Rangkaian Lampu Lalu Lintas Menggunakan Rangkaian

Rangkaian Lampu Lalu Lintas Menggunakan Rangkaian

Kelaselektronika.com – Lampu lalu lintas memiliki tiga buah lampu dengan fungsi untuk mengatur lalu lintas yang ada di jalan. Penting diketahui, lampu lalu lintas memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik paralel saling berhubungan.

Biasanya lampu lalu lintas akan dipasang pada persimpangan jalan supaya kendaraan tidak saling berebut untuk mendahului sehingga tidak akan menimbulkan kemacetan ataupun kecelakaan.

Penting! Lampu Lalu Lintas Ternyata Memiliki Prinsip Kerja dari Rangkaian Listrik

Lampu lalu lintas yang biasa Anda lihat biasanya site visitors mild memakai waktu tertentu serta daya panel surya sebagai sumber daya untuk menghidupkan lampu tersebut. Kebanyakan lampu lalu lintas akan dirancang dengan menggunakan mikrokontroler.

Terdapat pemrograman yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis mikrokontroler yang dipakai. Ternyata bukan hanya mikrokontroler saja yang digunakan, tetapi ada traffic light dengan rangkaian elektronika yang sederhana. Rangkaian lampu lalu lintas dibuat dengan memakai rangkaian elektronika digital.

Terdapat kelebihan dari rangkaian lampu lalu lintas dengan rangkaian digital, yakni harga yang tergolong relatif terjangkau serta tidak rumit dalam proses pembuatannya. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda pahami seperti karakteristik dari komponen elektronikanya.

Lampu lalu lintas memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik seperti rangkaian blok yang terdiri dari clock IC 555, rangkaian management logic, rangkaian binary two chip, rangkaian management counter, serta yang terakhir rangkaian conversion logic.

Rangkaian clock yang dibangun dari IC 555 berfungsi untuk menghasilkan pulsa clock dengan adanya periode tertentu. Nah, pulsa clock tersebut dapat diatur sendiri dengan cara setting nilai R1, R2, serta C1.

Baca Juga:
Alat Musik yang Dimainkan Menggunakan Listrik Disebut?

Clock pulsa telah berhasil masuk ke dalam rangkaian counter yang sudah dibangun dengan menggunakan IC JK flip flop. Rangkain counter itu akan menghasilkan frekuensi 1/eighties dari frekuensi out dari clock. Kemudian out counter akan ditumpukkan terdapat rangkaian management logic yang bisa menghasilkan pulsa clock untuk nanti dikirim ke rangkaian binary 2 bit.

Rangkaian binary two bit akan menghasilkan four output. Berikutnya iv output akan dikonversi menjadi v output logic yang dapat menyalakan mild emitting diode (LED). LED tersebut dapat berupa output yang bisa diganti dengan lampu lebih besar lagi. Tentunya dengan menggunakan rangkain commuter ataupun relay.

Dari beberapa rangkaian di atas semuanya memakai sumber tegangan 5v, jadi kalau menggunakan netre DC 12v perlu untuk ditambah pada sebuah rangkain regulator 5V. Rangkaian regulatornya yang sederhana bisa dibuat memakai IC 7805. Untuk semua rangkaian site visitors mils bisa diterapkan sebagai lampu lalu lintas di jalan raya ataupun juga challenge serta tugas mahasiswa maupun pelajar.

Baca :   Cara Mengubah Kuota Apps Menjadi Kuota Utama Indosat

Fungsi Lampu Lalu Lintas

Dibawah ini ada beberapa fungsi lampu lalu lintas yang perlu kamu ketahui:

Menjaga Arus Lalu Lintas

Lampu lalu lintas memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik untuk menjaga arus lalu lintas agar aman. Pengaturan waktu perjalanan, terdapat rambu, serta lampu lalu lintas yang telah dirancang untuk menjaga pejalan kaki, mobil, bahkan pengedar lain.

Meminimalisir Frekuensi serta Tingkatkan Kecelakaan

Lampu lalu lintas dapat berperan untuk membatasi jumlah serta intensitas kecelakaan yang terjadi. Pada situasi tersebut, kecepatan maupun merancang rangkaian lalu lintas untuk bisa memperlambat serta menghentikan laju kendaraan.

Setidaknya bisa untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa kapan saja terjadi. Adanya lampu lalu lintas ternyata memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik bisa terlihat di penjelasannya ini. Anda dapat memahami beberapa fungsi lalu lalu lintas untuk bisa menjaga keselamatan pada pengendara maupun pejalan kaki yang melintas.

Dengan demikian, adanya lampu lalu lintas dapat menghentikan laju kendaraan supaya lebih hati-hati dan berhenti tepat pada waktunya.

Lihat Foto

Rangkaian paralel lampu lalu lintas sederhana

KOMPAS.com
– Lampu lalu lintas adalah perangkat elektronik sebagai petunjuk lalu lintas jalan. Lampu pada rangkaian lampu lalu lintas sederhana dapat menyala secara bergantian karena merupakan rangkaian paralel.

Dilansir dari BBC, pada rangkaian paralel terdapat lebih dari satu jalur yang dilalui arus listrik. Artinya, satu sumber tegangan dapat membagi arus dan tegangannya ke dalam beberapa jalur.

Untuk membuat lampu lalu lintas sederhana digunakan lampu sebanyak tiga buah, yaitu lampu merah, lampu kuning, dan lampu hijau.

Pada model lampu lalu lintas sederhana, lampulampu disusun secara bercabang atau paralel. Sehingga, ada tiga jalur listrik dalam rangkaian paralelnya.

Baca juga: Bedanya Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Arus dan tegangan listrik masuk ke dalam ketiga jalur secara satu persatu dan menyalakan lampunya masing-masing.

Lampu lalu lintas tidak menggunakan rangkaian seri karena rangkaian seri tidak bisa menyalakan hanya satu lampu saja. Rangkaian seri hanya memiliki satu jalur.

Rangkaian sederhana lampu lalu lintas

Artinya, ketiga lampu ditaruh dalam jalur yang sama. Ketika arus listrik masuk ke jalur, ketiga lampu akan menyala secara bersamaan. Satu lampu yang mati akan mematikan lampu setelahnya.

Sedangkan pada rangkaian paralel, ketiga lampu bisa menyala tanpa memengaruhi satu sama lain. Pergantian nyala lampu lalu lintas dibantu oleh sakelar listrik.

Baca :   Perhatikan Gambar Berikut Keliling Bagian Yang Diarsir Biru Adalah

Baca juga: Komponen-komponen Rangkaian Listrik Sederhana

Penggunaan sakelar

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sakelar adalah perangkat untuk membuka dan menutup rangkaian listrik. Sehingga, dalam pembuatan lampu lalu lintas sederhana sakelar berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu.

Sakelar dipasang di ketiga jalur listrik, tepat sebelum lampu. Sehingga, arus yang masuk harus melalui sakelar terlebih dahulu.

Ketika sakelar ditekan untuk memutus arus, maka lampu akan mati. Sebaliknya, jika sakelar ditekan lagi untuk menghubungkan arus, maka lampu akan menyala.

Dalam lampu lalu lintas, hanya ada satu lampu yang menyala pada satu waktu. Misalnya, ketika lampu merah menyala, maka sakelar pada lampu hijau dan lampu kuning harus ditekan untuk memutus listrik dan mematikan kedua lampu tersebut.

Dalam rangkaian lampu lalu lintas yang sederhana, sakelar dapat ditekan secara manual. Namun pada lampu lalu lintas yang asli, pengaturan nyala lampu oleh sakelar dilakukan secara otomatis.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lampu lalu lintas di setiap jalan raya menjadi salah satu contoh dari bentuk rangkaian listrik paralel. Hal ini berfungsi supaya setiap lampu dapat menyala secara bergantian. Masing – masing lampu juga mempunyai arus berbeda. Alat yang mengatur lampu supaya dapat menyala secara bergantian yaitu kontroller.

Bagaimana rangkaian paralel lampu lalu lintas?

Rangkaian paralel pada lampu lalu lintas dilakukan secara bergilir karena ketika lampu berwarna merah menyala, lampu yang lain (kuning dan hijau) tidak menyala karena terdapat pemotongan arus listrik. Dengan demikian, rangkaian lampu lalu lintas menggunakan rangkaian paralel.

Bagaimana suasana rangkaian listrik pada lampu lalu lintas?

Pada lampu lalu lintas menggunakan rangkaian listrik paralel, hal ini dikarenakan lampu lalu lintas harus hidup bergantian, sedangkan jika menggunakan rangkaian listrik seri maka lampu lalu lintas akan mati semuanya.

Rangkaian apa yang digunakan pada lampu lalu lintas Mengapa?

Lampu lalu lintas menggunakan rangkaian paralel, agar bila satu lampu mati, yang lain bisa dinyalakan. Pembahasan: Suatu rangkaian listrik dapat disusun sebagai rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian seri adalah rangkaian yang hanya ada satu jalur termpat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik.

Yous might be interested:
Kapan Jaminan Hari Tua Bisa Dicairkan?

Baca :   Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Hal 167

Apa keuntungan dari lampu yang dirangkai secara paralel?

Keuntungan lampu dirangkai paralel adalah nyala semua lampu yang berada dirangkaian paralel Terang, dibandingkan rangkaian seri yang terang hanya satu dan yang lainnya redup. contoh rangkaian paralel adalah lampu rumah tangga, dan lampu jalan.

Bagaimana cara kerja rangkaian paralel?

Jawaban: Pada rangkaian paralel terdapat dua aliran arus listrik,setiap lampu mendapat arus tanpa lampu satunya. Oleh karena itu, lampu tetap menyala meskipun salah satunya diambil atau mati dan keuntungan rangkaian paralel adalah cahaya pada lampu lebih terang dan lampu yang tidak dibutuhkan dapat dimatikan.

Bagaimana cara menyusun rangkaian listrik paralel?

Caranya :

  1. Siapkan semua alat dan Bahan.
  2. Sambungkan Kabel sepanjang fifty Cm ( Dipotong) pertama kepada Baterai 3 Pcs.
  3. Sambungkan 10 Cm pertama kepada bola lampu ane.
  4. Sambungkan 10 Cm kedua kepada Bola lampu 2.
  5. Sambungkan 10 Cm ketiga sampai ke lima kepada bola lampu.
  6. Hubungkan Cok sambung sesuai yang kamu mau.

Bagaimana cara kerja lampu lalu lintas?

Mikrokontroller akan bekerja menyalakan lampu lalu lintas secara default kontrol yaitu searah dengan arah jarum jam. Jika komputer terkoneksi dengan mikrokontroller, maka mikrokontroller mengirimkan informasi jalur mana yang lampu hijaunya akan menyala.

Bisakah pada lampu lalu lintas dibuat menggunakan rangkaian listrik seri?

Jawaban: iya karena rangkaiannya adalah rangkaian seri.

Bagaimana prinsip kerja lampu lalu lintas?

Berbasis Sistem Automatics Traffic-Light Control System (ATCS) Secara keseluruhan, cara kerja lampu lalu lintas didasari oleh sistem ATCS. Sistem inilah yang menentukan berapa lama sebuah lampu hijau menyala. Lamanya nyala lampu hijau itu didasarkan pada kepadatan kendaraan yang terjadi saat itu.

Apa saja kelebihan dan kekurangan rangkaian paralel?

2. Rangkaian Paralel

  • 2.i. Kelebihan Rangkaian Paralel. Penggunaan listrik lebih efisien karena hambatan full rangkaian paralel yang kecil.
  • two.2. Kekurangan Rangkaian Paralel. Proses pembuatan rangkaian paralel cukup rumit karena bentuknya yang tidak sederhana (banyak percabangan).
  • Apa keuntungan rangkaian seri dan paralel?

    Keuntungan dari rangkaian seri adalah besar kuat arus listrik yang tidak dibagi, sehingga lampu dalam rangkaian seri lebih terang. Rangkaian paralel adalah rangkaian yang memiliki lebih dari satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik.

    Apa Keuntungan memakai rangkaian listrik paralel dibandingkan rangkaian seri?

    Salah satu kelebihan rangkaian paralel ketimbang rangkaian seri adalah rangkaian paralel untuk dapat menghemat energi listrik.

    Rangkaian Lampu Lalu Lintas Menggunakan Rangkaian

    Source: https://termasyhur.com/rangkaian-yang-digunakan-pada-lampu-lalu-lintas-adalah-rangkaian

    Check Also

    Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

    Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …