Sebutkan Hal Yang Diperhatikan Ketika Nada Dibunyikan

Sebutkan Hal Yang Diperhatikan Ketika Nada Dibunyikan

Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup
– Paduan suara adalah himpunan suara dari sejumlah penyanyi yang dikelompokkan berdasarkan jenis suaranya menggunakan aturan-aturan tertentu. Sikap atau gaya paduan suara saat menyanyi tidak sebebas seperti dalam vokal grup. Paduan suara memerlukan jumlah penyanyi yang lebih banyak pula daripada vokal grup. Dalam mengekspresikan lagu yang dibawakan hanya diperbolehkan melalui mimik wajah sedangkan anggota badan lain tetap diam dalam posisi tegap dan tidak kaku. Ekspesi penyanyi diharuskan seragam. Menggunakan instrumen pengiring piano atau orgen.

Vokal grup lebih bebas dan fleksibel baik dari segi aransemen atau komposisi, formasi penyanyi, maupun gaya/ gerak ekspresi. Jumlah penyanyi lebih sedikit daripada penyanyi paduan suara.

Dalam menyusun paduan suara atau vokal grup, yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah pengelompokan berdasarkan warna suara. Kemampuan menjangkau zippo rendah maupun tinggi menjadi pertimbangan kedua.

  • Suara sopran dikenali dari bunyinya yang cemerlang, ringan dengan pembawaan yang lincah. Berada pada wilayah nada yang paling tinggi dari semua jenis suara manusia.
  • Suara alto memiliki warna yang agak gelap, dengan bunyi yang dalam pada nada-zip rendah, serta pembawaan yang relatif berat. Mezzosopran memiliki warna dan wilayah nada antara alto dan sopran.
  • Suara tenor memiliki warna yang nyaring dan terang. Dengan suara bas yang berat serta pembawaan yang berat dan dalam. Suara tenor memiliki wilayah nada yang paling rendah dari semua jenis suara manusia. Suara bariton memiliki wilayah aught dan warna antara tenor dan bas.

Besar kecilnya paduan suara atau vokal grup harus tetap mempertimbangkan kekuatan suara antara tiap kelompok. Jadi, harus ada keseimbangan jumlah penyanyi antara tiap-tiap kelompok dengan catatan memiliki takaran dinamik yang sama tiap-tiap kelompoknya. Dengan memaksa salah satu kelompok menyanyi dengan suara lebih keras atau lebih lirih bukan cara yang tepat untuk memperoleh balance yang baik, sebab takaran dinamik yang dipakai tidak sama.

Dalam paduan suara atau vokal grup terdapat paduan suara yang dikelompokkan menurut;

  • Peran yang ditentukan oleh partitur,
  • Warna suara.

Setiap kelompok (sopran, alto, tenor, bas) merupakan suatu unit dengan suara yang padu-bulat-menyatu (blend). Tidak diperbolehkan ada satupun suara yang menonjol sendirian.

Baca :   Mesir Dikenal Sebagai Hadiah Dari Sungai Nil Karena

Hal-hal yang mempengaruhi blending dalam setiap kelompok;

  • Kualitas suara yang baik,
  • Pitch yang tepat,
  • Penggunaan register yang sama,
  • Vibrasi suara yang terkendali,
  • Tingkat atau takaran dinamik yang seragam.

Pada paduan suara dibutuhkan pengaturan supaya suara yang dihasilkan dapat seragam/ kompak dan dinamik dapat dikendalikan dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan seorang dirigen yang berperan mendireksi/ mengatur suara dan pembawaan para penyanyi. Dirigen memipin peduan suara melalui ayunan tangan yang membirama/ mendireksi dan memberi aba-aba dinamik.

  • ar = arsis = aksen kuat
  • thursday = thesis = aksen lemah

Semakin besar  nilai angka, semakin berkurang aksennya, tetapi arsis selalu lebih kuat dari thesis.

Tangan kanan digunakan untuk mendireksi, sedangkan tangan kiri untuk memberi aba-aba dinamik. Aba-aba dinamik misalnya;

  • Keras = tangan terbentang, telapak menghadap ke atas, tangan bergerak naik.
  • Lirih = Tangan telungkup, posisi tangan bergerak turun.
  • Juga dapat menggunakan aba-aba atau isyarat lain sesuai kesepakatan antara dirigen dan penyanyi.

Bernyanyi merupakan kegiatan yang kompleks, tidak hanya seseorang dapat membunyikan suara yang indah dan merdu, bernyanyi harus memperhatikan beberapa aspek penting diantaranya:


Pernafasan merupakan hal paling dasar dalam bernyanyi. Pernafasan dalam
bernyanyi menggunakan pernafasan diafragma yang digunakan sebagai
faktor utama dalam bernyanyi.


Pernafasan Diafragma adalah

menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu.


Intonasi merupakan ketepatan dalam membunyikan nil. Nada yang
dihasilkan dalam bernyanyi harus tepat, tidak boleh pitchy atau fals.


Dalam bernyanyi seseorang harus paham menyanyikan lagu dengan intonasi baik untuk lagu dengan nada tinggi maupun nada rendah. Intonasi yang tepat akan menghasikan suara jernih, nyaring dan enak didengar. Tentunya ini membutuhkan latihan khusus, hal penting untuk melatih intonasi adalah

melatih pendengaran kita terhadap nada-zilch. Mulailah dengan belajar tangga nil natural, kemudian mencoba berbagai lagu dengan tempo yang beravariasi.


Artikulasi merupakan ketepatan dalam pengucapan kalimat. Agar dapat
dinikmati maka bernyanyi harus melafalkan kalimat yang jelas, pengucapan
huruf vokal dan konsonan lain harus terdengar dengan jelas.

Artikulasi bisa juga diartikan sebagai cara mengucapkan kata – kata dalam menyanyi sehingga mampu menciptakan atau membentuk suara yang jelas, nyaring, bahkan supaya suara yang dihasilkan menjadi indah. Artikulasi sangat diwajibkan bagi seorang penyanyi, karena pesan sebuah lagu disampaikan melalui syair yang dinyanyikan penyanyi tersebut. Artikulasi berkaitan dengan bahasa yang digunakan pada lagu tersebut.

Faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan artikulasi yang baik adalah :

a. Sikap badan

b. Posisi mulut

c. Latihan vokalisasi

d. Teknik pembentukan bunyi vocal

e. Teknik pembentukan bunyi konsonan


Fraseringmerupa

kan ketepatan dalam pemenggalan kata per kata
atau kalimat.

Phrasering adalah pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga kalimat lagu tersebut dapat memberikan, menjelaskan tema dan menyampaikan pesan dari sebuah lagu/karya kepada pendengar pada saat bernyanyi.

Agar pengucapan kalimat yang dinyanyikan terdegar jelas
maka penyanyi harus memperhatikan pemenggalan kalimatnya.

Terhadap sebuah lagu, penyanyi harus :

    1. Memahami arti setiap kalimat yang dinyanyikan.
    2. Memahami tujuan/pesan/karakter dari sebuah lagu secara keseluruhan.
    3. Menyadari bahwa susunan nada-nada yang ditulis untuk dinyanyikan adalah suatu kesatuan,  artinya tidak terpenggal-penggal dari sudut susunan melodinya.

Ekspresi merupakan ungkapan perasaan penyanyi ketika bernyanyi lagu

tertentu. Ekspresi dapat diperlihatkan dengan menggunakan mimik wajah
maupun memainkan dinamika pada lagu yang dinyanyikan agar dapat sesuai
dengan maksud dan cerita sebuah lagu yang dinyanyikan.

Seorang penyanyi harus dapat membawakan lagu dengan baik dari suatu ciptaan sesuai dengan jiwa lagu tersebut, misalnya sedih, gembira, semangat dan sebagainya. Sebuah lagu yang gembira harus pula disertai dengan mimik atau gerakan yang gembira pula.

Bernyanyi dengan ‘perasaan’ berarti bernyanyi dengan ‘hati’. Sebelum menyanyikan lagu, sebaiknya kita sudah menghayati apa yang akan dinyanyikan. Karena selama bernyanyi harus menghayati isi nyanyian dengan perasaan atau hati.

Resonansi adalah usaha untuk memperindah suara dengan memfungsikan rongga-rongga udara yang ikut bervibrasi/ bergetar di sekitar mulut dan tenggorokan. Bukan hanya terdapat pada suara manusia, resonansi juga berlaku bagi berbagai jenia alat musik. Kualitas dan kuantitas suara hasil penguatan resonansi akan membedakan warna suara satu instrumen dengan instrumen lainnya.

Terdapat iii rongga resonansi pada manusia yaitu:

  • Resonan atas (nasal cavities/ langit langit keras) yaitu semua rongga di atas mulut dan tenggorokan pada kepala manusia.
  • Resonan tengah yakni mulut dan bagian belakang mulut (pharink).
  • Resonan bawah (dada).

Suatu cara yang menjadi ciri seseorang dalam membawakan sebuah lagu sesuai dengan jenis lagunya adalah gaya bernyanyi. Pada dasarnya yang menunjang gaya bernyayi menjadi lebih baik adalah kedisiplinan seorang penyanyi tersebut terhadap teknik vokal dasar dan penguasaan lagu. Adapun salah satu hal yang membedakan gaya adalah dari jenis musik lagu yang akan dibawakan. Untuk dapat menambah pembendaharaan gaya dalam bernyanyi, hendaknya Anda banyak mendengarkan jenis lagu yang variatif.

Baca :   Tunjukkan Contoh Upaya Penyelesaian Ancaman Bidang Ekonomi

Menyanyikan lagu modern dapat dikatakan memiliki keluwesan gaya dibandingkan menyanyi lagu tradisi. Gaya bernyanyi musik modern pada dasarnya tidak terlalu banyak aturannya hanya sebatas pada penguasaan teknik vokal dan pembiasaan mengikuti irama lagunya. Sering mendengarkan dean menikmati irama dari jenis lagu yang aakan d
ibawakan akana membuat penyanyi mudah menguasai lagu yang akan dinyanyikan.

Seseorang yang jarang mendengarkan lagu dangdut, tentu akan kesulitan untuk menyanyikan lagu dandut dengan cengkok yang baik. Tapi bagi seseorang yang sejak kecil tebiasa mendengarkan irama dan lagu dangdut, biasanya lebih mudah mengikuti cengkok dengan baik.

Begitu juga dengan jenis lagu modern lain, misalnya lagu jazz yang akan mudah diikuti apanila telinga penyanyinya terbiasa mendengarkan irama dan harmoni lagu-lagu jazz. Untuk jenis lagu rock, sang penyanyi haruslah powerfull dan ekspresif karena kebanyakan lagu rock memiliki irama musik yang bersemangat.

Satu lagi jenis musik modern, yaitu lagu pop biasanya dinyanyikan dengan lebih santai dan tidak menonjol, penyanyi pop pun biasanya tampil dengan gaya yang disesuaikan dengan tema lagu dan tidak berlebihan. Bernyanyi lagu jenis apapun haruslah menampilakn mimik muka dan ekspresi yang sesuai dan mewakili makna lirik lagu yang dibawakan.


Referensi:

https://eprints.uny.ac.id/45008/9/6.RPP%20Menyanyi%20lagu%20modern%20kelas%209.pdf

https://brainly.co.id/tugas/421458/2014/08/Pernafasan Diafragma

http://rudytahu.blogspot.com/2013/08/frasering-dalam-bernyanyi.html

https://segalaserbaserbi.blogspot.com/2020/01/mengenal-ekspresi-dan-teknik-penjiwaan.html

https://brainly.co.id/tugas/25985151#:~:Resonansi

http://taereru.blogspot.com/2017/03/gaya-bernyanyi-lagu-modern-seni-budaya.html

Sebutkan Hal Yang Diperhatikan Ketika Nada Dibunyikan

Source: https://apaartidari.com/sebutkan-hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-menampilkan-sebuah-lagu

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …