Sebutkan Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Batok Kelapa

Sebutkan Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Batok Kelapa

Sedulur berinovasi membuat kerajinan dari tempurung kelapa untuk dimanfaatkan menjadi benda yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Tempurung kelapa memang terlihat tidak bermanfaat, namun jika diolah menjadi barang-barang berguna, akan banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Semisal Sedulur bisa membuat gayung hingga hiasan lampu dari tempurung kelapa yang katanya tidak bermanfaat itu. Sedulur tidak percaya? Coba simak daftar kerajinan dari tempurung kelapa yang akan diulas di bawah ini. Bisa menjadi bukti yang cukup untuk Sedulur berkreasi sendiri. Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: ten Kerajinan dari Bambu yang Kreatif dan Mudah Dibuat

ane. Asbak

mimpibaru

Contoh kerajinan dari tempurung kelapa yang pertama adalah asbak. Dari pada Sedulur membuat abu rokok dimana saja, dan kebetulan malas membeli asbak, Sedulur bisa membuatnya sendiri menggunakan batok kelapa. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa pun sangat mudah.

Sedulur hanya membutuhkan gergaji, lem dan papan. Lalu potong sedikit tempurung, kemudian Sedulur tempelkan menggunakan lem di papan sebagai dudukannya. Asbak dari tempurung kelapa pun selesai dan bisa Sedulur gunakan. Asbak merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa yang paling mudah dibuat.

kaskus

Contoh kerajinan dari tempurung kelapa yang mudah dibuat selain asbak adalah membuat celengan. Benda ini tentu saja sangat bermanfaat, terutama bagi Sedulur yang kurang nyaman memegang uang kertas receh dan koin. Sedulur bisa mengumpulkannya dan menyimpannya di celengan yang dibuat dari tempurung kelapa.

Jika biasanya celengan dibuat dari plastik atau besi dan tanah liat, kali ini Sedulur bisa membuat yang agak berbeda. Sedulur bisa membuatnya dari tempurung kelapa. Celengan ini juga bisa Sedulur jadikan sebagai hadiah untuk adik Sedulur sambil mengajarkan pentingnya menabung. Menarik ‘kan membuat kerajinan dari batok kelapa celengan?

3. Lampu hias

pinhome

Ini merupakan kerajinan yang agak rumit, karena Sedulur perlu untuk melubangi beberapa bagian batok kelapa agar menghasilkan pantulan cahaya. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas, cahaya yang dihasilkan dari pantulan lampu hias batok kelapa, berbeda dari lampu hias pada umumnya.

Cara membuat kerajinan dari tempurung kelapa ini sebenarnya membutuhkan alat seperti bor dan amplas, hal tersebut agar lubang yang dihasilkan rapih dan tekstur menjadi lembut. Sehingga pantulan cahaya yang dihasilkan bisa sangat mulus. Lampu ini cocok sekali dijadikan lampu tidur dan mengantarkan Sedulur terlelap.

four. Gantungan kunci

pinhome

Gantungan kunci juga merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa yang bisa Sedulur miliki. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, gantungan kunci merupakan benda yang sangat umum dibuat dari bahan-bahan daur ulang. Mulai dari plastik, kay-kayu bekas, hingga dari tempurung kelapa.

Gantungan kunci dari tempurung kelapa juga bisa Sedulur jadikan sebagai ide bisnis, terutama jika Sedulur tinggal di daerah wisata, terutama di daerah pantai. Sedulur bisa menjadikan gantungan kunci sebagai ide bisnis Sedulur. Sedulur bisa membuat gantungan kunci dengan ukiran hewan, bunga atau maskot unik di daerah Sedulur.

Baca :   Contoh Soal Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Beserta Jawabannya

Seperti misalkan maskot kota Surabaya yaitu ikan sura dan buaya, sangat menarik jika dijadikan sebagai gantungan kunci. Contoh lain misalkan gantungan kunci ayam jantan maskot dari Makassar, unik juga memiliki gantungan kunci dengan lambang ayam jantan. Banyak hal yang bisa digali dengan menjadikan tempurung kelapa sebagai gantungan kunci.

5. Gelas

pinhome

Gelas merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa selanjutnya. Selain unik, memiliki gelas dari tempurung kelapa juga sangat kental dengan unsur tradisional. Bagi Sedulur yang menyukai hal-hal yang berbau tradisi, bisa menggunakan batok kelapa sebagai gelas.

Jika cara mengukir batok kelapa untuk dijadikan gelas sulit Sedulur lakukan, Sedulur bisa membelinya langsung. Karena saat ini banyak online shop yang menjual gelas-gelas dari bahan-bahan alami. Bahkan ada yang membandrol satu gelas dengan harga yang mahal.

bukalapak

Setelah gelas, contoh kerajinan dari tempurung kelapa selanjutnya adalah teko. Biasanya gelas dan teko merupakan dua benda yang satu paket, dan digunakan untuk menyuguhkan minuman kepada tamu. Sedulur bisa sedikit pamer kepada tamu-tamu Sedulur dengan menggunakant teko dan gelas yang terbuat dari tempurung kelapa.

Selain berbeda, memiliki teko dari tempurung kelapa juga sangat antik. Namun tentu saja, untuk membuat teko atau gelas dari tempurung kelapa, dibutuhkan tempurung yang masih bagus. Artinya tempurung yang masih keras dan memiliki bentuk yang bagus. Hal ini bertujuan agar ketika telah dijadikan teko, akan dapat bertahan lama meskipun sering digunakan.

vii. Jam hias

pinhome

Contoh kerajinan dari tempurung kelapa selanjutnya adalah jam hias. Ini merupakan kerajinan tangan unik yang terbuat dari batok kelapa. Sedulur bisa menggunakan tempurung kelapa sebagai bagian utama untuk menunjukan waktu. Sementara bagian lain bisa menggunakan bahan lain, seperti bambu atau papan.

Namun tentu saja, membuat kerajinan satu ini membutuhkan kemampuan khusus, terutama merakit bagian yang menunjukan waktunya. Kerajinan ini juga memiliki nilai jual yang tinggi, terutama jika dijadikan sebagai oleh-oleh atau cinderamata. Maka dari itu, bisa dijual di tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

BACA JUGA: 17 Kerajinan dari Stik Es Krim yang Unik dan Mudah Dibuat

8. Tas jinjing

pinhome

Jika contoh-contoh kerajinan dari tempurung kelapa di atas mungkin biasa Sedulur lihat, terkecuali jam hias. Ketika Sedulur mengetahui bahwa tempurung kelapa bisa dijadikan tas jinjing, Sedulur juga mungkin tertarik untuk membelinya. Ide membuat tas jinjing dari tempurung kelapa memang sangat out of the box.

Memilik tas ini juga sangat menarik, karena jarang sekali yang memiliki tas ini. Sehingga Sedulur menjadi salah satu pemilik tas yang anti mainstream. Namun risikonya, mengunakan tas jinjing dari batok kelapa yaitu tas yang cukup berat. Karena batok kelapa sendiri merupakan bahan yang memiliki bobot yang lumayan.

nine. Mangkuk

pinhome

Kali ini masih dengan peralatan dapur atau peralatan makan yang terbuat dari tempurung kelapa. Kerajinan dari tempurung kelapa ini lebih baik menggunakan batok kelapa yang agak besar. Agar ukuran mangkuk yang dihasilkan bisa agak lebar. Mangkuk ini bisa digunakan sebagai tempat untuk makanan berkuah, seperti mie atau bakso.

Baca :   Soal Dan Jawaban Matematika Peminatan Kelas 12

Uniknya, kelebihan dari mangkuk yang menggunakan tempurung kelapa yaitu ukurannya yang tidak sama. Karena ukuran mangkuk akhirnya akan disesuaikan dengan batok kelapa itu sendiri. Jikapun ingin menghasilkan mangkuk yang berukuran sesuai, Sedulur harus mengurangi atau menambah dengan bahan lainnya.

10. Bros

igokalleh

Bros merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa selanjutnya. Bagi Ibu Super yang menggunakan kerudung, biasanya sangat akrab dengan bros. Bros selain berfungsi sebagai hiasan pakaian, juga dapat berfungsi sebagai pengait kerudung atau jilbab. Jika umumnya bros terbuat dari besi atau plastik, Sedulur bisa menggunakan bros yang agak unik yang terbuat dari tempurung kelapa.

Sama dengan gantungan kunci, Sedulur bisa mencari inspirasi untuk model bros dari maskot atau ciri khas di daerah Sedulur. Agar bros yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki keunikan yang khas.

xi. Kancing baju

indobag

Jika sebelumnya adalah bros, maka kali ini adalah kancing baju yang merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa. Kancing baju dari batok kelapa ini biasanya Sedulur temukan di baju-baju batik oleh-oleh tempat wisata. Cara membuat kancing baju ini juga mudah karena Sedulur tinggal membentuk pola dan memberikan lubang di bagian tengahnya. Dengan menerapkan kancing baju ini pada baju Sedulur, maka akan memberikan kesan yang unik dan menarik.

12. Hiasan bunga

pricilkreatif

Jika menggunakan bunga asli akan ada masanya bunga tersebut layu, terutama jika tidak dirawat. Tentu saja menggunakan bunga asli sebagai hiasan akan membutuhkan perawatan khusus. Jika menggunakan bunga sintetis, sudah sangat biasa. Nah, bagi sedulur yang ingin hiasan bunga yang agak berbeda, Sedulur bisa menggunakan hiasan bungga dari batok kelapa.

Untuk membuat kerajinan bunga dari batok kelapa membutuhkan kreativitas tinggi dan harus dihasilkan dari tangan pengrajin. Karena terdapat beberapa pola yang mengharuskan Sedulur mengukirnya. Tentu saja hal ini tidak mudah, namun Sedulur yang menginginkannya bisa membeli hiasan ini atau memesan khusus ke pengrajin kayu.

13. Boneka hias

cendananews

Sedulur juga bisa membeil kerajinan dari tempurung kelapa satu ini, boneka hias dari tempurung kelapa. Bentuknya tentu saja unik, dan disesuaikan dengan bentuk batok kelapa. Bagi Sedulur yang menginginkan hiasan rumah yang berbeda dan unik, boneka hias dari batok kelapa ini cocok untuk Sedulur.

Namun tentu saja membuat boneka hias tidak bisa sepenuhnya menggunakan tempurung kelapa. Untuk membuatnya, bisa dikombinasikan dengan menggunakan bahan kayu lain sebagai ornamen dan hiasannya. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas. Boneka hias yang unik yang terbuat dari tempurung kelapa.

xiv.  Gayung air

duniasantri

Tentu Sedulur sering melihat gayung di kamar mandi yang terbuat dari tempurung kelapa? Salah satu contoh kerajinan dari tempurung kelapa yaitu gayung. Gayung ini dapat berfungsi banyak, selain dapat digunakan untuk mandi, Sedulur juga bisa menggunakan gayung untuk keperluan dapur.

Baca :   Sebutkan Tiga Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Di Indonesia

Ada masanya ketika Sedulur memasak carte du jour makan yang membutuhkan jumlah air sangat banyak, nah untuk mengambil air tersebut, Sedulur bisa menggunakan gayung dari tempurung kelapa. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jika Sedulur memiliki benda-benda yang terbuat dari bahan alami, tentu saja hal tersebut akan berdampak besar pada kelestarian lingkungan.

15. Perahu hias

pinhome

Jika Sedulur pernah melihat hiasan perahu di salah satu ruang tamu teman atau kerabat Sedulur, biasanya hiasan perahu tersebut terbuat dari batok kelapa atau bahan kayu lainnya. Namun umumnya memang menggunakan tempurung kelapa, pasalnya tempurung kelapa sangat awet dan tahan lama.

Dibanding hiasan lainnya, seperti hiasan bunga atau boneka, membuat perahu hias dari tempurung kelapa lebih sulit dari biasanya. Karena membutuhkan ukiran khusus yang dibuat dengan ketelitian dan kesabaran. Pengrajin dengan jam terbang tinggi yang mampu membuat hiasan ini.

xvi. Tempat menyimpan tisu

pinhome

Rekomendasi kerajinan kerajinan dari tempurung kelapa yang terakhir adalah tempat menyimpan tisu. JIka biasanya tempat menyimpan tisu terbuat dari plastik atau bahan lainnya, Sedulur bisa menggunakan tempat menyimpan tisu yang terbuat dari tempurung kelapa.

Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat dari gambar di atas, tempat menyimpan tisu yang unik dan tentu saja sangat jarang dimiliki orang lain. Sedulur bisa menyimpan tempat tisu unik ini di ruang tamu, agar dapat menjadi nilai lebih dan bisa sedikit pamer barang-barang unik dan antik terhadap setiap tamu yang main ke rumah Sedulur.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Botol Bekas, Jadi Peluang Usaha & Bisa Cuan!

Tips memilih batok kelapa dan langkah membuatnya

Bagi Sedulur yang tertarik untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa, berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan saat memilih batok kelapa, yaitu:

  • Pilih suatu batok kelapa yang bersih.
  • Usahakan batok kelapa kuat untuk dijadikan bahan kerajinan.
  • Dan usahakan batok kelapa bisa awet dalam waktu yang lama.

Setelah mendapatkan batok kelapa, berikut ini beberapa tahapan yang perlu Sedulur lakukan sebelum batok diolah, yaitu:

  • Bersihkan terlebih dahulu batok kelapa, pastikan batok kelapa telah benar-benar bersih dari serabutnya.
  • Haluskan batok kelapa dengan menggunakan amplas, selanjutnya gunakan daun pisang kering untuk menggosoknya.
  • Potong batok kelapa sesuai kebutuhan, hal ini yang akan menuntukan ukuran Sedulur saat memotong batok kelapa.
  • Kemudian olah sesuai kerajinan yang akan Sedulur bentuk.

Sekian daftar kerajinan dari tempurung kelapa yang mudah dibuat dan sangat bermanfaat. Semoga daftar kreasi di atas bisa mendorong Sedulur untuk kreatif dalam mengolah bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Jangan salah, hasil kerajinan tangan seperti ini, bisa jadi ide bisnis juga lho. Sedulur hanya perlu tekun berkreasi, dan jangan lupa memasarkannya. Dijamin untung super melimpah!

Sebutkan Contoh Kerajinan Yang Terbuat Dari Batok Kelapa

Source: https://lovelyristin.com/sebutkan-benda-benda-kerajinan-yang-terbuat-dari-batok-kelapa

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …