Perbedaan Antara Gaya Gaya Lompat Tinggi Terletak Pada

Perbedaan Antara Gaya Gaya Lompat Tinggi Terletak Pada



Apa Yang Membedakan Gaya Straddle Dengan Gaya Lainnya?


Lompat tinggi gaya straddle adalah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang sampai saat ini masih digunakan dalam perlombaan dan diajarkan di sekolah-sekolah sejak munculnya gaya flop, popularitas gaya straddle mulai menurun dan tidak pernah digunakanlagi dalam perlombaan besar seperti PON apalagi dalam kejuaraan internasional.

Perbedaan antara gaya straddle dengan gaya-gaya lainnya adalah dilihat dari pelaksanaannya melewati mistar yang mengharuskan kaki dibuka lebar hingga sebelum pelaksanaan pendaratannya, kedua kaki itu tetap diuka lebar.

PELAJARI:
Sebutkan Macam-Macam Gerakan Kebugaran!

Dari segi lain, perbedaannya adalah pada kaki tolak yang digunakan pada gaya ini dan mendarat dengan kaki ayun (terjatuh). Perbedaan sikap tubuh selama di udara, gaya straddle dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu horisontal straddle dan arch/dive straddle.

Lihat Foto

Ilustrasi Gaya Straddle pada lompat tinggi

KOMPAS.com
– Gaya lompat tinggi terbagi menjadi lima jenis, yakni scissors technique, eastern cut-off, western curlicue, straddle, serta fosbury flop.

Berdasarkan sejarahnya, scissors technique atau gaya gunting adalah gaya yang kali pertama digunakan dalam perlombaan.

Selain menjadi yang pertama, gaya gunting paling mudah dipelajari karena lebih mudah untuk dipahami.

Dari gaya guling, gerakan lompat tinggi berevolusi ke eastern cutting-off atau gaya guling.

Baca juga: Hal yang Membuat Atlet Lompat Tinggi Didiskualifikasi

Setelah itu gaya-gaya lain ikut bermunculan, western roll, straddle, dan fosbury flop.

Straddle atau Gaya Guling

Gaya ini menggantikan western curl dan juga sering digunakan oleh para pelompat, setelah fosbury bomb.

Posisi atlet saat melompat dengan gaya straddle adalah menghadap tiang mistar.

Selain itu, saat melayang di udara, posisi kepala dan kaki pelompat melewati tiang mistar secara bersamaan.

Baca juga: Teknik Tolakan pada Lompat Tinggi

Sama seperti western roll, saat akan melakukan lompatan, kaki yang paling dekat dengan tiang mistar dijadikan pijakan.

Baca :   Limbah Keras Sebelum Memasuki Proses Produksi Perlu Dilakukan Proses

Namun, lompat tinggi gaya straddle dapat dibedakan dengan lompat tinggi gaya lainnya, yaitu dari pelaksanaan saat melewati mistar.

Pelaksanaan gaya straddle saat melewati mistar mengharuskan kaki dibuka lebar hingga sebelum pelaksanaan pendaratan.

Kedua kaki itu tetap dibuka lebar atau kangkang.

Dari perbedaan sikap tubuh selama diudara, gaya straddle dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu horizontal straddle dan archdive straddle.

Baca juga: Kelebihan Teknik Fosbury Flop Dibanding Lainnya dalam Lompat Tinggi

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Lompat tinggi dalam cabang olahraga atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak jenis. Dalam setiap jenis tersebut, terdapat perbedaan yang mencolok dan menjadi ciri khas masing-masing, yakni pada tata cara pelaksanaan atau gayanya. Untuk lebih memudahkan dalam memahaminya, berikut ini adalah perbedaan gaya dalam lompat tinggi,

Gaya fosburry bomb memiliki keunikan dibandingkan dengan cara melakukan gaya lompat tinggi lainnya. Dalam pelaksanaan lompat tinggi gaya fosburry flop, atlet akan mendarat di matras dengan kondisi telentang. Gerakan inilah yang membuat lompat tinggi gaya fosburry flop begitu berbeda.

Ketika berada di atas mistar, atlet akan menolak dengan posisi badan terlentang. Dagu akan ditarik lebih dekat pada dada dan kaki tergantung dengan lemas layaknya orang yang sedang melayang. Pendaratan pun dilakukan dengan menjatuhkan punggung di atas matras.

Gaya guling/straddle

Berbeda dengan lompat tinggi gaya fosburry flop, lompat tinggi gaya guling atau straddle justru mendarat dengan posisi badan telungkup. Ketika atlet melakukan gerakan di atas mistar, kaki harus melewati mistar terlebih dahulu.

Lalu dengan cepat naikkan badan dengan posisi terbalik dengan diikuti oleh anggota badan lainnya yang ikut berputar. Ketika semua badan telah melewati mistar, bersiap mendarat dengan posisi badan telungkup. Dahulukan kaki kanan dan tangan kanan saat melakukan pendaratan yang disusul dengan bahu dan badan.

Baca :   Bentuk Latihan Dibawah Ini Yang Dapat Mengencangkan Otot Lengan

Gaya guling sisi

Gaya guling sisi atau western curlicue hampir mirip dengan lompat tinggi gaya guling atau straddle. Gaya guling sisi diciptakan oleh K.Harin pada tahun 1912, namun lompat tinggi dengan gaya guling sisi tidak pernah diperlombakan karena dianggap tidak sah.

Lompat tinggi gaya guling sisi dilakukan dengan posisi kepala lebih rendah dibandingkan posisi pinggul. Hal inilah yang menyebabkan lompat tinggi gaya guling sisi tidak dimasukkan ke dalam nomor perlombaan karena menyebabkan ketinggian maksimal tidak tercapai.

Lompat tinggi gaya gunting adalah salah satu nomor lompat tinggi yang paling sering diperlombakan. Gaya ini ditemukan pada tahun 1880 oleh Sweney dengan beberapa kali perubahan.

Lompat tinggi gaya gunting dilakukan dengan melompat menggunakan kaki kanan terlebih dahulu dengan kaki kiri sebagai tumpuannya. Ketika kaki kanan sudah berada di atas mistar, kaki kiri ikut menyusul melewati mistar. Pendaratan dilakukan dengan menggunakan kaki kanan terlebih dahulu lalu disusul dengan kaki kiri.

Itulah perbedaan gaya dalam lompat tinggi yang perlu diketahui. Lompat tinggi memang memiliki banyak teknik atau gaya dalam pelaksanaannya. Namun yang terpenting adalah fokus pada salah satu gaya agar dapat melakukan lompat tinggi dengan sempurna.

Perbedaan antara gaya-gaya lompat tinggi terletak pada?

  1. persiapan awalan
  2. melewati mistar lompat
  3. tumpuan/tolakan
  4. langkah awalan

Kunci jawabannya adalah: D. langkah awalan.

Menurut ensiklopedia, perbedaan antara gaya-gaya lompat tinggi terletak pada langkah awalan.

Kemudian saya sarankan Anda untuk baca pertanyaan selanjutnya yaitu Seorang ibu dapat menjamin pendidikan anaknya secara alamiah, dalam mendidik anak orang tua perlu memberi kebebasan pada anak agar mereka dapat berkembang secara alamiah, menurut? beserta kunci jawabannya.


4. Gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu disebut gaya ….a. dadab. bebasc.punggungd. kepala5. Pakaian renang biasanya terbuat d …

aribahana.karetb.sutrac.katund.nilon6.Kacamata renang digunakan dengan tujuan.a.memaksimalkan gerakan tanganb.meminimalkan gerakan tanganc.mencegah iritasi matad.mencegeh alergi kulit​

Baca :   Soal Agama Kristen Kelas 1 Sd Kurikulum 2013


2. Berenangdengan posisi punggungmenghadap ke permukaan air disebut gayaa. dadab. bebasc. punggungd. kepalaGaya dada disebut juga dengan gaya ….a. d …

adab. katakc. punggungd. kepala​


berikut ini adalah gaya dalam renag kecuali​


apa manfaat jalan sehat​


Gerakan 2 kali melangkah ke samping agak melompat dengan diakhiri kaki menyilang ke belakang disebut​


PERSANI adalah induk organisasi … di republic of indonesia.​


Kegitan menjelajah di alam bebas termasuk kegiatan


tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong bantu saya untuk menjawab soal ini.​


tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong tolong bantu saya untuk menjawab soal ini.x. Putra dan Dendi adalah sisw …

a di SMP Sukamakmur, jarak tempuh rumah Putra menuju sekolah 1500 meter dan jarak rumah Dendi 500 Meter. Putra setiap hari berjalan kaki berangkat kesekolah dan pulang dari sekolah kecuali hari libur, sedangkan Dendi setiap hari diantar dan dijemput oleh orang tuanya menggunakan sepeda Motor. Berdasarkan narasi diatas kondisi kebugaran Putra lebih baik daripada Dendi, hal ini disebabkan oleh ….A. Asupan gizi Putra lebih baik dari dendi sehingga Putra bisa berjalan kakiB. Aktivitas Fisik yang teratur dapat meningkatakan kebugaran jasmani seseorangC. Tubuh Putra lebih besasr daripada Dendi sehingga bisa berjalan dengan jarak jauhD. Putra merupakan seorang atlet sedangkan Dandi bukan seorang atlet ​


gerakan tersebut bertujuan untuk …a. menyerang dari belakang ke depan, kemudian dilanjutkan dengan menghindarb. menghindari serangan lawan, lalu dil …

anjutkan dengan melakukan serangan c. persiapan untuk berpindah posisi dengan cara melangkahd. menangkis lawan dari depan ke sampingbuat Kaka² yang pinter tolong jawab dong ​

Perbedaan Antara Gaya Gaya Lompat Tinggi Terletak Pada

Source: https://memperoleh.com/perbedaan-gaya-antara-gaya-gaya-lompat-tinggi-terletak-pada

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …