Mikologi Merupakan Cabang Biologi Yang Mengkaji

Mikologi Merupakan Cabang Biologi Yang Mengkaji

Mikologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fungi (jamur). Kajian dalam mikologi antara lain meliputi taksonomi jamur, fisiologi jamur, bioteknologi jamur, hingga budidaya jamur.

Beberapa cabang ilmu biologi lainnya:

  • Virologi: mempelajari virus
  • Histologi: mempelajari jaringan
  • Sitologi: mempelajari sel
  • Mikrobiologi: mempelajari mikroorganisme atau jasad renik

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang akan kamu pelajari di sekolah adalah biologi. Biologi adalah sebuah studi mengenai organisme hidup dan kehidupannya. Seorang ahli biologi akan mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, distribusi, identifikasi, hingga taksonomi. Ilmu biologi sendiri sudah mengalami kemajuan serta berkembang dengan pesat. Akibatnya, banyak cabang-cabang biologi baru yang bermunculan. Seorang ilmuwan tentu memiliki batasan akan ilmu yang bisa mereka pelajari, sehingga mereka akan lebih memilih untuk lebih fokus.

Cabang-cabang biologi akan dibagi berdasarkan objek kajiannya, nah dalam artikel kali ini kita akan membahas cabang-cabang biologi yang harus kamu ketahui.

Cabang-Cabang Biologi

Kemajuan zaman dan teknologi semakin membuka berbagai macam pengetahuan baru yang bermanfaat. Dalam bidang biologi kemajuan zaman ini memunculkan berbagai cabang pengetahuan yang baru. Beberapa cabang biologi yang harus kamu ketahui, diantaranya:

one. Genetika

Genetika adalah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari segala macam hal mengenai gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya dan persilangan gen. Salah satu tokoh yang paling terkenal dari cabang ilmu ini adalah Gregor Johann Mendel biasa dikenal juga dengan bapak genetika mod.

2. Anatomi

Dalam dunia kedokteran, cabang ilmu biologi ini sangat penting. Kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Cabang anatomi yang khusus mempelajari hewan disebut dengan zootomi, sedangkan cabang anatomi untuk tumbuhan disebut dengan filotomi.

three. Histologi

Histologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi.

Baca :   Pukulan Pertama Dalam Permainan Bola Voli Disebut

4. Taksonomi

Biologi juga mempelajari klasifikasi makhluk hidup yang biasa disebut dengan cabang ilmu taksonomi. Taksonomi adalah cabang ilmu biologi yang membahas penamaan, pengelompokan dan juga perincian dari berbagai macam makhluk hidup berdasarkan dengan persamaan dan juga perbedaan sifatnya. Nama kelompok klasifikasi disebut dengan takson.

v. Botani

Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya disebut dengan botani. Ilmu ini sangat berguna dan banyak digunakan dalam dunia pertanian.

6. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan Archaea. Beberapa mikroorganisme dapat menguntungkan, contohnya Lactobacillus bulgaricus berperan dalam fermentasi susu menjadi yoghurt. Namun, beberapa mikroorganisme dapat merugikan, contohnya Vibrio cholerae dapat menyebabkan kolera. Salah satu manfaat dari mikrobiologi yaitu dapat mengidentifikasi dan menemukan penyebab dari suatu penyakit, kemudian mencari obat untuk menanganinya. Karena di dalam mikrobiologi akan dipelajari bagaimana mikroorganisme itu hidup, bagaimana menekan jumlah hingga membunuhnya.

7. Virologi

Selain mikrobiologi, ada cabang ilmu biologi yang mempelajari virus yaitu virologi. Sama halnya dengan mikrobiologi. Pada cabang biologi ini kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan virus meliputi ciri-ciri atau karakteristik, kelompok, siklus hidup, peran, pencegahan dan cara mengatasinya.

8. Zoologi

Zoologi adalah cabang biologi yang memiliki studi mengenai kehidupan hewan. Zoologi mempelajari tentang struktur organisme hidup hingga kesatuan kehidupan subselular. Zoologi terbagi menjadi berbagai macam studi sesuai dengan jenis hewannya, yaitu:

  • Nematologi – studi tentang cacing gilig (nematoda)
  • Entomologi – studi serangga
  • Ornitologi – studi tentang burung
  • Mamalogi – studi tentang mamalia

Kesimpulan

Informasi di atas merupakan cabang-cabang biologi yang harus kamu ketahui. Apabila kamu memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang ilmuwan terutama dalam bidang biologi, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mendalami beberapa cabang dari ilmu biologi.

Baca :   Tentukan Pasangan Sudut Yang Bertolak Belakang

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai hal ini? Silahkan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk share pengetahuan ini.


1.mengapa saat duduk sila kaki tiba-tiba kesemutan? ii.bagaimana cara mengatasi kesemutan? ​


Dalam rantai makanan maka rumput dan padi berperan sebagai …. a. Konsumen tingkat 3 b. Konsumen tingkat 1 c. Konsumen tingkat 2 d. Produsen


QUIZdibawah⬇⬇⬇.???…..?..??,,,,,,,,,,,,,”x””xxzx…..?.?#….,??.[tex]apa \: yang \: terjadi \: jika \: manusia \: berada \: di \: skala \: 3 \: kard …

ashev[/tex]​


Embun di pagi hari termasuk peristiwa?​tolong jawab ya ini dikumpulin tugasnya


berdasarkan bentuk benang Sarinya tanaman jagung penyerbukannya dibantu oleh?tolong jawab kak ini tugasnya dikumpulin;)​


Contoh di bawah ini yang tidak termasuk penyakit atau gangguan yang terjadi pada tulang adalah …. a. Tifus b. folio c. rakitis d. osteoporosis


Jaringan tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil adalah A. palisade dan epidermis B. spons dan stomata C. pengangkut dan palisade D. palisade …

dan spons. ​


Pemakaian jarum suntik yang tidak steril oleh pemakai dapat menyebabkan pemakai dapat menyebabkan penularan penyakit….. A. demam berdarah B. disentr …

i C. maag D. HIV/AIDS​


Seorang pengguna narkoba memiliki gejala sebagai berikut: (i) Muka pucat (two) sikap acuh tak acuh (3) selalu berhalusinasi (4) badan kurus kering Ciri …

fisik yang ditimbulkan pengguna ganja adalah … A. 1 dan 2 B. 1 dan iv C. 2 dan 4 D. iii dan iv ​


Apa itu Sumber daya alam? Apa itu Sumber daya alam tidak diperbarui? Apa itu Sumber daya alam diperbarui? Apa itu Simber daya alam kekal? Sebutkan jug …

a masing-masing contohnya! Minimal 3 contoh.

Mikologi
merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fungi (jamur) atau sering disebut juga cendawan.[1]

Mikologi

Kajian dalam mikologi antara lain meliputi taksonomi jamur, fisiologi jamur, bioteknologi jamur, budidaya jamur. Mikologi sangat besar pengaruhnya terhadap fitopatologi karena banyak penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur; sehingga pernah fitopatologi disebut sebagai mikologi terapan.

Sejak zaman prasejarah diduga manusia sudah mulai mengumpulkan cendawan sebagai makanan. Tulisan mengenai cendawan pertama kali ditemukan dalam karya-karya Euripides (480-406 SM). Seorang filsuf Yunani yaitu Theophrastus dari Eressos (371-288 SM) mungkin merupakan orang pertama yang mencoba mengklasifikasikan tumbuhan secara sistematis; menganggap fungi sebagai tumbuhan yang kehilangan organ-organ tertentu. Pliny the elder (23-79 Masehi), menulis tentang truffle di ensiklopedianya Naturalis historia. Mikologi (Mycology) berasal dari bahasa Yunani: μύκης (mukēs), yang berarti mucus dan -λογία akhiran (-logia), yang berarti “studi”.

Pada Abad Pertengahan terlihat adanya sedikit kemajuan dalam pengetahuan tentang fungi. Namun, penemuan mesin cetak memungkinkan beberapa penulis untuk menyebarkan takhayul dan kesalahpahaman tentang jamur yang telah dilakukan para penulis klasik.

Permulaan zaman modernistic mikologi dimulai saat Pier Antonio Micheli mempublikasikan 1737 publikasi mengenai Nova plantarum genera. Diterbitkan di Florence, publikasi tersebut menjadi dasar untuk klasifikasi sistematis rerumputan (grasses), lumut (mosses) dan fungi. Pada tahun 1936, istilah mikologi dan mikologis pertama kali digunakan oleh Thou.J. Berkeley.[2]


  1. ^

    “Mycology | biology”. Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal
    2020-11-30
    .



  2. ^

    Ainsworth, Geoffrey Clough (1976). Introduction to the History of Mycology. Cambridge University Press. hlm. 13. ISBN 978-0-521-21013-three.


Artikel bertopik Fungi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • fifty
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/due west/index.php?title=Mikologi&oldid=18617033”

Mikologi Merupakan Cabang Biologi Yang Mengkaji

Source: https://jripto.com/mikologi-adalah-salah-satu-cabang-biologi-yang-mengkhususkan-bidang-kajiannya-pada

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …