Kamu Memanaskan Air Dalam Panci Aluminium

Kamu Memanaskan Air Dalam Panci Aluminium


Review


Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.


ane). Jelaskan pengertian kalor.


Jawab:

Kalor atau panas adalah bentuk energi panas yang dapat diterima dan dilepaskan oleh benda.

Panas, atau Kalor, adalah bentuk energi. Panas adalah energi dan diukur dalam satuan Joule atau Kalori. Nilai 1 kalori adalah setara 4,ii Joule. Satuan kalori digunakan dalam kimia dan fisika, setara jumlah energi untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 ° C.

Karena kalor merupakan bentuk energi, maka kalor dapat berubah menjadi energi lain atau dihasilkan dari energi lain.  Misalnya dalam kompor gas, kalor dihasilkan dari energi kimia pada gas elpiji. Sementara pada mesin uap, energi kalor berubah menjadi energi gerak.

two). Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.


Jawab:

Benda-benda yang menerima kalor adalah panci. panci akan terkena kalor terlebih dahulu. , pegangan panci yang terbuat dari aluminium, tutup panci yang terbuat dari aluminium, air dalam panci, udara di dekat panci, dan logam penyusun kompor gas. Benda-benda tersebut disimpulkan dapat menerima kalor (panas) karena pada benda-benda tersebut terjadi peningkatan suhu

3). Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?


Jawab:

Maksud kalor lebur es 80kal/g = dibutuhkan energi sebanyak 80kalori untuk merubah 1 gram es padat menjadi cair

4). Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.


Jawab:

Persamaan = sama-sama merupakan perpindahan panas/kalor melalui suatu zat perantara

perbedaan = konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat, sedangkan konduksi adalah perpindahan kalor yang tidak disertai perpindahan zat

Baca :   Pada Tumbuhan Paku Daun Yang Berfungsi Menghasilkan Spora Adalah

5). Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya? Jelaskan.


Jawab:

Anjıng adalah binatang yang termasuk dalam jenis mamalia. Sebagaimana mamalia lainnya, anjıng memiliki suhu tubuh yang tinggi, yag memungkinkannya aktif di malam hari, suhu dingin, serta bergerak dengan intensif.

Anjıng juga memiliki bulu yang lebat yang bersifat menahan panas, terutama dari ras dari daerah beriklim dingin, seperti Husky dan Pomeranian. Karena itu, panas akan terus berada di dalam tubuh anjıng bila tidak dikeluarkan. Suhu tubuh yang terlalu panas dapat membuat anjıng pingsan dan membahayakan kesehatannya. Untuk itu perlu adanya termoregulasi, atau pengaturan suhu tubuh.

Anjıng hanya memiliki kelenjar keringat di alas kaki mereka, dan dengan demikian berkeringat bukanlah metode termoregulasi yang signifikan.  Karena itu, anjıng menjulurkan lidahnya agar panas dapat keluar melalui mulut, dan melalui penguapan ludah di mulut ini.  Upaya anjıng mendingikan tubuhnya dengan menjulurkan lidahnya ini dapat kita amati di suhu panas, seperti saat siang hari, atau setelah anjıng beraktivitas berat seperti berlari..  Pengeluaran panas melalui metode ini termasuk dalam konveksi. Konveksi adalah perpindahan panas dari satu benda ke benda lain dengan melalui perpindahan materi. Dalam kasus ini, panas akan meninggalkan tubuh anjıng seiring dengan keluarnya uap dari mulut anjıng.



• PENERAPAN



Kerjakan soal-soal berikut dengan benar.

ane). Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu ii kg air, sehingga suhunya naik 50ºC. Kalor jenis air 4200 J/(kg 1000).


Jawab:

Pemanasan pada suatu benda akan menghasilkan pengikatan suhu yang bergantung pada jumlah kalor yang digunakan dan kalor jenis benda tersebut.

Pemanasan dinyatakan dalam rumus:

Q = m. c. ΔT

Dimana

Baca :   Satuan Internasional Si Yang Digunakan Untuk Suhu Adalah

Q = jumlah kalor digunakan (dalam satuan joule atau kilojoule)

yard = massa benda (dalam satuan kg atau gram)

c = kalor jenis benda

ΔT = perubahan suhu (dalam ºC atau kelvin).

Dalam soal diketahui:

grand = 2 kg

c = 4200 J/kg ºC

ΔT = 50 ºC

Ditanya: Q

Q = m. c. ΔT

= (two)(4200)(50)

= 420000 Joule

= 420 Kilojoule

ii). Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini.


Jawab:

3). Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. Beberapa jam kemudian ternyata volume kedua zat cair itu berkurang. Namun alkohol lebih banyak berkurang dibandingkan dengan air. Manakah penjelasan yang paling tepat terhadap kejadian itu? Pilih yang paling tepat dan jelaskan.

a. Semua cairan menguap.

b. Alkohol mendapatkan kalor yang lebih banyak daripada air.

c. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan dengan jenis zat cair yang lain.

d. Zat cair hanya menguap saat hari cerah.

e. Air lebih panas dibandingkan dengan alkohol.


Jawab:

Pilihan yang tepat C

Hal ini disebabkan karena titik didih air dan alkohol berbeda. Titik didih alkohol lebih rendah dibandingkan titik didih air, sehingga lebih banyak alkohol yang menguap daripada air

iv). Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas. Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Coba jelaskan.


Jawab:

Sendok yang terasa paling panas adalah sendok logam karena logam adalah benda konduktor, sedangkan plastik dan keramik termsuk benda yang non konduktor

Kamu Memanaskan Air Dalam Panci Aluminium

Source: http://www.allmipa.com/2020/10/soal-dan-pembahasan-uji-kompetensi-5.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …