Jelaskan Perbedaan Antara Respirasi Dengan Pernapasan Menurut Kalian

Jelaskan Perbedaan Antara Respirasi Dengan Pernapasan Menurut Kalian

Itu
perbedaan utama
antara pernapasan dan pernapasan adalah itu
Pernapasan adalah proses fisiologis yang mengambil udara masuk dan keluar dari sistem pernapasan sedangkan respirasi adalah proses biokimia yang memanfaatkan oksigen dan menghasilkan energi (ATP) melalui pemecahan glukosa..

Lebih sering orang salah memahami pernapasan dan pernapasan sebagai proses yang sama. Namun, mereka adalah dua proses fisiologis yang berbeda, tetapi saling terkait. Pernapasan terjadi lebih dulu, dan pernapasan terjadi setelah itu. Tempat di mana kedua proses ini berlangsung juga berbeda dari jalur pernapasan dan pernapasan yang berbeda. Yang terpenting, pernapasan menyediakan oksigen yang diperlukan untuk memecah glukosa untuk menghasilkan energi melalui pernapasan. Apalagi pernapasan merupakan proses fisik yang vital. Oleh karena itu, sangat penting untuk membahas perbedaan secara item tentang respirasi dan pernafasan pada hewan.

1. Ikhtisar dan Perbedaan Utama
2. Apa itu Pernapasan
3. Apa itu Respirasi
4. Persamaan Antara Pernapasan dan Respirasi
5. Perbandingan Berdampingan – Pernapasan vs Respirasi dalam Bentuk Tabular
six. Ringkasan

Apa itu Pernapasan?

Pernapasan adalah proses memasukkan oksigen ke dalam dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. Pernapasan sangat penting untuk kehidupan karena memasok oksigen untuk melepaskan energi dari makanan melalui pernapasan. Selain itu, ia menghilangkan karbon dioksida, yang merupakan produk limbah respirasi. Selain itu, pernapasan menghilangkan kelebihan air dari tubuh melalui pernafasan. Pernapasan adalah proses fisik yang terdiri dari pernafasan, pernafasan, dan relaksasi. Penghirupan adalah proses aktif sedangkan pernafasan pasif.

Pernapasan melibatkan dua tahap yang dikenal sebagai ventilasi dan pertukaran gas. Ventilasi adalah pergerakan udara keluar masuk paru-paru. Pertukaran gas terjadi di alveoli paru-paru. Dua hal terjadi selama pertukaran gas; oksigen masuk ke dalam darah dan karbon dioksida berdifusi ke paru-paru. Pernapasan adalah tindakan sukarela, yang dapat dikendalikan oleh hewan. Namun, hewan tidak selalu bernafas secara sukarela, tetapi proses yang tidak disengaja ini pernah terjadi karena pusat-pusat di batang otak secara otomatis mengatur pernapasan.

Baca :   Kesenian Teater Lenong Berasal Dari Daerah

Apa itu Respirasi?

Respirasi, juga disebut respirasi sel, adalah proses pemecahan glukosa di tingkat sel untuk menghasilkan energi. Merupakan proses aktif yang terdiri dari tiga tahap utama yaitu glikolisis, siklus Krebs dan rantai transpor elektron. Pernapasan menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi dan menghasilkan karbon dioksida dan air sebagai produk limbah. Ini adalah proses metabolisme, yang berlangsung di dalam sel, di mana glukosa dari makanan bereaksi dengan oksigen dari pernapasan, untuk menghasilkan energi biokimia dalam bentuk adenosine triphosphate (ATP). Dan, energi ini sangat berguna untuk menjalankan semua proses biologis.

Selanjutnya, selain glukosa, asam amino dan asam lemak juga berfungsi sebagai nutrisi untuk respirasi dengan oksigen sel. Air, amonia, dan karbon dioksida adalah produk limbah dari respirasi. Sebagian besar, air dan karbon dioksida keluar dari tubuh melalui pernapasan, sementara amonia dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, pernapasan adalah proses yang tidak disengaja, yang tidak dapat dikendalikan oleh hewan. Namun, respirasi dapat berupa respirasi aerobik atau anaerobik. Respirasi aerobik terjadi ketika oksigen tersedia sedangkan respirasi anaerob terjadi tanpa adanya oksigen. Diantara respirasi aerob dan anaerobik, respirasi aerobik menghasilkan full 38 molekul ATP dari satu molekul glukosa sedangkan respirasi anaerob hanya menghasilkan dua molekul ATP.

Apa Persamaan Antara Pernapasan dan Respirasi?

  • Pernapasan dan respirasi melibatkan komponen yang sama; mereka adalah oksigen dan karbon dioksida.
  • Kedua proses tersebut sangat penting untuk kelangsungan hidup.
  • Selain itu, pernapasan membawa bahan mentah untuk pernapasan dan membuang limbah pernapasan. Karenanya, mereka adalah proses yang saling berhubungan.
  • Kedua proses tersebut memanfaatkan energi.
  • Proses-proses ini terkait dengan sistem pernapasan.
  • Selanjutnya, mereka bergantung satu sama lain.
Baca :   Syair Lagu Tik Tik Bunyi Hujan

Apa Perbedaan Antara Pernapasan dan Respirasi?

Pernapasan mengacu pada proses menghirup dan menghembuskan napas. Di sisi lain, respirasi sel adalah proses oksidasi glukosa untuk menghasilkan energi; ATP. Karena itu, inilah perbedaan utama antara pernapasan dan pernapasan. Pernapasan adalah proses fisiologis sedangkan respirasi adalah proses biokimia. Jadi, itu adalah perbedaan lain antara pernapasan dan pernapasan. Lebih jauh, pernapasan tidak menghasilkan energi sedangkan pernapasan menghasilkan energi.

Selain perbedaan tersebut, ada beberapa perbedaan lainnya juga. Pernapasan hanya melibatkan pertukaran gas. Tapi, respirasi melibatkan pertukaran gas dan oksidasi senyawa. Karenanya, ini adalah perbedaan lain antara pernapasan dan pernapasan. Selain itu, meskipun kedua proses tersebut terkait dengan sistem pernapasan, pernapasan adalah proses ekstraseluler sedangkan respirasi adalah proses intraseluler. Perbedaan lain antara pernapasan dan respirasi adalah pernapasan tidak menggunakan enzim sedangkan respirasi membutuhkan enzim untuk melakukan reaksi.

Infografis di bawah ini menyajikan lebih banyak informasi tentang perbedaan antara pernapasan dan pernapasan.

Ringkasan – Pernapasan vs Respirasi

Pernapasan dan respirasi adalah dua proses yang saling terkait tetapi berbeda. Dalam meringkas perbedaan antara pernapasan dan pernapasan; pernapasan mengacu pada proses fisiologis yang terjadi di paru-paru. Namun, respirasi adalah proses kimiawi yang terjadi di dalam sel yang menghubungkan organel mitokondria seluler. Selama bernafas, udara masuk dan keluar dari paru-paru. Tapi, selama respirasi, molekul glukosa terurai menjadi molekul ATP saat oksigen tersedia. Pernapasan memberikan oksigen untuk respirasi dan menghilangkan karbon dioksida dari tubuh. Di sisi lain, pernapasan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk semua aktivitas tubuh. Inhalasi dan pernafasan adalah dua tahap pernapasan sedangkan glikolisis, siklus Krebs dan rantai transpor elektron adalah tiga tahap respirasi.

Baca :   Sebutkan 4 Jenis Tendangan Dalam Pencak Silat

Jelaskan Perbedaan Antara Respirasi Dengan Pernapasan Menurut Kalian

Source: https://id.strephonsays.com/breathing-and-vs-respiration-9262

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …