Dalam Permainan Bulutangkis Backhand Smash Biasanya Digunakan Untuk

Dalam Permainan Bulutangkis Backhand Smash Biasanya Digunakan Untuk

Smash menjadi salah satu pukulan andalan dalam permainan bulutangkis. Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan paling cepat dan sekeras-keranya, menukik dan masuk lapangan lawan. Pukulan smash hampir sama dengan dengan pukulan lob. Perbedaannya terletak pada pukulan lob shuttlecock dipukul keatas, sedangkan pada pukulan boom shuttlecock dipukul tajam ke bawah dengan kecepatan yang lebih keras.

Jika pukulan lain digunakan untuk memancing lawan, merusak atau mengacaukan posisi lawan ataupun bahkan membuka daerah permainan lawan maka pukulan smash ditujukan untuk menjatuhkan shuttlecock sekeras-kerasnya ke bidang permainan lawan. Oleh karena itu, betapapun kemampuannya seseorang melakukan berbagai pukulan tidak akan sempurna bila tidak dilengkapi dengan pukulan nail yang baik.

Dalam bulutangkis, ada four macam pukulan smash, yaitu:

Smash penuh ini dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan smash penuh memiliki kekuatan maksmimal tetapi biasanya shuttlecock menjadi kurang terarah (akurat). Smash penuh pada umumnya harus sepanjang garis tertuju penuh badan lawan. Smash penuh dilakukan dengan sekuat tenaga maka akan penuh menggunakan posisi pensmash. Oleh karena itu, smash ini harus dapat mematikan lawan.

Nail ini kurang keras jika dibandingkan dengan nail penuh, tetapi shuttlecock lebih tajam dan lebih terarah. Pada umumnya smash potong dilakukan secara menyilang sebagai smash silang atau cross boom. Jika akan mensmash dari lini belakang maka lebih baik jika dilakukan smash potong dari pada smahs penuh.

Pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand, atau mengembalikan service kearah bagian kiri lapangan. Jika anda terlambat dibawah shuttlecock dalam posisi yang baik maka smashlah shuttlecock yang meluncur di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri (bagi pegangan tangan kanan).

Mensmash di depan pundak kiri atau bahkan lebih kiri itulah yang disebut around the head blast yaitu smash dengan lengan memutar mengitari atas kepala.

Gerakannya: miringkan badan ke kiri dan putarlah lengan diatas kepala untuk memukul shuttlecock meluncur di sebelah kiri.

Around the head smash sangat memerlukan keterampilan terutama keterampilan pergelangan tangan dab keseimbangan badan untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri tegak dan tidak sempoyongan.

Sebenarnya tidak semua blast harus dilakukan dengan forehand, tetapi dapat juga dilakukan dengan backhand boom, yaitu nail yang dilakukan dari sebelah kiri. Backhand smash mengutamakan gerak keterampilan pergelangan tangan, shuttlecock terlanjur melewati posisi anda juga dapat dipukul dengan backhand smash, untuk membackhand dengan tepat diperlukan pergelangan yang kuat dan mantap.

Baca :   Jelaskan Tata Cara Menyembelih Secara Tradisional

Backhand blast ini biasanya paling tepat untuk menyambar shuttlecock yang melucnur tanggung di dekat net, itu mudah dimatikan dengan cukup menggunakan keterampilan pergelangan tangan yang cepat, dan tidak perlu memukulnya dengan sekuat tenaga.

Dalam permainan, pukulan boom penuh tidak selalu dapat mematikan lawan. Seringkali pukulan setengah smash yang dilakukan pada saat yang tepat dan terarah lebih berhasil mematikan permaian lawan. Pukulan setengah blast seringkali sangat efektif, digunakan untuk mengacaukan tempo permaian. Pukulan setengah smash akan menghasilkan kecepatan shuttlecock yang sulit untuk dikontrol.

Pukulan smash setengah adalah cara yang sangat efektif untuk menempatkan shuttlecock pada suatu titik tertentu yang berada di luar kekuasaan lawan. Cara melakukannya hampir sama dengan boom penuh hanya pada saat shuttlecock akan menyentuh daun raket, shuttlecock sedikit agak dipotong. Fungsi pergelangan tangan dapat menentukan dalam melakukan smash setengah. Dengan putaran atau lekukan di pergelangan tangan anda akan mendapatkan arah shuttlecock yang melengkung sehingga jarak pukulan menjadi pendek dan sulit untuk keluar di garis belakang.



Macam-macam Boom Dalam Bulutangkis



2018-01-11T12:48:00-08:00 Rating:
iv.5

Diposkan Oleh:


Ikbal H

vii teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis penting untuk diketahui. Sebab dengan begitu, permainan bulu tangkis akan menjadi lebih optimal dan tentunya seru serta menarik.

Ya, bulu tangkis sendiri telah menjadi salah satu olahraga paling favorit di Republic of indonesia. Tak ayal, pertandingan bulu tangkis selalu dipadati penonton sebelum pandemi Covid-xix merebak.

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Bulu Tangkis bagi Pemula

Kini, serba-serbi soal pertandingan bulu tangkis pun menarik untuk diketahui, termasuk teknik dalam pukulannya. Lalu, apa saja teknik tersebut? Yuk, intip bersama 7 teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis besera penjelasannya.

BACA JUGA: Aksi Greysia Polii Tegur Apriyani Rahayu di Podcast Deddy Corbuzier Tuai Pujian Netizen

7. Smash

Teknik pukulan pertama adalah smash. Teknik ini sendiri menjadi yang diandalkan setiap pemain untuk meraup angka dalam pertandingan.

(Anthony Sinisuka Ginting beraksi di lapangan)

Smash sendiri merupakan pukulan keras yang dilakukan secara cepat. Teknik ini bisa dilakukan dengan mengandalkan kekuatan otot bahu dan lengan. Hal yang tak kalah penting adalah kecepatan agar bisa mengetahui ke arah mana shuttle cock akan dilajukan.

Baca :   Untuk Melakukan Pukulan Lurus Dalam Kasti Posisi Badan Harus

6. Lob

Selanjutnya ada teknik pukulan lob. Teknik ini dilakukan agar bola melambung tinggi ke arah belakang garis lawan. Teknik ini biasanya digunakan untuk bertahan maupun membuka peluang untuk menyerang lawan.

five. Drop Shot

Teknik ini dilakukan sama seperti nail. Bedanya, teknik drop shot dilakukan dengan menggunakan dorongan halus saat memukul bola. Sementara boom, teknik ini dilakukan dengan kekuatan penuh. Teknik ini dilakukan untuk meletakkan shuttlecock dekat dengan cyberspace dan tidak melebihi garis ganda.

4. Drive

Teknik yang satu ini banyak dilakukan dalam pertandingan nomor ganda. Pemain biasanya melakukan teknik ini untuk mengembalikan bola setelah mendapat serangan dari lawan.

(Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo)

Pukulan drive dilakukan cepat dan mendadak karena bertujuan membuat lawan bertahan dengan mengangkat shuttlecock ke arah atas. Jadi, drive dilakukan dengan kecepatan cukup kencang dan ketinggian sedikit di atas kepala.

3. Forehand

Di urutan ketiga, ada teknik pukulan forehand. Ini merupakan salah satu teknik pukulan dasar dalam bulu tangkis. Teknik ini biasanya dilakukan untuk mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan.

Dengan tujuan itu, teknik forehand pun mengandalkan pukulan kencang dari garis belakang yang disebut articulate shot. Teknik ini sering dilakukan untuk mendapat kesempatan membangun strategi.

2.  Backhand

Ada juga teknik backhand yang terbilang sulit dilakukan. Sebab, teknik ini membutuhkan koordinasi yang tepat dan cepa tantara lengan, bahu, dan langkah kaki. Tubuh bagian atas harus diputar dan tangan yang memegang raket berada di posisi dekat dengan bahu.

(Jonatan Christie)

Tujuan dari teknik backhand sendiri adalah membuat shuttlecock melaju menyeberangi net sejajar dengan bibir. Hal ini dilakukan agar shuttlecock menuju bagian depan dari wilayah permainan lawan.

ane. Netting

Terakhir, ada teknik netting. Teknik satu ini bertujuan menempatkan bola sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan disebut netting. Pukulan ini dilakukan agar shuttlecock berada sedekat mungkin dengan cyberspace.

  • #Sportpedia
  • #Bulu tangkis
  • #vii Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis backhand smash biasanya digunakan untuk… a. memukul bola yang melambung tinggi b. memukul bola yang dekatdi atas kepala c. memukul bola datar d. memukul bola di depan net

e. memukul bola lurus dan tajam

Lihat Foto

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

KOMPAS.com

– Blast adalah teknik serangan dalam permainan bulu tangkis. Pukulan keras dalam permainan bulutangkis dengan tujuan mematikan lawan yaitu pukulan smash.

Baca :   Volume Bola Terbesar Yang Dapat Dimasukkan

Pada permainan bulu tangkis smash berdasarkan teknik adalah pukulan yang dilakukan dengan tenaga penuh sehingga shuttlecock atau kok meluncur tajam ke surface area lawan.

Teknik smash sangat ampuh digunakan karena dapat membuat lawan tidak berkutik sama sekali.

Untuk menerapkan teknik ini dibutuhkan kekuatan otot bahu dan lengan sebagai modal utama mendapatkan karakter cepat dari kok saat melaju ke arah lawan.

Baca juga: Aturan Deuce dalam Bulu Tangkis

Pukulan smash dapat dilakukan ketika posisi kok berada tepat di atas kepala pemain dan dia harus memastikan posisi shuttlecock berada cukup tinggi kemudian memukul kok dengan bagian tengah permukaan raket yang rata.

Gerakan smash pada permainan bulutangkis termasuk gerak dasar lokomotor.

Di dalam permainan bulu tangkis, ada empat jenis pukulan nail yaitu blast penuh, smash potong, smash the head smash dan backhand blast. Berikut penjelasan singkatnya.

Baca juga: 5 Nomor Bulu Tangkis yang Dipertandingkan

Blast penuh adalah jenis pukulan yang dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan blast ini memiliki kekuatan maksimal.

Akan tetapi, jenis smash satu ini memiliki kelemahan karena biasanya kok menjadi kurang terarah.

ii. Smash Potong

Jenis smash satu ini adalah pukulan yang kurang begitu kencang dan tidak menggunkan tenaga penuh.

Meski demikian, jenis smash satu ini membuat shuttlecock lebih tajam dan terarah. Biasanya pukulan smash potong itu dilakukan secara menyilang atau bisa dibilang cross boom.

Baca juga: Apa Itu Claiming pada Pertandingan Bulu Tangkis?

iii. Smash the Caput Smash

Boom the caput smash adalah pukulan pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan nail dengan pukulan lob ke posisi backhand atau pegembalian servis ke arah bagian kiri lapangan.

four. Backhand Smash

Backhand smash umumnya dipakai untuk memukul bola yang dekat di atas kepala dan sisi berlawanan dengan tangan yang memegang raket.

Dapatkan update
berita pilihan

dan
breaking news

setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Dalam Permainan Bulutangkis Backhand Smash Biasanya Digunakan Untuk

Source: https://duuwi.com/136288/dalam-permainan-bulutangkis-backhand-smash-biasanya-digunakan-untuk.html

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …