Pancasila Adalah Perjanjian Luhur Seluruh Rakyat Indonesia Sebab

Pancasila Adalah Perjanjian Luhur Seluruh Rakyat Indonesia Sebab

You’re Reading a Free Preview

Pages

vii

to

15

are not shown in this preview.

Y’all’re Reading a Free Preview

Pages

20

to

25

are non shown in this preview.

  • Habitation
  • Library Information
  • Help on Search
  • Member Area
  • Librarian LOGIN
Title Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa dan Negara Republic of indonesia
Edition
Call Number 320.509 598 TAN m
ISBN/ISSN 978-602-289-081-2
Author(s) Tukiran Taniredja
Acep Supriadi
Harmanto
Tanto Sukardi
Discipline(southward) Ideologi pancasila – Ideologi Politik
Classification 320.509 598
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Alfabeta
Publishing Year 2016
Publishing Place Bandung
Collation 8+168 hlm., 16 cm x 24,one cm.
Abstract/Notes Buku ini disusun dalam rangka antisipasi karena adanya beberapa fenomina di masyarakat seperti pancasila menjadi semacam ketabuan dan barang aneh, Pancasila seolah tenggelam dalam pusaran sejarah masa lalu yang tidak lagi relevan untuk disertakan dalam dialektika reformasi, Pancasila seolah hilang dari memori koleksi bangsa, Pancasila semakin jarang diucapkan, dikutip dibahas, apalagi diterapkan baik dalam konteks ketatanegaraan, kebangsaan maupun kemasyarakatan. Buku ini diantaranya berisi tentang: 1. Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa republic of indonesia; 2. Pancasila sebagai dasar negara RI; iii. Pancasila sebagai filsafat negara; 4. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia; 5. Pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia; 6. Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa republic of indonesia; 7. Pancasila sebagai pemersatu bangsa indoensia; viii. Pancasila sebagai etika politik;

9. Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbagsa dan bernegara.

Specific Item Info
Epitome

File Attachment

LOADING Listing…

Availability

LOADING Listing…

Dorsum To Previous


Full PDF Parcel
Download Full PDF Package

This Newspaper

A short summary of this paper

34 Full PDFs related to this paper


Download

PDF Pack

Pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia
– Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang menjadi pedoman dan landasan bagi bangsa Indonesia. Pancasila terbentuk dari kesepakatan rakyat Indonesia yang mewakili karakteristik dan keberagaman yang ada pada masyarakat Indoensia. Tidak hanya itu, pancasila juga merupakan perjanjian luhur bangsa Indonesia. apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia? Definisi pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia inilah yang akan kami bahas di sini. Jadi bagi kamu yang belum tahu seperti apa makna pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia. Maka kamu bisa membaca arti pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa republic of indonesia sebagai berikut ini.

Baca :   Pernyataan Yang Benar Mengenai Karakteristik Dna Adalah

Makna pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia adalah
pancasila merupakan keputusan akhir bagi bangsa Indonesia yang harus diamalkan dan dilestarikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Keberagaman yang melekat pada masyarakat Republic of indonesia lah yang merupakan salah satu faktor yang menjadikan pancasila sebagai perjanjian luhur. Perjanjian luhur itu telah dilakukan pada 18 Agustus 1945, yaitu pada saat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) telah menerima Pancasila dan menetapkan dasar negara secara konstitusional dalam Pembukaan UUD 1945.

Di dalam isi pancasila, terdapat sila yang mencantumkan perjanjian luhur untuk seluruh rakyat Republic of indonesia yaitu pada sila yang pertama yang bunyinya “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila tersebut menandakan bahwa keberagaman agama yang ada di Indonesia tidak menghalangi setiap rakyat untuk bersatu dalam membangun Indonesia.

Selain keberagaman agama yang terdapat di Indonesia, keberagaman budaya juga menjadi sebuah tolak ukur kenapa pancasila disebut sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Karena keberagaman suku bangsa dan agama, menyatakan bahwa mereka bisa bersatu atas nama bangsa indonesia, yang menjadikannya pancasila sebagai perjanjian luhur yang menyangkut seluruh rakyat Republic of indonesia.

Kembali ke Bill of fare Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang
pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Fungsi Pancasila

Antik Dalu Shinta
Sabtu, xix Maret 2022 – ten:21:00 WIB

JAKARTA, iNews.id
– Fungsi Pancasila sangatlah penting untuk pedoman hidup kita sebagai Bangsa Indonesia. Nilai yang terkandung dalam Pancasila telah dirumuskan sejak dulu oleh para pahlawan Indonesia.

Fungsi Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi warga negara yang baik dan menghargai sesama. Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat penting fungsi Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia

9 Fungsi Pancasila

  • Sebagai dasar negara bangsa Indonesia

Setiap negara pasti memiliki dasar atau pondasi sebagai pijakan yang kokoh untuk dapat berdiri. Republic of indonesia sebagai negara yang merdeka juga berdiri kokoh karena sebuah pondasi yang disebut Pancasila.

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara berfungsi sebagai sumber dan kaidah hukum yang mengatur bangsa Republic of indonesia baik itu rakyat, pemerintah dan wilayah. Kedudukan Pancasila adalah sebagai penyelenggara negara serta kehidupan berbangsa dan bernegara, artinya dengan adanya Pancasila, negara dan bangsa memiliki pedoman.

Baca :   Komponen Biotik Dan Abiotik Yang Membantu Proses Penyerbukan Tumbuhan Adalah

Pancasila adalah perwujudan dari apa yang telah diperjuangkan Indonesia dalam sejarah, kemudian terbentuklah watak, sikap, perilaku, etika dan nilai norma yang dijadikan pandangan hidup.

Pandangan hidup yang berisi nilai-nilai luhur dan mencerminkan sebuah bangsa. Pandangan ini berguna sebagai pedoman yang mengatur hubungan manusia dengan sesama makhluk hidup dan hubungan manusia dengan Tuhan.

BACA JUGA:

Simbol Pancasila Sila ke-1 sampai 5 Lengkap Maknanya

  • Sebagai ideologi bangsa Indonesia

Ideologi merupakan ilmu yang berisikan prinsip atau pengertian-pengertian dasar. Fungsi Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia adalah hasil dari pemikiran bangsa Indonesia.

Ideologi merupakan ilmu yang berisikan prinsip atau pengertian-pengertian dasar. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah hasil pemikiran dari bangsa Indonesia. Pancasila adalah cerminan dari nilai adat istiadat dan pandangan hidup masyarakat Indonesia, artinya pancasila tercipta dari pandangan hidup seluruh bangsa-bangsa yang ada di Indonesia.

  • Sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila adalah ciri khas bangsa Republic of indonesia, hal ini sangat tercermin dalam sikap mental ataupun tingkah laku sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lain. Wujud peran pancasila mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, inilah yang menjadikan Indonesia sangat berbeda dengan bangsa lain.

  • Sebagai jiwa bangsa Republic of indonesia

Pancasila merupakan nilai-nilai kehidupan yang ada pada kehidupan masyarakat Indonesia, sebagai acuan hidup dan cita-cita yang ingin dicapai bangsa Indonesia. Pancasila adalah jiwa yang lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia, itulah sebabnya pancasila sangat melekat pada kehidupan masyarakat Republic of indonesia.

  • Sebagai sumber dari segala hukum

Seluruh hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dijalankan di Indonesia harus bersumber dari Pancasila, artinya peraturan atau hukum yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Sebab kehidupan bangsa Republic of indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Sebab kehidupan bangsa Republic of indonesia semuanya berdasarkan Pancasila.

  • Sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Cita-cita dan tujuan negara Indonesia terkandung dalam Pancasila. Dengan tujuan akhir mencapai masyarakat adil dan makmur secara material maupun spiritual yang didasari Pancasila.

Bangsa Indonesia terlahir atas perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa, yaitu Pancasila untuk dilaksanakan, dilestarikan, dan dipelihara.

Pancasila adalah falsafah hidup yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang diyakini paling benar, bijaksana, adil dan tepat bagi bangsa Indonesia. Pancasila adalah sarana untuk mempersatukan bangsa Indonesia, dengan satu filosofi yang sama kita dapat bersatu dan menerima perbedaan.

Fungsi Pancasila sebagai Perjanjian Luhur

Fungsi Pancasila sebagai perjanjian luhur karena Pancasila bersumber dari sosial-budaya bangsa Indonesia sendiri. Fungsi Pancasila disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai milik bangsa yang harus diamalkan serta dilestarikan.

Baca :   Surat Al a Raf Ayat 180

Pewarisan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus adalah kewajiban moral seluruh bangsa Indonesia. Melalaikannya berarti mengingkari perjanjian luhur itu. Proses pengesahan Pancasila dan Dasar Negara tanggal xviii Agustus 1945, Sidang pertama PPKI, mengesahkan pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945.

Fase-fase fungsi Pancasila sebagai perjanjian luhur

Dilihat dari sejarah sebelumnya bangsa Indonesia mempunyai 3 fase sumpah perjanjian luhur yang diawali:
Fase zaman kerajaan, pada masa kerajaan Majapahit yang mempunyai patih bernama gajah mada yang bersumpah janji

“Sebelum dapat mempersatukan Nusantara tidak akan memakan buah Maja”. Diantaranya mengenal sejarah nama-nama tanah asia air kita: Jawa Dwipa, Dwipantara, Nusantara, Insulindi, Indonesia.

Fase zaman pergerakan Kemerdekaan, seluruh pemuda-pemudi bersumpah janji yang dikenal “Sumpah Pemuda”.
Fase kemerdekaan, memproklamirkan kemerdekaannya dan berjanji membentuk sebuah negara kesatuan. Terbentuknya negara kesatuan dimulai dari: Negara keprabuan Sriwijaya, Negara keprabuan Majapahit, Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia.

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi negara adalah cita-cita pandangan hidup dan nilai dasar yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat untuk hidup dan bagaimana menyelenggarakan sebuah negara. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi:

Masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan serta bertoleransiMenjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaanMasyarakat yang bersatu dalam suasana perbedaanBerkedaulatan rakyat dengan mengutamakan musyawarah

Masyarakat yang berkeadilan sosial

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika internal disebut ideologi terbuka. Sifat Pancasila itu memberi peluang kepada penganutnya untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dan sesuai dengan perkembangan dari masa ke masa. Sehingga Pancasila tetap aktual, selalu berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Ciri-ciri ideologi terbuka:Bersumber dari ide atau gagasan yang ingin diwujudkan oleh masyarakat, bukan berasal dari elit penguasa tertentu.Terbuka pada perubahan dari luar tanpa menghilangkan ciri khas ide atau gagasan tersebut.

Berisi tuntunan dasar bukan tuntunan konkrit yang spesifik.

Sebagai bangsa Republic of indonesia kita harus memahami fungsi Pancasila. Sebab dalam Pancasila terdapat nilai penting yang membuat kita berpedoman menjadi warga negara yang baik. Semoga kamu dapat menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

Editor : Puti Aini Yasmin

TAG : pancasila bangsa indonesia Fungsi negara indonesia

​ ​

Pancasila Adalah Perjanjian Luhur Seluruh Rakyat Indonesia Sebab

Source: https://hasilcopa.com/fungsi-pancasila-sebagai-perjanjian-luhur-bangsa-indonesia

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …