Sebutkan Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Patung Gips

Sebutkan Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Patung Gips

Bola.com, Jakarta –

Patung

adalah satu bentuk tiruan berbahan rayuan alias kayu. Umumnya patung dibuat dengan mandu dipahat. Reca merupakan satu di antara jenis karya seni tiga dimensi yang memiliki beragam fungsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, arca adalah tiruan rajah anak adam, dabat, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) bermula rayuan, papan, dan sebagainya.

  • 37 Kata-Introduksi Bijak untuk Terus Berbuat Baik, Munjung Wanti-wanti Spirit
  • twoscore Introduksi-Kata Kata majemuk Rasa Dayuh, Tuangan Isi Hati yang Terdalam
  • 35 Khasiat Nama Bayi Kembar Laki-laki Abjad A-Chiliad, Miliki Makna Bagus dan Mendalam

Seni patung nan dalam bahasa Inggris disebut
sculpture, kata tersebut berpokok pecah bahasa Latin, ‘sculptura’, yang berarti memotong, mengukir ataupun membelah.

Patung

berkarakter tiga dimensi atau benda yang bervolume. Kejadian itu berarti patung merupakan varietas karya seni rupa yang boleh dilihat berbunga berbagai sebelah.

Untuk takhlik patung, suka-suka sejumlah macam teknik yang digunakan. Selain mengetahui tekniknya, utama juga diketahui bahan dan alat-alatnya.

Berikut ini ikhtisar tentang aneh-aneh teknik dalam pembuatan
arca, objek, dan perabot yang digunakan, begitu juga dilansir dari laman
smpn1karangampel.sch.id, Senin (21/iii/2022).

Aneh-aneh Teknik Pembuatan Patung

Teknik Pahat

Teknik pahat adalah teknik mengurangi bulan-bulanan dengan menunggangi alat pahat. Misalnya, takhlik patung dan relief dengan bahan dasar papan dan batu. Alat yang digunakan adalah pahat dan palu.

Dalam praktiknya, teknik tatah dilakukan dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar sampai mewujudkan patung yang diinginkan.

Baca :   Kelipatan 7 Yang Habis Dibagi 2 Adalah

Teknik Butsir

Teknik butsir adalah teknik membentuk benda dengan mengurangi dan menambah bahan. Misalnya, mewujudkan lantai dengan bulan-bulanan dasar tanah liat. Alat yang digunakan adalah sudip.

Teknik Cor

Teknik cor adalah teknik membuat karya seni dengan membuat alat cetakan kemudian dituangkan turap aktual semen, gips, dan sebagainya sehingga menghasilkan rang yang diinginkan.

Internal membuat patung dengan teknik tersebut, alat yang digunakan yakni cetakan.

Aneh-aneh Teknik Pembuatan Reca

Teknik Cetak

Teknik cetak ialah teknik membuat karya seni dengan pendirian membuat cetakan terlebih dahulu. Misalnya, membuat keramik dan reca dengan bahan dasar tanah liat dan semen.

Bahan nan umum dan tidak bersisa mahal digunakan untuk tujuan nan makin luas, tercatat kusen, tegel, dan ferum. Terkadang, kendati sangat jarang, digunakan pula bahan berharga sebagai halnya kencana, galuh, jade, dan saing.

Teknik Las

Teknik las yaitu teknik menciptakan menjadikan karya seni dengan cara menggabungkan korban suatu ke sasaran tidak cak bagi mendapatkan rang tertentu. Misalnya, menciptakan menjadikan patung mutakhir dengan korban asal metal atau besi.

Sasaran dalam Pembuatan Reca

Bulan-bulanan Kepala dingin

Adapun yang dimaksud bahan sabar ialah textile nan empuk dan mudah dibentuk, seperti tanah liat, lilin, sabun cuci, plastisin, dan sasaran lainnya.

Sebelum menunggangi bahan kepala dingin, perhatikan arti dan kehilangan korban lunak, begitu juga sabun bubuk mudah dibentuk, tetapi ukuranya kecil, sehingga cak semau keterbatasan dalam bekerja yang lebih besar, termaktub tanah liat harus cukup elastisitasnya.

Bahan Madya

Bulan-bulanan nan digunakan untuk membuat reca itu bukan panjang usus dan tidak keras. Contohnya tiang waru, gawang sengan, papan jelapang, dan kusen mahoni.

Baca :   Hubungan Antar Tulang Pada Tulang Tengkorak Disebut

Mangsa Keras

Bulan-bulanan gentur bisa berupa kayu allonym batu-batuan. Contohnya papan jati, kayu sonokeling, dan gawang kayu ulin. Objek gigih berupa batu antara tak provokasi cadas, provokasi batu besi, provokasi andesit, dan batu pualam (pualam).

Bahan cor/cetak

Bahan yang dipakai bakal proses ini, antara lain semen, batu halus, gips, logam, timah perak, dan kencana, juga beberapa bahan kimia, sama dengan cobweb atau resin, sehingga diperlukan alat-alat lain sebagai halnya gergaji, kapak gerinda, atau alat lain untuk mengerjakannya.

Perkakas privat Pembuatan Patung

Peralatan yang digunakan bagi takhlik patung tersangkut kepada sasaran dan tekniknya. Alat-radas nan digunakan, antara bukan:

  • Butsir yakni alat bantu untuk membentuk patung terbuat kayu dan kawat.
  • Meja putar adalah meja dengan cara diputar, fungsinya bakal melancarkan n domestik mengontrol susuk pecah berbagai arah.
  • Pahat adalah alat bikin memahat nan digunakan dengan cara mengurangi bahan.
  • Pemukul yaitu untuk menampung.
  • Kakaktua adalah untuk mengencangkan ikatan kawat allonym untuk memotong ikatan kawat.
  • Sendok luluhan berfungsi untuk mencuil adonan dan menempelkannya sreg rangka patung.

Sumber:

Web SMP Wilayah 1 Karangampel

Sebutkan Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Patung Gips

Source: https://pedidikanindonesia.com/sebutkan-bahan-dan-alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat-patung-gips/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …