Pulau Di Indonesia Yang Bagian Utaranya Berbatasan Dengan Malaysia Adalah

Pulau Di Indonesia Yang Bagian Utaranya Berbatasan Dengan Malaysia Adalah

LOKASI SKPT SEBATIK


Propinsi Kalimantan Timur terletak di sebelah Timur Pulau Kalimantan dan sekaligus merupakan wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia, khususnya Negara bagian Sabah dan Serawak. Kalimantan timur dengan luas 245.237.8 Km² atau satu setengah kali pulau Jawa dan Madura memiliki x kabupaten, 4 kota, 97 kecamatan dan one.276 desa /kelurahan. Di antara kesepuluh kabupaten tersebut salah satunya adalah Kabupaten Nunukan dengan ibukota Nunukan. Kabupaten Nunukan merupakan salah satu daerah hasil pemekaran Wilayah Kabupaten Bulungan yang wilayahnya berhubungan langsung dengan Negara Malaysia.

Kabupaten Nunukan terdiri dari wilayah Pulau Nunukan, Pulau Sebatik, dan daratan Nunukan. Secara Administratif Kabupaten Nunukan ini dibagi ke dalam 15 wilayah kecamatan, yaitu: Kecamatan Nunukan yang melingkupi Pulau Nunukan dan sebagian daratan Nunukan, Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sebatik Barat,Kecamatan Sebatik Tengah, Kecamatan Sebatik Utara, Kecamatan Sebatik Timur, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Krayan dan Kecamatan Krayan Selatan.

Secara administratif Kabupaten Nunukan di kelilingi oleh selat, Kabupaten dan Negara lain. Batas administrasi Kabupaten Nunukan adalah:

Sebelah Utara    : Negara Malaysia Bagian Timur (Sabah)

SebelahTimur    : Laut Sulawesi

Sebelah Selatan  : Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau

Sebelah Barat     : Negara Malaysia Bagian Timur (Serawak)

Berdasarkan kondisi geografis Kabupaten Nunukan, maka daerah ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan pertumbuhan baru di utara Pulau Kalimantan khususnya sebagai pusat perdagangan internasional dan industri ASEAN Timur. Secara geografis,kabupaten Nunukan terletak di paling utara Propinsi Kalimantan Timur dan juga Pulau Kalimantan, bahkan berbatasan langsung dengan negara tetanga, yakni Negara Bagian Serawak dan Negara Bagian Sabah (Malaysia) serta jalur pelayaran internasional di selat Makasar. Kabupaten Nunukan  berada pada  posisi 115°22’30”- 118°44’54” Bujur Timur dan 3º30’00”- 4º24’55” Lintang Utara.

Baca :   Posisi Dagu Pada Saat Melakukan Gerakan Guling Ke Depan Adalah

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap sebagai pemangku tanggung jawab telah membuat kebijakan pengembangan sarana dan prasarana perikanan, kebijakan ini diarahkan untuk menunjang pemanfaatan sumber daya perikanan secara optimal dalam upaya peningkatan pendapatan pendapatan pembudidaya ikan dan nelayan.

Peningkatan fasilitas maupun kapasitas sarana dan prasarana kelautan dan perikanan ini sangat strategis untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan, serta mendorong berkembangnya usaha perikanan rakyat dan membantu tercapainya iklim yang kondusif bagi pertumbuhan usaha perikanan.

Peranan sub sektor perikanan semakin sangat penting, karena sub sektor perikanan merupakan salah satu penghasil devisa. Program ekspor hasil perikanan dapat dicapai antara lain, dengan cara meningkatkan fasilitas yang diperlukan oleh Pelabuhan Perikanan / pangkalan pendaratan ikan, meningkatkan hasil tangkapan, peningkatan mutu hasil tangkapan, pengolahan hasil perikanan dan lain-lain yang dapat meningkatkan nilai tambah. Untuk mencapai program tersebut, pembangunan Prasarana Pelabuhan Perikanan / Pangkalan Pendaratan Ikan sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pembangunan   perikanan. Pembangunan Pelabuhan Perikanan / Pangkalan Pendaratan Ikan sampai saat ini masih dirasa sebagai hal yang sangat sulit, karena akan dihadapkan pada permasalahan yang senantiasa memberikan dampak perkembangan baru serta terjadi perubahan-perubahan mendasar yang kadang perkembangan dan perubahan itu menjadi tidak sesuai dengan apa yang direncanakan.

Selain itu Pelabuhan Perikanan / Pangkalan Pendaratan Ikan adalah perpaduan antara bangunan darat dan bangunan laut serta aktivitas sosial ekonomi masyarakat nelayan, sehingga mulai dari perencanaan sampai ke pengendalian dan pengawasan pembangunan operasional serta pemeliharaan memerlukan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu. Berdasarkan hal tersebut PPI Sebatik harus dapat memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama nelayan  agar  dapat memberikan kemudahan  bagi  mereka untuk  melakukan transaksi jual belinya serta dapat meningkatkan masyarakat disekitarnya.

Baca :   Jika Panjang Ab 1 Cm Maka Panjang Ae Adalah

Pulau Di Indonesia Yang Bagian Utaranya Berbatasan Dengan Malaysia Adalah

Source: https://kkp.go.id/SKPT/Sebatik/page/1113-skpt-sebatik

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …