Jelaskan Keuntungan Dan Kerugian Membuat Topeng Dari Kertas

Jelaskan Keuntungan Dan Kerugian Membuat Topeng Dari Kertas

Apa bahan bahan untuk membuat topeng dan tuliskan cara membuatnya

Alat dan bahan pembuatan kerajinan topeng

Mengutip dari bukuKriya Kayu Tradisional (2019) karya Martono, alat dan bahan pembuatan topeng sangatlah beragam, sebagai berikut:

  • Bahan pembuatan topeng

Untuk bahan baku pembuatan topeng yang diketahui seperti, kertas atau bubur kertas, karton, dan jenis kayu yang ringan, lunak, serta tidak mudah pecah.

Siapkan bahan berupa pewarna untuk mewarnai hasil kerajinan topeng nantinya. Pewarna ini bisa menggunakan true cat air, cat poster atau lainnya.

  • Alat pembuatan topeng
  1. Alat pembuatan topeng, yaitu:
  2. Gergaji jika menggunakan bahan kayu
  3. Gunting jika menggunakan bahan kertas atau karton
  4. Lem
  5. Bor
  6. Amplas
  7. Pensil
  8. Spidol


Cara pembuatan kerajinan topeng

Cara pembuatan kerajinan topeng berbahan dasar kayu dengan kertas tentunya berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Topeng dari kertas

Cara membuta kerajinan topeng dari kertas, yakni:

  1. Membuat sketsa terlebih dahulu untuk mempermudah pembuatan topeng.
  2. Potonglah sketsa tersebut mengikuti bentuknya.
  3. Kemudian tempelkan potongannya pada kertas karton agar lebih kuat dan tidak mudah rusak.
  4. Pada tahap akhir pembuatan topeng bisa diberikan warna atau hiasan lain yang dibutuhkan.

Baca juga: Kerajinan Keramik: Pengertian dan Teknik Pembuatannya

  • Topeng dari kayu

Cara membuat kerajinan topeng dari kayu, sebagai berikut:

  1. Potong terlebih dahulu kayu sesuai yang dibutuhkan
  2. Mulai mengukir bentuk topeng sesuai kebutuhan
  3. Setelah diukir, kayu tersebut harus dipahat sehingga membentuk topeng yang diinginkan
  4. Agar hasilnya rapi dan bersih, amplas bagian kayu yang telah dipahat hingga hasilnya halus.
  5. Pada tahap akhir pembuatannya, berilah warna yang sesuai.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca :   Pada Saat Melempar Posisi Badan Condong Ke

30. teknik yang digunakan untuk membuat karya topeng pada gambar adalah . . . a. teknik ukirb. teknik cetakc. teknik pahatd. teknik bentuk31. bahan dasar yang digunakan untuk membuat karya topeng pada gambar adalah . . .a. tisub. tanah liatc. kayud. kertas koran ​

Jawaban: i

Buka kunci jawaban

1. Cara Membuat Topeng Kayu

Salah satu kayu yang paling umum dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan topeng kayu yaitu kayu sengon dan kayu pule, karena jenis kedua kayu ini relatif lebih mudah untuk didapat serta mudah juga dalam 142 proses mengukir. Alasan pemilihan kayu sebagai bahan topeng adalah sebagai berikut:  Termasuk bahan yang mudah didapat  Termasuk bahan yang mudah diproses diukir  Topeng kayu relatif ringan  Kayu termasuk bahan yang relatif murah harganya.

two. Alat dan Bahan:

Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan topeng kayu antara lain gergaji potong, pahat, bor, amplas, dan kapak. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah kayu, lem, kuas, dan cat.  Kapak digunakan untuk membuang bagian-bagian kayu yang tidak dibutuhkan.  Pahat digunakan untuk membentuk sebuah kayu menjadi sebuah bentuk yang diinginkan.  Bor digunakan untuk mempermudah dalam proses melubangi kayu.  Lem kayu digunakan untuk perekat, apabila pada proses pemahatan ada kayu yang patah atau harus disambung.  Amplas digunakan untuk menghaluskan kayu yang telah diukir.  Kuas digunakan untuk mengoleskan cat dalam pewarnaan topeng.

3. Proses Pembuatan Topeng:

1. Potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan gergaji potong. Buang bagian-bagian yang tidak digunakan menggunakan kapak. 2. Ukir pola dasar untuk membentuk mata, hidung, mulut dan motif tambahan lainnya menggunakan alat pahat, hingga berbentuk sesuai yang diinginkan. iii. Setelah diukir, maka haluskan kayu yang telah diukir tadi dengan amplas. Haluskan permukaan topeng sampai benar-benar halus, seluruh permukaan diolesi woods filler untuk menutupi pori-pori kayu, kemudian diamplas kembali. 4. Setelah true cat kering, mulailah wajah topeng itu didandani dengan menggunakan cat warna. Cat disesuaikan dengan jenis topengnya. 143 Topeng yang dibuat oleh seniman Bali memiliki karakter yang berbeda dengan karakter topeng yang dibuat oleh seniman Jawa Tengah atau jawa timur.Karakter topeng dimunculkan lewat wajah topeng.Jika seniman topeng hendak menyajikan suasana gembira, karakter topeng yang dibuat menggambarkan wajah yang sedang tertawa. Topeng dari Jawa Tengah ini menggambarkan sifat pemarah dan tidak sabar Topeng dari Jawa Tengah ini menggambarkan sifat yang berbudi luhur Topeng dari Jawa Timur ini menggambarkan sifat bersemangat dan ksatria Topeng dari Jawa Timur ini menggambarkan sifat kasar dan keras 144 LEMBAR KERJA SISWA Kelompok : Anggota : one.

Baca :   Surat at Tin Menjelaskan Tentang Kedudukan Manusia Dan

Jelaskan Keuntungan Dan Kerugian Membuat Topeng Dari Kertas

Source: https://kafesentul.com/bahan-dasar-yang-digunakan-untuk-membuat-karya-topeng-pada-gambar-adalah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …