Dampak Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan

Dampak Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.Interaksi ManusiaInteraksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1.  Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

two.  Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!  Jawablah sesuai pendapatmu sendiri.

3.    Sebutkan dan jelaskanlah contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

4.   Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.

Tuhan telah memberikan lingkungan yang luar biasa, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Sayangnya sumber daya alam (SDA) yang melimpah ini, sering disalahgunakan dengan adanya interaksi manusia dan lingkungan yang menyimpang sehingga merugikan makhluk hidup lainnya dan alam sekitar.

Interaksi manusia dan lingkungan bisa dilihat dengan upaya manusia mengolah alam melalui berbagai macam cara seperti peternakan, perkebunan, persawahan maupun perikanan. Sayangnya tidak semua interaksi ini memberikan dampak yang baik bagi alam. Bahkan, terkadang interaksi tersebut dapat memberikan pengaruh negatif bagi alam.

Baca :   Cara Membuat Tulisan 2 Baris Dalam Satu Kotak Excel

Pengaruh negatif interaksi manusia dan lingkungan alamnya ini bisa disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri yang tidak bertanggung jawab saat memanfaatkan alam atau lingkungannya. Salah satunya dengan membuang sampah sembarangan.

Padahal saat manusia membuang sampah sembarangan terutama ke sungai ataupun ke aliran air, hal itu akan membahayakan manusia itu sendiri. Sampah yang dibuang ke sungai tersebut akan terbawa sampai ke laut. Dimana ikan-ikan di laut akan mengonsumsi sampah-sampah yang sudah terlarut di air dan manusia pula yang akan mengonsumsi ikan yang sudah tercemar tersebut.

Selain itu, sampah juga akan mencemari habitat makhluk hidup lain yang ada di sungai atau laut. Pembuangan sampah secara sembarangan di sungai juga dapat menyebabkan bencana banjir.

Baca juga: Potensi Pertanian di Indonesia: Bentuk dan Faktor yang Mendukungnya

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam membuang sampah, sebisa mungkin membuang sampah di tempatnya atau lebih baik lagi jika kita belajar mengolah atau mendaur ulang sampah.

Disamping itu, interaksi manusia dan lingkungan yang merugikan lainnya adalah menebang pohon sembarangan tanpa memilih pohon yang bisa atau sebaiknya tidak ditebang. Hal ini tentu saja akan memicu adanya peristiwa atau bencana tanah longsor.

Sementara itu, pengaruh negatif interaksi manusia dan lingkungan selanjutnya adalah kecerobohan manusia yang bisa menyebabkan kebakaran hutan. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kerugian dan kerusakan yang besar bagi manusia maupun makhluk hidup yang tinggal disekitarnya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya agar kita bisa menjaga lingkungan demi kepentingan diri sendiri juga makhluk hidup lainnya. Sehingga manusia bisa terus menikmati dan mendapatkan manfaat dari alam sekitarnya. Adapun cara yang benar agar adanya interaksi manusia dan lingkungan yang positif dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam.

Apa dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam?

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas five – Simak kunci jawaban soal Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! yang ada dalam Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran iv untuk Kelas five SD halaman 40, 41.

TRIBUNNEWS.COM
– Berikut ini jawaban soal Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Soal Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! ada dalam Tema 6 Subtema ane Pembelajaran 4 untuk Kelas five SD halaman twoscore, 41.

Baca :   Kesaksian Tentang Utusan Allah Disebut Syahadat

Buku Tematik Tema six untuk SD kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Panas dan Perpindahannya.

Subtema ane dalam Buku Tematik ini berjudul Suhu dan Kalor.

Selain kunci jawaban halaman xl dan 41, dalam artikel ini juga memuat kunci jawaban soal di halaman 39, 42, 43, 45, dan 46.

Baca juga: Siapakah Triyono? Kunci Jawaban Tema vi Kelas iv SD Buku Tematik Cita-Citaku Subtema 1 Pembelajaran iii

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Suhu dan Kalor Pembelajaran six

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Kunci Jawaban Soal “Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!” Halaman xl, 41:

Kunci Jawaban Halaman xl, 41

Apa dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam?

Manusia tidak bisa hidup tanpa alam, oleh sebab itu kita harus menjaganya.

adjar.id –Menjaga alam adalah kewajiban semua umat manusia, Adjarian.

Sebagai manusia, kita tidak akan bisa hidup tanpa alam.

Bahkan, kebutuhan utama kita untuk hidup seperti
oksigen
dan air semuanya bergantung pada alam.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita senantiasa menjaga alam agar tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup yang menempatinya.

Baca Juga: Jawab Soal Berdasarkan Teks ‘Pelajaran Pelangi’, Kelas 5 Tema seven

Nah, dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 6 halaman 39-41, terdapat sebuah teks bacaan berjudul Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya.

Teks bacaan tersebut menceritakan tentang upaya manusia untuk
menjaga lingkungannya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar pemanfaatan alam dapat dilakukan dalam waktu yang lama oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

Nah, setelah menyimak teks tersebut, ada beberapa soal yang harus kita kerjakan.

Yuk, kita kerjakan bersama!


Page 2

Apa dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam?

Manusia tidak bisa hidup tanpa alam, oleh sebab itu kita harus menjaganya.
(Unsplash)

1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Jawab:

Tidak bisa karena manusia hidup bergantung dengan kondisi lingkungan alamnya.

Manusia memperoleh banyak manfaat dari sumber daya alam yang dipergunakannya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Baca :   Bagaimana Cara Mengoper Bola Kepada Teman

Manfaat tersebut berlaku di segala aspek kehidupan manusia.

Aspek tersebut, yaitu sandang, pangan, dan papan, sehingga hal yang mustahil bagi manusia untuk dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.

Baca Juga: Jawab Soal Contoh Cara Menjaga Lingkungan, Kelas 4 Tema 3

ii. Jelaskan dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!

Jawab:

  • Manusia melakukan penghijauan atau reboisasi.
  • Petani bercocok tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Peternak memelihara hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.
  • Nelayan menangkap ikan di laut.

Page 3

Apa dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam?

Manusia tidak bisa hidup tanpa alam, oleh sebab itu kita harus menjaganya.
(Unsplash)

three. Sebutkan dan jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Jawab:

  • Pembuangan sampah domestik dan industri meyebabkan pencemaran air.
  • Penebangan hutan (aktivitas pembalakan hutan dan pertambangan yang tidak terkendali) akan menyebabkan erosi tanah, tanah longsor, banjir bandang, perubahan cuaca, efek rumah kaca dan pemanasan global, hilangnya keanekaragaman, kepunahan organisme.
  • Penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan dalam pertanian dapat menyebabkan eutrofikasi, pencemaran air.

Baca Juga: Pidato Bahasa Inggris tentang Menjaga Lingkungan dan Terjemahan

  • Pembakaran bahan bakar fosil disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berdampak pada efek rumah kaca, pemanasan global, pencemaran udara, pencemaran suara.
  • Pembuatan bangunan dengan console-panel kaca berdampak pada efek rumah kaca.
  • Penggunaa aerosol meyebabkan penipisan lapisan ozon.

Page 4

Apa dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam?

Manusia tidak bisa hidup tanpa alam, oleh sebab itu kita harus menjaganya.
(Unsplash)

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Jawab:

Akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya adalah berbagai kerusakan alam dan lingkungan.

Dampak tersebut seperti pemanasan global, perubahan cuaca, dan efek rumah kaca.

Dampak lain ialah hilangnya keanekaragaman makhluk hidup karena kepunahan organisme.

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Lingkungan

Selain itu, dampak lainnya adalah pencemaran seperti pencemaran air, udara, dan suara.

Contoh kasus buang sampah sembarangan, jika seseorang terus menerus melakukannya, sampah akan menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap dan bisa menimbulkan penyakit.

Jika dibuang sembarangan, sampah bisa menyumbat saluran air dan berpotensi menimbulkan bencana banjir yang pastinya akan merugikan manusia sendiri.

Nah, itulah pembahasan soal berdasarkan teks bacaan berjudul Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya.

Dampak Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan

Source: https://toptenid.com/apa-dampak-negatif-interaksi-manusia-dengan-lingkungan-alam

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …