Pada Dasarnya Yang Dimaksud Daya Tahan Otot Adalah

Pada Dasarnya Yang Dimaksud Daya Tahan Otot Adalah

Pengertian Endurance
– Kebugaran jasmani harus selalu diperhatikan, dipelihara, dan dijaga. Apabila keadaan jasmani kita kuat, maka kita akan mampu untuk mengerjakan berbagai aktivitas sehari-hari dengan lancar. Seseorang yang mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang baik akan dapat melakukan kegiatan dengan baik, dengan waktu yang cukup lama, serta tidak mengalami kelelahan fisik yang berlebihan.

https://www.pexels.com

PENGERTIAN
ENDURANCE

Yang dimaksud dengan
endurance
(daya tahan) adalah kemampuan
resistance
(ketahanan) terhadap rasa lelah serta cepat melakukan
recovery
(pemulihan kembali) dari rasa lelah. Seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang baik akan dapat melakukan aktivitas yang lebih lama secara terus menerus. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik juga dapat menunda timbulnya rasa lelah.

Lebih mudahnya, pengertian
endurance
atau daya tahan tubuh yaitu kemampuan dari mahluk hidup untuk memobilisasikan dirinya sendiri supaya tetap aktif dalam jangka waktu yang lama.
Endurance
juga memiliki keterkaitan dengan ketahanan tubuh yaitu kemampuan untuk , melawan, bertahan, ataupun pulih dari rasa lelah. Dengan kata lain,
endurance
atau daya tahan tubuh ialah kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dengan seluruh tubuhnya dengan tempo dan frekuensi sedang hingga cepat, dalam waktu yang relatif lama, dan tanpa mengalami kelelahan berat ataupun rasa sakit.

Memiliki daya tahan tubuh yang baik bisa menjadi salah satu modal utama yang sangat berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan dari berbagai cabang olahraga yang mengutamakan
endurance
dalam permainannya. Terdapat banyak sekali cabang olahraga yang mengandalkan
endurance
atau daya tahan tubuh sebagai salah satu modal utamanya misalnya cabang olahraga lari, bela diri, basket, sepak bola, dan olahraga serupa lainnya. Daya tahan tubuh sangat berguna bagi para atlet supaya bisa bermain dengan baik di lapangan dalam waktu yang lama.




Endurance
atau daya tahan tubuh dapat dibagi menjadi two yaitu daya tahan otot dan daya tahan kardiovaskular. Daya tahan otot yaitu kemampuan seseorang untuk membuat ototnya berkontraksi dalam waktu yang relatif lama, secara terus-menerus, sambil membawa beban tertentu sedangkan daya tahan kardiovaskular adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan paru-paru, jantung, serta sistem peredaran darah lainnya secara efektif dan juga efisien untuk melaksanakan pekerjaan secara terus-menerus, dalam waktu yang cukup lama, dan juga intensitas yang tinggi.

Kunci dari daya tahan tubuh adalah pengolahan oksigen, tubuh membutuhkan oksigen sebagai bahan untuk memproduksi energi. Oksigen harus secara terus-menerus dimasukkan atau disalurkan ke seluruh organ atau seluruh jaringan tubuh yang memerlukan energi. Tiap-tiap cabang olahraga pasti membutuhkan energi dalam jumlah tertentu. Daya tahan tubuh atau
endurance
mempunyai beberapa nama lain yaitu anaerobic chapters, aerobic ability, dan juga vitamaxsima. Daya tahan tubuh (endurance) juga dilambangkan menggunakan simbol VO2max, satuan yang digunakan yaitu liter per menit atau cc/kg/BB/mnt

MANFAAT MELATIH
ENDURANCE

https://www.pexels.com

1. Meningkatkan kebugaran diri

Melatih daya tahan tubuh sama dengan meningkatkan kebugaran diri. Hal tersebut dapat terjadi karena latihan yang dilakukan untuk melatih
endurance
juga sama halnya dengan latihan untuk meningkatkan kebugaran. Misalnya dengan melakukan jogging, senam, dan atau kegiatan olahraga lainnya dengan rutin pasti dapat membantu membuat tubuh anda menjadi semakin fit.

2. Lebih sulit lelah

Melakukan latihan daya tahan tubuh juga bisa membuat diri anda lebih bertenaga dan sulit merasa lelah. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan melakukan latihan daya tahan tubuh, maka akan membuat diri anda terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan energi dalam diri anda menjadi lebih banyak apabila dibandingkan ketika anda tidak melakukan aktivitas fisik.

Baca :   Sebutkan Barang Barang Yang Diekspor Dari Indonesia Ke Singapura

Analoginya, misal apabila anda terbiasa melakukan senam atau work-out di pagi hari sebelum berangkat bekerja, maka tubuh anda sudah mendapatkan pemanasan, sistem pernafasan akan menjadi semakin baik, dan tubuh akan terasa lebih ringan karena kalori telah dibakar sebelumnya melalui kegiatan senam atau work-out tersebut. Namun, hal tersebut akan bisa dirasakan apabila anda melakukannya dengan rutin dan berkelanjutan.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang degeneratif atau bisa juga disebut sebagai penyakit tua. Penyakit tua adalah penyakit sebagai efek jangka panjang yang didapatkan di usia tua sebagai hasil dari kegiatan di masa lampau. Seseorang dapat terkena penyakit jantung biasanya disebabkan karena pada masa mudanya tidak melakukan pola hidup yang sehat, tidak menjaga pola makan dengan baik, serta mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat pula. Dengan melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh, maka akan membantu anda untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung di masa tua kelak. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan anda sudah terbiasa melatih jantung untuk bekerja sekaligus mengurangi lemak-lemak dalam saluran darah yang dapat menghambat kinerja jantung.


iv. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Terdapat dua macam jenis kolesterol yang berada di dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini biasa disebut dengan LDL atau
Depression Density Lipid
yang artinya adalah Lipid Dengan Densitas Rendah. Kolesterol jahat atau LDL bisa menyebabkan berbagai macam jenis penyakit seperti serangan jantung, asam urat, nyeri di bagian-bagian sendi, stroke, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan latihan daya tubuh secara rutin dan berkelanjutan, anda bisa membantu tubuh anda untuk membuang kolesterol jahat sekaligus mengurangi resiko terserang penyakit-penyakit menyeramkan tersebut.

v. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah manusia bisa dibedakan menjadi dua, yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Kedua jenis tekanan darah ini baik hipertensi maupun hipotensi sama-sama bukanlah hal yang baik bagi tubuh.

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi biasanya terjadi ketika darah yang mengalir mendorong dengan sangat kuat pembuluh darah arteri yang menyebabkan jantung harus bekerja sangat keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila hal tersebut berlangsung secara terus-menerus maka dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti sakit jantung dan stroke.

Tidak sekadar secara fisik, menjaga data tahan tubuh juga memberikan efek yang positif untuk kesehatan mental termasuk juga untuk penderita hipertensi. Menurut
American Heart Clan
(AHA), olahraga diakui dapat mengurangi tingkat stres pada seseorang. Ada pula stres bisa membuat tekanan darah naik sementara. Bila situasi ini terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan terjadinya hipertensi secara permanen.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah sebuah kondisi di mana tekanan darah jauh lebih rendah daripada ukuran tekanan yang seharusnya. Hal ini dapat terjadi baik sebagai gejala dari berbagai macam kondisi maupun sebagai suatu kondisi sendiri. Jika tekanan darah terlalu rendah, makan akan bisa menyebabkan aliran darah ke organ-organ vital terutama otak dan ginjal menjadi terhambat atau berkurang.

Melatih daya tahan tubuh dengan olahraga ringan seperti jalan santai, work-out ringan, yoga, dan lain sebagainya akan membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah dan menjadikan tekanan darah menjadi lebih stabil dari biasanya.

CARA MELATIH
ENDURANCE

Endurance
atau daya tahan tubuh bisa dijaga dan ditingkatkan melalui berbagai macam latihan fisik. Olahraga yang tepat bisa menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Lantas apa saja jenis latihan fisik yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

https://world wide web.pexels.com

1. Latihan Otot

Latihan otot atau pada dasarnya biasa juga disebut sebagai latihan daya tahan otot ialah sebuah kemampuan untuk melawan atau menahan beban berat dalam kurun waktu yang relatif lama. Guna untuk meningkatkan daya tahan dari otot, bentuk-bentuk latihan yang biasa dilakukan yaitu
sit down-upwardly, pull-up, button-upwards, plank,
dan juga
squat.

Dapat dilihat dari contoh latihan yang telah disebutkan, selain menjaga daya tahan tubuh, bentuk-bentuk latihan ootot tersebut juga bisa digunakan untuk mengukur serta melatih kekuatan dan daya tahan otot. Misalnya
pull-up, akan memberikan dampak yang baik bagi otot lengan dan bahu,
squat
bisa membantu meningkatkan daya tahan dari otot paha, sedangkanpush up
bisa melatih kekuatan otot lengan dan dada.

Baca :   Harga Sweety Bronze Pants Size S

ii.
Jogging, lari, dan jalan ringan

Jogging
atau lari merupakan suatu olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.
Jogging
atau lari dalam kurun waktu fifteen-thirty menit dan dilakukan secara rutin setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta melatih otot kaki.

Sementara itu lari jarak jauh dengan tempo yang lambat ataupun berjalan santai dengan jarak yang cukup jauh pula dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

3. Bersepeda

Saat ini, olahraga bersepeda sedang menjadi tren di berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan bersepeda yang benar dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Bersepeda dapat melatih stamina serta menjaga dan meningkatkan kekuatan jantung. Di samping itu, bersepeda juga bisa untuk memperkuat dan melatih otot kaki.

four. Aerobik

Melakukan kegiatan senam aerobik dengan intensitas yang tinggi dapat memberikan dampak yang baik untuk latihan otot jantung dan juga meningkatkan stamina. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan saat melakukan senam aerobik, hampir semua otot yang berada di tubuh ikut bergerak.


5. Fartlek

Fartlek
atau yang biasa juga disebut dengan
speed play
adalah salah satu diantara berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Latihan ini merupakan kombinasi dari berbagai bentuk atau berbagai jenis lari. Baik itu lari lambat, lari cepat, lari cepat berkelok-kelok, dan juga lompat.

Fartlek
juga memiliki manfaat selain untuk melatih
endurance, fartlekjuga memiliki fungsi untuk meningkatkan kelincahan, melatih tanggapan refleks, melatih otot, serta membantu menyinkronkan mata, otak, serta gerakan.

6. Naik Turun Bangku

Naik turun bangku seperti namanya kegiatan ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dengan cara hanya naik dan turun dari bangku. Barang yang diperlukan hanyalah sebuah bangku, tapi disesuaikan dengan tinggi badan anda. Gerakan naik turun bangku dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Bangku diletakkan di atas bidang datar seperti lantai
  2. Anda berdiri di depan bangku.
  3. Kemudian, anda mulai naik ke atas bangku lalu turun lagi.
  4. Lalu, naik lagi dan turun lagi.
  5. Lakukan gerakan naik turun bangku, menyesuaikan dengan kemampuan yang anda milikki

Kegiatan ini juga berguna untuk melatih pernafasan serta meningkatkan kekuatan otot paha, betis, dan kaki.

7. Circuit Training

Circuit training yaitu sebuah latihan yang dilaksanakan dengan cara membuat beberapa pos latihan. Tiap-tiap pos mempunyai satu bentuk latjhan dengan tujuan serta fungsi tertentu. Tujuan utama dari pelatihan ini yaitu pada dasarnya adalah untuk mengombinasikan berbagai bentuk latihan yang berguna untuk meningkatkan berbagai macam komponen fisik. Kegiatan circuit training dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Kegiatan
circuit training
bisa dilakukan di berbagai tempat misalnya di alam bebas, di lapangan, atau hanya sekadar menggunakan alat untuk latihan beban. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
circuit preparation:

  • Jarak yang akan ditempuh .
  • Beban atau bobot latihan.
  • Variasi ringan dan berat dari tiap-tiap pos.
  • Keterlibatan dari berbagai macam otot (otot badan atas, otot badan bawah, otot kecil, otot besar).
  • Waktu yang dihabiskan ketika melakukan gerakan atau latihan.
  • Fokus dari komponen fisik yang akan dilatih (misalnya kelincahan atau kecepatan).
  • Jumlah pengulangan latihan.
Baca :   Penulisan Kata Depan Di Yang Tidak Benar Berikut Ini Adalah

Berikut ini adalah contoh dari bentuk latihan
circuit training
dengan beberapa tujuan pos:

  1. Pos 1 melakukan pemanasan selama x menit
  2. Pos 2 melakukan latihan
    skipping
    (bermain lompat tali) selama 40 detik.
  3. Pos 3 melakukan
    suttle run
    (lari bolak-balik) dengan jarak five meter sebanyak tujuh kali.
  4. Pos four
    sit upwards
    sebanyak 20 kali.
  5. Pos 5
    push up
    sebanyak 30 kali.
  6. Pos 6
    support
    sebanyak 30 kali.
  7. Pos 7
    squat leap
    sebanyak 30 kali.
  8. Pos 8
    squat thrust
    sebanyak 30 kali.
  9. Pos 9 melakukan pendinginan selama 10 menit

8.
Interval training

Interval training
adalah salah satu bentuk latihan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan memerlukan beberapa faktor. Berikut faktor-faktor yang diperlukan dalam
interval training:

  1. Menetapkan jarak yang akan dilalui. Misalnya 100, 300, atau 600 meter menyesuaikan dengan kemampuan.
  2. Menentukan jumlah pengulangan lari. Misalnya 300 meter sebanyak enam kali.
  3. Menetapkan tempo atau ritme kecepatan berlari (detik/menit).
  4. Menetapkan waktu istirahat atau interval. Waktu istirahat antarulangan lari ditetapkan selama beberapa detik atau menit. Istirahat dapat dilakukan dengan cara mengatur nafas, berjalan pelan-pelan, jogging, ataupun senam ringan.

ix. Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang cukup digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa karena dirasa menyenangkan dan bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk refreshing. Selain menyenangkan, berenang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan serta kebugaran tubuh, salah satunya yaitu untuk meningkatkan stamina.

Saat berenang, seluruh tubuh akan bekerja untuk melawan air. Resistansi yang tinggi ini akan bermanfaat untuk melatih otot serta meningkatkan stamina di dalam tubuh untuk menjadi semakin kuat.

10. Yoga/Pilates

Dan rekomendasi latihan terakhir adalah yoga atau pilates. Gerakan yang dilakukan pada kegiatan yoga atau pilatee, pada umumnya bertujuan untuk membantu melatih keseimbangan. Akan tetapi, dari tujuan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa yoga atau pilates juga efektif untuk menjaga dan meningkatkan tingkat imunitas anda.

Berbagai macam gerakan yoga atau pilates tidak hanya sekadar membutuhkan kelenturan fisik saja tapi juga memerlukan kekuatan fisik yang mumpuni. Jika anda tertarik untuk melakukan latihan daya tahan tubuh tapi merasa terlalu sulit, berat, ataupun malas mencoba kesembilan olahraga yang telah disebutkan, maka cobalah untuk berlatih yoga atau pilates karena olah raga ini lebih ringkas, bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja.

Cukup sekian rangkuman mengenai pengertian
endurance, manfaat, dan juga cara untuk melatihnya. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda.

Baca juga :

  • nine Unsur-unsur Kebugaran Jasmani
  • Manfaat Bersepeda di Pagi Hari bagi Kesehatan Tubuh…
  • Manfaat Puasa dari Segi Kesehatan dan Agama Islam
  • 23 Makanan Untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata
  • Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Pada Dasarnya Yang Dimaksud Daya Tahan Otot Adalah

Source: https://www.gramedia.com/literasi/endurance/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …