Sarang Burung Kolibri Kelapa

Sarang Burung Kolibri Kelapa

Sarang burung Srigantil berbentuk kantung dengan bab sarang puas adegan atas dan bertopi.Burung srigantil juga sahih disebut dengan Sriganti,ada sekali lagi yang menyebutnya dengan Kolibri Kelambir,burung species ini berukuran kecil,panjang badannya kurang lebih 10cm,dengan paruh runcing memanjang.Paruh burung Srigantil akan semakin panjang sesuai dengan umurnya,semakin tua maka semakin hierarki pula paruhnya.

– Klasifikasi ilmiah bikin ceceh Srigantil; -Imperium   : Animalia
-Filum        : Chordata
-Kelas        : Aves
-Ordo         : Passeriformes
-Famili        : Nectariniidae
-Genus       : Nectarinia
-Jenis     : N.jugularis

Bikin keberagaman ini penyebarannya menghampari;Indonesia,Cina,Asia tenggara,Filipina,Australia,Malaysia.Sedang di tanah air kita burung Sriganti tersebar dibanyak wilayah,seperti;Jawa,Sulawesi,Bali,Maluku,Papua,Kalimantan,Sumatera.
Selain memakan nektar/madu bunga,burung Srigantil sekali lagi memakan serangga-insekta kecil,laba-laba,larfa semut (kroto).Habitat kalam Srigantil meliputi;pekarangan,pesawahan,kebun,tegalan/ladang,hutan,pantai,juga hutan mangruve.

Pejantan burung Srigantil/Kolibri Kelapa.

Ketua pada pejantan burung Srigantil meiliki warna yang indah,sreg bagian jidat,dagu dan dadanya bercelup biru keunguan,hitam metalik (berwarna sama dengan sambeliren,bahasa Jawa),bekas kaki pejantan berwarna hijau yaitun dengan bercak hitam,putaran dada sampai alat pencernaan berwarna kuning,paruh dan kakinya bercat hitam.

Pejantan acap siapa berpatroli disekitar sarang untuk menjaga wilayahnya.

Betina pelir Srigantil/Kolibri Kerambil.

Madya warna bagian jidat ,dagu dan dada pada betina burung Srigantil lain sebagaimana corak pada pejantan,corak bulu betina kira kusam,pada fragmen dagu berwarna kuning dengan garis hitam,dada hingga perut berwarna kuning,pada alis betina terdapat garis asfar terang,punggung berwarna bau kencur yaitun,paruh lagi kakinya berwarna hitam.

Sarang burung Srigantil/Kolibri Nyiur, di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok.

Burung Srigantil membangun sarang dengan sejumlah jenis material yang terdapat di daerah tempat mereka berkembang biak,lazimnya dengan beberapa pupuk tanaman,jukut,selerang kayu,sarang laba-laba,anakan ilalang,rente gendot,kapuk rangkiang,bulu berwarna putih.Baiklah barangkali ini saya akan berusaha mengurai material sarang burung Srigantil yang saya songsong di areal Bengkel Teater Rendra,Cipayung,Depok,nan bikin detik ini memang sengaja diperuntukkan sebagai hutan penjaga serapan air,karena memang di Bengkel Teater Rendra memiliki air dengan kualitas pangkat dan boleh langsung konsumsi(minus proses pemasakan),masyarakat sekitarpun banyak yang memanfaatkan air tersebut.

Baca :   Surat Pernyataan Penitipan Uang

Sarang burung Srigantil/Kolibri Kerambil tertentang depan.

Dari depan jelas kita bisa melihatnya berbentuk kantung dengan gerbang sarang puas bagian atas,dan pada atas sarang terletak semacam kopiah stambul (kanopi,jikalau puas rumah).Eksterior sarang tersusun dari material-material yang kian kasar dan dengan campuran sarang laba-laba,ada juga kulit pembungkus telur laba-laba,daun-daun katai(begitu juga patera sengon),serpihan alat peraba ayu.

Sarang ceceh Srigantil/Kolibri Kelapa tampak belakang.

Babak bokong sarang rajutan sarang burung ini mengait pada ranting tumbuhan,dan bagian jaring-jaring yang kebawah ada rajutan sarang menempel sreg patera dengan material kasar dan sarang laba-laba,hal tersebut menambah khasiat kontruksi sarang dan meminimkan goyangan sarang akibat tiupan kilangangin kincir.

Sarang penis Srigantil/Kolibri Kelapa tertumbuk pandangan samping.

Irisan melintang memanjang sarang ceceh Srigantil/Kolibri Kelapa.

Jelas bisa kita lihat lega isisan melintang mengaret sarang burung ini pengalokasian material penyusun sarangnya,plong babak dalam tersusun atas material nan bersifat renik/empuk dan hangat,seperti;kapuk kabu-kabu,bunga ilalang,bunga gendot,kulit pembungkus telur laba-laba,cendawan-serabut halus.Sreg bagian luar tersusun atas material yang makin berangasan ,seperti; cendawan tapas(penutup pelepah pohon kerambil),rabuk gedebong (tanaman pisang),serat pohon pepaya yang telah kersang,akar talas tandus,jamur suket,serabut daun kelapa,dan enggak-tak.Rabuk-serabut tersebut dirajut dengan campuran material sarang laba-laba,terutama pada babak pangkal/batang cangkul sarang (bagian nan mengait pada ranting tanaman) banyak terdapat senyawa sarang laba-labanya.

Racikan sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa horizontal memotong.

Dari rajangan memotong ini dapat kita lihat bagian dalam bawah yang lebih didominasi material halus dan lumat bersifat hangat,diantaranya;bunga alang-alang,bunga gendot,kapuk randu.Pada bagian pangkal sarang lapisan anakan ilalang dan anak uang gendot lumayan tepal,sementara pada arah-jihat samping banyak terdapat kelenteng lumbung.

Material-material pembentuk sarang burung Srigantil/Kolibri Kelapa yang saya ambil di provinsi Bengkel Teater Rendra antara lain adalah laksana berikut :

Baca :   Cara Membuat Dinosaurus Dari Origami

1.Serat daun kelapa.

-Cendawan muda busung banyak tersusun puas bagian luar dan bagian perdua kontruksi sarang,hanya pada bagian tengah kontruksi sarang terwalak juga sedikit serat daun kelapan dengan matra lebih halus/katai .

2.Tapas (pembungkus pangkal pelepah pohon kerambil).

-Rabuk tapas (pembungkus pangkal tulang daun tanaman kelapa) banyak saya temukan baik pada penggalan luar sarang maupun bagian dalam sarang,doang pada bagian luar sarang material ini lebih kasar,sedangkan puas bagian dalam kontruksi sarang memiliki material serat tapas yang lebih subtil.Serabut tapas hampir mendominasi material tulang kontruksi sarang burung Srigantil/Kolibri Nyiur.

3.Serat pohon pepaya .

-Serat tanaman pepaya tidak mendominasi material sarang zakar Srigantil, serat ini terdapat pada fragmen sarang kontruksi luar.

4.Akar pohon bentul.

-Akar pohon talas yang telah kering sepertinya bukan material berfaedah/trik pada kontruksi sarang kontol Srigantil,akar pohon bentul saya tatap hanya suka-suka pada bagian luar kontruksi sarang.

5.Anak uang ilalang dan bunga gendot

-Bunga ilalang dengan campuran bunga pohon gendot banyak terdapat lega interior terutama lega penggalan bawah sarang,lapisan rente lalang dengan campuran bunga gendot lumayan rimbun plong interior bawah sarang,hal ini sangat dempet dengan fungsi sarang itu sendiri yang memang tempat bikin bereproduksi (mengerami telur).Pantas tetapi apa bila lapisan material ini banyak lega babak n domestik radiks sarang dimana bagian tersebut berfungsi bagi menaruh telur-telur.

6.Kapas randu

-Kas randu banyak terdapat pada bagian ajang telur dan juga pada fragmen kontruksi dinding kerumahtanggaan sarang.

7.Patera sengon.

-Patera sengon dan pula daun albasiah juga terdapat di antara material pembentuk sarang plong fragmen kontruksi dinding sarang,material ini juga bukanlah material terdahulu alias bisa kita katakan material tambahan hanya lega sarang burung Srigantil.

8.Bungkus telur laba-laba.

Baca :   Beda Lovebird Lutino Dan Pastel Kuning

-Bungkus telur laba-laba juga terdapat lega sejumlah adegan kontruksi sarang burung Srigantil,lega bagian;kancah telur,sreg dinding interior sarang,beberapa pada dinding adegan luar sarang.Material ini hampir menyerupai kapas jika kita urai.

9.Kawul gedebong (tanaman pisang).

-Material ini banyak terdapat pada kontruksi sarang bagian luar,meskipun pada penggalan kontruksi privat lagi terletak tekor material serat gedebong pisang.

10.Sarang laba-laba.

-Material berbahan radiks sarang laba-laba ini sepertinya mendominasi kontruksi sarang burung Srigantil,menurut hemat saya sarang laba-laba n kepunyaan kemustajaban lem antar material sarang yang lainya.Sarang lawah-lawah sekali lagi banyak ditemui pada gagang cangkul sarang nan mengait plong ranting pokok kayu, dan kembali pada penggalan yang menempel pada daun menjuntai ke sumber akar,yang berfungsi andai penguat pegangan sarang serta mengurangi goyangnya sarang akibat tiupan angin.

11.Alat peraba tiang.

-Selerang kayu,material berbahan jangat kusen saya temui pada bagian kontruksi luar sarang,dan sepertinya material ini kembali seperti material daun sengon yang hanya menjadi material tambahan pada kontruksi sarang.

Sarang pelir Srigantil sangat dipengaruhi makanya faktor ketersediaan material pada daerah di mana mereka tinggal dan berkembang biak,dan material-material tersebut di atas hanya sempel pada satu area saja,akan berbeda kembali material kreator kontruksi sarang pada sarang butuh Srigantil yang kita jumpai di lain tempat.Sekali-kali lega sarang ceceh Srigantil juga bisa kita temui material seperti;ijuk,rambut manusia,surai subtil unggas yang berwarna putih/cahaya,beberapa diversifikasi bunga.Saya pernah mendapati sarang Srigantil pada daerah curug Sekar Langit,puas sarang tersebut saya temukan material pereka cipta sarang konkret lumut,juga bunga kaliandra dan bulu jagung.

Semooga uraian tentang material perakit sarang butuh Srigantil ini mampu menanbah maklumat dan referensi internal menyediakan material sarang lakukan para breeder kalam.Terimakasih dan mohon tambahan publikasi mengenai hal nan bersangkutan untuk menambah bahan riset nan saya cak bagi.

GENKOBI

Elex.SW/Ciputat/2016

Sarang Burung Kolibri Kelapa

Source: http://genkobi.blogspot.com/2016/04/material-sarang-burung-srigantilkolibri.html?m=1

Check Also

Pembayaran Tokopedia Dengan Akulaku

Pembayaran Tokopedia Dengan Akulaku Bayar Tokopedia dengan Akulaku – Tokopedia merupakan e-commerce yang secara tahunan …