Panjang Garis Samping Lapangan Sepak Bola

Panjang Garis Samping Lapangan Sepak Bola

Djakarta

Lapangan sepak bola
menjadi bagian terpenting dalam permainan sepak bola, selain adanya bola dan orang yang akan bermain. Lalu berapa ukuran lapangan bola sebenarnya?


Secara garis besar, ukuran lapangan sepak berstandar internasional telah ditentukan oleh federasi sepak bola dunia yakni Fifa dengan rincian panjang lapangan sepakbola minimum 100 meter dan maksimum 110 meter serta lebar lapangan sepakbola minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.

Lapangan Sepak Bola


  • Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Umum (Nasional)

Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan.


Tiang-tiang bendera mungkin juga ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 yard dari garis sisi.


Adapun gambar dan ukuran
lapangan sepak bola
adalah sebagai berikut:

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Sesuai Aturan Foto: Screenshoot

Wajah Lapangan sepak bola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran kini berbeda. Lapangan yang dulu gersang itu kini dipercantik dan berstandar FIFA lho. Foto: Rifkianto Nugroho


Keterangan:

– Panjang: 90 meter sampai 120 meter

– Lebar: 45 meter sampai 90 meter

– Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter

– Bore lingkaran tengah: eighteen,30 meter

– Panjang ukuran kotak kiper: 18,three meter

– Lebar ukuran kotak kiper: five,5 meter

– Panjang ukuran kotak penalti: 39,2 meter.

– Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter.

– Panjang Gawang: 7,32 meter.

– Tinggi Gawang: 2,44 meter.

– Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter.


  • Ukuran Bola yang Biasa Digunakan di Lapangan Sepak Bola

Adapun dalam lapangan sepak bola biasanya digunakan bola dengan ukuran sebagai berikut:

1) Berat bola : 396-453 gram


two) Lingkaran bola: 68-71 cm.

Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

Adapun jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di antaranya:


– Zoysia matrella (ZM)

Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.


Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu.


– Cynodon dactylon (CD)

Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain.


– Axonopus compressus (Ac)

Rumput jenis Air-conditioning, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun. Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu.

Baca :   Mengapa Kita Perlu Memperhatikan Interval Nada Ketika Bernyanyi


Nah, semoga detikers paham ya penjelasan tentang
lapangan sepak bola!

Simak Video “Memacu Adrenalin Bermain Sepak Bola Api di Tulungagung

(pay/pay)


iii:49:00 PM


Lapangan sepak Bola nasional:

  • Panjang garis samping : xc-110 m
  • Lebar: 45-90 1000
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9.xv m
  • Daerah Gawang: 18.iii 10 five.5 k
  • Daerah Pinalti : 40.iii x 16.5 m
  • Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang : eleven m
  • Tinggi gawang berukuran : 2.iv one thousand
  • Lebar Gawang berukuran : 7.3 one thousand


Lapangan sepak Bola Internasional standar FIFA:

Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat surface area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.v meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

  • Panjang garis samping: 100-120 m
  • Lebar: 75-ninety m
  • Jari-jari lingkaran tengah: 9.fifteen m
  • Daerah Gawang: eighteen.3 x v.five grand
  • Daerah Pinalti: xl.3 x 16.5 thousand
  • Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang: xi m
  • Tinggi gawang berukuran: 2.4 thou Lebar Gawang berukuran: 7.three grand

Sumber: Wikipedia

Aturan Lainnya :

Lapangan sepakbola adalah salah satu aspek penting dalam sebuah pertandingan yang mana panjang dan lebar lapangan telah ditentukan dalam peraturan sepak bola menurut induk organisasi FIFA maupun PSSI. Ukuran standar lapangan stadion yang digunakan untuk suatu turnamen atau pertandingan resmi di tingkat nasional maupun internasional wajib terpenuhi demi terciptanya suatu permainan yang berkualitas.

Sebagai pecinta dan penggilan bola tentunya harus tahu dong berapa luas lapangan sepakbola yang benar meliputi ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola serta apa saja kegunaan dan fungsi dari garis-garis batas atau tanda yang ada di dalam maupun di samping lapangan. Serta yang tak kalah pentingnya tentang berapa ukuran gawang sepak bola juga perlu diketahui. Dan berikut ini adalah beberapa ulasan materi tentang peraturan lapangan sepak bola di Indonesia ataupun di dunia yang patut untuk kita ketahui bersama.

Untuk pertandingan resmi nasional dan internasional ukuran panjang lapangan sepak bola yaitu 100 meter dan panjang maksimalnya adalah 110 meter. Beberapa pertandingan sepak bola pada umumnya, panjang lapangan yang digunakan yaitu bisa berkisar antara 90 hingga 120 meter.

Menurut aturan resmi yang dikeluarkan FIFA pada pertandingan internasional, lebar lapangan sepak bola adalah 64 meter hingga 75 meter. Dan untuk ukuran yang biasanya sering digunakan yaitu berkisar antara 45 meter sampai ninety meter untuk lebar lapangannya.

Baca :   Berikut Ini Yang Merupakan Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana Adalah

Dalam peraturan resmi mengenai ukuran yang telah ditentukan, luas lapangan sepak bola yakni berada pada kisaran 4050 meter persegi hingga 10800 meter persegi.  Namun, ukuran luas lapangan sepakbola yang sering digunakan adalah sekitar 7140 meter persegi yaitu 105 meter untuk panjangnya 10 68 meter lebarnya.

Ukuran sepak bola mini yang biasa dipakai oleh anak-anak untuk sekedar menyalurkan hobi bermainnya atau latihan ringan mungkin sedikit berbeda dengan ukuran yang dipakai oleh kalangan profesional. Peraturan mengenai detail-detail lapangan sepakbola sendiri sudah tertulis lengkap dengan pasal pertama dalam LOTG, the field of play.

Permukaan lapangan sepak bola pada umumnya adalah berupa rumput alami yang tumbuh di atas permukaan tanah dan ada juga yang berupa rumput sintesis atau buatan manusia. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai dimensi lapangan, berikut ini adalah gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya

Bentuk lapangan sepak bola yaitu berbentuk persegi panjang yang ditandai dengan garis-garis lapangan dan setiap garis batas area memiliki fungsi dan ukuran masing-masing yang telah ditentukan dalam peraturan.

Semua garis batas lapangan harus memiliki ukuran ketebalan garis yang sama yaitu tak lebih dari 5 inchi atau 12 cm. Pada umumnya garis lapangan sepak bola berwarna putih sehingga terlihat dengan jelas. Tentunya dari beberapa garis tanda tersebut mempunyai kegunaan garis lapangan sepakbola tersendiri dimana berfungsi sebagai pembatas untuk menunjukan daerah permainan.

Beberapa keterangan garis yang ada diantaranya sebagai berikut :

Dalam permainan sepak bola berfungsi untuk membagi lapangan menjadi 2 bagian yang memiliki luas sama besar dan menjadi penunjuk batas expanse permainan sendiri dengan daerah permainan lawan. Terdapat juga garis lingkaran di tengah lapangan yang mempunyai ukuran radius 9,15 meter dari titik tengah.

Garis lingkaran tengah lapangan berfungsi untuk membatasi pemain lawan ketika terjadi tendangan kick off di awal babak pertandingan. Pemain lawan dilarang memasuki ke dalam area lingkaran tengah saat kick off kecuali pemain yang sedang mengeksekusi tendangan.

Di dalam daerah kotak pinalti terdapat sebuah titik putih yang berguna untuk mengeksekusi tendangan penalty yang disebabkan karena terjadinya sebuah pelanggaran di dalam area kotak terlarang tersebut. Jarak titik penalti ke garis gawang yaitu berjarak 11 meter atau 12 yds sehingga muncul istilah tendangan 12 pas yang mungkin sering kita dengar.

Jika ada pemain bertahan yang melakukan pelanggaran di area terlarang ini maka akan dikenakan hukuman tendangan penalti meskipun ada juga jenis pelanggaran lain yang dihukum dengan tendangan bebas tidak langsung. Fungsi garis dalam area kotak penalisation berguna juga sebagai batas bagi seorang penjaga gawang untuk diperbolehkan memegang atau menyentuh bola.

Baca :   Karya Seni Musik Kontemporer Membantu Seseorang Dalam Menuangkan

Luas daerah kotak pinalti berbentuk persegi panjang dimana ukuran kotak penalti itu sendiri mempunyai jarak antara garis yang ada di depan dengan garis gawang berjarak 16,5 meter sedangkan untuk garis sisi kanan dan kirinya ditarik dari tiang gawang dengan jarak 16,v meter ke kiri dan ke kanan hingga membentuk persegi panjang.

Oleh karena itulah mengapa area penalti sering disebut juga dengan kotak xvi karena lebar jaraknya 16,5 meter. Sedangkan ukuran panjangnya secara keseluruhan yaitu xl,32 meter namun ada juga yang menyebutnya 40 meter. Di daerah penalty juga terdapat suatu garis lengkungan lingkaran yang memiliki radius nine,xv meter diukur dari titik pinalti. Lingkaran garis melengkung yang ada di expanse kotak punishment berfungsi untuk memberi batas pemain saat terjadi tendangan penalti. Hanya wasit dan pemain penendang bola yang diperbolehkan berada di dalam daerah kotak pinalti dan lengkungan tersebut.

Mengapa bentuknya melengkung? Karena agar pemain tetap berada pada jarak yang tidak kurang dari 9,xv meter dan tidak terjadi penumpukan pemain di tengah depan titik penalty sehingga memberi keleluasaan bagi pemain eksekutor dalam menendang bola.

Daerah ini disebut juga dengan surface area penjaga gawang karena merupakan daerah istimewa bagi seorang kiper dimana saat perebutan bola dengan lawan ia tak boleh diganggu atau dilanggar. Goal area berbentuk persegi panjang menyerupai kotak penalty namun dengan ukuran luas yang lebih kecil.

Garis daerah gol memiliki ukuran jarak dari tiang gawang 5,5 meter ke kanan dan ke kiri lalu meluas ke depan dengan jarak sepanjang 5,5 meter. Jadi luas secara keseluruhan dari expanse penjaga gawang atau daerah gol ini adalah dengan panjang xviii,32 meter dan lebarnya 5,five meter.

Pada setiap pojok lapangan sepak bola harus terdapat bendera dengan tiang yang diletakkan di tiap ujung sisi atau sudutnya. Garis sudut yang berbentuk seperempat lingkaran memiliki jari-jari one meter dan berguna pada saat pemain melakukan tendangan sudut (Corner Cick). Sedangkan untuk tinggi tiang bendera penanda korner (Flagpost) di sudut lapangan sepak bola adalah setinggi one,5 meter.

Di sebelah sudut lapangan terdapat sebuah tanda garis batas tendangan penjuru yang mungkin jarang orang mengetahuinya. Garis ini berfungsi sebagai batas pemain bertahan supaya tidak mendekat ke bola ketika terjadi sepak pojok atau tendangan penjuru. Jarak antara sudut lapangan dengan garis batas tendangan penjuru adalah 9,15 meter.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berapa ukuran lapangan sepak bola standar FIFA yang berlaku pada pertandingan resmi internasional beserta gambarnya dan juga beberapa keterangan fungsi garis-garis lapangan yang ada pada permainan sepak bola.

Panjang Garis Samping Lapangan Sepak Bola

Source: https://apayangkamu.com/panjang-garis-samping-lapangan-sepak-bola-adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …