Posisi Badan Yang Benar Untuk Seorang Pelari Adalah

Posisi Badan Yang Benar Untuk Seorang Pelari Adalah

Memahami teknik lari jarak pendek merupakan suatu cara yang memang perlu kamu ketahui agar bisa memaksimalkan manfaat kesehatan dari jenis olahraga satu ini. Olahraga lari pendek bukanlah suatu jenis olahraga yang dianggap baru bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Tentunya kamu masih mengingat, bukan? Beberapa waktu lalu, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018, di mana olahraga lari pendek merupakan satu dari sekian jenis cabang olahraga atletik yang diperlombakan pada kompetisi olahraga se-asia tersebut.

Jarak yang perlu ditempuh dari outset hingga ke garis finish adalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Jenis olahraga lari ini memerlukan kekuatan dan kecepatan di mana salah satu hal yang paling krusial dari perlombaan lari pendek adalah saat para peserta melakukan start. Hal ini dikarenakan jarak lintasan yang ditempuh oleh masing-masing pelari tidaklah begitu panjang. Sehingga, mereka perlu melakukan start yang sangat sempurna agar mendapatkan momentum kecepatan lari yang ideal untuk bisa memenangi perlombaan.

Inilah alasan teknis mengapa setiap pelari jarak pendek perlu memahami teknik start yang baik. Dalam menjaga tubuh tetap bugar dan fit, olahraga lari pendek ini bisa kamu coba lakukan. Lantaran, lari pendek bukanlah jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi. Tentu berbeda halnya bila

kamu melakukan jenis olahraga yang berat misalnya sepak bola, futsal, handbasket, dan rugby. Jenis olahraga berat tersebut membutuhkan kekuatan fisik yang prima karena perlu berduel dengan pemain lawan dan juga lebih berisiko mengalami cedera dibanding lari pendek. Lari pendek adalah olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Karena melakukan dart dapat meningkatkan denyut jantung secara maksimal, sehingga fungsi jantung dapat bekerja lebih efisien. Selain itu, aktivitas berlari yang kamu lakukan dapat membantumu mendapatkan lebih banyak oksigen saat berolahraga dan meningkatkan kebugaran metabolisme tubuh. Dan dapat menangkal risiko kanker dan penyakit kardiovaskular yang menyebabkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah seperti serangan jantung koroner dan stroke.

Teknik-teknik Lari Jarak Pendek

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari olahraga lari pendek. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memahami teknik-teknik dasar dalam melakukannya. Teknik dasar saat lari pendek yang perlu kamu ketahui terdiri dari 5 (lima) teknik dasar di antaranya:







  1. Posisi kepala dan leher harus rileks, serta pandangan mata harus fokus ke depan.






  2. Ketika sedang berlari, tekuklah siku tanganmu hingga membentuk sudut 90 derajat.






  3. Saat lengan bergerak, jaga posisi bahu tetap stabil dan rileks.






  4. Saat berlari, angkat lutut bagian depan dan luruskan kaki bagian belakang.
  5. Usahakan langkah kaki tetap pendek, namun tetap dalam kecepatan maksimum.
Baca :   Berikut Yang Bukan Merupakan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Adalah

v (lima) teknik dasar dari lari jarak pendek ini perlu kamu pelajari dan kuasai agar olahraga lari pendek yang dilakukan dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan. Teknik offset yang baik dalam olahraga lari pendek memang memiliki peranan yang penting saat berlari hingga menyentuh garis finish. Umumnya, teknik kickoff saat lari pendek menggunakan cake kickoff dari posisi start jongkok. Setidaknya, ada 3 (tiga) teknik beginning yang perlu kamu pahami antara lain:





1.  Start Pendek (Brusk Offset)









Pelari akan memulai start dari posisi jongkok, di mana jarak kaki dengan block first sekitar 0,40 meter dari garis start. Posisi start dengan teknik ini, lutut kaki belakang berada di ujung kaki satunya, atau kedua kaki saling berdekatan satu sama lain.









2.  Start Menengah (Medium Start)









Jarak antara kaki dengan block get-go untuk teknik start satu ini sedikit lebih jauh dibanding teknik commencement pendek yakni berkisar 0,53 meter dari garis start. Setiap pelari harus memposisikan kakinya saat get-go, lutut kaki belakang berada di samping tekukan telapak kaki bagian depan.









3.  Start Panjang (Long Outset)









Teknik starting time yang terakhir adalah start panjang (long term) yang diperuntukkan bagi para pelari yang memiliki bentuk kaki yang panjang. Untuk jarak antara kaki dengan block start sama dengan teknik start menengah yakni 0,53 meter dari garis starting time. Dengan posisi start, kedua telapak kaki saling berjauhan dengan lutut kaki belakang berada di samping tumit kaki depan.

Mengetahui teknik-teknik dasar dari lari pendek bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Melainkan, penerapan teknik-teknik dasar dari lari jarak pendek di atas dapat membantumu terhindar dari risiko cedera dan jatuh saat berlari.

Pentingnya Aktivitas Olahraga untuk Kesehatan

Melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara aktif merupakan salah satu pedoman dari gizi seimbang. Sehingga, penting rasanya bagi kamu untuk menjaga kesehatanmu dengan rutin menjalankan aktivitas olahraga yang dapat membantu mengurangi rasa cemas, tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, serta beberapa aspek fungsi kognitif, dan sensitivitas insulin.

Rajin berolahraga dan bergerak secara aktif adalah salah satu cara yang bisa anak-anak muda lakukan saat ini sebagai kunci untuk mendapatkan umur yang panjang. Oleh karenanya, untuk bisa mendukung gerak aktif tubuhmu hingga masa senja nanti. Kamu perlu sebuah nutrisi tambahan yang bisa menjaga kekuatan tulang, sendi, dan otot milikmu guna menunjang rutinitas aktivitas olahraga dari ringan hingga berat. Sumber nutrisi tubuh tersebut bisa berasal dari kalium, kalsium, dan kolagen. Ketiga nutrisi penting ini bisa kamu dapatkan di segelas susu Anlene Actifit bila dikonsumsi minimal sebanyak 2 gelas per harinya.

Baca :   Sebutkan Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Sesuai Makna Sumpah Pemuda

Dilihat dari anatomi tubuh (bentuk tubuh) yang paling ideal untuk menjadi seorang pelari jarak pendek adalah?

  1. pelari bertubuh tinggi dengan memiliki tungkai yang pendek
  2. pelari bertubuh pendek dengan memiliki tungkai yang panjang
  3. pelari bertubuh tinggi dengan memilki tungkai yang panjang
  4. pelari bertubuh pendek dengan memiliki tungkai yang pendek
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. pelari bertubuh tinggi dengan memilki tungkai yang panjang.

Dilansir dari Ensiklopedia, dilihat dari anatomi tubuh (bentuk tubuh) yang paling platonic untuk menjadi seorang pelari jarak pendek adalah pelari bertubuh tinggi dengan memilki tungkai yang panjang.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban
A. pelari bertubuh tinggi dengan memiliki tungkai yang pendek

adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban
B. pelari bertubuh pendek dengan memiliki tungkai yang panjang

adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban
C. pelari bertubuh tinggi dengan memilki tungkai yang panjang

adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban
D. pelari bertubuh pendek dengan memiliki tungkai yang pendek

adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban
Due east. Semua jawaban benar

adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. pelari bertubuh tinggi dengan memilki tungkai yang panjang.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Lihat Foto

Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/eight/2018). Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali

KOMPAS.com

– Lari jarak pendek adalah nomor lari yang menempuh jarak 50 sampai 400 meter. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam lari jarak pendek adalah sikap badan saat melakukan gerakan lari.

Dikutip dari Modul 3 Sehat-Bugar untuk Tua-Muda (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian lari jarak pendek adalah olahraga atletik lari yang dilakukan dengan kecepatan penuh dengan lintasan yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Baca :   Kebijakan Apa Yang Diambil Selama Pemerintahan Kolonial Berlangsung

Adapun, nomor lari yang termasuk dalam kategori lari jarak pendek adalah lari 50 meter, 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Lari jarak pendek disebut juga dengan istilah lari cepat atau sprint. Teknik first yang digunakan pada lari jarak pendek adalah start jongkok atau crouching beginning.

Baca juga: Peraturan dan Nomor Perlombaan Lari Jarak Pendek

Gerakan offset lari jarak pendek

Aba-aba yang digunakan pada get-go lari jarak pendek adalah “Bersedia”, “Siap”, dan “Yak” atau bunyi pistol.

1. Aba-aba “Bersedia”

Saat mendengar aba-aba “Bersedia”, lutut kaki belakang diletakkan pada ujung kaki yang di depan dengan jarak satu kepal tangan.

Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu. Telapak tangan kiri (jari-jari) diletakkan di belakang garis start. Pandangan lurus ke depan (ke arah lintasan).

2. Aba-aba “Siap”

Sikap saat terdengar aba-aba “Siap” adalah lutut kaki depan membentuk sudut xc derajat, sementara kaki belakang membentuk sudut 120-140 derajat.

Angkatlah pinggul ke arah depan atas dengan bahu dan garis punggung sedikit diturunkan ke bawah.

Baca juga: Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari Jarak Pendek

3. Aba-aba “Yak” atau bunyi pistol start

Ketika ada aba-aba “Yak” atau bunyi pistol start, kedua kaki mendorong dengan dorongan yang eksplosif terhadap tumpuan pada start cake.

Langkah pertama untuk memulai gerakan lari adalah sekitar 45-75 sentimeter di depan garis start.

Lihat Foto

Vitamin C dikenal luas karena perannya mendukung sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, tak heran jika itu menjadi salah satu manfaat buah melon karena buah ini kaya akan vitamin C.

Sikap badan saat berlari

Untuk mencapai kecepatan maksimal saat berlari, pelari jarak pendek atau sprinter harus memperhatikan sikap badannya.

Baca juga: Showtime untuk Lari Jarak Pendek: Teknik Dasar dan Tips

Sikap badan yang benar pada waktu melakukan gerakan lari jarak pendek adalah:

  1. Setelah aba-aba “Yak” atau bunyi pistol outset, pelari melesat ke depan.
  2. Sikap badan condong ke depan dengan tolakan kaki sekuat tenaga.
  3. Saat berlari, pendaratan kaki dengan telapak kaki bagian depan.
  4. Ketika berlari, pandangan diarahkan lurus ke depan.
  5. Gerakan ayunan tangan dilakukan secara kuat di depan dada dengan tangan mengepal.
  6. Ketika memasuki garis finis, lari dilakukan terus menerus tanpa mengubah sikap lari.

Dapatkan update
berita pilihan

dan
breaking news

setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Posisi Badan Yang Benar Untuk Seorang Pelari Adalah

Source: https://rcfamily.info/37205/bentuk-tubuh-yang-paling-ideal-untuk-menjadi-seorang-pelari-jarak-pendek-adalah/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …