Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Kalimat Rumpang Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Kalimat Rumpang Tersebut Adalah

Bahasa Indonesia
| Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal melengkapi kalimat rumpang dengan kata berimbuhan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal melengkapi kalimat rumpang dengan kata berimbuhan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Gambar: freepik.com

ane. Pahami kalimat berikut!
Meteri pelatihan bagi […] mengenai sistem manajemen, di antaranya pelatihan pencegahaan penyakit udang, pelatihan mengenai penaganan pencemaran tambak.
Kata berhimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. Petani
B. Pekebun
C. Peternak

D. Petambak

Pembahasan:

Kata berhimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut berkedududkan sebagai pelaku (orang). pilihan jawaban D tepat melengkapi kalimat rumpang tersebut. Berikut arti setiap pilihan jawaban A, B, C, dan D. Perkebunan yang usaha di kebun. Petani adalah orang yang pekerjaanya bercocok tanam; mata pencarian dalam bentuk mengusahaakan tanah dengan tanam-menanam. Peternak adalah orang yang pekerjaanya beternak ( kuda, lembu, kuda, kambing, dan sebagainya) untuk dibiakan tujuan prodoksi. Petambak adalah orang yang pekerjaanya (mata pencarianya) bertambak.

2. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Pemain kedua keseblasan […] seragam setelah pertandingan berakhir.
Kata berhimbuhan yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah….
A. Menukar
B. Tertukar

C. Bertukar


D. Penukar

Pembahasan:

Kata berhimbuhan yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah bertukar. Dalam Kamus Besar Bahasa Republic of indonesia bertukar berarti mempunyai arti bergantian memberi sesuatu yang lain. Dalam kalimat tersebut, pemain kedua keseblasan saling memberi seragam setelah pertandingan selesai. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilih jawaban C. Kata berhimbuhan pada pilihan jawaban A, B, dan D tidak sesuai dengan konteks kalimat. Jika, ketiga kata tersebut dipakai, kalimat menjadi racu.

Baca :   Bayangan Yang Dihasilkan Oleh Cermin Cekung Yaitu

three. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
PT pertamina (Persero) terus berupaya mendongkak produksi minyak dan gas bumi nasional yang saat ini masih kalah dibandingkan kebutuhan domestik. Upaya ini menyebabkan transaksi berjalan masih […] karana impor migas termasuk tinggi. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan hingga saat ini pertamina memproduksi empat piluh persen migas domestik.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A. Implisit
B. Sensitif

C. Defisid


D. Kohesif

Pembahasan:

Kata yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah defidit. Kata defisit memiliki arti kekurangan (dalam angaran belanja). Kata implisid memiliki arti terkandung di dalamnya; tersirat. Kata sensitif memiliki arti cepat menerima rangsangan. Kata kohesif memiliki arti padu. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

4. Perhatikan kalimat berikut!
Guru memiliki peran dalam […] karakter, mendorong, dan menginspirasi peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Kata berhimbuan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah….
A. Dibentuk
B. Terbentuk
C. Berbentuk

D. Membentuk

Pembahasan:

Kata yang berhimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah membentuk. Kata membentuk sesuai dengan konteks kalimat. Kalimat tersebut adalah kalimat aktif. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

5. Perhatikan kalimat berikut!
Perkembangan teknologi yang begitu pesat tanpa memperhatikan keseimbangan alam […] Buruk pada kelestarian keanekaragaman hayati.
Kata berhimbuan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah….
A. Berkembang

B. Berdampak


C. Berpotensi
D. Berakhir

Pembahasan:

Kalimat tersebut ingin mengimformasikan bahwa perkembangan teknologi dapat mempengaruhi atau memberikan dampak buruk pada kelestarian keanekaragaman hayati. Kata berhimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah berdampak. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B

Baca :   Istilah Lain Dari Gaya Menyamping Pada Teknik Tolak Peluru Adalah

6. Perhatikan kalimat berikut!
Andi […] tikar yang sudah tidak dipakai, lalu meletakkannya di sudut ruangan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. tergulung
B. bergulung
C. penggulung

D. menggulung

Pembahasan:

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah menggulung. Kata menggulung berarti melipat benda berbentuk lembaran menjadi berbentuk bulat panjang atau pendek. Dalam kalimat tersebut Andi melakukan pekerjaan, yakni melipat tikar. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

7. Cermati kalimat berikut!
Tenggang rasa perlu […] oleh masyarakat dengan cara saling menghormati satu sama lain.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. dikawal

B. dipupuk


C. diadakan
D. dipandang

Pembahasan:

Kata berimbuhan pada pilihan jawaban B tepat untuk melengkapi kalimat tersebut. Kata berimbuhan pada pilihan jawaban A, C, dan D tidak tepat.

8. Cermati kalimat berikut!
Kontribusi kepada perekonomian nasional Republic of indonesia salah satunya diperoleh melalui […] lapangan kerja.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….

A. penciptaan


B. menciptakan
C. diciptakan
D. terciptakan

Pembahasan:

Kalimat rumpang tersebut dapat dilengkapi dengan kata berimbuhan penciptaan. Kata berimbuhan penciptaan sesuai dengan konteks kalimat yang disajikan. Sementara itu, kalimat berimbuhan pada pilihan jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan konteks kalimat. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

nine. Perhatikan kalimat berikut!
Olahraga malam dapat memberi energi lebih bagi tubuh dan meningkatkan […] sehingga berpotensi mengganggu tidur.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. mewaspadai
B. berwaspada

C. kewaspadaan


D. mewaspadakan

Pembahasan:

Baca :   Volume Bola Dengan Diameter 42 Cm Adalah

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Kata kewaspadaan menjadikan kalimat padu. Kata mewaspadai, berwaspada, dan mewaspadakan jika digunakan untuk melengkapi kalimat tidak menjadikan kaimat padu.

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Kalimat Rumpang Tersebut Adalah

Source: https://www.anantakendek.com/2021/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-rumpang_24.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …