Jumlah Ruas Tulang Kelangkang Manusia Adalah

Jumlah Ruas Tulang Kelangkang Manusia Adalah

Anatomi tulang manusia tersusun dari ratusan tulang dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dengan mengenali anatomi tulang, Anda dapat memahami fungsi-fungsi dari setiap lokasi tulang dan mengetahui cara menjaga kesehatannya.

Fungsi utama tulang adalah menopang dan menggerakkan tubuh. Selain itu, tulang juga mampu melindungi organ dalam dari kerusakan, menyimpan nutrisi penting, seperti kalsium dan fosfor, serta membentuk sel darah. Anatomi tulang manusia dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu anatomi tulang aksial dan apendikular.

Anatomi Tulang Aksial

Tulang aksial adalah kelompok tulang yang membentuk sumbu utama atau garis tengah tubuh.

Berikut adalah beberapa bagian tulang yang termasuk ke dalam anatomi tulang aksial:

Tulang tengkorak

Tulang tengkorang orang dewasa terdiri dari 22 tulang, yaitu 8 tulang kepala yang mampu melindungi otak dan 14 tulang wajah yang berperan besar dalam membentuk struktur wajah.

Kondisi tengkorak manusia saat masih bayi berbeda ketika sudah tumbuh dewasa. Ketika dilahirkan, tulang tengkorak belum menyatu guna memudahkan bayi melewati jalan lahir. Namun, seiring bertambahnya usia, celah antar tulang tengkorak akan menutup dan menjadi semakin kokoh untuk melindungi struktur otak yang lembut.

Tulang rusuk dan tulang dada

Pada bagian badan terdapat tulang dada dan tulang rusuk. Tulang-tulang ini berbentuk seperti sangkar yang dapat melindungi organ-organ penting di tubuh bagian atas, meliputi jantung, paru-paru, dan hati.

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang, yaitu seven pasang tulang rusuk pertama menempel ke tulang belakang dan tulang dada, 3 pasang tulang rusuk berikutnya terhubung ke tulang dada melalui tulang rawan, serta 2 pasang tulang rusuk terakhir mengambang tidak terhubung ke tulang dada maupun tulang rusuk di atasnya.

Baca :   Keliling Lingkaran Pada Gambar Berikut Adalah

Tulang belakang

Anda bisa memiliki tubuh tegak karena ditopang oleh tulang belakang yang menyangga bagian leher hingga bokong. Tak hanya itu, tulang belakang juga berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang dan saraf.

Pada tubuh manusia, tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang yang terbagi menjadi 5 bagian, yaitu vii ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung atas, five ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang yang menjadi satu, dan four ruas tulang ekor yang juga menjadi satu.

Anatomi Tulang Apendikular

Tulang apendikular adalah kelompok tulang yang membentuk anggota gerak tubuh, yaitu lengan dan tungkai, serta tulang yang menyambung anggota gerak dengan tulang pada garis tengah tubuh, yaitu bahu dan panggul.

Berikut adalah beberapa bagian tulang yang termasuk ke dalam anatomi tulang apendikular:

Tulang tangan

Anatomi tulang pada tangan terdiri dari tulang lengan, pergelangan tangan, telapak tangan, dan jari-jari. Tulang pada lengan atas, tepatnya di atas siku, bernama humerus. Lalu, di bawah siku terdapat dua tulang, yaitu radius dan ulna.

Masing-masing berbentuk lebar pada bagian ujung dan tipis pada bagian tengah, sehingga mampu memberikan kekuatan ketika bertemu tulang lain.

Sementara itu, pergelangan tangan tersusun atas 8 tulang kecil dan five tulang yang membentuk telapak tangan. Setiap jari tangan terdiri dari 3 ruas tulang, kecuali jempol yang hanya terdiri dari ii ruang tulang.

Tulang kaki

Kaki memiliki anatomi tulang fleksibel yang memungkinkan Anda untuk berdiri tegak dan bergerak, seperti berlari, berjalan, atau melompat. Tulang pada kaki sangat besar dan kuat guna menopang bobot tubuh.

Tulang pada kaki dimulai dari panggul hingga lutut. Tulang tersebut dinamakan tulang paha atau femur. Ini adalah tulang terbesar yang ada di tubuh manusia. Tulang paha ini menempel pada tulang panggul.

Baca :   Tuliskan Tugas Siti Terhadap Adik Di Rumah

Pada lutut terdapat tulang berbentuk segitiga yang bernama tempurung atau patella yang berguna untuk melindungi sendi lutut. Di bagian betis, terdapat tulang tibia dan fibula. Kedua tulang ini berbentuk pipih di bagian tengah dan melebar di bagian ujung.

Pada bagian pergelangan kaki terdapat tulang talus. Tulang ini melekat pada tulang tibia dan fibula untuk membentuk pergelangan kaki. Di bawahnya terdapat tulang tumit yang tersambung dengan 6 tulang kecil lainnya.

Pada bagian telapak kaki terdapat 5 tulang panjang yang berhubungan dengan jari-jari kaki. Tiap jari memiliki tiga tulang kecil, kecuali jempol kaki hanya two tulang. Jika ditotal, satu kaki dan pergelangan kaki memiliki 26 tulang.

Tulang panggul

Kaki melekat pada sekelompok tulang melingkar yang disebut dengan panggul. Tulang panggul berbentuk seperti mangkuk yang mampu menopang tulang belakang.

Tulang panggul tersusun dari 2 tulang pinggul besar di depan serta sakrum dan tulang ekor di belakang. Tulang ini berfungsi sebagai cincin pelindung yang kuat di sekitar bagian sistem pencernaan, sistem kemih, dan sistem reproduksi manusia.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Karena memiliki fungsi yang penting, tulang perlu dijaga kesehatannya sebagai upaya mengurangi risiko berbagai penyakit tulang yang umum terjadi, seperti osteoporosis, artritis, atau kelainan tulang belakang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Mengonsumsi asupan kaya kalsium, seperti bayam, kacang kedelai, okra, ikan sarden, dan ikan salmon
  • Memenuhi kebutuhan vitamin D, seperti ati sapi, kuning telur, keju, susu kedelai, jamur, ikan tuna, dan ikan salmon
  • Mengubah gaya hidup dengan berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol
  • Melakukan olahraga secara rutin, seperti berlari ringan, berjalan santai, atau naik-turun tangga
Baca :   Perbedaan Waktu Los Angeles Dan Jakarta

Memahami anatomi tulang beserta fungsinya bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang. Segera konsultasi ke dokter ortopedi jika timbul gejala atau keluhan yang berkaitan dengan area tulang.

Jumlah Ruas Tulang Kelangkang Manusia Adalah

Source: https://www.alodokter.com/anatomi-tulang-manusia-dari-kepala-hingga-kaki

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …