Pembacaan Puisi Diikuti Dengan Gerakan Badan Disebut

Pembacaan Puisi Diikuti Dengan Gerakan Badan Disebut

Mas Pur

Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Arti Kata » Arti Deklamasi

Arti Deklamasi



i min read

Dalam puisi, akan dikenalkan mengenai deklamasi. Apa itu deklakasi? Deklamasi adalah membaca puisi dengan lagu dan gaya (gerak tubuh) sebagai alat bantu. Deklamasi merupakan salah satu bentuk penyajian dalam pembacaan puisi yang disertai lagu dan gaya tubuh (gerakan tubuh).

Gerak yang dimaksud disini adalah gerak alat bantuk untuk puisi yang bersifat puitis, seirama dengan isi bacaan puisi, disertai gerak-gerik dan mimik dari deklamator. Orang yang melakukan deklamasi disebut dengan deklamator.

Daftar Isi

  • Pengertian Deklamasi
    • Pengertian Deklamasi Menurut KBBI
    • Pengertian Deklamasi Menurut Para Ahli
  • Tujuan Deklamasi
  • Pengertian Deklamator

Pengertian Deklamasi

Deklamasi berasal dari bahasa Latin “declamare atau declaim” yang memiliki arti membaca suatu hasil karya berbentuk puisi disertai lagu dan gerak tubuh sebagai alat bantu dalam pembawaannya.

Umumnya deklamasi hanya berkaitan dengan puisi, namun membaca karya sastra lain seperti cerpen disertai lagu dan gerak tubuh juga bisa dikatakan sebagai deklamasi. Mendeklamasikan puisi atau cerpen memiliki makna membaca, tetapi pada umumnya membaca tidak sama dengan maksud mendeklamasikan. Maksudnya disini, pengertian membaca memiliki makna yang jauh bebeda dengan deklamasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deklamasi adalah penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya. Berdekamasi adalah sajak yang disertai gerak dan mimik yang baik. Mendeklamasikan adalah menyajikan sajak dengan berdeklamasi. Deklamasian adalah hasil mendeklamasikan. Pendeklamasian adalah proses atau cara atau perbuatan mendeklamasikan sajak.

Baca :   Gerakan Menendang Bola Secara Terputus Putus Merupakan Teknik

Menurut Abdullah Syukur Ibrahim (1987:147), deklamasi adalah peristiwa seni, yaitu seni mengungkapkan sebuah puisi kepada pendengarnya dengan gerak-gerik, mimik, dan sebagainya. Dengan kata lain, deklamasi merupakan seni bercerita. Dalam membawakan sebuah puisi dengan gaya dan lagu, harus memperhatikan mengenai ekspresi, gerak, milik, tekanan, lafal, dan intonasi suara yang benar.

Dalam mendeklamasikan suatu puisi, seorang deklamator harus memperhatikan dan memahami ide pokok penyair yang sudah ada dalam puisi tersebut dengan cara memparafrasakannya terlebih dahulu lalu menemukan pertalian makna pada tiap unit of measurement puisi, seperti (kata demi kata, larik demi larik, frasa demi frasa, dan bait demi allurement), sehingga gaya dan gerak mimik yang akan disajikan dalam mendeklamasikan puisi tersebut bisa tepat dengan isi puisi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, deklamasi adalah membaca puisi yang dibawakan dengan lagu dan gerak tubuh sebagai alat bantu pembacaan puisi.

Tujuan Deklamasi

Tujuan dari deklamasi adalah untuk mengutarakan pemikiran atau kebijakan yang terdapat dalam suatu puisi disertai gaya dan gerak tubuh untuk memperkuat penyampaian, sehingga maksud dan nilai-nilai keindahan yang terucap keluar dan di dengar oleh orang lain.

Pengertian Deklamator

Deklamasi tidak terlepas dari istilah deklamator. Deklamator adalah Orang mendeklamasikan sajak. Jika dalam puisi, deklamator merupakan orang yang membawakan atau membacakan puisi secara deklamasi. Orang yang melakukan deklamasi disebut dengan “Deklamator” untuk seorang laki-laki, dan “Deklamatris” untuk seorang perempuan.

Bahan yang didekmalasikan oleh deklamator biasanya berupa karya sastra, kebanyakan pantun, sajak, dan puisi. Tapi itu semua karya sastra tersebut tidak semuanya dapat dideklamasikan, karena sebelum mendeklamasikan suatu karya sastra harus mencari terlebih dahulu mana sajak, puisi, dan pantun yang baik dan menarik bila disertai lagu atau gerakan.

Baca :   Poster Tanggung Jawab Di Lingkungan Masyarakat

Supata mendeklamasikan suatu karya sastra dengan baik, maka seorang deklamator harus memiliki persiapan yang matang, dan latihan jauh hari sebelumnya tampil. Semua orang bisa melakukan deklamasi asalkan tahu cara dan tujuannya.

Baca:Unsur-Unsur Puisi

Nah, itulah pengertian mengenai deklamasi dalam puisi, beserta pengertian menurut para ahli, tujuan dan pengertian deklamator. Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai deklamasi dan semoga bermanfaat.

Pembacaan Puisi Diikuti Dengan Gerakan Badan Disebut

Source: https://www.freedomsiana.id/arti-deklamasi/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …