Ragam Konstruksi Jembatan Dari Besi Baja

Jembatan Dari Besi Baja





Mungkin dari Anda sudah sering sekali melewati bangunan yang disebut dengan jembatan. Namun apakah Anda tau apakah fungsi jembatan, dan jenis-jenis jembatan yang ada di Republic of republic of indonesia maupun di dunia?







Untuk mengetahui selengkapnya Anda bisa simak penjelasannya pada artikel berikut.









Pengertian Jembatan









Jembatan merupakan struktur konstruksi yang digunakan sebagai alat bantu untuk meneruskan atau menghubungkan jalan agar kendaraan dan manusia bisa melewatinya. Jembatan biasa dibangun di atas jalan air (kali, sungai dan laut) ataupun di tempat yang membutuhkan akses jalan seperti jembatan Beipanjiang di Cathay yang dibangun pada sebuah lembah atau jembatan di atas perbukitan seperti kelok 9 di Payakumbuh, Sumatera Barat.









Jenis-Jenis Jembatan Menurut Jenis Materialnya









  1. Jembatan Komposit (Beton dan Baja)







  2. Jembatan Kayu







  3. Jembatan Baja







  4. Jembatan Beton







Namun, pada pembahasan kali ini akan di bahas ragam jembatan yang terbuat dari bahan baja.







Berikut adalah 4 macam jembatan yang terbuat dari konstruksi baja :







ane.





Jembatan Girder Baja & Beton









Jembatan ini umumnya terdiri dari berbagai macam bentuk seperti Box Girder, U Girder, Plate Baja Girder dan I Girder. Fabric penyusunnya terbuat dari girder beton dan girder baja. Sedangkan sistem perancangan girder beton terbuat dari precast (beton) yang sudah di cetak di pabrik atau girder yang di pasang pada lokasi pembangunan jembatan (on site girder). Sedangkan sistem rancangan girder baja terbuat dari profil I balok baja atau plate. Pada struktur jembatan girder baja standar terdiri dari iii kelas, yaitu A dan B dengan bentangan 20m, 25m dan 30m sedangkan bentangan jembatan box girder dengan panjang terus menerus antara 60m sampai dengan 200m. Bentuknya yang memanjang antara gelagar baja dan beton maka sistemnya komposit (campuran antara tumpuan beton dan baja).



Baca :   Keliling Suatu Bangun Persegi 60 Cm Luas Bangun Tersebut Adalah





2.





Jembatan Kabel Tarik (

Cable Stayed Span

)









Adalah sebuah jembatan dengan material gelagar baja, sistem kabel dan menara atau
pylon

yang berdiri di tengah-tengah. Sistem kabel pada jembatan baja ini merupakan salah satu hal dasar dalam proses perencanaan pembuatan jembatan
cable stayed. Fungsi kabel ini sangat penting digunakan untuk menopang gelagar di antara dua tumpuan dan memindahkan beban tersebut ke menara. Keunggulan dari jembatan ini adalah tampilannya yang modern dan bisa menjadi landmark menarik dari sebuah kota atau daerah, sedangkan kekurangan jembatan ini apabila ada angin kencang dan gempa bumi serta pengendapan pondasi yang tidak merata maka jembatan akan mengalami kerusakan, untuk itu perlu perencanaan yang matang sebelum membangun.








three.





Jembatan Rangka (

Truss Bridge

)









Jembatan Truss Bridge adalah jembatan yang struktur rangkanya berongga, terdiri dari batang-batang yang saling berhubungan sehingga membentuk rangka segitiga yang berfungsi untuk menahan tegangan akibat gaya tarik dan tekan.  Di Democracy of indonesia jembatan ini termasuk yang paling sering di jumpai karena jenis jembatan ini cukup tua, namun masih banyak digunakan karena kemudahan serta proses pemasangannya di lapangan.







4.





Jembatan Gantung (Break Bridge)









Terakhir adalah jembatan gantung yang materialnya terdiri dari komponen-komponen baja standar. Ukuran jembatan gantung biasanya tidak terlalu lebar, terlebih jembatan gantung untuk pejalan kaki umumnya berukuran lebar ane.8m, terbuat dari lantai dek baja yang menumpu pada gelagar melintang dengan baut sebagai sambungan. Jembatan ini banyak ditemui pada pedesaan dimana mobilisasi masyarakatnya masih banyak yang berjalan kaki sehingga mampu mendukung roda ekonomi desa setempat.







Demikian sejumlah ragam jembatan dari konstruksi besi baja. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.



Baca :   Contoh Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1





Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya!







Baca artikel menarik lainnya di Blog histeel.co.id







Informasi harga baja bisa Anda klik




disini









Pastikan Anda cek harga baja hanya di

How-do-you-do Steel