Dalam Sistem Periodik Unsur Golongan Menyatakan

Dalam Sistem Periodik Unsur Golongan Menyatakan

Lihat Foto

Ilustrasi kimia

KOMPAS.com
– Periode dan golongan pada tabel periodik menunjukkan struktur atom unsur. Simak contoh soal UAS mengenai tabel periodik unsur dan pembahasannya:

1. Dalam tabel periodik unsur mod, periode menyatakan..

a. Jumlah kulit atomb. Elektron dalam atomc. Neutron dalam inti atomd. Proton dalam inti atom

e. Elektron pada kulit terluar

Jawaban: A
Dilansir dari Alive Science, periode dalam tabel periodik menunjukkan jumlah kulit atau atau tingkatan energi elektron atom tersebut.

Hal ini berarti unsur yang terletak pada periode yang sama, memiliki jumlah kulit cantlet yang sama pula. Periode ditunjukkan oleh baris horizontal yang berjumlah vii, berarti tabel periodik memiliki 7 periode.

Baca juga: Tabel Periodik

two. Dalam sistem periodik unsur modern, golongan menyatakan…

a. Jumlah elektronb. Jumlah subkulit atomc. Jumlah elektron valensid. Jumlah proton valensi

due east. Jumlah elektron pada subkulit

Jawaban: C

Golongan menyatakan jumlah elektron yang sama dikulit terluarnya atau yang biasa disebut dengan elektron valensi.

Golongan ditunjukkan oleh kolom vertikal yang berjumlah 18, sehingga ada 18 golongan dalam tabel periodik.

Tabel periodik unsur foto dok: Kumparan



Tabel

periodik unsur berdasarkan pada hukum periodik modern yang menyatakan bahwa sifat fisik dan kimia dari unsur-unsur adalah fungsi periodik dari nomor cantlet mereka. Tabel periodik ini disusun oleh Moseley yang berdasarkan kepada tabel periodik Mendeleev kemudian diperbaiki dan selanjutnya menjadi dasar bagi penyusunan tabel periodik unsur mod.


Susunan periodik yang disusun oleh Moseley akhirnya berkembang lebih baik sampai didapatkan bentuk yang sekarang ini dengan mengikuti

hukum

periodik bahwa:

Bila unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan nomor atom, maka sifat unsur akan berulang secara periodik.

Baca :   Bahan Kebutuhan Sehari-hari Yang Termasuk Senyawa Adalah


Hubungan Sistem Tabel Periodik Unsur dengan Konfigurasi Elektron


Adapun posisi unsur-unsur dalam

tabular array periodik

ditentukan oleh bilangan kuantum utama dari unsur elektron terakhir. Dimana, konfigurasi elektron ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu konfigurasi elektron dalam periode dan konfigurasi elektron dalam golongan.


Unsur-unsur golongan utama adalah unsur-unsur yang konfigurasi elektronnya berakhir pada subkulit south atau subkulit p. Aturan penomoran golongan unsur utama adalah:


  • Nomor golongan sama dengan jumlah elektron di kulit terluar.


  • Contoh: 17F = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 : golongan VII A periode 3


Unsur-unsur transisi adalah unsur-unsur yang konfigurasi elektronnya berakhir pada subkulit d. Unsur-unsur transisi baru dijumpai mulai periode 4. Pada setiap periode ditemukan ten buah unsur transisi, sesuai dengan jumlah elektron yang dapat ditampung pada subkulit d. Diberi nama transisi karena terletak pada daerah peralihan antara bagian kiri dan kanan sistem periodik. Aturan penomoran golongan unsur transisi adalah:


  • Nomor golongan sama dengan jumlah elektron pada subkulit (n)south + (north-1)d. Kecuali untuk jumlah elektron 9 dan ten termasuk golongan VIII B, jumlah elektron xi termasuk golongan I B, dan jumlah elektron 12 termasuk golongan Ii B.


  • Nomor golongan ditambahkan huruf B sebagai tanda golongan transisi. Contoh: 23V = [Ar] 4s2 3d3 : golongan 5 B periode four.


Unsur-unsur transisi dalam adalah unsur-unsur yang pengisian elektronnya berakhir pada subkulit f. Unsur-unsur transisi dalam hanya dijumpai pada periode keenam dan ketujuh dalam sistem periodik. Unsur-unsur ini baru dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu unsur lantanida dan unsur aktinida.


Unsur-unsur lantanida (seperti lantanum) adalah unsur-unsur yang elektron terakhirnya mengisi subkulit 4f dan unsur-unsur aktinida (seperti aktinum), adalah unsur-unsur yang elektron terakhirnya mengisi subkulit 5f.

Baca :   Tunjukkan Contoh Upaya Penyelesaian Ancaman Bidang Ekonomi


Jika melihat dari ciri-cirinya maka tabel periodik ini bisa melihat kesamaan sifat fisik dan kimia, kesamaan elektron luar dan kecenderungan jumlah unsur. Itulah tadi pembahasan singkat mengenai tabel periodik unsur modern yang memiliki hubungan dengan konfigurasi elektron pada suatu zat

kimia
.

Di alam semesta ini banyak sekali ditemukan unsur, baik unsur yang terdapat di alam secara alami maupun unsur buatan manusia. Untuk memudahkan dalam pengklasifikasian unsur-unsur tersebut, maka penyusunannya pun dibagi dalam periode dan golongan unsur.

Penentuan periode dan golongan unsur dalam tabel periodik unsur sendiri tak dimungkiri sangat banyak membantu, utamanya dalam menjelaskan sifat-sifat kimia suatu zat. Maka, kemampuan menentuan periode dan golongan unsur sangat diperlukan.

Dalam sistem periodik unsur, terdapat 8 golongan dan 7 periode.

Untuk menentukan letak periode suatu unsur relatif mudah.

Periode suatu unsur sama dengan nomor kulit terbesarnya dalam konfigurasi elektron. Sebagai contoh 24Cr = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s1 3d5.

Nomor kulit terbesarnya adalah iv (dalam 4s1) maka Cr terletak dalam periode four. Sedangkan untuk menentukan golongan dapat menggunakan tabel. Jika subkulit terakhirnya adalah s atau p, digolongkan dalam golongan A (utama), sedangkan jika subkulit terakhirnya adalah d, digolongkan dalam golongan B (transisi). Untuk lebih lengkapnya, coba perhatikan tabel berikut ini:

Subkulit Golongan
s1 IA
s2 IIA
s2 p1 IIIA
s2 p2 IVA
s2 p3 VA
s2 p4 VIA
s2 p5 VIIA
s2 p6 VIIIA
s2 d1 IIIB
s2 d2 IVB
s2 d3 VB
s2 d5 VIB
s2 d5 VIIB
s2 d6 VIIIB
s2 d7 VIIIB
s2 d8 VIIIB
s2 d10 IIB
s2 d10 IB

Untuk memudahkan pengingatan, golongan A dimulai dari golongan IA sedangkan golongan B dimulai dari IIIB. Selain itu, jika subkulit terakhirnya p atau d, subkulit s sebelumnya diikutkan. Pada golongan VIB dan IB berlaku aturan penuh setengah penuh.

Baca :   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Tema 2 Kelas 6

(Baca juga: Lebih Dekat dengan Tabel Periodik Modern)

Contoh soal :

ane. Tentukan letak unsur 15P dan 56Ba di dalam sistem periodik unsur?

Penyelesaian :

15P     = (Ne) 3s23p3

(blok p : antara IIIA sampai VIIIA)

Berakhir pada 3p3 berarti pada golongan (iii + 2) A → VA

Jumlah kulit elektronnya iii berarti periodenya = 3

56Ba    = (Xe) 5s2

(blok s : golongan IA atau IIA)

Berakhir pada 5s2 berarti pada golongan IIA

Jumlah kulit elektronnya 5 periodenya = 5

two. Suatu unsur terletak pada golongan VIIA periode 4. Bagaimana konfigurasi elektronnya unsur tersebut?

Penyelesaiannya :

Pada golongan VIIA berarti pada blok p maka terakhir sub kulit p dank arena golongan VII berarti sub kulit p berisi 3 elektron → np5.

Pada periode 4 berarti harga n = 4 jadi konfigurasi elektron berakhir pada 4p5. Periode 4 merupakan periode setelah gas mulia Ar. Jadi konfigurasi elektron dari unsur tersebut adalah (Ar) 3d10 4s2 4p5.

Adanya hubungan antara konfigurasi elektron dengan letak unsur pada sistem periodik akhirnya dapat disimpulkan pula bahwa sifat-sifat suatu unsur ditentukan oleh konfigurasi elektronnya. Unsur dengan konfigurasi elektron yang mirip akan mempunyai sifat yang mirip.

Dalam Sistem Periodik Unsur Golongan Menyatakan

Source: https://belajardenganbaik.com/dalam-sistem-periodik-unsur-golongan-ditentukan-berdasarkan-konfigurasi-elektron-golongan-menyatakan

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …