Wawancara terstruktur
menggunakan pertanyaan yang telah ditetapkan, yang ditanyakan kepada semua kandidat. Di sisi lain, dalam
wawancara tidak terstruktur, pertanyaan yang diajukan tidak ditentukan sebelumnya, melainkan spontan.

Wawancara digambarkan sebagai percakapan mendalam antara dua orang atau lebih, secara formal, untuk mengetahui penerimaan calon terhadap pekerjaan. Ini adalah salah satu alat paling efektif untuk pengumpulan dan seleksi data. Ini adalah komunikasi satu lawan satu antara pewawancara dan orang yang diwawancarai; dimana kedua belah pihak mendapatkan kesempatan untuk saling mengenal. Wawancara dapat berupa wawancara terstruktur atau wawancara tidak terstruktur.

Lihatlah artikel yang diberikan untuk mengetahui perbedaan antara wawancara terstruktur dan tidak terstruktur.

Grafik perbandingan

Dasar untuk Perbandingan Wawancara Terstruktur Wawancara Tidak Terstruktur
Berarti Wawancara Terstruktur adalah wawancara di mana seperangkat pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya disiapkan oleh pewawancara sebelumnya. Wawancara Tidak Terstruktur mengacu pada wawancara di mana pertanyaan yang akan diajukan kepada responden tidak ditetapkan sebelumnya.
Pengumpulan information Kuantitatif Kualitatif
Penelitian Deskriptif Penyelidikan
Jenis Pertanyaan Pertanyaan tertutup Pertanyaan terbuka
Faktor dievaluasi Eksplisit Implisit
Digunakan oleh Positivis Penafsir
Aplikasi Untuk memvalidasi hasil, ketika jumlah kandidat cukup besar. Untuk menyelidiki rincian pribadi kandidat, sehingga dapat menilai apakah dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Definisi Wawancara Terstruktur

Wawancara Terstruktur adalah jenis wawancara pribadi, di mana pewawancara menggunakan format tetap, di mana pertanyaan disiapkan sebelumnya. Ini menggunakan teknik perekaman yang sangat sistematis. Ini adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk keperluan survei, yang bertujuan menyajikan pertanyaan yang telah ditetapkan, dalam setiap wawancara, yang urutannya sama. Ini juga dikenal sebagai wawancara yang terpola atau terencana.

Baca :   Vasco Da Gama Adalah Pelaut Yang Berasal Dari

Definisi Wawancara Tidak Terstruktur

Wawancara tidak terstruktur adalah satu, yang tidak menggunakan format tetap apa pun, namun pewawancara mungkin memiliki beberapa pertanyaan terencana yang disiapkan sebelumnya. Ini adalah metode penelitian kualitatif, di mana pertanyaan disiapkan selama wawancara. Karena wawancara tidak direncanakan, ia memiliki pendekatan informal di mana percakapan yang bersahabat terjadi antara pewawancara dan orang yang diwawancarai.

Pewawancara memiliki kebebasan untuk mengajukan pertanyaan dan juga dapat mengubah urutan atau melewatkan beberapa pertanyaan yang direncanakan sebelumnya, namun tidak memiliki keseragaman. Selanjutnya, pewawancara harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam tentang masalah tersebut.

Perbedaan Kunci Antara Wawancara Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Perbedaan antara wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dapat ditarik dengan jelas dengan alasan berikut:

  1. Wawancara Terstruktur mengacu pada wawancara, di mana pertanyaan yang akan diajukan kepada kandidat diperbaiki terlebih dahulu. Wawancara di mana pertanyaan yang akan diajukan kepada kandidat jarang dan tidak disiapkan sebelumnya.
  2. Karena wawancara terstruktur adalah pra-rencana dan serangkaian pertanyaan yang sama diajukan kepada semua kandidat, maka data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif. Berbeda dengan wawancara yang tidak terstruktur, di mana pertanyaan yang berbeda diajukan ke kandidat yang berbeda, sehingga information kualitatif dikumpulkan.
  3. Dalam penelitian deskriptif, wawancara terstruktur digunakan untuk mengumpulkan informasi, karena relatif ekonomis dan kesimpulan dapat ditarik dengan mudah. Sebaliknya, dalam penelitian eksplorasi wawancara tidak terstruktur digunakan sebagai alat dasar untuk mengumpulkan informasi.
  4. Dalam wawancara terstruktur, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada calon tertutup, yang menuntut informasi tertentu dari pelamar, atau sebenarnya, ia harus membuat pilihan di antara berbagai pilihan yang disediakan. Terhadap hal ini, wawancara tidak terstruktur, pertanyaannya bersifat terbuka, yang dapat dijawab dengan berbagai cara, yaitu kandidat bebas untuk memberikan jawaban yang bijaksana dan dengan demikian mempengaruhi pewawancara.
  5. Wawancara terstruktur digunakan oleh positivis sedangkan wawancara tidak terstruktur digunakan oleh interpretivist.
  6. Wawancara terstruktur digunakan untuk memvalidasi hasil ketika jumlah kandidat cukup besar. Tidak seperti wawancara tidak terstruktur, yang digunakan untuk menyelidiki rincian pribadi kandidat, sehingga dapat menilai apakah dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.
  7. Dalam wawancara terstruktur, karakteristik yang dievaluasi bersifat eksplisit yang di sisi lain tersirat dalam wawancara tidak terstruktur.
Baca :   Hubungan Antara Pembuat Dengan Gambar Yang Dibuat Disebut Prinsip

Kesimpulan

Oleh karena itu, ketika wawancara disusun, pertanyaan yang sama, diajukan kepada para kandidat, yang terkait dengan pekerjaan. Sebaliknya, ketika wawancara tidak terstruktur, pertanyaan mungkin berbeda dari yang diwawancarai dengan yang diwawancarai, untuk pekerjaan yang sama, yang mungkin atau mungkin tidak terkait dengan pekerjaan itu.

Selain itu, dalam wawancara terstruktur, ada sistem atau panduan yang dikembangkan sebelumnya untuk memeriksa hasilnya. Sebaliknya, tidak ada sistem atau panduan yang dikembangkan sebelumnya untuk memeriksa hasil wawancara.