Organel Sel Bakteri Yang Berfungsi Untuk Menghasilkan Energi Adalah

Organel Sel Bakteri Yang Berfungsi Untuk Menghasilkan Energi Adalah

Sebelum membahas macam-macam organel sel dan fungsinya, coba deh elo bayangin semangkuk soto ayam. Lho, kenapa harus bayangin soto ayam? Emang apa hubungannya soto ayam sama organel sel? Eitss, tenang guys, nanti gue akan jelasin. Sekarang coba elo bayangin dulu aja, ya.

Sobat Zenius, pasti tahu kan, kalau di dalam semangkuk soto ayam ada telur, sayur, tomat, dan bihun? Nah, isian dari soto ayam ini tuh, sebenarnya bisa kita ibaratkan sebagai organel sel, lho. Sementara itu, mangkuk soto ayam bisa kita ibaratkan sebagai membran sel.

Gimana? Sampai sini udah kebayang belum? Kalau belum coba kita masuk ke pembahasan di bawah, yuk!


Pengertian Organel Sel

Pertama, kita bahas pengertian organel sel dulu, ya. Jadi, organel sel adalah struktur khusus yang melakukan berbagai tugas di dalam sel. Sebenarnya, ini sama halnya dengan organ tubuh kita yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu di dalam tubuh manusia.

Perbedaannya yaitu kalau organel ada di dalam sel, sedangkan organ ada di dalam tubuh manusia. Nah, supaya elo lebih paham, coba amati gambar organel sel di bawah ini, yuk.


Gimana nih, setelah melihat gambar organel sel di atas? Udah mulai kebayang kan apa itu organel sel?


Struktur Organel Sel dan Fungsinya

Kalau cuma lihat gambar organel sel aja kayaknya nggak cukup, deh. Gimana kalau sekarang gue ajak elo untuk mengenal struktur organel sel dan fungsinya?

i. Nukleus

Nukleus atau inti sel merupakan salah satu organel sel yang mempunyai fungsi penting pada sel. Kenapa gue bisa begitu?

Soalnya, nukleus ini mampu mengendalikan seluruh kegiatan sel serta mengatur pembelahan sel. Eitss, nggak hanya itu aja lho. Nukleus juga berfungsi membawa informasi genetik dan replikasi DNA.

Oh iya, elo juga harus ingat nih, kalau nukleus ini hanya terdapat pada sel eukariotik (sel yang memiliki inti) aja, ya.

Baca :   Hal Yang Harus Dihindari Dalam Lompat Jauh Adalah

2. Ribosom

Lanjut, ke organel sel berikutnya yaitu ribosom. Ribosom pertama kali ditemukan oleh George Emil Palade, seorang ilmuwan biologi sel di tahun 1950.

Ciri-ciri organel sel ribosom yaitu bentuknya kecil-kecil dan ada banyak sekali. Letaknya pun tersebar bebas di sitoplasma. Namun, ada juga ribosom yang menempel pada permukaan retikulum endoplasma.

Apa itu retikulum endoplasma? Tenang, gue akan bahas itu nanti. Sekarang kita fokus bahas ribosom dulu, ya.

Berbeda dengan nukleus yang hanya ada pada sel eukariotik. Kalau ribosom dapat ditemukan pada sel eukariotik dan prokariotik sekaligus.

Ribosom sendiri merupakan organel sel yang berperan dalam sintesis poly peptide nih, guys. Jadi, kalau elo ketemu soal
“pembentukan protein di dalam sel dilakukan oleh organel sel apa?”.

Elo udah tahu kan, harus jawab apa? Yap, elo bisa jawab ribosom.

three. Retikulum Endoplasma

Nah, kalau retikulum endoplasma ini letaknya tuh, dekat dengan nukleus. Retikulum endoplasma ada dua macam, yaitu RE kasar dan RE halus.

Kalau elo perhatikan gambar organel sel, pada permukaan RE kasar terdapat bintik-bintik, kan? Nah, bintik-bintik ini tuh yang dinamakan sebagai ribosom.

Adapun fungsi RE kasar yaitu untuk sebagai lokasi sintesis protein dan modifikasi poly peptide.

Kalau pada permukaan RE kasar terdapat bintik-bintik ribosom, nah kalau pada RE halus nggak ada binti-bintik ribosom nih, guys. Jadi sesuai dengan namanya, permukaannya halus.

Terus apa sih fungsi RE halus? Sama nggak dengan RE kasar?

RE halus mempunyai fungsi yang lumayan banyak nih, yaitu sebagai sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, detoksifikasi racun, dan penyimpanan kalsium.

4. Badan Golgi

Organel sel berikutnya yang mau gue kasih tau ke elo yaitu badan golgi. Ciri-ciri organel badan golgi yaitu bentuknya seperti tumpukan kantong-kantong pipih yang sangat kompleks. Terus, di bagian dalam kantong-kantongnya ada ruang-ruang kecil atau vakuola.

Terus apa fungsi badan golgi? Nah, kalau ngomongin fungsi badan golgi ada banyak nih, yaitu:

  1. Berfungsi untuk menjalankan sistem sekresi
  2. Membentuk enzim yang belum aktif (zimogent/proenzym)
  3. Membentuk glikoprotein (musin, fungus/lendir)
Baca :   Sebutkan 3 Contoh Benda Yang Berbentuk Kerucut

5. Lisosom

Lisosom merupakan organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan. Bentuk lisosom yaitu seperti kantong kecil yang berisi hidrolitik yang disebut lisozim. Nah, fungsi dari lisosom yaitu sebagai tempat pembuatan enzim-enzim pencernaan.

6. Mitokondria

Mitokondria merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat respirasi. Jumlah mitokondria sendiri di setiap sel itu berbeda-beda, lho. Banyak atau sedikitnya jumlah mitokondria tergantung pada jumlah energi yang diperlukan oleh setiap sel.

Eitss, nggak cuma jumlahnya aja yang berbeda-beda. Tapi, ukuran dan bentuknya juga beda-beda. Unik banget, ya?

Baca Juga:
Pembelahan Sel – Pengertian, Macam-Macam, dan Fungsinya


Perbedaan Organel Sel Hewan dan Tumbuhan

Nah, jadi, macam-macam organel sel di atas merupakan organel sel yang dimiliki baik oleh hewan maupun tumbuhan.

Tapi, elo tahu nggak sih, kalau ada sedikit perbedaan antara organel sel hewan dan tumbuhan?

Kira-kira apa ya, perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan? Coba amati gambar organel sel hewan dan tumbuhan di bawah ini, yuk!

gambar organel sel hewan dan strukturnya
Gambar organel sel hewan. (Dok. Wikimedia Eatables)

gambar organel sel tumbuhan dan strukturnya
Gambar organel sel tumbuhan. (Dok. Wikimedia Commons)

Gimana, nih? Udah nemu belum perbedaan dari gambar organel sel hewan dan organel sel tumbuhan di atas?

Nah, supaya lebih mudah menemukan perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan. Elo bisa lihat tabel organel sel dan fungsinya dibawah ini, ya.

tabel perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya
Tabel perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya. (Arsip Zenius)

So,
itu dia guys macam-macam organel sel yang hanya terdapat pada tumbuhan dan juga hanya pada hewan.

Baca Juga:
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup


Contoh Soal Organel Sel

Supaya elo makin paham dengan macam-macam organel sel dan fungsinya, coba kerjakan latihan soal dibawah, yuk!

  1. Pencernaan dalam sel dilakukan oleh organel ….

A. Lisosom
B. Vakuola
C. Kloroplas
D. Ribosom
E. Tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Lisosom merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat pembuatan enzim-enzim pencernaan. Sehingga jawaban yang tepat adalah
A.

  1. Organel sel tumbuhan yang mampu menyerap energi matahari adalah ….
Baca :   Tahapan Awal Dalam Proses Mengukir Atau Memahat Kayu Adalah

A. Kloroplas
B. Dinding sel
C. Lisosom
D. Vakuola
Eastward. tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Kloroplas merupakan organel sel tumbuhan yang mampu menyerap energi matahari. Sehingga jawaban yang tepat adalah
A.

  1. Organel sel bakteri yang berfungsi untuk menghasilkan energi adalah ….

A. Ribosom
B. Mesosom
C. Vakuola
D. Klorosom
East. Tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Mesosom merupakan
organel sel bakteri yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Sehingga jawaban yang tepat adalah
B.

  1. Organel sel yang berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis adalah ….

A. Vakuola makanan
B. Peroksisom
C. Vakuola kontraktil
D. Badan golgi
E. Tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Vakuola kontraktil merupakan organel sel yang berfungsi mengatur tekanan osmosis. Sehingga jawaban yang tepat adalah
C.

  1. Suatu organel sel mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

– Berbentuk kantong pipih yang bertumpuk
– Dapat mengeluarkan sekret atau lendir
– Membentuk lisosom

Nama organel sel tersebut yaitu ….

A. Badan golgi
B. Mitokondria
C. Plastida
D. Badan mikro
E. Tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Ciri-ciri yang disebutkan di atas merupakan ciri-ciri dari badan golgi. Maka, jawaban yang tepat adalah
A.

*****

Oke deh, sekian dulu ya, pembahasan tentang macam-macam organel sel dan fungsinya. Semoga setelah membaca artikel ini, elo jadi makin paham dengan sistem endomembran.

By the mode, kalau elo merasa kurang paham dengan penjelasan di atas. Elo bisa nonton ulang materi organel sel ini lewat video, lho. Caranya tinggal klik aja banner di bawah ini!

klik banner ini untuk mempelajari materi biologi tentang sel lebih lanjut lewat video pembahasan zenius terlengkap

Referensi:

Struktur, Fungsi Organel dan Komunikasi Antar Sel – Jurnal Al Ulum Seri Sainstek (2014)
Buku Biologi Sel Unit Terkecil Penyusun Tubuh Makhluk Hidup – Penerbit CV Salembar Papyrus (2017)
Organelles – National Geographic

Organel Sel Bakteri Yang Berfungsi Untuk Menghasilkan Energi Adalah

Source: https://www.zenius.net/blog/pengertian-organel-sel-hewan-tumbuhan

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …