Tema Seni Rupa Murni
– semua karya seni rupa di buat berdasarkan tema yang di angkat. Memahami tema seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi berarti kita dapat memahami tujuan pencipta karya tersebut. Berikut ini kita akan membaha mengenai tema seni rupa murni yaitu hubungan antara manusia dengan manusia lain, alam sekitar, benda, dan aktifitasnya. Berikut adalah pembahasannya.

Pengertian Seni Lukis | Aliran Gaya Lukisan

Tema Seni Rupa Murni

Seni rupa adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menuangkan gagasan atau ide dari seseorang. Tema adalah gagasan atau ide dalam suatu karya yang di ciptakan baik dalam bentuk karya dua dimensi atau tiga dimensi. Semua karya seni yang di ciptakan akan mengandung unsur tema yang diangkat.

Tema tersebut berupa banyak pikiran yang terdapat pada penciptanya. Dalam hal ini seni rupa yang di buat akan mengandung unsur misalnya keagamaan, kelestarian, keindahan, alam, objek benda, objek manusia dan masih banyak lainnya.

Karya seni yang di ciptakan mengandung makna misalnya hubungan antara manusia dengan manusia tentunya karya seni yang di ciptakan akan berhubungan antar manusia. Dalam hal ini objek yang utama adalah manusia yang akan berhubungan dengan siapa misalnya berhubungan dengan orang lain, benda sekitar, alam sekitar, atau dengan aktifitasnya.

Berikut ini adalah pembahasan hubungan antara manusia dengan dirinya, hubungan antara manusia dengan manusia lain, hubungan antara manusia dengan alam sekitar, hubungan antara manusia dengan benda, hubungan antara manusia dengan aktifitasnya.

Teknik Melukis | Gagasan, Alat, Bahan, Teknik, Sketsa

1.      Hubungan Antara Manusia dengan Dirinya

Hubungan Antara Manusia dengan Dirinya

Rasa keindahan pada suatu karya seni mewujudkan lewat media ekspresi. Dalam hal ini mengungkapkan ekspresi tersebut seseorang menggunakan potret dirinya sendiri sebagai objek lukisan. Pelukis yang menggunakan hubungan antara manusia dengan dirinya adalah Raden Saleh, Basuki Abdullah, Vincent Ban Gogh, Affandi dan Southward Sudjojono.

Baca :   Wirausaha Berasal Dari Kata Wira Dan Usaha Wira Berarti

two.      Hubungan Antara Manusia dengan Manusia Lain

hubungan antara manusia dengan manusia lain
hubungan antara manusia dengan manusia lain

Banyak pelukis yang menggunakan objek manusia lain untuk mengekspresikan lukisanya. Objek yang di gunakan tidak harus perempuan dewasa ada juga anak-anak, orang rua, orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka lebih mudah menggambar orang lain di banding kan dengan dirinya sendiri.

3.      Hubungan Antara Manusia dengan Alam Sekitar

Hubungan Antara Manusia dengan Alam Sekitar
Hubungan Antara Manusia dengan Alam Sekitar

Alam merupakan objek yang menarik dan tidak akan habis akan idenya. Pelukis yang menggunakan objek alam banyak sekali karena objek ini mudah di temukan di berbagai wilayah. Wilayah tidak perlu di perbukitan atau pegunungan kadang di sekitar kita juga menarik untuk di gambar. Pelukis yang menggunakan hubungan antara manusia dengan alam sekitar adalah S sudjojono, Raden Saleh, Pirngandi, Henk Ngantung, Wakidi, Basuki Abdullah dan Bustaman.

iv.      Hubungan Antara Manusia dengan Benda

Hubungan Antara Manusia dengan Benda

Benda di sekitar kita bisa menjadi objek menarik untuk di lukis. Misalnya Gedung-gedung, gelas, peralatan dapur, buah-buahan, botol, lemari, kursi, bunga benda-benda balok atau kayu dan masih banyak lagi. Keunikan lukisan yang di hasilnya ada yang berbentuk silindris, kubistis, atau bentuk bebas.

5.      Hubungan Antara Manusia dengan Aktifitasnya

Hubungan Antara Manusia dengan Aktifitasnya
Hubungan Antara Manusia dengan Aktifitasnya

Aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak, sehingga pelukis tertarik untuk melukis aktifitas yang menarik. Lukisan menjadi sesuatu yang menarik apabila di ambil dari sudut pandang aktifitas dengan komposisi dan proporsi gelap dan terang. Pelukis yang mengikuti aliran ini adalah Dullah, dan Barli Sasmita Winata.

6.      Hubungan Antara Manusia dengan Alam Khayal

Hubungan Antara Manusia dengan Alam Khayal
Hubungan Antara Manusia dengan Alam Khayal

Imajinasi seseorang sangat luas dan muncul beraneka ragam. Karya seni beraliran ini sering muncul pada keadaan sadar maupun tidak sadar misalnya tidur. Khayalan ini bisa di wujudkan pada suatu karya seni yang indah dan unik. Tokoh pelukis ini antara lain Salvador Dali, Ivan Sagita, dan Lucia Hartini.

Baca :   Contoh Sikap Hormat Dan Patuh Kepada Guru

Baca Juga:

Pengertian Seni Lukis | Aliran Gaya Lukisan

Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik dan Bahan yang Digunakan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you then much, see y’all side by side artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Milasari, Heru Subagio, Siti Masripah, dan Jelmanto

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Kesenian – Studi dan Pengajaran

Kelas               : 9

ISBN 978-602-1530-74-0 (jilid lengkap)