Perangkat Input Yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Kerja Mesin Adalah

Perangkat Input Yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Kerja Mesin Adalah

1 perangkat input yang bisa digunakan untuk mengukur kerja mesin adalah 2 antarmuka yang menggunakan karakter untuk memberikan perintah adalah iii Jika kamu ingin membangun sistem pemesanan otomatis berbasis komputer di restoran antarmuka yang sebaiknya dipilih adalah iv untuk pengguna yang suka bermain game atau menonton film dengan resolusi tinggi port untuk kartu grafis yang sebaiknya digunakan adalah v perangkat yang mempunyai slot untuk menempelkan perangkat-perangkat lain adalah​

plia tolong bantuin kak nanti aku follow

INI JAWABAN TERBAIK 👇

Jawaban yang benar diberikan: Shandyabor12

Jawaban yang benar diberikan: suryosubandrio

jawaban:

GUI (Graphic User Interface)

Penjelasan:

karena memudahkan pelanggan memilih menu dengan melhat gambarnya, berbeda dengan CUI (Code User Interface) yang hanya menampilkan kode / kata kata

Jawaban yang benar diberikan: Ririnnursa3524

jawaban:

weebsite error hack king???


RaihaN1832763
@RaihaN1832763


November 2019


1


93


Written report

Perangkat imput yang biasa digunakan untuk mengukur kerja mesin


taufik3617

Jawaban:

spedeo meter

maaf kalo salah

0 votes

Thank you 0

More Questions From This User Come across All


RaihaN1832763
Apr 2020 | 0 Replies

Mengapa kayu yang dicat tidak dapat mudah dimakan rayap

Answer

RaihaN1832763
December 2019 | 0 Replies

Presiden yang menolak untuk bergabung dengan SEATO adalah

Answer

RaihaN1832763
December 2019 | 0 Replies

Salah satua asas association of southeast asian nations adalah

Reply

RaihaN1832763
December 2019 | 0 Replies

Difteri disebabkan oleh nyamuk atau tidak

Answer

Recommend Questions



irfan6145
May 2021 | 0 Replies

apa fungsi hp android


refiana8293
May 2021 | 0 Replies

ane)Position value organisation bilangan octal adalah perpangkatan dari nilai…Pilih salah satu:a. 16b. 4c. 8d. 10e. 22)Berikut ini merupakan storage device adalahPilih salah satu:a. Keyboardb. Pentiumc. Monitord. Flashdiske. Core i73)Fungsi operasi komputer yang dapat menghubungkan komputer dengan lingkungan luar adalahPilih salah satu:a. Fungsi operasi pemindahan datab. Fungsi operasi pengolahan datac. Fungsi operasi perhitungan datad. Fungsi operasi penyimpanan datae. Fungsi operasi kontrol data


Rani9091
May 2021 | 0 Replies

Tentukan atribut dan metode dari objek supermarket? tolong dijawab, saya sangat butuh


Mariomantarlo5640
May 2021 | 0 Replies

berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari dari e-commerce tentang1. bisnis to bisnis (b2b)2. bisnis to customer (b2c)3. customer to bisnis (c2b)4. bisnis to goverment (b2g)5. goverment to bisnis (g2b)6. client to customer (c2c)


almayuniarto5085
May 2021 | 0 Replies

jarak yang masih dapat dijangkau sinyal wifi dari titik akses adalah


Alvinkjl3172
May 2021 | 0 Replies

Sebutkan tujuan penetapan harga jangka pendek dan 2 tujuan penetapan harga panjang


myname5972
May 2021 | 0 Replies

siapa pencipta mesin jahit?


livi81
May 2021 | 0 Replies

langkah paling awal dalam pemeriksaan ulang konektifitas jaringan yaitu


oktav4524
May 2021 | 0 Replies

berikut bahan yang diperlukan dalam instalasi jaringan lokal adalah? A. crimping tool. B. Konektor Rj-45. C. kuas. D. hub. E.cablevision taster


irfan6145
May 2021 | 0 Replies

bagaimana cara menyambungkan hotspot wifi ke laptop


Piranti input merupakan peralatan yang digunakan untuk memasukkan data mentah ke dalam sistem komputer. Jenis piranti input yang digunakan dapat bermacam-macam, sesuai dengan jenis data mentah yang akan dimasukkan. Jenis information mentah dapat berupa : teks, angka, jam, tanggal, suara, gambar, gambar gerak / flick, kondisi tertentu, seperti suhu atau tingkat keasaman. Semua sistem komputer selalu memiliki perangkat input.


Input dibedakan menjadi 3 macam
, yaitu :

  • Perangkat Input manual
  • Perangkat Input otomatis
  • Sensor

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pada listing diatas setiap jenis input sudah terhubung pada situs ictlounge yang menerangkan tentang ketiga macam perangkat tersebut. Contoh perangkat input manual adalah keyboard, mouse, track ball, scanner, microphone, dll. Contoh perangkat input otomatis adalah optical marker reader [untuk membaca kertas ujian], barcode reader [untuk membaca kode produk], magnetic stripe reader [untuk membaca account kartu], dll. Contoh sensor adalah sensor suhu [pada Ac], sensor intensitas cahaya [pada door opening system], sensor kelembaban [pada green house], dll. Perkembangan teknologi membuat perangkat input semakin canggih. Salah satunya Keyboard. Berikut adalah tampilan keyboard QWERTY yang biasa : Dengan alasan kesehatan, munculnya penyakit RSI [Repetitive Strain Injury] pada pergelangan tangan, maka dibuatlah keyboard ergonomic yang menyesuaikan letak dan kondisi tangan saat mengetik :
Keyboard juga muncul pada teknologi smartphone baik secara fisik dan software [ditampilkan dilayar sentuh – kadang ini juga disebut keyboard virtual] :

Baca :   Bayangan Dari Sebuah Benda Yang Dibentuk Oleh Cermin Cembung Adalah

Saat ini berkembang lagi, keyboard virtual dengan memanfaatkan teknologi light amplification by stimulated emission of radiation.
Link-link berikut dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang virtual keyboard :

  • Febridhanwargad dari Universitas Widyatama

Pada mesin-mesin dengan teknologi komputer, perangkat input seringkali menjadi satu bagian, contoh : sistem komputer ATM [Automatic Teller Automobile] Dapatkah Anda mengenali bagian mana saja yang termasuk perangkat input?

  • Screen Buttons digunakan untuk memasukkan pilihan card,
  • Bill of fare Reader digunakan untuk membaca kartu yang kita masukkan dan
  • Keypad digunakan untuk memasukkan data angka, seperti countersign.

Bagaimana dengan EFTPOS [Electronic Fund Transfer Point of Sales] pada mesin kasir ? Coba Anda perhatikan dan identifikasi perangkat input apa saja yang ada pada EFTPOS diatas. Ada Screen button, keypad, carte du jour reader dan barcode scanner pada mesin kasir. Ada pula keyboard yang telah diprogram khusus untuk barang-barang yang dijual.


SENSOR

Perangkat input yang digunakan untuk memasukan data yang berupa kondisi, contoh pada sistem prediksi cuaca adalah sensor. Sensor dapat menerima masukan data berupa suhu, kelembaban dan angin, seperti pada gambar berikut :

Sistem Perkiraan Cuaca di Rumah

Perangkat input sensor biasa digunakan pada sistem informasi geografi, sistem informasi cuaca, sistem informasi tingkat pencemaran baik udara maupun air, sistem informasi tingkat radiasi, sistem informasi kesehatan di rumah sakit, dan lain-lain.

Fungsi dari perangkat input sensor
diantaranya adalah

  • menggantikan tugas-tugas yang berbahaya bagi manusia, contoh pengukuran level radiasi nuklir, pengukuran tingkat keasaman, panas, dll.
  • mengukur secara terus menerus 24 jam 7 hari tanpa lelah
  • mampu mengukur dengan sangat cermat dan tepat


Light-green Business firm

Green house merupakan teknologi pertanian yang saat ini menggunakan teknologi komputer untuk mengelola sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih baik. Berbagai sensor digunakan pada bangunan green firm seperti gambar berikut :

Penjelasan fungsidan cara kerja masing-masing sensor dapat dilihat dari link ini.


BIOMETRIC SENSOR

Perkembangan di bidang perangkat sensor saat ini adalah penggunaan biometric sensor. Untuk mempelajari biometric sensor lebih lanjut, coba link dari Universitas Widyatama ini. Biometric sensor ini ada yang dalam bentuk 3D seperti yang dikembangkan oleh Photon-X. Biometric sensor juga hadir dalam bentuk Biostamps seperti gambar berikut : Artikel pada link ini cukup lengkap membahas macam-macam Biometric Sensor.

Page 2

Beranda Materi Latihan Tugas Encyclopedia
â–¼

Macam-macam perangkat input komputer [perangkat masukan atau input devices]
adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan information-data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Input device merupakan salah satu komponen penting pada komputer. Apakah kalian sudah tahu apa saja perangkat input komputer? Jika belum, kalian beruntung telah menemukan artikel kami ini.  Berikut ini adalah 17 macam input device atau perangkat keras input komputer dan fungsinya.

17 Macam Input Device / Perangkat Masukan Komputer

ane. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user [pengguna] untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington.

Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO [International Standar Organisation] jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-jenis keyboard : – QWERTY – DVORAK – KLOCKENBERG Keyboard yang biasanya dipakai adalah jenis QWERTY, yang bentuknya mirip seperti tuts pada mesin ketik. Keyboard QWERTY memiliki 4 bagian yaitu : – typewriter key – numeric cardinal – office key – special role central.

Baca :   Strategi Mengatasi Ancaman Di Bidang Ideologi

2. Mouse



Mouse adalah salah satu unit masukan [input device]. Fungsi alat ini adalah perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI [Grapichal User Interface]. Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.

Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung [coil], dimana letak tombol ini terletak ditengah.

Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik [click] dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.

Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser [elevate] yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.

Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda [double click] sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan [right click]. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse/ps2, usb dan wireless.

iii. Touchpad





Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit of measurement ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit of measurement masukan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball

4. Light Pen








Calorie-free Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen [monitor]. Calorie-free pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



5. Joy Stick dan Games Paddle





Alat ini biasa digunakan pada permainan [games] komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur suatu objek dalam komputer.

half dozen. Barcode





Barcode termasuk dalam unit masukan [input device]. Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swayalan di Republic of indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan menggunakan barcode.

vii. Scanner





Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floopy disk. Fungsi scanner mirip seperti mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau memodifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk text maupun gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK [Lembar Kerja Komputer] pada ulangan umum dan ujian nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR [Optical Character Recognition] untuk meng-re-create atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR [Digital Marker Reader], dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah, dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunakan pensil 2B tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

Baca :   Cara Mencari Suku Ke N Barisan Geometri

viii. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengna kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ditentukan oleh pixelnya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital ini tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau begerak seperti halnya video.

9. Mikrofon





Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

10. Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design [CAD] dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobilk, dan pesawat dengan menggunaka Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Grapchics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum [stylus] yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan [touch sensitive membrane surface]. Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh [affect sensitive pad] tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

11. Compact Disc

Compact Disc atau CD adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik terbuat dari bahan plastik dan berbentuk lingkaran pipih dengan lubang kecil yang ada pada bagian tengah.

12. Modem

Modem juga termasuk salah satu macam perangkat input komputer yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan jaringan net. Bentuk dan tipenya pun beragam. Ada yang dicolokkan ke lubang USB pada komputer atau laptop dan ada juga yang menggunakan Wi-Fi/ Wireless.

thirteen. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimapnaan information yang memiliki ukuran kapasitas tertentu. Besar kapasitas suatu flashdisk bervariasi, mulai dari ukuran 512MB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB.

14. CD/DVD ROM

CD/DVD ROM merupakan media penyimpanan data CD atau DVD atau perangkat yang digunakan untuk membaca data. Pada PC kalian bisa memasang perangkat ini di CPU. Sedangkan di laptop, sudah tersedia di dalamnya yang dapat dibuka pada bagian samping.

xv. Digitizer

Apa itu digitizer? Digitizer merupakan perangkat masukan komputer yang berbentuk datar seperti papan yang memiliki tombol di bagian samping dan sebuah pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang tersambung pada komputer. Alat ini berguna untuk mengubah data analog menjadi data digital.

16. Trackball

Trackball adalah hardware komputer yang mirip dengan mouse, hanya saja terdapat sebuah bola pada bagian tengahnya yang memiliki sensor untuk mendeteki gerakan dan berfungsi sebagai alat penunjuk pada komputer.

17. Webcam

Webcam adalah kamera real time yang gambarnya dapat diakses melalui WWW, aplikasi video call, program instant messaging yang memasukkan hasil data rekamaan dan dibentuk dalam format digital.

Rangkuman

Perangkat input komputer [perangkat masukan atau input devices] adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan information-data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Contoh alat yang berfungsi sebagai media input diantaranya keyboard, mouse, joystick, mikrofon, dll.

Baca Juga :Komponen-Komponen Perangkat Output Komputer

Demikianlah artikel kali ini tentang
Macam Komponen Perangkat Input Komputer.
Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat segera beritahukan kepada teman-teman Anda dengan cara klik tombol share dibawah ini. Sekian dan Terima kasih







Sumber : Ebook Perakitan Komputer

Video yang berhubungan

Perangkat Input Yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Kerja Mesin Adalah

Source: https://sepuluhteratas.com/perangkat-input-yang-bisa-digunakan-untuk-mengukur-kerja-mesin-adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …