Sebutkan 3 Nasihat Luqman Kepada Anaknya

Sebutkan 3 Nasihat Luqman Kepada Anaknya

Nasihat Luqman Al Hakim ini terdapat dalam Q.S. Luqman

Siapa yang tak mengenal sosok Luqman Al-Hakim, ia adalah orang yang disebut dalam Alquran dalam surat Luqman ayat 12 sampai ayat 19.

Luqman pun terkenal karena nasihat-nasihat bijaksana kepada anaknya. Menurut Imam Qatadah, Luqman bukanlah nabi dan ia tidak diberi wahyu oleh Allah SWT.

Kemudian, pendapat lainnya pun dikemukakan oleh Imam Mujahid yang berkata Luqman merupakan seorang laki-laki yang saleh, namun bukanlah seorang nabi.

Walaupun demikian, ada beberapa nasihat terkenal dari Luqman kepada anaknya. Nasihat tersebut pun bisa menjadi contoh untuk kita sebagai orangtua dalam mendidik anak-anak.

Kali iniPopmama.com
sudah merangkum terkait beberapa nasihat Luqman Al-Hakim yang bisa menjadi inspirasi.

Semoga ini bisa menjadi renungan tersendiri ya, Ma.

ane. Nasihat jangan sekali kali menyekutukan Allah


Unsplash.com/Ed Us

Kita semua tahu bahwa Allah SWT hanya satu, bahkan tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggantikan atau menyembah selain kepada Allah.

Nasihat itulah yang tertuang dalam
QS Luqman ayat thirteenyang berbunyi:

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”

Di sini Luqman mengajarkan kepada anaknya untuk tidak mempersekutukan Allah. Jika melakukannya itu, maka termasuk perbuatan kezaliman dan merendahkan martabat sang Maha Pencipta.

Editors’ Picks

2. Berbuat baik kepada kedua orangtua

2. Berbuat baik kepada kedua orangtua

Freepik

Sebagai seorang anak, kita wajib mendoakan dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita. Perlu diingat bahwa berkat kedua orangtualah kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” –
(QS Luqman ayat fourteen)

Dalam ayat tadi, Luqman menekankan kepada anaknya untuk berbuat baik kepada kedua orangtua. Terutama pada perjuangan seorang Mama yang telah mengandung dalam keadaan lemah, melahirkan serta merawatnya hingga besar.

Baca :   Setelah Berhubungan Perut Kiri Bawah Sakit

Maka dari itu, bersyukurlah atas apa yang telah diberikan Allah kepadamu dan bersyukurlah kepada kedua orangtuamu.

3. Merasa diawasi oleh Allah SWT

3. Merasa diawasi oleh Allah SWT

Pixabay/15329403

Setiap perbuatan kita di alam dunia pasti kelak akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT, baik yang buruk maupun yang baik.

Maka dari itu, nasihat lainnya dari Luqman Al-Hakim tertuang dalam firman Allah di Q.Southward Luqman ayat 16 yang berbunyi:

”Wahai anakku! Sungguh, jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Maha Halus, Maha Teliti.” –
(QS Luqman ayat 16)

4. Selalu dirikan salat

4. Selalu dirikan salat

Zakat.or.id

Salat menjadi tiang agama dalam ajaran Islam. Perlu diingat juga bahwa salat menjadi amalan yang akan dihisab pertama kali oleh Allah di akhirat kelak.

Nasihat yang diucapkan Luqman tersebut diharapkan bisa sama-sama menghindari kemungkaran dan mendekatkan pada hal kebaikan.

“Wahai anakku! Laksanakanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.” –
(QS Luqman ayat 17)

5. Jangan berlaku sombong

5. Jangan berlaku sombong

Pixabay/mohammedweb

Setiap manusia diciptakan untuk menyembah Allah dan jangan merasa sombong atau angkuh karena kita hanya makhluk kecil di mata sang Pencipta.

Ajaran ini juga ditanamkan oleh Luqman kepada anaknya. Nasihat tersebut dimaksud agar anaknya jangan terlalu membanggakan diri, karena Allah tidak akan melimpahkan kasih sayangnya kepada orang sombong.

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” –
(QS Luqman ayat 18)

Itu tadi beberapa nasihat yang bisa diteladani dari surat Luqman. Semoga bisa menjadi renungan bagi kita semua ya.

Baca :   Lagu Ibu Kita Kartini Dinyanyikan Dalam Tempo

Baca juga:

  • Ada dalam Alquran, Ini Dia Inspirasi 5 Surat Penenang Hati
  • Kumpulan Ayat Alquran tentang Kematian yang Harus Diketahui Anak
  • Bisa Jadi Inspirasi, Ini 5 Ayat Alquran Tentang Sabar

Sebutkan 3 Nasihat Luqman Kepada Anaknya

Source: https://www.popmama.com/life/relationship/rendy-muthaqin/nasihat-luqman-al-hakim-dalam-alquran

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …