Kode Keamanan Anda Dengan Seseorang Telah Berubah Artinya

Kode Keamanan Anda Dengan Seseorang Telah Berubah Artinya

 Banyak dari kamu sebagai pengguna WhatsApp mungkin pernah menerima pesan dalam percakapan seperti ini “Kode keamanan Anda dengan (Seseorang) telah berubah. Ketuk untuk info selengkapnya.”

Walaupun masih bisa chat sama temen, tapi masih penasaran dan bertanya-tanya apa maksud pesan ini. Apakah itu kesalahan WhatsApp kamu atau ada masalah lain?

Maksud Dari Notifikasi Kode keamanan WhatsApp berubah di WA

Jika kamu mendapatkan pesan seperti itu, baik itu dari seseorang, anggota keluarga atau teman terdekat kamu. Tak perlu risau, ini sebenarnya adalah kode keamanan yang mengenkripsi pesan dan panggilan antara dua perangkat yang disetel oleh WhatsApp dan tidak dapat diubah.

Kode keamanan ini digunakan untuk proses enkripsi yang bertujuan agar pesan kamu tetap aman sehingga tidak ada satupun yang dapat melihat obrolan kamu termasuk pihak WhatsApp.

ini bisa saja sewaktu-waktu berubah jika kontak yang kamu kirimi pesan WA telah menginstal ulang aplikasi WhatsApp di ponselnya atau jika temanmu telah mengganti ponselnya. aplikasi akan memberikan kode keamanan baru untuk mengamankan percakapan. Inilah sebabnya mengapa WhatsApp memperingatkan perubahan ini, jika salah satu teman kamu menjadi sasaran pencuri identitas.

Pesan ini hanya sebagai peringatan karena teman di kontakmu telah mengganti WA nya atau telah Login ulang ke WhatsApp dengan handphone barunya. Untuk membuktikan nya kamu bisa menanyakan langsung kepada mereka.

Jika pemberitahuan ini membuatmu takut ataupun panik, kamu bisa kapan saja menonaktifkannya di Setelan pada akun WhatsApp.

Jadi, Untuk menerima notifikasi ataupun menonaktifkan kode keamanan berubah, Begini Caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp kamu
  • Ketuk ikon 3 titik di pojok kanan atas pada aplikasi WA
  • Pilih
    Setelan
    >
    Akun
    >
    Keamanan
  • Geser untuk menerima atau menonaktifkan notifikasi keamanan
Baca :   Efek Samping Daun Jarak Untuk Bayi

Apabila kamu sudah menonaktifkannya maka kamu tidak akan lagi menerima notifkasi keamanan ini. Namun, pesan kamu tetap aman kok! jadi kamu tidak perlu khawatir, kerahasiaan akan tetap terjaga karena ada fitur enkripsi yang biasa disebut dengan cease-to-end WhatsApp.

Fitur Enkripsi end-to-finish (disingkat E2EE) ini memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan atau mendengarkan yang sedang dikirim. Fitur ini sendiri telah banyak digunakan disetiap aplikasi perpesanan seperti Telegram, Facebook Messenger, Signal dan bahkan WhatsApp ini.

Seperti yang dikatakan di Website Resmi WhatsApp, fitur ini hanya tersedia untuk kontak di conversation yang terenkripsi secara terminate-to-cease.

Baca Juga : WhatsApp – Cara Menyembunyikan WA Online

Abode Teknologi Teknologi Informasi

Selasa, 09 Nov 2021 07:x WIB

Apa maksud dari kode keamanan telah berubah di whatsapp

Ilustrasi. Belakangan pengguna WhatsApp kerap ditunjukkan notifikasi perubahan kode keamanan atau security lawmaking changing. (Foto: (dok. Whatsapp))

Djakarta, CNN Republic of indonesia

Pengguna aplikasi chat


WhatsApp

 mungkin belakangan kerap menjumpai notifikasi ‘security code change’ di dalam kolom chat, pribadi maupun dalam grup.

Apa makna munculnya pesan tersebut? Meskipun muncul notifikasi perubahan kode keamanan, nyatanya Anda masih dapat memulai obrolan dengan kontak Anda.

Dikutip halaman resmi WhatsApp, setiap obrolan antara pengguna satu dan lainnya dilengkapi dengan sebuah kode keamanan yang fungsinya untuk memverifikasi bahwa pesan yang dikirim atau diterima diklaim terenkripsi finish-to-terminate.

Singkatnya, kode keamanan tersebut adalah salah satu bentuk pemberitahuan kepada pengguna, bahwa panggilan dan pesan yang pengguna kirim ke obrolan dienkripsi.

Artinya, pesan yang dikirim hanya dapat dibaca sang penerima, tidak ada pihak manapun yang turut bisa mengakses pesan tersebut.
Kode keamanan tersebut berubah apabila kontak Anda telah melakukan install ulang WhatsApp di gawainya, ataupun pada saat pengguna lain di kontak Anda mengganti ponsel.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Ambang Laut

Dengan demikian, notifikasi ‘security lawmaking change’ muncul ketika kerabat atau teman Anda mengganti perangkat ponsel atau melakukan install ulang aplikasi. Tak ada hal lain yang perlu dikhawatirkan.

Kode keamanan tersebut dapat ditemukan di layar info kontak, baik sebagai kode QR maupun 60 digit angka.

Untuk menerima pemberitahuan saat kode keamanan berubah, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka Pengaturan WhatsApp
  • Pilih Akun
  • Pilih Keamanan

Di sana, Anda dapat mengaktifkan notifikasi keamanan dengan mengetuk Tampilkan Notifikasi Keamanan. Fitur ini hanya tersedia untuk kontak dalam obrolan terenkripsi end-to-end.

(can/fjr)

Saksikan Video di Bawah Ini:

TOPIK TERKAIT

Selengkapnya

Apa maksud dari kode keamanan telah berubah di whatsapp

Arti ‘Kode Keamanan Anda Telah Berubah’ di WhatsApp? /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

MEDIA JABODETABEK –
Mungkin pengguna WhatsApp sebagian bertanya, apa arti “Kode keamanan Anda telah berubah” yang muncul di obrolan.

Jika kamu juga menerima atau melihat pesan ini, berikut ini penjelasan, apa artinya, dan bagaimana kamu dapat menonaktifkan notifikasi — jika menurut kamu itu mengganggu.

Dilansir dari Nextfit, meskipun WhatsApp telah sering dikritik dalam hal perlindungan data, WhatsApp telah mengenkripsi obrolan kamu selama beberapa tahun.

Baca Juga: Jadwal TVRI Hari Ini Senin viii November 2021: Ada Info Covid 19 Terkini, Sketsa Netizen hingga TVRI Sport Malam

Kode yang muncul dengan notifikasi “Kode keamanan Anda telah berubah”  dimaksudkan untuk mengamankan pesan dari mata pihak ketiga yang mengintip.

WhatsApp memperbarui kode keamanan secara teratur dan biasanya, kamu bahkan tidak menyadarinya.

Seperti yang ditulis WhatsApp di halaman Keamanan dan Privasinya, ini terjadi ketika salah satu kontak kamu menginstal ulang aplikasi WhatsApp atau mengubah nomor ponselnya.

Baca :   Penggambaran Watak Dalam Komik Dibuat Secara

Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo Senin, 8 November 2021: Ambisi Kamu Akan Meningkat dan Saatnya Membuat Perubahan Karier

Kode secara otomatis ditransfer, dan kamu akan diberitahu tentang masalah ini.

Kode Keamanan Anda Dengan Seseorang Telah Berubah Artinya

Source: https://toptenid.com/apa-maksud-dari-kode-keamanan-telah-berubah-di-whatsapp

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …