Manfaat Apa Yang Didapatkan Dari Olahraga Lompat Jauh

Manfaat Apa Yang Didapatkan Dari Olahraga Lompat Jauh

Lompat jangkit seringkali disamakan dan sulit ditemukan perbedaannya dengan olahraga lompat jauh. Padahal, perbedaan kedua jenis olahraga ini sangat jelas
loh.
Olahraga ini juga memiliki nama lain yaitu
triple jump.
Sepertinya nama itu juga lebih menjelaskan letak perbedaannya dengan lompat jauh ya, Sedulur.

Di Indonesia sendiri olahraga ini cukup jarang dijumpai. Tak heran jika orang juga tidak banyak tahu tentang perbedaannya dengan jenis olahraga lompat yang lain. Lompat jangkit adalah suatu lompatan yang terdiri dari tiga gerakan.
Nah,
pada artikel ini, mari kita bahas secara tuntas semua hal yang berkenaan dengan
triple jump
dari pengertian hingga teknik gerakannya!


BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!


Pengertian Lompat Jangkit

helferphoto

Lompat jangkit adalah cabang olahraga atletik yang mengombinasikan tiga gerakan untuk mendarat sejauh mungkin. Gerakan tersebut diantaranya adalah jingkat (hop), langkah (step), dan melompat (jump). Ketiga gerakan itu dilakukan dengan padu dalam satu rangkaian. Dalam olahraga ini, atlet akan melakukan tiga kali tolakan, tiga kali melayang, kemudian mendarat.

Cabang olahraga yang satu ini dikenal memerlukan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai jarak sejauh mungkin dari titik commencement. Semakin jauh seorang atlet melompat, maka peluang untuk menang juga semakin besar. Lompatan tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


BACA JUGA: Sedulur Super, Begini Tips Olahraga Saat Puasa + Contohnya


Manfaat Lompat Jangkit bagi Kesehatan

manfaat
sehatq

Aktivitas ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Lompatannya membutuhkan kekuatan tubuh bagian bawah, sehingga hal itu sekaligus melatih otot anggota tubuh bagian bawah. Selain itu, Sedulur akan mendapatkan manfaat dalam melatih keseimbangan tubuh. Hal itu didapatkan dari gerakan lompat kemudian mendarat yang membutuhkan keseimbangan.

Manfaat lainnya adalah efek kardio ketika melakukan aktivitas melompat ini. Efek kardio dinilai baik untuk kesehatan sistem kardiovaskuler. Olahraga triple jump juga sangat ampuh dalam proses pembakaran lemak. Ini menjadi alasan mengapa olahraga jenis ini banyak digandrungi orang yang berusaha menurunkan berat badannya atau sedang berdiet.

Tak hanya itu, menjaga kesehatan dengan berolahraga juga dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mental. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat bukanlah kalimat motivasi yang sekedar lewat. Nyatanya, olahraga yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan hormon kebahagiaan atau endorphin dan membuat perasaan menjadi senang.


BACA JUGA: Statistik Valentino Rossi Dapat Penghargaan Fantastis, Raja MotoGp


Tujuan Lompat Jangkit

tujuan lompat jangkit
kompas

Sekilas, olahraga ini sangat mirip dengan olahraga lompat jauh. Adapun tujuannya juga untuk mencapai batas lemparan terjauh dari titik starting time. Bedanya, lompatan yang satu ini tidak dilakukan dalam satu lompatan. Pada prosedurnya, akan terdapat tiga tahap yang terdiri atas jingkat, melangkah, dan diteruskan dengan melompat.


Persiapan Lompat Jangkit

persiapan
bahassemua

Sebelum melakukan olahraga, kurang dan bahaya rasanya jika dilakukan tanpa persiapan. Persiapan ini wajib dilakukan untuk mengurangi risiko cedera dan kesalahan selama melakukan olahraga dan aktivitas atletik lainnya. Apalagi dilansir dari
Journal of Human Kinetics,
keberhasilan
triple jump
salah satunya terletak pada kualitas fisik atlet dan teknik lompatannya.

Maka dari itu, sebelum melakukan
triple jump,
Sedulur perlu memastikan agar persiapan dilakukan dengan matang dan benar. Berikut ini yang harus dipersiapkan untuk menghindari cedera saat melakukan teknik-teknik dalam
triple jump.

  1. Siapkan kondisi fisik dan stamina agar mampu tampil prima.
  2. Siapkan pemahaman teknik dasar lompat jangkit yang benar.
  3. Lakukan latihan yang sistematis dan rutin untuk mencapai kecakapan dan keberhasilan pada setiap gerakan.
  4. Persiapkan peralatan lompat jangkit yang sesuai dengan standar. Misalnya seperti lintasan, balok tumpu, hingga bak pasir turut mendukung keberhasilan olahraga lompat jangkit.


BACA JUGA: Permainan Gobak Sodor, Keseruan, Aturan Main & Manfaatnya


Teknik Dasar Lompat Jangkit

teknik dasar lompat jangkit
kompas

Teknik lompat jangkit terdiri dari tiga. Pertama dinamakan teknik awalan yang jarak lintasannya minimal 45 meter. Caranya diawali dengan lari, kemudian percepat lari awalan sedikit demi sedikit sebelum bertolak. Terakhir turunkan pinggang sedikit pada satu langkah akhir awalan.

Teknik kedua adalah tolakan. Irama lompat jangkit yang benar adalah menggunakan kaki terkuat agar tidak mengurangi kecepatan gerak ke depan saat menolak. Terdapat tiga gerakan atau teknik tolakan yang harus dipelajari agar hasilnya memuaskan, diantaranya tolakan sebelum berjingkat, tolakan sebelum melangkah, dan tolakan sebelum melompat.

Setelah lompatan pertama yang dilakukan pada teknik lompat jangkit yaitu fase jingkat, beralih ke pendaratan. Pertama, angkat kedua kaki agar lurus ke depan. Bungkukan badan ke depan dan pindahkan kedua lengan dari atas ke depan. Ketika mendarat, kedua lutut agak ditekuk. Berikutnya, pindahkan badan ke depan, tundukkan kepada dan kedua lengan dibawa ke depan.


BACA JUGA: Cara Menghitung Tinggi Badan Ideal Laki-Laki & Perempuan


Gaya Lompat Jangkit

beragam gaya lompat
jurnalponsel

Terdapat dua jenis gaya yang biasa dilakukan dalam olahraga ini. Kedua gaya tersebut adalah gaya menggantung dan gaya berjalan di udara. Tetapi tetap saja, tujuan akhir lompatan ini adalah untuk mendapatkan lompatan terjauh dari titik awal.

Gaya menggantung diawali dengan meletakkan posisi kedua tangan berada di samping telinga dan dalam keadaan lurus ke atas. Kemudian posisi kaki dirapatkan dan diayunkan dari belakang ke depan. Posisi awal tolakan agak sedikit membusungkan dada dan digerakkan ke belakang. Lalu, badan dan lutut saat di udara diayunkan ke arah depan dengan kuat.

Gaya yang kedua adalah berjalan di udara. Di posisi awal tolakan, dada harus sedikit dibusungkan. Berikutnya, kedua tangan diayunkan ke belakang seperti yang dilakukan orang saat berlari. Terakhir, posisi kedua kaki diayunkan ke depan, dalam gerakan seperti orang yang sedang berjalan.


BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android


Lapangan Lompat Jangkit

lapangan lompat jangkit
perpustakaan.id

Lapangan yang dilakukan untuk melompat terdiri dari beberapa bagian dan memiliki nama masing-masing. Beberapa bagian tersebut adalah lintasan lari, papan tolakan, dan bak pasir. Ketiga bagian itu juga memiliki ketentuan ukurannya sendiri.

Ukuran bagian-bagian lapangan diantaranya lintasan lari memiliki panjang antara 40 hingga 45 meter dengan lebar ane,22 meter. Kemudian papan tolakan terletak xi-thirteen meter dari tepi depan bak pasir. Papannya sendiri memiliki panjang i,22 meter, lebar 0,20 meter, dan tinggi 0,05 meter. Terakhir bak pasir memiliki panjang 7-9 meter dan lebar 2,75 meter.

Demikian pembahasan mengenai lompat jangkit atau
triple jump
dari mulai pengertian, ketentuan lapangan, peraturan, teknik, hingga manfaatnya. Salah satu yang perlu Sedulur garis bawahi adalah persiapan sebelum melakukan aktivitas ini. Pastikan agar Sedulur selalu aman dan selamat mencoba!

Manfaat Apa Yang Didapatkan Dari Olahraga Lompat Jauh

Source: https://superapp.id/blog/uncategorized/lompat-jangkit/

Baca :   Banyaknya Rusuk Pada Prisma Segi Enam Adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …