Contoh Soal Fungsi Permintaan Dan Penawaran Beserta Kurvanya

Contoh Soal Fungsi Permintaan Dan Penawaran Beserta Kurvanya

Halo, Sobat Zenius! Di Materi Ekonomi Kelas 10 ini, gue mau ngajak elo ngebahas rumus fungsi permintaan dan penawaran beserta kurvanya, contoh soal dan cara menghitungnya. Yuk baca sampai selesai artikel ini!

Sebelum lebih jauh, gue mau menjelaskan singkat nih. Rumus fungsi permintaan dan penawaran ini terkait dengan hukum ekonomi yang menyatakan,

“Jika harga naik maka permintaan akan turun dan jika harga turun maka permintaan akan naik.”

Fungsi Penawaran dan Permintaan

Fungsi penawaran dan permintaan memiliki pengertian dan rumusnya masing-masing. Nah, di artikel Materi Ekonomi ini, elo akan belajar kedua fungsi yang saling berkaitan dalam membentuk satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

Gimana sih cara menghitung permintaan dan penawaran? Tentu ada rumus perhitungannya dong baik untuk penawaran dan permintaan. Langsung saja simak penjelasan berikut untuk informasi lengkap mengenai pengertian, rumus, dan contoh soal dari fungsi penawaran dan permintaan.

Rumus Fungsi Penawaran

Oke, pembahasan pertama, yaitu mengenai fungsi penawaran yang digunakan pada sudut pandang penjual. Perlu diketahui, fungsi penawaran adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga dan barang yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.

Ilustrasi rumus fungsi permintaan dan fungsi penawaran. (Dok. Zenius)

Agar lebih mudah, coba deh bayangkan di masa pandemi ini, elo lagi jualan masker. Jika harga masker di pasaran sedang naik maka sebagai penjual pasti elo akan berusaha menjual masker sebanyak-banyaknya. Sedangkan jika harga masker di pasaran sedang jatuh, elo pasti akan malas menjualnya karena untungnya tidak begitu besar.

Jadi, dari contoh tersebut elo bisa tahu nih kalau ternyata hubungan antara harga dengan fungsi penawaran itu berbanding lurus loh!

Karena hubungannya yang berbanding lurus tersebut, maka untuk menghitung fungsi penawaran dan mencari persamaan kurvanya dapat melalui rumus sebagai berikut:

P = a + bQ

atau

Q = a + bP

rumus fungsi penawaran
Ilustrasi rumus fungsi penawaran. (Dok. Zenius)

Dengan

Q: jumlah barang yang diminta

P: harga barang per unit

Baca :   Bunyi Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tertentu Disebut

a: angka konstanta

b: koefisien kecenderungan (positif karena hubungan penawaran bersifat berbanding lurus)

Berikut gambar kurva penawaran:

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 74

Kurva penawaran digambar dengan garis lurus dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan hubungan yang sifatnya berbanding lurus antara harga dan barang yang ditawarkan.

Tonton Juga: Memahami Fungsi Penawaran

Biar elo makin paham, gua bakal kasih contoh soal kurva fungsi permintaan dan pernawaran.

Contoh Soal dan Kurva Fungsi Penawaran

Soal 1

Perhatikan gambar kurva berikut ini.

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 75

Berdasarkan gambar kurva di atas, fungsi penawaran yang tepat adalah …

A. Qs = 2P – 10

B. Qs = 2P -20

C. Qs = 2P – xxx

D. Qs = P – 10

Pembahasan:

P1 = 0            P2 = 10

Q1 = -20        Q2 = 0

—————————–

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 76

2P = Q +20

2P – 20 = Q

Qs = 2P – twenty

Soal 2

Dean sedang merintis usaha
thrift store. Pada saat pasar ramai, ia menjual kaosnya dengan harga Rp60.000 untuk penjualan 20 unit. Jika Dean menjual 30 unit dengan harga Rp80.000, maka tentukan fungsi penawarannya.

Footstep one: Gunakan rumus persamaan garis lurus

Perhitungan rumus fungsi penawaran

20.000Q – 400.000 = 10P – 600.000

20.000Q = 10P – 200.000

Q = 0,0005P – 10

Jadi, fungsi penawaran Dean adalah sebesar Q = 0,0005P – 10


Rumus Fungsi Permintaan

Setelah belajar apa itu fungsi penawaran dan rumusnya, sekarang pasti elo mikir, fungsi permintaan tuh apa sih?

Well, fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta. Jadi, fungsi permintaan ini ada pada sudut pandang pembeli, ya!

Nah, kalau elo perhatikan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta itu selalu berbanding terbalik, loh!

rumus fungsi permintaan dan fungsi penawaran
Ilustrasi periode flash sale (Dok. freepik.com)

Contohnya, ketika lagi tanggal i.ane alias
wink sale
bertebaran di mana-mana, semua barang di
olshop
diskon besar-besaran, pasti elo bakal aji mumpung langsung beli barang sebanyak-banyaknya dong. Karena lama lagi harus nunggu sebulan untuk
flash auction
berikutnya.

Karena hubungannya yang memiliki keterbalikan tersebut, maka untuk menghitung fungsi permintaan dan mencari kurvanya akan menggunakan rumus sebagai berikut:

Baca :   Luas Trapesium Pada Gambar Disamping Adalah

P = a – bQ

atau

Q = a – bP

rumus fungsi permintaan
Ilustrasi rumus fungsi permintaan. (Dok. Zenius)

Dengan

Q: jumlah barang yang diminta

P: harga barang per unit of measurement

a: angka konstanta

b: koefisien kecenderungan (negatif karena hubungan permintaan bersifat berbanding terbalik)

Berikut gambar kurva permintaan:

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 77

Dalam membaca kurva permintaan itu mulai dari kiri atas menuju kanan bawah karena hubungan pada fungsi ini adalah berbanding terbalik antara harga dengan jumlah barang yang diminta.

Contoh Soal dan Kurva Fungsi Permintaan

Biar lebih paham, coba langsung dipraktikkan aja ke dalam contoh soal dan kurva permintaan berikut ini.

Soal 1

Jika kelangkaan menghilang, bagaimana bentuk kurva permintaan?

A.
Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 78

B.
Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 79

C.
Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 80

D.
Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran - Materi Ekonomi Kelas 10 81

Pembahasan:

Kelangkaan muncul ketika kebutuhan atau keinginan lebih besar dari ketersediaan barang. Jika kelangkaan muncul, maka itu akan mempengaruhi harga pasar yang juga mempengaruhi permintaan. Nah, kalau kelangkaan hilang maka harga juga akan hilang atau 0. Jadi, jawabannya adalah
D.

Soal 2

Harga (per unit) Permintaan Lisa Permintaan Daniel
Rp20.000 2 10
Rp18.000 3 14
Rp16.000 4 18
Rp14.000 5 22

Mari kita coba hitung rumus fungsi permintaan (Q) Lisa dan Daniel.

Fungsi Permintaan Lisa

Step 1:
Lihat dan amati information pada tabel

Saat harga barang Rp20.000 per unit, permintaan Lisa sebanyak 2 unit. Namun, saat harga barang turun menjadi Rp18.000 permintaan Lisa naik menjadi three unit of measurement. Nah, hal ini bisa dituliskan menjadi

Q₁ = 2

P₁ = Rp20.000

Q₂ = 3

P₂ = Rp18.000

Step ii:
Hitung dengan menggunakan persamaan garis lurus

Perhitungan rumus fungsi permintaan

4.000 – 2.000Q = P – 20.000

-2.000Q = P – 24.000

Q = 12 – 0,0005P

Jadi, fungsi permintaan Lisa adalah Q = 12 – 0,0005P dan fungsi ini berlaku untuk semua perubahan permintaan Lisa loh! Jika harga barang sixteen.000 maka

Q = 12 – 0,0005 (16000)

    = 4

Fungsi Permintaan Daniel

Step 1:
Lihat dan amati information pada tabel.

Saat harga barang Rp16.000 per unit, permintaan Daniel sebanyak 18 unit of measurement. Namun, saat harga barang turun menjadi Rp14.000 permintaan Daniel naik menjadi 22 unit. Nah, hal ini bisa dituliskan menjadi

Baca :   Apakah Yang Dimaksud Smash Dalam Permainan Bola Voli

Q₁ = 18

P₁ = Rp16.000

Q₂ = 22

P₂ = Rp14.000

Pace 2: Hitung dengan menggunakan persamaan garis lurus

Fungsi permintaan

36.000 – 2.000Q = 4P – 64.000

-two.000Q = 4P – 100.000

Q = fifty – 0,002P

Jadi, fungsi permintaan Daniel adalah sebesar Q = 50 – 0,002P dan fungsi ini berlaku untuk semua perubahan permintaan Daniel juga, jadi jika harga barang xviii.000 maka

Q = l – 0,002 (eighteen.000)

    = 14

Oh iya selain contoh soal dalam bentuk kurva, di materi ini bakal elo dapati juga contoh soal tabel permintaan dan penawaran. Coba kerjain latihan soal dari Zenius deh, nanti pasti ketemu soal dalam bentuk tabel.

Nah, Sobat Zenius, gimana sekarang sudah paham kan dengan
rumus dan contoh soal fungsi permintaan dan penawaran? Biar makin paham, elo juga bisa nonton video penjelasan materi belajar dan contoh soal fungsi permintaan dan penawaran beserta kurvanya lho. Klik banner di bawah ini ya!

Pelajari materi Ekonomi di video materi belajar Zenius

Buat elo yang masih bingung dan tersesat tanpa tahu arah jalan pulang dan ingin tahu lebih banyak terkait rumus fungsi penawaran dan permintaan bisa banget nih beli paket belajar Zenius.

Khusus buat Sobat Zenius yang ingin ningkatin nilai rapor, sekaligus nambah pemahaman ke semua materi belajar di sekolah, elo bisa berlangganan Zenius Aktiva Sekolah.

Di paket ini, elo bakal diberi akses ke ribuan video belajar premium, ikutan endeavour out buat persiapan ujian, dibimbing langsung sama Zen tutor di Live Class, sampai latihan soal biar makin jago menjawab segala jenis soal-soal ujian. Yuk, cek info lengkapnya dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

indeks harga

Baca Juga
Materi Ekonomi Lainnya

Coba Ngertiin Ilmu Ekonomi dari Jenis-jenisnya Deh!

Materi Ekonomi: Pertumbuhan Ekonomi

Materi Ekonomi: Pembangunan Ekonomi

Materi Ekonomi Kelas 10: Konsep Manajemen

Originally Published:

Jan 10, 2022


Updated past:

Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius, Rizaldi Abror



& Silvia Dwi

Contoh Soal Fungsi Permintaan Dan Penawaran Beserta Kurvanya

Source: https://www.zenius.net/blog/rumus-fungsi-permintaan-dan-fungsi-penawaran

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …