Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja Di Laboratorium

Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja Di Laboratorium

Laboratorium adalah tempat pengujian yang di dalamnya terdapat bahan kimia berbahaya bagi kita. Oleh karena itu, mengetahui penggunaan alat pelindung diri beserta fungsinya sangatlah penting bagi kamu yang berkativitas di laboratorium

Alat pelindung diri ini sangat berguna untuk melindungi diri kita dari kecelakaan kerja, seperti terkena tumpahan zat kimia berbahaya, terkena serpihan alat gelas yang pecah, dan gas berbahaya dari larutan asam dan basa kuat.

Berikut ini 5 Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta Fungsinya

1. Jas Laboratorium


Jas laboratorium adalah pakaian yang wajib digunakan oleh para peneliti, pekerja, laboran yang bekerja di laboratorium. Lalu mengapa kita perlu memakai jas laboratorium saat bekerja di laboratorium?

Penggunaan jas laboraotium adalah bentuk perlindungan diri dari kecelakaan kerja. Dimana
fungsi jas laboratorium
ini yang sangat berguna untuk melindungi kulit dari percikan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi.

Apabila terjadi tumpahan zat kimia, maka tumpahannya tidak akan langsung terkena kulit. Melainkan akan tertahan terlebih dahulu di jas laboratorium.

UNIWORKS Jas Lab Medis Bahan Oxford Original

Rp 74.000

BELI SEKARANG

Jas Laboratorium Lengan Panjang & Lengan Pendek

Rp 69.900

BELI SEKARANG

Jas Laboratorium / Jas Praktek / Jas Rumah Sakit

Rp 109.200

BELI SEKARANG

Jas Laboratorium Lengan Panjang dan Pendek

Rp 65.000

BELI SEKARANG

two. Sarung Tangan


Selain jas laboratorium, sarung tangan juga sangat penting kita gunakan sebagai APD saat beraktivitas di laboratorium.
Fungsi sarung tangan
di laboratorium adalah untuk melindungi tangan dari benda dan bahan kimia berbahaya. Benda berbahaya ini bisa dari pecahan alat gelas, sedangkan bahan kimia bisa dari larutan pekat.

Baca :   Keseimbangan Hasil Gambar Model Dapat Diperoleh Dengan Cara Membuat

Karet adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan sarung tangan laboratorium karena tidak mudah meresap zat kimia, baik itu cairan atau padatan.

three. Masker Laboratorium


Aktivitas yang ada di laboratorium biasanya sering menggunakan bahan kimia yang baunya menyengat dan mengeluarkan gas beracun. Walaupun efeknya tidak secara langsung, namun jika kita sering menghirupnya maka akan jadi masalah di masa yang akan datang. Karena itu kita wajib menggunakan masker saat berada di laboratorium.

Fungsi masker laboratorium
adalah untuk menutup hidung dan mulut yang bisa menjadi jalan masuknya debu dan gas kimia berbahaya. Terdapat 2 jenis masker yang sering kita temui di laboratorium, yaitu masker medis dan masker gas laboratorium.

Kedua macam masker laboratorium ini memiliki fungsi yang berbeda. Dimana masker medis biasa digunakan pada praktik yang lebih universal, sementara masker gas laboratorium digunakan pada praktik analisa yang berhubungan dengan sampel yang mengandung gas-gas berbahaya.

four. Sepatu Safety

Gambar Sepatu Keselamatan Laboratorium

Tumpahan bahan kimia berbahaya bisa saja mengenai kaki kita saat di laboratorium. Karena itu kita wajib menggunakan sepatu keselamatan sebagai bentuk penerapan K3 yang baik. Fungsi sepatu keselamatan laboratorium adalah untuk melindungi kaki dari percikan atau tumpahan bahan kimia yang berbahaya.

Bahan sepatu condom terbuat dari karet yang memudahkan penggunanya saat melakukan pekerjaan di laboratorium. Sepatu keselamatan ini juga tahan terhadap api, larutan pekat dan tekanan tinggi.

5. Kaca Mata (Goggles)


Mata adalah bagian paling vital yang harus kita lindungi saat melakukan aktivitas di laboratorium. Karena itu penggunaan kaca mata google laboratorium adalah hal wajib yang harus kita lakukan.

Fungsi memakai kaca mata laboratorium adalah untuk melindungi mata dari percikan zat-zat kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan mata hingga kebutaan. Terdapat 2 macam kaca mata keselamatan yang ada di laboratorium, yaitu
clear safety glass
dan
clear safety goggles.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi alat pelindung diri yang ada di laboratorium, misalnya seperti Fire Coating, alat pemadam api, safety shower dan sebagainya. Namun 5 alat yang kami sebutkan di atas adalah alat pelindung diri yang penggunaannya berada pada tubuh kita sendiri.

Baca :   Prinsip Kerja Dari Alat Penangkal Petir Adalah

Demikian penjelasan 5 alat pelindung diri di laboratorium beserta fungsinya. Semoga bermanfaat!

Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja Di Laboratorium

Source: https://blogkimia.com/alat-pelindung-diri-di-laboratorium-beserta-fungsinya/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …