Jika Atom Netral Menerima Elektron Maka Atom Tersebut Menjadi

Jika Atom Netral Menerima Elektron Maka Atom Tersebut Menjadi

  • Apa itu ion?
  • Video yang berhubungan

Ikatan Kimia (wikipedia)

Pada umumnya unsur-unsur dijumpai tidak dalam keadaan bebas (kecuali pada suhu tinggi), melainkan sebagai suatu kelompok-kelompok atom yang disebut sebagai molekul. Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa secara energi, kelompok-kelompok atom atau molekul merupakan keadaan yang lebih stabil
dibanding unsur-unsur dalam keadaan bebas. Antara dua atom atau lebih dapat saling berinteraksi dan membentuk molekul. Interaksi ini selalu disertai dengan pelepasan energi, sedangkan gaya-gaya yang menahan cantlet-atom dalam molekul merupakan suatu ikatan yang dinamakan ikatan kimia. Ikatan kimia terbentuk karena unsur-unsur ingin memiliki struktur elektron stabil. Struktur elektron stabil yang dimaksud yaitu struktur elektron gas mulia (Golongan Viii A).

Kecenderungan atom-atom untuk memiliki struktur atau konfigurasi elektron seperti gas mulia atau 8
elektron pada kulit terluar disebut ”kaidah oktet”. Sementara itu atom-atom yang mempunyai kecenderungan untuk memiliki konfigurasi elektron seperti gas helium disebut ”kaidah duplet”.

Agar dapat mencapai struktur elektron seperti gas mulia, antarunsur mengadakan hal-hal berikut:

  1. Perpindahan elektron dari satu cantlet ke atom lain (serah terima elektron).

Atom yang melepaskan elektron akan membentuk ion positif, sedangkan atom yang menerima elektron akan berubah menjadi ion negatif, sehingga terjadilah gaya elektrostatik atau tarik-menarik antara kedua ion yang berbeda muatan. Ikatan ini disebut ikatan ion.

  1. Pemakaian bersama pasangan elektron oleh dua atom sehingga terbentuk ikatan kovalen.

Selain itu, dikenal juga adanya ikatan lain yaitu:a. Ikatan logam,b. Ikatan hidrogen,

c. Ikatan Van der Waals.

Sumber: Setyawati, 2009, Kimia Mengkaji Fenomena Alam, Jakarta, Pusat Perbukuan

Pada
ikatan ionik, terjadi transfer elektron dari satu atom ke atom lainnya. Oleh karena berpindahnya elektron, maka cantlet yang mendapatkan elektron menjadi bermuatan negatif, sedangkan atom yang kehilangan elektron akan bermuatan positif.[one] Jika atom ketambahan elektron, maka atom tersebut menjadi ion negatif atau dikenal dengan istilah anion. Sedangkan jika cantlet kehilangan elektron, maka atom tersebut menjadi ion positif atau kation.[2] Karena adanya perbedaan muatan antar ion (ion positif dan ion negatif), maka ion positif dan negatif akan saling tarik menarik oleh gaya elektrostatik. Kejadian inilah yang merupakan dasar dari ikatan ionik.[i]

Baca :   Jelaskan Manfaat Dari Meneladani Asmaul Husna Al Wakil
Animasi Natrium dan Klorin yang bertukar elektron sehingga membentuk ikatan ionik

Proses terbentuknya ikatan ionik dicontohkan dengan pembentukan NaCl. Natrium (Na) dengan konfigurasi elektron (2,8,1) akan lebih stabil jika melepaskan 1 elektron sehingga konfigurasi elektron berubah menjadi (2,8). Sedangkan Klorin (Cl), yang mempunyai konfigurasi (ii,8,7), akan lebih stabil jika mendapatkan 1 elektron sehingga konfigurasinya menjadi (two,8,8). Jadi agar keduanya menjadi lebih stabil, maka natrium menyumbang satu elektron dan klorin akan kedapatan satu elektron dari natrium.[2] Ketika natrium kehilangan satu elektron, maka natrium menjadi lebih kecil. Sedangkan klorin akan menjadi lebih besar karena ketambahan satu elektron. Oleh karena itu ukuran ion positif selalu lebih kecil daripada ukuran sebelumnya, namun ion negatif akan cenderung lebih besar daripada ukuran sebelumnya. Ketika pertukaran elektron terjadi, maka Na akan menjadi bermuatan positif (Na+) dan Cl akan menjadi bermuatan negatif (Cl-). Kemudian terjadi gaya elektrostatik antara Na+ dan Cl- sehingga membentuk ikatan ionik.[one]

  1. Ikatan ionik terbentuk antara ion logam (ion positif) dan ion not-logam (ion negatif).[1]
  2. Penamaan ikatan ionik sederhana dimulai dari nama logam, kemudian diikuti nama non-logam penyusunnya. Contohnya: natrium klorida.[1]
  3. Ikatan ionik mudah larut dalam air dan pelarut polar lainnya.[1]
  4. Senyawa ionik mudah sekali menghantarkan listrik jika dalam larutan.[1]
  5. Senyawa ionik cenderung membentuk kristal solid dengan titik leleh yang tinggi.[1]
  1. ^
    a
    b
    c
    d
    e
    f
    g
    h

    Anthony Carpi, Ph.D. “Chemic Bonding,” Visionlearning Vol. CHE-1 (7), 2003. http://www.visionlearning.com/library/module_viewer.php?mid=55.
  2. ^
    a
    b

    Clark J. 2000. Ionic (Electrovalent) Bonding. [terhubung berkala]. http://www.chemguide.co.uk/atoms/bonding/ionic.html [17 Mei 2010].

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ikatan_ionik&oldid=18655126”

Dalam satu cantlet netral maka jumlah proton dan elektron akan sama.
Apabila suatu atom menerima elektron maka atom tersebut menjadi bermuatan negatif
(anion). Hal ini karena jumlah elektron menjadi lebih banyak dari jumlah proton. Tetapi jika atom melepaskan elektron maka atom tersebut menjadi bermuatan positif (kation) karena jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron.

Baca :   Berikut Ini Yang Merupakan Contoh Perubahan Yang Berbentuk Progres Adalah

Sehingga jika atom netral menerima elektron, maka atom tersebut menjadi anion.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah B.

Lihat Foto

Ilustrasi ikatan kimia

KOMPAS.com
– Kamu pasti sangat sering mendengar tentang minuman ber-ion, atau bahkan sudah sering mengonsumsinya.

Namun apakah sebenarnya yang dimaksud dengan ion dan bagaimana ion bisa terbentuk? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu ion?

Cantlet atau sekelompok atom bermuatan listrik disebut dengan ion. Seperti yang kita ketahui bahwa atom memiliki elektron terluar, ada yang stabil dan ada juga yang tidak stabil. Atom yang tidak stabil memiliki ruang kosong dalam subkulitnya.

Semua atom ingin stabil, semua atom ingin kamar-kamar di orbitalnya terisi penuh. Hal ini membuat atom akan berinteraksi dengan atom lain dengan cara melepaskan elektron atau menerima elektron dari atom lain.

Atom yang menerima (kelebihan) elektron memiliki muatan listrik negatif dan disebut dengan anion. Kelebihan elektron berarti jumlah proton lebih sedikit dari elektron.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Ionisasi

Dilansir dari Lumen Learning, penambahan elektron tersebut membuat anion memiliki jari-jari atom yang lebih besar.

Adapun atom yang melepaskan elektron berarti jumlah elektronnya lebih sedikit dari proton. Hal ini menyebabkan atom tersebut menjadi ion bermuatan positif dan disebut dengan kation. Proses pembuatan atom menjadi ion disebut dengan ionisasi.

Contoh paling umum dari ionisasi adalah proses pembentukan Natrium klorida atau yang kita kenal sebagai garam. Cantlet Natrium memiliki xi elektron dengan konfigurasi 2, 9 dan atom Klor memiliki 17 elektron dengan konfigurasi two, 8, 7.

Ayo kembali kita buka aturan duplet dan oktet, bahwa atom cenderung stabil jika elektron valensinya adalah 2 atau 8. Disini kita menggunakan aturan oktet dimana elektron valensi Na dan Cl harus dibuat menjadi eight.

Baca :   Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Motor Dipercepat

Baca juga: Aturan Oktet dalam Kimia

khanacademy.org
Pembentukan Natrium klorida

Na kelebihan 1 elektron untuk menjadi 8, sedangkan Cl kekurangan 1 elektron untuk menjadi 8. Sehingga Na melepaskan 1 elektronnya dan berubah menjadi kation. Lalu ane elektron tersebut ditangkap oleh Cl, sehingga Cl berubah menjadi anion. Terbentuklah ikatan ionic molekul NaCl antara ion Na+ dan Cl-.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ikatan antar ion tersebut dapat mengantarkan listrik (konduktor arus listrik) dalam sel elektrolitik.

Inilah mengapa minuman ion dapat membuat tubuh menjadi segar, karena dapat menambah ion yang merupakan penghantar impuls listrik saraf dan otot.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Jika Atom Netral Menerima Elektron Maka Atom Tersebut Menjadi

Source: https://hasilcopa.com/atom-yang-menerima-elektron-dari-atom-lain-akan-menjadi

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …