Sebutkan Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Sesuai Makna Sumpah Pemuda

Sebutkan Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Sesuai Makna Sumpah Pemuda

tirto.id – Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas. Dari 234 negara, Indonesia menduduki posisi ke-15 sebagai negara terluas di seluruh dunia. Dari luas geografis tersebut, tersebar berbagai adat, suku, keyakinan, dan budaya yang beragam. Apabila tak diiringi sikap toleransi dan saling menghargai, Indonesia rentan terpecah-belah. Untuk menjadi bangsa yang solid, nilai-nilai persatuan dan kesatuan adalah jiwa dan ruh NKRI. Kemerdekaan Indonesia tak akan tercapai tanpa wujud dua nilai tersebut.

Moto bangsa Republic of indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang berasal dari falsafah Jawa Kuno. “Berbeda-beda tetapi tetap satu” merupakan semboyan yang selalu dijunjung oleh segenap elemen bangsa Indonesia. Nilai persatuan dan kesatuan juga termaktub dalam sila ke-3 Pancasila, yaitu: Persatuan Indonesia.

Profesor Suranto dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjelasan, makna persatuan Indonesia termanifestasi dalam bentuk nasionalisme, cinta bangsa dan tanah air, dan menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, manifestasi dari makna persatuan Republic of indonesia juga mewujud dalam bentuk menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, serta menumbuhkan perasaan senasib dan sepenanggungan. Salah satu contoh implementasi prinsip persatuan dan kesatuan Bangsa Republic of indonesia tampak dalam praktik gotong royong, yaitu menyelesaikan pekerjaan atau masalah secara bersama-sama.

Selain gotong royong, contoh implementasi prinsip persatuan dan kesatuan Indonesia, seperti disampaikan oleh Suci Fajar Rizky dalam Jaga Arah, Jaga Persatuan (2020), adalah sebagai berikut:

  • Saling menghormati dan menghargai antarwarga
  • Saling mendengarkan pendapat orang lain, dan tidak mencela sesama.
  • Memiliki rasa persatuan sebagai bangsa Republic of indonesia meski berbeda agama, suku, rasa, dan budaya.
  • Menghormati budaya dari daerah/kelompok lain
  • Mencintai produk-produk dalam negeri.
  • Menghargai dan mendukung pemimpin negara yang terpilih secara demokratis sesuai aturan yang berlaku.
  • Melestarikan bahasa Republic of indonesia sebagai bahasa persatuan yang menjembatani komunikasi berbagai suku, ras, dan budaya di Indonesia.
  • Memiliki rasa toleransi antarwarga, tidak saling menyalahkan, menghormati keyakinan, agama, pilihan politik, dan sebagainya.



Apa Saja Manfaat Persatuan dan Kesatuan Bagi Bangsa Republic of indonesia?

Pada saat nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menuai sejumlah manfaat yang dapat dinikmati bersama. Mengutip pemaparan Maria Chatarina dalam buku Hidup Rukun (2018), berikut beberapa manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia serta NKRI:one. Nilai persatuan dan kesatuan akan menghadirkan suasana aman, damai, dan tenteram bagi rakyat Indonesia.2. Menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara warga dengan yang lain.3. Munculnya rasa kemanusiaan, sikap toleransi, menghargai, serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.4. Tumbuhnya rasa persahabatan, kekeluargaan, sikap tolong-menolong antarsesama, serta gotong royong.Memperkuat jati diri Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia (NKRI).

Baca :   Konflik Yang Selalu Memuncak Dalam Lakon Teater Disebut

5. Memantik kemajuan bangsa Indonesia dari berbagai bidang.

6. Memperkuat ketahanan nasional untuk menghadapi segala ancaman dan gangguan pada kehidupan bernegara.

7. Ketika muncul ancaman eksternal, baik itu bencana alam atau serangan negara lain, rakyat Indonesia akan bersinergi, bersatu dan menghadapi masalah itu bersama-sama.

JAKARTA
– Semangat dan komitmen peristiwa

Sumpah Pemuda


yang ada dalam diri pemuda Indonesia saat itu begitu menyala. Mereka berjuang keras agar dapat mempersatukan Indonesia. Meskipun sulit karena Indonesia terdiri dari beragam suku, ras, budaya, dan bahasanya, mereka tetap bersemangat.

Tanpa ada semangat yang berkobar mungkin Indonesia tidak akan berdiri tegak dan merdeka hingga saat ini. Para pemuda rela bersatu bahkan hingga mengorbankan harta, jiwa dan raganya.

Puncak perjuangan para pemuda yakni pada 17 Agustus 1945.

Berkat desakan dari para pemuda, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta dapat membacakan prolakamasi kemerdekaan Republik Republic of indonesia. Mari kita resapi, bagaimana semangat Sumpah Pemuda itu betul-betul menjadi spirit agar Indonesia bebas dari tangan penjajah.

Ada iii Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda, antara lain:

1. Kami Putra Putri Republic of indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia

Tumpah darah yang dimaksud adalah, sama-sama berdarah untuk Indonesia. Meskipun pemuda itu berada di Indonesia maupun di luar negeri. Mereka akan tetap berjuang sampai ke titik darah penghabisan melawan penjajah.

Ada pemuda yang masih belajar di dalam dan di luar negeri. Tak sedikit juga yang merantau ke luar negeri demi menuntut ilmu. Jauh dari kampung halaman, namun tak membuat perjuangan mereka surut.

ii. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia

Biarpun mereka berbeda latarbelakang, namun para pemuda tetap berkeyakinan dengan keberagaman mereka akan memperkokoh persatuan dan kesatuan. Pemuda yang berasal dari suku, ras dan agama yang berbeda, namun tetap bersatu dalam satu bangsa, yaitu Indonesia.

Baca :   Judul Proposal Kunjungan Ke Daerah Terkena Bencana Alam

3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa Persatuan, Bahasa Republic of indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman. Berbeda suku, ras dan agama tidak menjadikan kita berpecah belah. Para pemuda bersepakat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Karena menurut mereka, bahasa Indonesia bersifat universal. Maksudnya adalah semua orang bisa memahami apa yang disampaikan dengan bahasa Indonesia. Berbeda dengan jika kita memakai bahasa daerah. Hanya orang yang satu suku atau daerah saja yang dapat mengerti.

Belajar dari Semangat dan komitmen peristiwa Sumpah Pemuda, semoga makin meneguhkan kita sebagai generasi penerus agar dapat melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa.

  • #Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda
  • #Sumpah Pemuda


Ilustrasi Bendera Indonesia. | dok. pexels.com/@diohasbi

Bola.com, Dki jakarta –
Persatuan dan kesatuan
merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap negara, termasuk Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, sebuah negara akan mudah terombang-ambing serta terpecah belah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat, persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu, perserikatan, serikat. Sementara pengertian kesatuan berarti perihal satu, keesaan, sifat tunggal, satuan.

Mengacu pengertian tersebut, persatuan dan kesatuan bisa disimpulkan berasal dari satu suku kata yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Wajar tentunya persatuan dan Kesatuan sering menjadi satu di antara senjata paling ampuh agar tetap utuh.

Maka dari itu, Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan perlu mempunyai
persatuan dan kesatuan. Perbedaan yang ada di Indonesia, antara lain agama, suku, etnis, budaya bahasa, maupun adat istiadat.

Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat dami keutuhan bangsa dan negara. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia bisa terpecah.

Selain menjaga keutuhan bangsa, persatuan dan kesatuan mempunyai beberapa manfaat. Apa saja manfaat dari persatuan dan kesatuan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat
persatuan dan kesatuan, seperti dikutip dari laman Yuksinau dan Ppkn, Jumat (xix/two/2021).


Ilustrasi bendera Indonesia. (Photo by crysia . on Unsplash)

Sebelum memahami manfaat dari persatuan dan kesatuan, penting diketahui maknanya. Terdapat tiga makna penting yang terkandung dalam persatuan dan kesatuan bagi bangsa Republic of indonesia. Adapun arti dari ketiga makna persatuan dan kesatuan yang harus diketahui, antara lain:

Baca :   Apalagi Yang Kamu Ketahui Tentang Keragaman Budaya Indonesia

1. Selalu menjalin rasa kepercayaan, kebersamaan, dan saling melengkapi antarbangsa demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Kerap berupaya untuk dapat saling menghargai satu sama lain antarsesama bangsa yang berlandaskan rasa kemanusiaan sehingga dapat tercapai kehidupan yang serasi dan harmonis.

iii. Selalu menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong menolong, serta nasionalisme antarbangsa yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Ilustrasi nasionalisme Republic of indonesia. Credit: unsplash.com/Anggit

1. Bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran.

2. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik.

3. Bangsa Republic of indonesia akan lebih mudah untuk maju dalam berbagai hal.

4. Mempermudah untuk mencapai tujuan nasional, yaitu tujuan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

five. Menciptakan suasana yang aman, damai, dan tenteram dalam negara karena setiap orang menunjukkan sikap solidaritas, setia kawan, dan toleran yang tinggi.

6. Agar tidak terjadi perbedaan yang menonjol antarmanusia.

7. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.

viii. Supaya keutuhan dan keamanan NKRI tetap terjaga

nine. Pergaulan antarsesama akan lebih akrab dan rukun.

10. Memperkuat jati diri Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia (NKRI).


Ilustrasi Bendera Republic of indonesia. (Bola.com/Pixabay)

xi. Memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara.

12. Terwujudnya kehidupan yang seimbang, selaras, dan serasi antarsesama warga negara.

thirteen. Pelaksanaan gotong royong di kalangan masyarakat akan berjalan lancar dan baik.

xiv. Memperkuat ketahanan nasional Indonesia dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara.

15. Bisa bekerja sama dan saling tolong menolong di kehidupan sehari-hari.

16. Menjaga kerukunan dan menjalin silaturahmi.

17. Agar tidak timbul konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

eighteen. Menghindari pertengkaran dan permusuhan.

nineteen. Bagi para pelajar supaya bisa saling bahu-membahu saat ada kerja bakti di sekolah.

20. Agar tidak membuat keributan atau kerusuhan di sekolah.

Sumber: Yuksinau, Ppkn

Sebutkan Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Sesuai Makna Sumpah Pemuda

Source: https://lovelyristin.com/sebutkan-manfaat-persatuan-dan-kesatuan-sesuai-makna-sumpah-pemuda

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …