Contoh Perilaku Beriman Kepada Kitab Allah

Contoh Perilaku Beriman Kepada Kitab Allah


Dalam ajaran

Islam

ada rukun iman yang menjadi pokok atau dasar yang harus dikerjakan, diyakini dan dipercayai oleh umat muslim dalam tiga tahapan yaitu iman diyakini dalam hati, iman diikrarkan dengan lisan, dan iman diamalkan dengan anggota badan. Terkait dengan rukun iman tersebut, ada dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt.


Dikutip dari buku

Rukun Iman, Hudarrohman (2012: 18)

iman kepada kitab-kitab Allah SWT artinya percaya dan meyakini bahwa Allah SWT mempunyai kitab yang telah diturunkan kepada para rasul-Nya, untuk menjadi pedoman hidup bagi umatnya.


Hukum beriman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah fardhu’ain atau wajib bagi setiap orang yang beragama Islam. Muslim yang tidak memercayai adanya kitab-kitab Allah adalah murtad atau keluar dari ajaran Islam.


Beriman kepada kitab Allah swt merupakan

rukun iman


yang ketiga. Mengimani kitab Allah swt berarti kita harus mempercayai dan mengamalkan segala sesuatu yang terkandung di dalam kitab tersebut. Iman kepada kitab Allah SWT merupakan salah satu landasan agama kita. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Al-Baqarah ayat 177 :


“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. Akan tetapi, sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman dengan Allah swt, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi….”

(QS. Al-Baqarah: 177).


Berikut adalah

contoh

dari perilaku seorang muslim yang mencerminkan iman kepada kitab Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari:


Demikian dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt. (WWN)

Contoh implementasi atau mengimplementasikan perilaku iman kepada kitab Allah dalam kehidupan sehari hari, sebutkan beberapa perilaku yang mencerminkan beriman kepada al-quran.

Baca :   Sumber Gerakan Yang Benar Saat Melakukan Gerak Guling Lenting Adalah

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaaatuh para mbak mas yang duduk di bangku kelas SMA yang cantik manis ganteng baik hati tidak sombong dan rajin menabung.

selain implementasi diatas, juga untuk menjawab pertanyaan sebutkan contoh 3 5 perilaku beriman kepada kitab allah, cara menerapkan iman kepada kitab-kitab allah dalam kehidupan sehari hari beriman kepada kitab allah yang sering muncul pada situs brainly.

untuk menjawab pertanyaan ataupun perintah dalam soal untuk menyebutkan perilaku mulia dan terpuji dalam beriman mengimani keberadaan kitab – kitab Allah, berikut sebagian contoh jawabannya.

berikut kami sampaikan 5 buah contoh sebagai bentuk perilaku mulia akhlak yang mencerminkan iman dan percaya kepada kitab Allah yang diturunkan kepada rasulnya.

berikut kelima contoh yang dimaksud.

  1. Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’ān datang dari Allah Swt., tetapi akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukkan dengan ide-ide manusia di zamannya.
  2. Al-Qur’ān sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt. sampai sekarang. Umat Islam juga sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’ān adalah tugas kita sebagai muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’ān adalah dengan berusaha menghormati, memuliakan, dan menjunjung tinggi kitab suci alQur’ān.
  3. Menjadikan al-Qur’ān sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekalikali berpedoman kepada selain al-Qur’ān.
  4. Berusaha untuk membaca al-Qur’ān dalam segala kesempatan di kala suka maupun duka, kemudian belajar memahami arti dan isinya.
  5. Berusaha untuk mengamalkan isi al-Qur’ān di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu sempit maupun di waktu lapang.

Penjelasan dan kesimpulan contoh perilaku

Dari kesimpulan tentang beberapa contoh diatas, implementasi iman kepada kitab-kitab Allah diantaranya adalah memiliki keyakinan bahwa kitab kitab sebelumnya datang dari Allah Swt akan tetapi sudah mengalami perubahan oleh tangan manusia alias tidak murni seperti pada saat diturunkan.

Baca :   Energi Panas Yang Dimiliki Benda Disebut

Meyakini dan memang sudah terbukti bahwasanya alquran dijaga kemurniannya oleh sang Pencipta sampai dengan waktu sekarang.

Menjaga kemurnian kitab suci alquran adalah tugas kita sebagai seorang muslim atau setidaknya seperti itu dalam buku pelajaran PAI.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan berusaha menghormati, memuliakannya dan menjunjung kitab al-Qur’an secara harfiah ataupun maknawi.

Termasuk diantara implementasi iman kepada kitab suci alquran dengan cara berusaha membaca alquran dalam segala kesempatan dalam berbagai situasi dan selanjutnya mempelajari dan berusaha mengerti arti dan makna yang dikandung didalamnya.

Berusaha untuk mengamalkan isi yang ada dalam alquran dalam kehidupan sehari hari secara konsisten dan berbagai kondisi baik dikala luang maupun sempit.

Itulah rangkuman tentang contoh perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah yang tercantum dalam buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI atau 2 Sekolah Menengah Atas (SMA), semoga menambah khazanah dan kemudahan dalam mengerjakan soal ujian ulangan maupun semesteran.

Selamat malam, semoga menjadi siswa siswi murid yang saleh solihah, sukses dalam nilai pekerjaan masa depan berbakti kepada orang tua, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Contoh Perilaku Beriman Kepada Kitab Allah

Source: https://apamaksud.com/jelaskan-tiga-sikap-perilaku-beriman-kepada-kitab-kitab-allah

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …