Efek Samping Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Efek Samping Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Seringkali wanita merasa tidak percaya diri dengan komedo yang menumpuk di hidung. Baru saja facial di salon tapi beberapa hari kemudian komedo sudah kembali. Tidak perlu repot-repot meluangkan waktu ke salon, kamu juga bisa menghilangkan komedo sendiri di rumah dengan pasta gigi. Selain hemat biaya dan waktu cara ini juga tanpa efek samping, lho!

Pada dasarnya baik komedo hitam maupun putih penyebabnya tetap sama yaitu kelebihan produksi minyak pada wajah yang akhirnya menyumbat pori-pori. Dalam kasus yang lebih parah, komedo dapat terinfeksi hingga berevolusi menjadi jerawat yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus. Maka, agar komedo tidak terinfeksi dan menjadi jerawat, komedo perlu dihilangkan dari wajahmu.

Tapi sebelum membasmi komedo, ada baiknya kamu mengenal lebih dulu perbedaan antara komedo hitam dan komedo putih supaya kamu juga lebih paham bagaimana cara menghilangkan komedo yang baik tanpa merusak kulit.

Komedo Hitam (Blackheads)

Foto: https://aknelogi.blogspot.co.id

Komedo hitam adalah komedo yang bagian permukaan pori-porinya terbuka. Sehingga sebum atau lemak pada komedo terpapar udara, sinar matahari, dan debu yang mengakibatkan bagian lemak yang terbuka menjadi berwarna hitam. Komedo jenis ini cenderung lebih besar dan lebih berpotensi menimbulkan jerawat, sulit di hilangkan dan paling banyak terdapat pada area hidung, pipi, dan dahi.


Komedo Putih (Whiteheads)

Foto: https://drrochelleskinexpertindonesia.com

Berbeda dengan komedo hitam yang adalah komedo terbuka, komedo putih adalah kebalikannya. Komedo putih sering juga di sebut komedo tertutup, karena permukaan pori-pori tempat komedo tinggal dalam keadaan tertutup, sehingga ujung komedo tidak terpapar udara bebas dan warnanya tetap putih kekuningan. Komedo putih cenderung bertekstur lebih empuk, lebih banyak di bandingkan komedo hitam dan berada pada daerah hidung, sekitar mata, maupun dagu.

Baca :   Tuliskan Contoh Pemanfaatan Rangkaian Listrik Paralel Di Rumah

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Facial
adalah jawaban yang tepat bila kamu ingin menghilangkan komedo. Namun sayang, seringkali
facial
terasa menyakitkan dan kurang nyaman karena proses pembersihan komedonya adalah dengan cara di pencet. Namun, sekarang kamu bisa mencoba menghilangkan komedo sendiri di rumah dengan pasta gigi, cara yang satu ini tanpa rasa sakit karena kamu sendirilah yang mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori wajah.
Kamu bisa gunakan pasta gigi mint atau lebih tepatnya pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena pasta gigi
mint
bisa membuka pori-pori wajah dan membunuh bakteri, sehingga kamu bebas dari iritasi. Selain pasta gigi, bahan yang perlu kamu siapkan adalah garam dan es batu. Garam di gunakan karena teksturnya yang tidak akan larut dalam pasta gigi dan berperan untuk membersihkan kuman serta berfungsi sebagai
scrub
wajah. Sedangkan es batu di gunakan untuk menutup pori-pori yang terbuka usai proses pembersihan komedo.

Nah, daftar alat dan bahan yang perlu kamu siapkan adalah seperti di bawah ini :
1. Pasta gigi mint
ii. Garam dapur
3. Es batu
4. Sendok makan
5. Mangkuk kecil

Foto: https://makeupandbeauty.com

one. Pertama, tuang sekitar 2 sendok makan pasta gigi dalam mangkuk kecil.

ii. Lalu, campurkan 1 sendok makan garam dapur dan aduk rata dengan sendok.

3. Oleskan pada bagian yang berkomedo, bisa pada bagian hidung, pipi, dagu maupun dahi. Hati-hati pada penggunaan di sekitar area mata karena bisa menimbulkan rasa perih. Lalu diamkan selama five menit sampai pasta mengering.

4. Kemudian, ambilah sepotong es batu dan gosokan pada bagian wajah yang sudah di oleskan dengan pasta gigi. Buat gerakan memutar dan pijat dengan agak di tekan.

Baca :   Apakah Day Cream Sama Dengan Pelembab

5. Setelah itu, cucilah sisa-sisa pasta gigi yang masih menempel di wajahmu sampai bersih dan keringkan. Kini kamu punya wajah yang bebas dari komedo.

Cara ini bisa di ulang berkali-kali sesuai kebutuhan. Kamu bisa melakukannya tanpa harus mengatur jadwal lebih dulu. Sebelum tidur, saat hari libur atau bila komedo sudah terasa menumpuk, kapanpun saat kamu merasa perlu untuk melakukannya. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak karena bahan-bahannya ada di kamar mandi dan dapur kamu sendiri. Selamat mencoba!


(ebn/ebn)


Efek Samping Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Source: https://www.beautynesia.id/beauty/cara-menghilangkan-komedo-dengan-pasta-gigi/b-126465

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …