Pengaruh Pusat Keunggulan Terhadap Pekerjaan Adalah

Pengaruh Pusat Keunggulan Terhadap Pekerjaan Adalah

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan, Untuk dapat menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan, Ananda terlebih dahulu perlu memahami tentang pengertian pendidikan dan pekerjaan. Coba Ananda perhatikan penjelasan berikut ini.

a. Pendidikan

Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Disamping itu Jhon Dewey (2003: 69) menjelaskan bahwa “Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.

Pendidikan sangat penting karena menjadi kebutuhan dasar bagi manusia untuk mengembangkan diri dan untuk dapat diterima pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai tingkat pendidikan tertentu.

Banyak perusahaan menerima pelamar kerja yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi memiliki peluang lebih baik untuk diterima di perusahaan dengan posisi yang baik, sebaliknya jika pendidikan seseorang rendah maka sedikit pintu pekerjaan yang terbuka untuk dapat berkarir. Jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan menjadi syarat utama dalam mencari pekerjaan.

b. Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. UU No thirteen Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan mendefinisikan ketenagakerjaan sebagai segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tenaga kerja adalah orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu, pekerja, pegawai, atau sebagainya.

Baca :   Posisi Badan Yang Benar Untuk Seorang Pelari Adalah

Berdasarkan pada kualitasnya, tenaga kerja dibedakan menjadi tiga yakni tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terampil, dan tenaga kerja tidak terdidik.

1)
Tenaga kerja terdidik

adalah tenaga yang memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu. Mereka ini memiliki keahlian dengan cara menempuh pendidikan di sekolah formal ataupun pendidikan not formal.

2)
Tenaga kerja terampil

merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan juga pengalaman.

Keterampilan yang dimiliki tenaga kerja terampil diperoleh melalui latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut.

3)
Tenaga kerja tidak terdidik

adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja untuk bekerja.

Baca juga Menganalisis Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pekerjaan (ilustrasi foto/Konsultan ISO ShineWing Brio Consulting) Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lihat Foto

Proses pengerjaan kain batik tulis pesanan atlet basket NBA, Justin Vacation, di Pusat Batik Mawar Putih di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (5/2/2022). Pebasket NBA asal klub Indiana Pacers Justin Holiday bekerja sama dengan pebatik asal Blitar Yogi Rosdianta dan Santika untuk memproduksi batik khas Blitar sebagai upaya untuk mempromosikan batik sebagai merchandise kepada para penggemar basket melalui NBA Style Hits.

KOMPAS.com

– Indonesia memiliki sejumlah pusat keunggulan ekonomi yang tersebar di seluruh wilayah Republic of indonesia.

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia memberi pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan.

Pusat Keunggulan Ekonomi di Indonesia

Pusat keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia adalah:

  • PT Freeport Indonesia: Menambang, memproses, dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di Papua. PT Freeport adalah afiliasi dari Freeport-McMoran Copper & Gilt Inc. Sejak akhir 2018, mayoritas saham di Freeport dimiliki oleh pemerintah Indonesia melalui BUMN. Freeport membentuk 0,8 persen dari keseluruhan pendapatan rumah tangga di Republic of indonesia.
  • Perusahaan Tambang Minyak Negara atau PTMN: PTMN mendirikan dan mengoperasikan kilang minyak, serta mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia. Beberapa kilang minyak di Indonesia adalah kilang Pangkalan Brandan, kilang Dumai, kilang Cilacap, kilang Balikpapan, kilang Kasim, kilang Balongan, dan kilang Cepu.
  • Batik Indonesia: Hasil ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikembangkan sejak dahulu. Beberapa wilayah Indonesia menghasilkan kain batik yang memiliki ciri khas masing-masing, seperti batik Surakarta, batik Yogyakarta, dan batik Pekalongan. Jenis batik di Indonesia adalah batik tulis, batik cap, dan batik lukis.
Baca :   Bunyi Yang Dimainkan Berulang Ulang Dan Pola Tertentu Dinamakan

Baca juga: v Upaya Negara dalam Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi

Berikut pengaruh pusat keunggulan ekonomi dalam sejumlah bidang:

Transportasi

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi adalah meningkatkan pengembangan transportasi Indonesia karena mobilitas penduduk akan terhambat tanpa sarana dan prasarana transportasi yang memadai.

Contohnya adalah pembangunan Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan di Papua pada tahun 1971 setelah ada PT Freeport.

Pembangunan jalan-jalan utama sebagai akses ke wilayah tambang dan jalan-jalan di daerah terpencil untuk mempermudah mobilisasi.

Migrasi Penduduk

Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain yang sifatnya menetap atau permanen.

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk adalah meningkatkan migrasi penduduk, baik migrasi internal atau perpindahan penduduk dalam satu negara, maupun migrasi internasional atau perpindahan penduduk antarnegara.

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh terhadap perpindahan penduduk ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut.

Jelaskan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi, baik yang bersifat positif maupun negatif!



Produk perkebunan yang menjadi komoditas unggulan indonesia dari sulawesi adalag



Salah satu faktor yang mendorong bangsa barat menjelajah samudera pada abad ke-xvi adalah semangat glory, yaitu…



Sebutkan 2 manfaat pengembangan pusat pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan



Sebutkan empat macam fungsi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sosial



Sejarah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau suatu negara. melalui pelajaran sejarah akan mendapat gambaran tentan …


g kehidupan masyarakat di masa lampau atau mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. dari deskripsi tersebut menunjukkan bahwa peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa penting, karena *




Sektor agrikultur sebagai penghasil pangan harus diusahakan agar dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. salah satu peran pemerintah dalam mengem …


bangkan agrikultur adalah … * a. memberi subsidi pupuk serta benih b. membuka hutan untuk lahan pertanian c. memberikan lahan pertanian secara free d. melakukan impor beras berkualitas dari negara lain


Baca :   Sebutkan Proses Pengolahan Cangkang Kerang Setelah Diambil Dari Pantai



Setelah lulus smk, fira ingin melanjutkan kuliah, akan tetapi keluarganya tidak mampu membiayainya. fira memahami kondisi tersebut dan memilih membant …


u orang tuanya berjualan kue. berdasarkan ilustrasi tersebut faktor penghambat mobilitas sosial fira adalah … *




Setelah mendapat desakan para pemuda sukarno hatta tidak segera memproklamasikan kemerdekaan pertimbangannya adalah… *



Latihan Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut! ane) 2) Jelaskan pengertian inovasi pendidikan! Jelaskan …


faktor-faktor yang mendukung keberhasilan inovasi dalam bidang pendidikan! Jelaskan pembaruan di bidang pendidikan meliputi aspek apa saja? Jelaskar alasan Anda!​




Tindakan pertama pemerintah orde baru dalam upaya merehabilitasi perekonomian nasional adalah…

Pengaruh Pusat Keunggulan Terhadap Pekerjaan Adalah

Source: https://pskji.org/27727/jelaskan-pengaruh-limbah-pabrik-dari-pusat-pusat-keunggulan-ekonomi-yang-berdampak-pada-lingkungan/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …