Lama Permainan Bola Basket Mini Adalah

Lama Permainan Bola Basket Mini Adalah

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang diminati oleh banyak orang di dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Sebelum berbicara mengenai bola basket lebih jauh, alangkah baiknya jika telah mengetahui tentang materi olahraga basket yang paling dasar seperti pengertian permainan bola handbasket dan juga berapa lama waktu permainan bola basket dalam setiap pertandingan.

Banyak kompetisi bola basket yang dijadikan sebagai ajang untuk mencari pemenang dalam permainan bola basket. Salah satu negara yang terkenal dengan kemahirannya dalam bermain bola basket tentunya negara Amerika. Negara tersebut mempunyai organisasi bola handbasket serta ajang kompetisi yang telah mendunia yaitu NBA (National Basketball League).

Pengertian permainan bola basket adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari dua tim bola basket yang berlawanan dengan jumlah anggota pada tiap tiap tim sebanyak lima orang dengan tujuan memperoleh skor poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola ke dalam ring lawan.

Pengertian lain menyebutkan bahwa pengertian permainan bola basket ialah permainan dengan beregu yang terdiri dari dua tim yang masing-masing tim terdiri dari lima orang anggota dengan tujuan untuk mendapatkan skor atau poin yang dilakukan dengan cara memasukan bola ke dalam ring lawan serta mencegah tim lain hal yang sama.

Sedangkan pengertian permainan bola basket menurut Ahmadi (2007) merupakan permainan yang sederhana serta mudah untuk dipelajari dan dikuasai dengan sempurna  yang juga menuntut perlunya latihan dengan baik serta disiplin dalam rangka pembentukan sebuah kerja sama tim atau antar anggota.

Permainann bola basket ini menyuguhkan tontonan pada tontonan berupakan gerakan dribbling dengan cara meliuk-liuk secara lincah, tembakan yang bervariasi, terobosan yang enerjik dan fantastik, gerakan yang banyak menggunakan tipu daya untuk mengelabuhi lawan, serta mencetak poin secara silih berganti.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket ialah permainan yang dimainkan secara beregu dengan jumlah anggota tim masing-masing sebanyak lima orang dalam rangka mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara menembakan bola ke dalam ring lawan.

Pada permainan bola basket ini membutuhkan waktu yang telah diatur sedemikian rupa guna dimanfaatkan untuk masing-masing tim dalam rangka mencetak poin atau skor. Dalam permainan bola handbasket ini terdiri atas dua babak permainan yang masing-masing permainan memerlukan waktu selama 20 menit serta waktu istirahat selama 10 menit.

Waktu istirahat tersebut akan dilakukan pada pergantian babak yaitu babak pertama menuju babak kedua. Namun, organisasi nasional bola basket mempunyai keputusan bahwa permainan bola basket di ijinkan untuk melakukan perpanjangan waktu dari dua babak menjadi empat babak, dengan waktu masing-masing babak selama 10 menit.

Baca :   Cara Menghapus Format File Tidak Didukung

Sedangkan untuk permainan bola basket mini, akan dilaksanakan empat babak. Tiap babak yaitu selama 10 menit serta waktu istirahat selama ii menit saja. Apabila permainan bola basket berpedoman pada federasi Bola Handbasket Internasional waktu yang dijadikan standar yaitu 4 x x menit. Sedangkan versi organisasi National Basketball game Clan waktu permainan ialah 4 ten 12 menit dengan waktu istirahat selama x menit diantara pergantian babak.

Jika dalam permainan bola basket terjadi skor atau poin yang sama hingga akhir permainan, maka harus dilakukan perpanjangan waktu hingga ditemukan selisih skor diantara kedua tim. Untuk perpanjangan waktu ini, terdapat waktu istirahat selam 2 menit.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian serta waktu permainan bola basket. Silahkan dipelajari materi yang lainnya, semoga bermanfaat.

Berapa lama waktu permainan bola basket?

Permainan bola basket membutuhkan waktu yang sudah diatur sedemikian rupa untuk dimanfaatkan masing-masing tim ketika mencetak poin atau skor.

Dalam permainan bola basket, terdiri atas dua babak permainan yang masing-masing permainan membutuhkan waktu selama 20 menit dan waktu istirahat selama 10 menit.

Waktu istirahat tesebut akan dilakukan pada pergantian babak, yaitu babak pertama menuju babak kedua.

Namun, organisasi nasional bola handbasket mempunyai keputusan bahwa permainan handbasket diijinkan untuk melakukan perpanjangan waktu dari dua babak menjadi empat babak, dengan waktu masing-masing babak ialah 10 menit.

Smentara untuk pertandingan bola basket mini, akan dilaksanakan 4 babak. Setiap babak dijalankan selama x menit serta waktu istirahat selama 2 menit saja.

Jika permainan bola basket berpedoman pada federasi bola handbasket Internasiobal (FIBA) waktu yang dijadikan standar ialah 4 x 10 menit. Sedangkan versi organisasi National Basketball Association (NBA) waktu permainannya adalah iv 10 12 menit dengan waktu istirahat 10 menit diantara pergantian babak.

Apabila dalam permainan bola basket terjadi skor atau poin yang sama hingga akhir permainan, maka harus dilakukan perpanjang waktu sampai ditemukan selisih skor diantara kedua tim. Untuk perpanjangan waktu ini, ada waktu istirahat selama 2 menit.

Demikian penjelasan mengenai lama waktu permainan bola basket ini, semoga membantu.

Kamu juga bisa mempelajari tentang ukuran dan berat bola basket jika perlu.

Sekian dan terima kasih.

Djakarta

Sama seperti olahraga lainnya, basket punya sejumlah aturan yang harus dipatuhi pemain. Salah satu aturan yang wajib diperhatikan di lapangan adalah
lama permainan bola basket.

Basket menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Bisa dilihat, setiap pertandingan di olahraga basket akan ramai oleh penonton. Selain memiliki banyak penggemar, banyak juga atlet dunia yang lahir dari basket.

Baca :   Sebutkan 5 Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang Beserta Barang Yang Dihasilkan

Kompetisi basket paling bergengsi di dunia berada di Amerika Serikat bernama NBA (National Basketball Association). Setiap pertandingannya selalu dinanti-nanti. Beberapa atlet tenar NBA bahkan menjadi legenda di dunia handbasket seperti misalnya Michael Jordan dan Shaquille O’Neal.

Bola basket sendiri adalah jenis cabang olahraga yang permainannya dibatasi waktu atau lama permainan. Detikers, ternyata
lama permainan bola basket
memiliki perbedaan terutama di Every bit.

Dilansir dari situs spider web resmi Federasi Bola Handbasket Internasional (FIBA),
lama permainan bola basket
ada iii versi. Versi FIBA, NBA, dan satu lagi versi NCAA (National Collegiate Athletic Clan) Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana aturan
lama permainan bola basket
dan penjelasannya?

Lama permainan bola basket
adalah 4×10 menit jika berpedoman pada aturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Sementara versi National Basketball Clan (NBA) adalah 4×12 menit.

Sedangkan versi NCAA pertandingan dibagi atas dua babak. Setiap babaknya memiliki waktu selama twenty menit.

Jika terjadi skor yang sama hingga akhir pertandingan, maka harus diadakan perpanjangan waktu atau over time yang tidak terbatas sampai terjadi selisih skor. Baik versi FIBA, NBA, maupun NCAA punya waktu over fourth dimension selama v menit.

Waktu istirahat versi FIBA selama two menit antara babak 1 dan 2 serta iii dan 4. Selain itu ada waktu istirahat xv menit antara babak 2 dan 3.

Untuk pertandingan internasional, umumnya aturan
lama permainan bola basket
yang dipakai adalah sesuai standar FIBA.

(pal/pal)

Ilustrasi Pemainan Basket (Sumber: Pixabay)


Menurut aturan

FIBA
,


lamanya waktu dalam permainan bola basket adalah


10 menit per kuarter sebanyak 4 kuarter atau totalnya twoscore menit.


Jika hasil akhir suatu pertandingan setelah 4 kuarter sama kuat poinnya, maka akan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu sebanyak 2×5 menit.


Tiap babak memiliki jeda waktu istirahat selama 10 menit, sementara jika terjadi tambahan waktu maka jeda istirahat tambahannya 2 menit. Secara umum, sebuah pertandingan bola

basket

membutuhkan paling tidak 80 menit untuk diselesaikan.


Namun, biasanya pertandingan bisa berjalan lebih lama dari itu karena setiap tim memiliki jatah

timeout

serta sistem waktu yang hanya dihitung jika permainan berjalan saja (tidak menghitung waktu jeda seperti

freethrow

dan lain-lain).


Indonesia pun mengikuti aturan FIBA, yakni 4×10 menit untuk suatu pertandingan bola basket, terutama untuk liga profesional seperti

Indonesian Basketball League

(IBL).

Baca :   Kebudayaan Yang Ditemukan Di Daerah Gua Gua Disebut


Namun, NBA yang merupakan kompetisi handbasket paling bergengsi di dunia memiliki aturan yang berbeda dibanding yang lainnya.


Pada NBA, satu pertandingan dapat dimainkan dalam waktu 4×12 menit atau secara total 48 menit. Setiap babak memiliki dua kuarter dengan masing-masing 12 menit, di babak kedua saat tim berpindah

base of operations

lapangan/
court
, mereka juga menyelesaikan 2 kuarter akhir yang masing-masing selama 12 menit.


Itulah kenapa skor pertandingan di NBA biasanya sangat tinggi atau di atas 100 poin per pertandingan. Untuk babak tambahan waktunya, waktu yang disediakan hanya five menit, kemudian akan terus ditambah per lima menit jika skor masih sama.

Lamanya Waktu dalam Permainan Bola Handbasket dan Aturan Lainnya

Wasit Bola Basket (Sumber: iStock)


Selain mengatur tentang durasi atau waktu dalam permainan bola basket, FIBA juga mengatur beberapa aspek yang terkait dalam permainan bola basket. Berikut ini adalah


peraturan bola basket

:

1. Jumlah Pemain Bola Basket


Satu tim terdiri dari maksimal 12 orang. Meski begitu, hanya lima orang yang diperbolehkan turun ke lapangan. Sisanya berada di bangku cadangan.


Satu pertandingan terdiri dari dua tim yang saling berhadapan. Masing-masing tim harus meraih poin dengan cara memasukkan bola ke dalam band lawan. Tim yang mendapatkan poin lebih banyak dari sang lawan keluar sebagai pemenang.


Permainan dimulai dengan dua pemain dari masing-masing tim berada di tengah lapangan. Sang wasit nantinya akan melemparkan bola ke atas. Kedua pemain tersebut harus meraih bola yang dilempar tersebut dengan melakukan lompatan.

Ilustrasi Pemainan Basket (Sumber: Pixabay)


Pada lapangan basket, terdapat garis di kedua sisi yang berdekatan dengan ring. Garis itu bernama garis tri poin. Fungsinya adalah jika pemain mencetak poin melalui tembakan dari dalam garis, maka timnya mendapatkan dua poin.


Lain halnya jika sang pemain menembak dari luar garis tersebut. Maka dari itu, poin yang didapat berjumlah tiga.


Masing-masing tim boleh meminta

Time Out
. Istilah itu merupakan interupsi dalam permainan yang diminta oleh pelatih. Time out sendiri berdurasi satu menit.


Setiap tim berhak mendapatkan lima time out pada masing-masing babak. Selain itu, tim juga berhak mendapatkan satu

time out

pada

overtime
.


Pemain dapat mendapatkan

personal foul

(pelanggaran pribadi) jika dia melakukan kontak yang dilarang ketika sedang bermain bertahan ataupun menyerang.


Demikian lamanya waktu dalam permainan bola basket dan beberapa peraturan lainnya.

Lama Permainan Bola Basket Mini Adalah

Source: https://toptenid.com/berapa-lama-permainan-bola-basket-saat-pertandingan-menit

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …