Sebutkan Contoh Tarian Daerah Beserta Properti Yang Digunakan

Sebutkan Contoh Tarian Daerah Beserta Properti Yang Digunakan

You’re Reading a Free Preview

Pages

5

to

vii

are not shown in this preview.

Indonesia dikenal dengan budayanya yang sangat kaya, termasuk dalam tarian dan properti tari yang biasa digunakan. Dari satu daerah saja bisa terdapat beberapa macam tarian. Dengan terbentangnya wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, bisa dibayangkan berapa banyak tarian yang ada.

Baca juga:
Cara Membuat Layangan Wau yang Mudah Dipraktekkan

Properti tari tradisional Indonesia umumnya memiliki fungsi dan makna masing-masing. Properti ini tidak dipakai secara sembarangan, namun lebih ke arah simbolis yang melambangkan makna-makna tertentu. Bisa dikatakan hampir tidak ada tarian tradisional Indonesia yang hadir tanpa properti.

Bukan hanya propertinya, gerakan dan irama yang mengiringi tarian tradisional Republic of indonesia itu pun memiliki kisah dan maknanya masing-masing.

Apa itu Properti Tari?

Properti adalah alat-alat yang menjadi perlengkapan dari suatu objek tertentu, dan umumnya bersifat penting karena punya keterkaitan yang erat dengan objek tersebut.

Jadi, bila diartikan, properti tari adalah segala hal eksternal baik yang dikenakan maupun tidak oleh para penari sebagai bahan pendukung, pelengkap, penambah nilai estetika dan penyempurna dalam menyampaikan pesan pada sebuah tarian.

Jenis-jenis properti tari sangat beragam. Di Republic of indonesia sendiri, dalam beberapa tarian tradisional, ada yang menggunakan properti dalam bentuk kipas, selendang, keris, sampai dengan piring.

Perbedaan jenis properti yang dipakai dipengaruhi juga oleh kebudayaan dan kepercayaan masing-masing suku di Indonesia. Properti tari yang digunakan pada tarian tradisional di Jawa tentunya tidak akan sama dengan yang digunakan di daerah Papua, misalnya.

Jenis-jenis Properti Tari

Dilihat dari jenisnya, properti tari yang biasa digunakan dalam berbagai macam tarian bisa dibagi menjadi dua, yakni set belongings dan manus holding.

Set Property merupakan bentuk-bentuk properti yang digunakan dalam tari namun tidak disentuh oleh penari dan tidak menyatu dengan penari tetapi ada di dalam panggung tari. Contoh ready belongings yang biasa digunakan dalam pementasan tari adalah kursi, meja, pohon buatan, dipan, lampu, dan lain sebagainya.

Baca :   Jelaskan Contoh Perilaku Yang Mencerminkan Iman Kepada Malaikat Mikail

Sedangkan hand belongings adalah properti yang digunakan penari dan menyatu dengan tubuh penari. Paw property yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan tema yang diusung dalam tarian tersebut.

Fungsi Properti Tari

Fungsi penting dari adanya properti tari dalam tarian tradisional Indonesia adalah untuk memberikan gambaran secara utuh akan tema tarian tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tidak semua tarian tradisional Republic of indonesia menggunakan properti tambahan, namun bisa dipastikan bahwa properti tersebut memberikan arti dan makna kehidupan sosial budaya masing-masing daerah. Seperti misalnya tari piring dari Sumatera Barat.

Kita mengetahui bahwa tari piring eksis dengan aksesoris khasnya yaitu sebuah piring. Tari piring itu sendiri mempunyai makna sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah.

Tidak heran jika gerakan-gerakan dalam tarian tersebut menggambarkan aktivitas bertani secara lengkap. Dimulai dari menanam tanamannya, menyiangi, menjaga, sampai bagaimana panen dilakukan, meskipun properti yang digunakannya adalah sebuah piring.

2. Memperindah Gerakan

Adanya tambahan properti tari,
secara tidak langsung akan memperindah penampilan secara keseluruhan dari tari yang sedang dimainkan.Namun,  bukan berarti tarian yang tidak dilengkapi dengan properti menjadi tidak indah.

Hal tersebut biasanya didasarkan pada filosofi dan latar belakang budaya tarian itu sendiri. Selain untuk memperindah penampilan, properti dalam tari juga memiliki fungsi sebagai penunjang nilai-nilai keindahan tari, serta mempermudah penyampaian makna atau pesan yang ingin dicurahkan oleh penari melalui gerakan-gerakan yang ada.

3. Memperjelas Gerakan dan Karakter Penari

Properti tari juga memiliki fungsi untuk memperjelas gerakan serta karakter yang dibawakan penari, baik wanita maupun pria. Dengan kehadiran alat pelengkap dalam tari, seorang penari sendiri cenderung terlihat lebih jelas, tegas, dan relevan dengan musik pengiring.

Baca :   Langkah Biasa Dalam Senam Ritmik Dinamakan

Pada beberapa jenis tari tradisional Indonesia, terdapat pembagian peran yang didasari cerita, dongeng maupun legenda yang diaplikasikan dalam seni tari. Selain itu tiap-tiap karakter akan membawakan wataknya sendiri sesuai dengan alur tarian.

Contohnya adalah Tari Garo-Garo dari Sumatera Utara tepatnya di daerah Pakpak. Garo merupakan nama burung yang sangat terkenal di daerah tersebut. Gerakan mengembangkan sayap lebar-lebar dan seakan tidak bergerak menandakan keperkasaan dan bijaksana.

Para penari terinspirasi dari pola burung tersebut ketika terbang, kemudian mencoba untuk mengimplementasikannya dalam bentuk gerakan yang tegas, anggun dan dinamis. Secara umum, contoh alat-alat yang bisa digunakan sebagai properti tari, antara lain:

  • Selendang
  • Topeng
  • Piring
  • Topi
  • Caping
  • Tombak
  • Keris
  • Kipas
  • Pedang
  • Sapu tangan
  • Payung
  • Senjata tradisional, dan lain-lain

Baca juga:
Timnas Indonesia Pemain AFF 2020 dan AFF U-23 2022

Contoh Tarian Tradisional yang Menggunakan Properti Tari

Jika kita mengamati lebih dalam, tidak semua tarian tradisional Republic of indonesia menggunakan properti tari sebagai alat tambahan dalam setiap penampilan. Namun, bisa dipastikan bahwa jenis tarian yang menambahkan properti, akan menjadi lebih indah dan mudah dipahami alur cerita juga maknanya.

Dengan begitu para penonton yang menyaksikan tarian pun bisa lebih menikmati. Contoh tarian tradisional Indonesia yang menggunakan properti tari, antara lain:

one. Tari Lawung dari Yogyakarta

Properti yang digunakan adalah Lawung (tombak). Tari ini awalnya digunakan untuk mengalihkan perhatian Belanda dari kegiatan kemiliteran Keraton Yogyakarta oleh Sri Sultan. Properti tombak yang digunakan dalam tari ini menggambarkan semangat perjuangan untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

two. Tari Pakarena dari Sulawesi Selatan

Properti utama yang digunakan adalah kipas berjumlah dua buah kipas yang digunakan tangan kanan dan kiri. Biasanya dua kipas ini memiliki warna yang cerah, misalnya ungu, putih, kuning, dan merah.

Baca :   Jenis Pajak Nt Adalah Singkatan Dari

iii. Tari Payung dari Sumatera Barat

Tarian ini mempunyai tema tentang pergaulan muda-mudi, dan penggunaan payung sendiri memiliki tujuan untuk melindungi mereka dari hal-hal yang negatif.

4. Tari Lilin berasal dari Sumatera Barat

Properti yang digunakan adalah lilin dan piring. Properti tersebut kemudian akan dibawa oleh para penari dengan tangan mereka.

5. Tari topeng dari Jawa Barat

Properti utama yang digunakan adalah topeng dan sangat berkaitan dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng-topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni asli daerahnya dan juga adat masyarakat sehari-hari.

6. Tari Merak dari Jawa Barat

Properti tari yang digunakan adalah selendang bermotif seperti bulu merak. Selendang tersebut menyatu dengan kostum yang digunakan oleh penari dan menjadi implementasi dari keindahan burung merak. Cerita yang disampaikan pun merepresentasikan kehidupan burung ini.

7. Tari Serimpi dari Yogyakarta atau Surakarta

Properti tari
serimpi yang digunakan umumnya tergantung dari gender penarinya. Jika penarinya perempuan, maka properti yang digunakan adalah kipas. Sebaliknya, jika penarinya laki-laki, maka propertinya akan menggunakan keris.

Baca juga:
ten+ Makanan Khas Maluku yang Bikin Goyang Lidah

Demikian penjelasan singkat mengenai properti tari yang biasa digunakan pada tarian tradisional Indonesia. Mulai dari pengertiannya, jenis-jenis, sampai dengan contoh tarian tradisional yang biasa menggunakan properti sebagai alat tambahannya.

Artikel ini ditulis oleh
Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran
pinjaman online
bagi seluruh rakyat Republic of indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta
promo
menarik lainnya.

Sebutkan Contoh Tarian Daerah Beserta Properti Yang Digunakan

Source: https://apaartidari.com/sebutkan-contoh-tarian-daerah-beserta-properti-yang-digunakan

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …