia.com

Serat yang berasal dari hewan merupakan serat protein. Serat protein ada yang berbentuk stapel misalnya serat wol dan ada yang berbentuk filamen misalnya serat sutera. Serat wol dihasilkan dari rambut domba, sedangkan serat sutera dihasilkan oleh larva ulat sutera waktu membentuk kepompong. Selain domba dan ulat sutra, laba-laba juga dapat mengahasilkan serat. Serat tersebut dihasilkan dari benang jala-jala yang dibentuk oleh laba-laba. Serat mineral, merupakan serat yang  berasal dari bahan tambang. Salah satu bahan tambang yang berbentuk serat adalah asbes. Bahan galiannya berupa mineral jenis aktinolit dan krisatil yang berserabut.

Baca :   Bagaimana Cara Kita Meneladani Asmaul Husna

Pada umumnya kain dari serat alam mempunyai sifat yang hampir sama yaitu kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyetrikaan di samping ciri khusus yang dimilikinya. Salah satu cara yang dapat  dilakukan untuk menentukan ciri  dari bahan serat adalah dengan cara membakarnya.  Kemudian hasil pembakarannya dianalisis. Pada pembakaran serat wol  akan tercium bau seperti rambut terbakar dan menghasilkan bekas pembakaran berbentuk gumpalan  hitam

Serat sutera sukar dibakar tetapi setelah terbakar cepat padam, berbau rambut terbakar, dan bekas pembakaran berbentuk abu hitam, bulat dan mudah dihancurkan. Sedangkan serat kapas mudah terbakar dan bila terbakar nyalanya berjalan terus , berbau seperti kertas, serta meninggalkan abu berwarna kelabu. Ciri seperti kapas dimiliki juga oleh linen.


Serat Buatan

Serat buatan merupakan serat yang molekulnya disusun secara sengaja oleh manusia. Sifat-sifat umum dari serat buatan adalah kuat dan tahan gesekan. Serat buatan dapat  diproduksi  secara murah dalam jumlah yang besar.  Contoh serat buatan antara lain rayon, polyester, dakron, dan nilon.


Sumber: suntexasia.com, tokopedia.com,bukalapak.com


Rayon merupakan serat buatan yang pertama dibuat. Serat rayon berhasil dijual di pasaran karena harganya murah dan dapat digunakan untuk membuat kain yang bagus dengan warna menyerupai wol, sutera, ataupun linen. Serat rayon pertama kali dibuat untuk membuat pakaian jenis krep atau menyerupai linen.

Seperti halnya serat alami, ciri serat buatan juga dapat kita ketahui melalui analisis pembakaran. Serat nilon mudah terbakar, meleleh jika dibakar, berbau khas, serta meninggalkan bentuk pinggiran keras yang berwarna coklat. Serat polyester mudah terbakar tetapi apinya cepat padam, meninggalkan tepi yang keras dan berwarna cokelat muda.

Seperti halnya serat alami, ciri serat buatan juga dapat kita ketahui melalui analisis pembakaran. Serat nilon mudah terbakar, meleleh jika dibakar, berbau khas, serta meninggalkan bentuk pinggiran keras yang berwarna coklat. Serat polyester mudah terbakar tetapi apinya cepat padam, meninggalkan tepi yang keras dan berwarna cokelat muda.

Baca :   Cara Membuat Tempat Tisu Dari Kardus Beserta Gambarnya

Serat Dari Hewan Yang Berbentuk Jaringan Adalah

Source: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Bahan%20Serat-yane/Topik-2.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …