Contoh Penerapan Makna Proklamasi Saat Upacara Bendera Adalah

Contoh Penerapan Makna Proklamasi Saat Upacara Bendera Adalah

Ilustrasi contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera, sumber: world wide web.pixabay.com



Proklamasi

kemerdekaan menjadi peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Terbebasnya Indonesia dari belenggu para penjajah dan mulai memiliki otoritas penuh untuk mengelola bangsa sendiri. 17 Agustus menjadi hari dimana Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia, membacakan proklamasi di depan rakyat di kediamannya, Jalan Pegangsaan Timur No.56. Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus sebagai wujud nasionalisme juga untuk mengenang jasa-jasa para pejuang bangsa. Hal yang terkait contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera sangat penting untuk diketahui, terutama bagi siswa sebagai generasi yang dipersiapkan untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa.


Contoh Penerapan Makna Proklamasi saat Upacara Bendara

Ilustrasi contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera, sumber: www.pixabay.com


Dikutip dari jurnal berjudul

Proklamasi 17 Agustus 1945: Revolusi Politik Bangsa Haryono Rinardi (2017:143) yang ditulis oleh Haryono Rinardi
, bahwa salah satu babak penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia adalah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Peristiwa itu menjadi tonggak penting bangsa Indonesia, karena dengan proklamasi bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan dirinya sehingga sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kejadian pada Jumat tanggal 17 Agustus 1945 itu bukan berdiri sendiri secara tunggal, tetapi merupakan puncak dari rangkaian kejadian yang telah terjadi sebelumnya. Proklamasi oleh sebagain orang dianggap sebagai titik kulminasi perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya.


Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia saat

upacara

bendera adalah:


  1. Siap sedia ketika ditunjuk menjadi petugas upacara. Hal ini merupakan refleksi sikap pemberani yang dapat dicontoh dari para pahlawan bangsa yang tak gentar melawan penjajah hingga tercapainya kemerdekaan.


  2. Mengikuti upacara tepat waktu, bahkan siap di lapangan ketika upacara belum dimulai. Sikap ini merupakan cerminan kedisiplinan yang dahulu juga diterapkan oleh para pejuang dalam memperjuangkan kemerdaan bangsa Indonesia.


  3. Mengikuti upacara secara khidmat. Melakukan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab juga dilakukan oleh para pahlawan, mereka fokus pada tujuan dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Khidmat dalam melaksanakan upacara merupakan salah satu wujud dari sikap tanggung jawab sebagai peserta upacara.

Baca :   Pink Salem Cocok Dengan Warna Apa

Ilustrasi contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera, sumber: www.pixabay.com


Mempelajari contoh penerapan makna proklamasi saat upacara merupakan langkah baik untuk menanamkan semangat

kemerdekaan

kepada anak-anak sejak usia sekolah. Kedisiplinan dan kerja keras para pejuang dalam memperjuangkan proklamasi menjadi sikap yang harus dicontoh oleh anak muda masa kini. (RHM)

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 23:21 WIB

Permainan Rangku Alu dari Nusa Tenggara Timur
(dok. MIN 2 Kota Madiun)

Fotokita.net – Berikut jawaban contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari kelas half dozen SD tema 2.

Dalam Buku Tematik Kelas 6 Tema ii edisi revisi 2018 mengusung judul Persatuan dalam Perbedaan.

Sementara, Subtema 1 dalam buku ini mengusung judul Rukun dalam Perbedaan.

Beriku ini jawaban Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 6 SD/MI, Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Indahnya Kebersamaan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 5 di halaman 33. Berikut jawaban contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari kelas 6 SD tema two.

Kunci Jawaban Halaman 32 dan 33

Salah satu cara mencintai budaya nasional dengan cara melestarikan dan mengembangkan budaya budaya di indonesia.

Baca Juga: Jawaban Cara Tumbuhan Beradaptasi dengan Lingkungannya Kelas vi SD Tema 2

Salah satu cara mencintai budaya nasional dengan cara melestarikan dan mengembangkan budaya budaya di indonesia. Untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap Republic of indonesia dapat dilakukan dari hal kecil/mudah sampai ke hal-hal besar. Rasa cinta terhadap Negara kita juga dapat dilakukan oleh semua orang, tidak ada batasan usia, jenis kelamin dan lainnya. Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan. Bagaimana kamu memaknainya?

Bacalah teks berikut dalam hati!

Baca :   Jelaskan Kedudukan Para Wali Dalam Struktur Masyarakat Kesultanan Demak

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Republic of indonesia.

***

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!

Jawaban:

Makna proklamasi kemerdekaan yang tercermin dari kegiatan Edo dan teman-temannya sesuai teks terlampir adalah dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Edo dan kawan-kawanya memperkenalkan permainan Rangku Alu yang berasal dari NTT.

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

Jawaban:

Saya belajar dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna proklamasi kemerdekaan adalah bahwa kecintaan dan kebanggan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut dengan memperkenalkannya pada khalayak umum.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Jawaban:

Beberapa contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari baik itu di rumah, sekolah maupun masyarakat.

  • Di lingkungan rumah, makna proklamasi diwujudkan dengan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan dengan sesama anggota keluarga.
  • Di lingkungan sekolah, makna proklamasi diwujudkan dengan belajar sungguh-sungguh dalam mengisi kemerdekaan bangsa.
  • Adapun di lingkungan masyaraka, wujud penerapan makna proklamasi adalah dengan mempererat persaudaraan dalam suasana kekeluargaan dengan kerja bakti, gotong royong, musyawarah demi kepentingan bersama dan masih banyak lagi lainnya.
  • Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu.
Baca :   Berikut Yang Merupakan Faktor Produksi Asli Adalah

Makna proklamasi kemerdekaan dapat diwujudkan dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Kecintaan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut .Makna proklamasi juga dapat diterapkan baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Contoh Penerapan Makna Proklamasi Saat Upacara Bendera Adalah

Source: https://ujiansekolah.org/berilah-contoh-wujud-penerapan-makna-proklamasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …