Sosiologi Info
– Apa saja pengaruh negatif kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK yang paling berbahaya bagi bangsa republic of indonesia, atau NKRI jelaskan dan sebutkan contohnya.

Setidaknya ada enam jawaban yang mesti diketahui, begitu juga dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Meliputi bidang sosial budaya, politik, ekonomi, hukum, pertahanan, dan keamanan Bangsa Indonesia akan terancam dari serangan negara lain.

Penjelasan Kemajuan IPTEK di Masyarakat

Perkembαngαn Ilmu Pengetαhuαn dαn Teknologi yαng begitu cepαt telαh membuαt mαsyαrαkαt mengαlαmi perubαhαn dαlαm berbαgαi hαl.

Perubαhαn dαlαm bidαng ekonomi, pendidikαn, dαn sektor αtαu αspek lαinnyα. Αkibαt αdαnyα pengαruh dαri kemαjuαn Iptek di mαsyαrαkαt.


Baca Juga :Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara

Misαlnyα dengαn kemαjuαn Iptek kemudαhαn dαlαm pendistribusiαn dαn pengirimαn bαrαng jαdi lebih mudαh, cepαt dαn fleksibel.

Kαrenα dibαntu dengαn αkses digitαlisαsi, mαupun αlαt αlαt perlengkαpαn yαng cαnggih seperti pesαwαt terbαng, trαnsportαsi mobil, dαn lαinnyα.

Αpαlαgi dαlαm αbαd 20 αn ini berbαgαi rekαyαsα kemαjuαn Iptek telαh dirαsαkαn mαnfααtnyα oleh wαrgα di bumi.


Baca Juga :
Ada 10 Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pertanian

Semuα mαnusiα sudαh pαsti menikmαti kemαjuαn Iptek diberbαgαi pemenuhαn kebutuhαn setiαp wαrgα αtαu orαng yαng αdα di seluruh duniα.

Sebut sαjα misαlnyα penggunααn smαrtphone dαn jαringαn internet yαng membαwα kemudαhαn dαn percepαtαn penyαmpαiαn informαsi kepαdα khαlαyαk bαnyαk.

Dαri sinilαh fαsilitαs dαn perlengkαpαn yαng αdα membuαt mαnusiα semαkin terlenα dengαn yαng serbα instαn.

Perkembαngαn Iptek telαh membαwα mαnusiα yαng dulunyα mαsih trαdisionαl sekαrαng mengαrαh kepαdα modernisαsi di hαmpir semuα bidαng.

Dengαn pengαruhnyα ini, mαkα tidαk bisα dipungkiri αkαn membαwα pengαruh dαn dαmpαk bαik itu positif dαn negαtif bαgi keberlαngsungαn mαsyαrαkαt.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Indonesia, simak dibawah ini ya.

Jelaskan Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Republic of indonesia

Bagaimana pengaruh negatif kemajuan IPTEK yang paling berbahaya bagi Bangsa Indonesia saat ini ? Ada beberapa dampak, pengaruh negatif meliputi :

1. Pengaruh Negatif Ancaman Ideologi Liberalisme

Ancaman akan adanya suatu pengaruh terhadap ideologi liberalisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia, karena pesatnya arus informasi.

Hal ini karena masyarakat dapat dengan mudah menerima dan melihat serta menyerap ideologi dari luar melalui internet, seperti adanya media sosial, dan aplikasi lainnya.

2. Timbulnya Gerakan Radikalisme, dan Terorisme

Tanpa kita sadari pengaruh negatif kemajuan IPTEK yang paling berbahaya bagi bangsa Republic of indonesia yaitu maraknya suatu gerakan-gerakan yang muncul.

Seperti adanya gerakan radikalisme serta gerakan terorisme yang terjadi dalam masyarakat.

Yang mereka menentang dan melawan pemerintahan yang sedang berjalan, dengan perlawanan yang membuat masyarakat lain nya dirugikan.

Baca :   Contoh Undangan Makan Malam Dalam Bahasa Inggris

3. Mencuatnya Sifat Konsumtif, Individualisme, Hendonisme, Weternisasi

Kemudian, dampak negatif terhadap pengaruh adanya kemajuan IPTEK untuk masyarakat dan bangsa Indonesia yaitu berbagai kemunculan terhadap perubahan gaya hidup masyarakat.

Yaitu makin mencuatnya sifat hidup konsumtif, individualisme, hedonisme, serta adanya weternisasi di masyarakat itu sendiri.

4. Hilangnya Nilai-Nilai Sosial di Masyarakat

Dulu sewaktu masyarakat belum mengenal IPTEK, seperti munculnya smartphone, hp, dan media sosial.

Tidak memudarkan dan bahkan tidak menghilangkan adanya pelaksanaan nilai nilai sosial.

Namun, setelah pesatnya kemajuan IPTEK tanpa disadari telah memudarkan kebiasaan yang sudah lama dianut masyarakat Indonesia.

Misalnya contoh nilai-nilai kerjasama, gotong royong, solidaritas, rasa empati, simpati, kepedulian, serta kesetiakawanan sosial yang makin pudar di tengah masyarakat.

5. Pudarnya Nilai Luhur Keagamaan di Masyarakat

selanjutnya, menghilangkan atau melunturkan terhadap pelaksanaan nilai-nilai keagamaan dan nilai nilai luhur yang ada di dalam kehidupan masyarkaat juga pudar secara perlahan.

Tidak lagi dilaksanakan oleh sebagian masyarakat karena adanya pengaruh kemajuan IPTEK yang begitu pesat.

half-dozen. Munculnya Tindakan Anarkisme yang Menganggu Stabilitas Nasiona

Berbagai tindakan yang juga muncuat di dalam kehidupan masyarakat yaitu adanya tindakan anarkisme yang terjadi sehingga dapat memberikan gangguan.

Atau mengganggu terhadap keamanan, serta stabilitas nasional, pertahanan nasional bahkan terhadap persatuan dan kesatuan atau keutuhan bangsa Republic of indonesia.

vii. Persaingan dalam Pasar Global

Perdagangan yang kian bebas membuat setiap negara mesti dapat memberikan respon dan melatih masyarakatnya untuk siap dalam membuat, memasarkan produk di pasar luar negeri.

Hal ini mesti dilakukan,kalau tidak bisa saja keterbukaan pasar global malah merugikan kita, dan mengancam keberadaan produk lokal yang tak bisa bersaing dengan produk luar negeri.

Inilah pengaruh negatif akibat adanya kemajuan IPTEK di dalam perdagangan atau ekonomi yang paling berbahaya bagi Bangsa Republic of indonesia.

Nah itulah tujuh Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Indonesia yang mungkin terjadi pada saat ini di dalam masyarakat kehidupan sehari-harinya.

Kemudian, tak hanya enam penjelasan diatas. Pengaruh negatif adanya perkembangan dan kemajuan IPTEK bagi suatu bangsa dan negara.

Terkhususnya Republic of indonesia yaitu juga memberikan dampak pada bidang politik, sosial budaya, ekonomi, hukum, pertahanan dan keamanan.

Tidak hanya itu, perlu juga pembahasan mengenai jelaskan pengaruh negatif yang paling berbahaya bagi NKRI dan bangsa Indonesia dengan adanya kemajuan IPTEK.

Apa saja ? Mari simak pembahasan singkatnya dibawah ini, yaitu meliputi :

1. Bidang Politik

  • Munculnya Paham dan Pemikiran yang Liberalisme

Kemajuan IPTEK di masyarakat memang tak bisa dihindari akibat adanya globalsiasi dan modernisasi di semua bidang.

Salah satunya dalam bidang politik. Berbagai paham, perspektif, yang muncul dan diterima melalui arus informasi di media sosial, internet, justru memberikan keyakinan kepada masyarkaat Republic of indonesia.

Baca :   Sebutkan Petunjuk Pencatatan Buku Catatan Barang Non Inventaris

Terhadap ideologi baru yang mana itu lebih kepada liberalisme atau suatu kebebasan.

Yang mana diyakini oleh sebagian masyarakat akan memberikan dan membawa kepada arah manusia yang mod, maju, serta dapat memakmurkan masyarakat.

Ini menjadi ancaman bagi keberadaan ideologi Pancasila yang telah dianut oleh masyarakat dan bangsa Republic of indonesia.

Dengan demikian, akibat derasnya perubahan itu, membuat masyarakat beralih dan berpaling dari ideologi Pancasila serta mencari alternatif ideologi lain misalnya ideologi Liberalisme.

  • Munculnya Tindakan yang Anarkisme

Kebebasan yang disalah artikan oleh sebagian masyarakat telah membawa dampak dan pengaruh negatif bagi keberlangsungan nilai nilai sosial di masyarakat itu sendiri.

Paham yang serba keterbukaan, kebebasan serta demokratisasi, yang justru disalah artikan dalam pelaksanaan oleh sebagian masyarakat.

Disinilah akan membuat terjadinya suatu gangguan dalam stabilitas nasional, karena berbagai tindakan anarkisme yang dilakukan sebagian orang.

Yang mana hal itu dilakukan sebagai suatu respon dan reaksi kepada jalannya pemerintahan yang menurut sebagian masyarakat tidak lagi transparan atau terbuka informasi ke publik.

  • Mencuatnya Gerakan Gerakan Radikalisme dan Terorisme

Akibat pengaruh negatif adanya kemajuan IPTEK dikhawatirkan memunculkan gerakan radikalisme serta terorisme di masyarakat.

Orang orang yang bergerak dalam hal ini, biasanya orang yang terlatih dan terampil dalam pemahamannya terhadap teknologi.

Misalnya dapat merakit senjata, bom, dan menguasai Information technology, serta keahlian lainnya.

Namun, memang sangat disayangkan keahlian yang mereka punya malah justru dipakai untuk menganggu stabilitas nasional, dan mengancam keberadaan negara Republic of indonesia.

2. Bidang Sosial Budaya

  • Masyarakat akan cenderung berperilaku konsumtif

Dimana masyarakat akan membeli dan mengkonsumsi barang-barang, atau produk dari luar negeri secara berlebihan dan cenderung tidak tertarik dengan produk dalam negeri.

  • Masyarakat akan Bersifat Hedonisme

Apa maksudnya ? Nah dimana masyarakat menganggap kenikmatan pribadi mempunyai nilai yang bagus dalam hidup mereka.

Dengan demikian, membuat sebagian orang suka memaksakan diri dalam mencapai suatu kepuasan serta kenikmatan pribadinya sendiri.

Misalnya mabuk-mabukan, foya-foya, pergaulan bebas, seks bebas, dan menggunakan narkoba, serta contoh lainnya.

Tindakannya itu memang melanggar, dan mengindahkan ajaran nilai, norma masyarakat yang berlaku di lingkungannya tersebut.

  • Timbulnya akan Sikap yang Individualisme

Nah selanjutnya, untuk sikap individualisme yaitu hanya akan mementingkan dirinya sendiri, dan akan memandang orang lain tidak ada.

Sikap inilah yang tidak menimbulkan suatu rasa kepedulian dengan orang lain. Seseorang ini akan bersikap mengecilkan, merendahkan orang lain.

  • Menimbulkan Kesenjangan sosial antara Masyarakat

Tidak menutup kemungkinan pengaruh dari kemajuan IPTEK yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia yaitu akan terjadinya kesenjangan sosial.

Dimana yang kaya akan terlihat semakin kaya dan yang miskin akan terus berada pada jalur kemiskinannya.

Karena tidak meratanya pembagian dan pendistribusian kekayaan yang ada di masyarakat, baik kekayaan sumber daya alam, dan lainnya.

  • Menimbulkan Adanya Gejala Weternisasi
Baca :   Sebutkan Daerah Penghasil Minyak Bumi Di Pulau Jawa

Gejala ini dimana selalu berorientasi pada budaya budaya barat dan luar negeri yang mana tanpa melakukan seleksi, menyaring, atau memilah milah terlebih dahulu.

Mana budaya yang sesuai dan berlaku bagi norma norma masyarakat Indonesia. Misalnya budaya dengan memakai rok, celana pendek yang serba terbuka oleh perempuan.

Yang mana itu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku bagi masyarakat Republic of indonesia. Selanjutnya, ada laki laki yang memakai anting, serta contoh lainnya.

  • Hilangnya Nilai Kepedulian Sosial

Memudarkan dan Menghilangkan Nilai Nilai Semangat Gotong Royong, Solidaritas, Kepedulian, dan Kesetiakawanan di dalam kehidupan masyarakat

  • Hilangnya Ajaran Nilai Agama

Memudarkan akan Ajaran Nilai-Nilai Keagamaan yang telah ada di dalam masyarakat setempat.

3. Bidang Ekonomi

  • Produk Luar Negeri akan Banyak Masuk ke Indonesia

Keterbukaan pasar internasional yang sudah bebas membuat berbagai kebutuhan barang dan produk luar negeri.

Akan bebas dijual di pasaran Indonesia. Disinilah membuat pengaruh akan banjirnya produk luar negeri dan menghilangkan produk lokal.

Dan justru masyarakat Indonesia malah senang, dan memakai produk luar negeri yang jauh lebih bagus, murah, dan awet. Bila dibandingkan dengan produk dalam negeri.

  • Kemungkinan Perekonomian Indonesia yang akan Dikuasai Asing

Hal ini karena mudahnya berinvestasi bagi investor luar negeri ke Indonesia. Kemudahan inilah yang mana orang asing itu dapat menanamkan modalnya.

Sehingga dapat mempengaruh setiap kebijakan dan menekan jalannya pemerintahan di Republic of indonesia. Disinilah bangsa Indonesia dijajah melalui ekonomi dengan kedok berinvestasi.

  • Pemerintah Hanya Regulator

Nah pengaruh negatif dari adanya kemajuan Iptek di bidang ekonomi akan kita lihat, dimana pemerintah hanya melakukan tugasnya sebagai regulator.

Dalam mengatur perekonomian negaranya. Dimana mekanismenya akan ditentukan oleh pasar yang sedang berlangsung tersebut

4. Bidang Hukum, Pertahanan dan Keamanan

  • Munculnya suatu tindakan dan sikap anarkisme dari berbagai gerakan masyarakat

Disinilah pengaruh kemajuan Iptek yang dampak negatifnya paling berbahaya bagi bangsa Republic of indonesia yang mana dapat menganggu keamanan, kedamaian, ketentraman.

Serta stabilitas nasional. Serta mengganggu ketahanan nasional, bahkan pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dengan demikian, akan terjadi dimana masyarakat tidak lagi ikut serta dan berperan dalam setipa upaya menjaga keamanan, ketertiban, dan kedaulatan negara.

Demikianlah pembahasan dan ulasan mengenai
Jelaskan Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Republic of indonesia.

Mulai dari pengaruh negatif di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan bidang hukum, pertahanan serta keamanan bangsa Indonesia sendiri.


Sumber Rujukan Sosiologi.info :

Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK, Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

https://penjagaperpus.com/jelaskan-pengaruh-negatif-kemajuan-iptek-yang-paling-berbahaya-bagi-bangsa-republic of indonesia/, diakses pada Jumat, xviii Februari 2022