Contoh Bangun Segi Banyak Tidak Beraturan

Contoh Bangun Segi Banyak Tidak Beraturan

06 November 2021, 08:45 WIB

Febby Saraswati |
Humaniora


ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/ Perbandingan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan.

SEGI banyak dibedakan menjadi dua macam, yaitu bangun datar segi banyak beraturan dan bangun datar segi banyak tidak beraturan. Namun pada kali ini kita akan belajar tentang segi banyak tidak beraturan.

Segi banyak tidak beraturan yaitu bangun datar yang mempunyai banyak segi, tapi beberapa sisinya memiliki sudut dan panjang yang tidak sama.

Baca juga:Dorong Potensi Buah Hati Melalui Mainan Edukasi Ramah Anak

Selain itu, jenis segi banyak ini mempunyai jumlah segi lebih dari tiga. Contoh dari segi banyak tidak beraturan yaitu persegi panjang, segitiga siku-siku, segitiga sembarang, segitiga sama kaki, belah ketupat, layang-layang,  trapesium dan jajar genjang.

Ciri-ciri untuk mengetahui segi banyak tidak beraturan, yaitu:

  • Tidak semua sisinya memiliki sisi yang sama panjang
  • Tidak semua sudutnya memiliki besar sudut yang sama
  • Jumlah simetri putar banyaknya tidak sama dengan banyaknya sisi
  • Jumlah simetri lipat banyaknya tidak sama dengan banyaknya sisi
  • Bentuknya dapat berupa cembung maupun cekung

Nah bagaimana? Sekarang sudah tahu kan penjelasan tentang bangun segi banyak tidak beraturan mulai dari pengertian, jenis, dan ciri-ciri. Semoga bermanfaat ya. (OL-one)

Abode » Kelas Four » Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan

Bangun datar merupakan bangun dua dimensi yang dibatasi oleh sebuah garis lurus atau lengkung. Beberapa bangun datar yaitu persegi, persegi panjang, dan segitiga.. Kurva merupakan bangun geometri. Kurva merupakan kumpulan semua titik yang dapat digambar tanpa mengangkat pensil. Ada dua jenis kurva, yaitu kurva tertutup dan kurva tidak tertutup. Kurva tidak tertutup terdiri atas dua macam, yaitu kurva tertutup sederhana dan kurva tertutup tidak sederhana. Kurva tertutup adalah kurva yang titik ujungnya berimpit. Kurva tertutup sederhana adalah kurva yang hanya dibentuk oleh ruas garis disebut segi banyak. Kurva tertutup tidak sederhana adalah kurva tertutup yang memotong dirinya sendiri. Kurva tidak tertutup yang tidak memotong dirinya sendiri disebut kurva tidak tertutup sederhana, sedangkan yang memotong dirinya sendiri disebut kurva tidak tertutup tidak sederhana.

Baca :   Termometer C Dan F Akan Menunjukkan Suhu Yang Sama Adalah

A. Segibanyak dan Bukan Segibanyak

Segibanyak merupakan suatu kurva tertutup sederhana yang terdiri dari ruas-ruas garis. Ruas garis-ruas garis itu disebut sisi. Segi banyak paling sedikit mempunyai tiga buah sisi. Segi banyak yang mempunyai tiga buah sisi disebut segitiga, segi banyak yang mempunyai empat buah sisi disebut segiempat, segibanyak yang mempunyai lima buah sisi disebut segi lima, dan seterusnya. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri segibanyak antara lain sebagai berikut:

  1. Segibanyak merupakan bangun tertutup
  2. Segibanyak memiliki minimal three sudut
  3. Segibanyak minimal memiliki 3 buah sisi
  4. Jumlah sudut sama banyak dengan jumlah sisi
  5. Sisinya dibatasi oleh garis lurus (tidak melengkung)

Pada bangun segibanyak ini garisnya tidak terputus, melainkan saling bersambung. Oleh sebab itulah disebut bangun tertutup. Beberapa contoh bangun segibanyak antara lain sebagai berikut.

one. Segitiga

Segitiga merupakan segibanyak yang paling dasar. Segibanyak ini mempunyai tiga sisi dan dapat dibedakan menurut sifat-sifat dari sisi-sisi atau sudut-sudut yang membentuknya. Segitiga dengan dua atau tiga sisinya sama panjang dinamakan segitiga sama kaki. Segitiga dengan tiga sisinya sama panjang dinamakan segitiga sama sisi. Apabila ketiga sisi segitiga tersebut panjangnya berbeda, segitiga ini dinamakan segitiga tidak sama kaki dan tidak sama sisi. Suatu segitiga yang mempunyai sudut siku-siku dinamakan segitiga siku-siku.

2. Segiempat

Segibanyak berikutnya adalah segi empat. Segi empat ini merupakan bentuk segibanyak yang paling banyak macamnya. Segibanyak ini mempunyai empat sisi yang membentuk empat sudut. Beberapa bentuk segi empat itu adalah persegi, persegi panjang, jajar genjang, layang-layang, belah ketupat, dan trapesium. Untuk membedakan macam-macam bentuk segi empat tersebut dapat dilihat sifat-sifat yang mungkin terdapat pada segi empat tersebut, yaitu:

  1. Sisi-sisi yang berhadapan sejajar atau tidak.
  2. Sudut-sudutnya merupakan sudut siku-siku atau tidak.
  3. Sisi-sisinya mempunyai panjang sama atau tidak.

Beberapa contoh bangun segiempat antara lain sebagai berikut :

a. Persegi

Persegi adalah segi empat yang mempunyai sifat sebagai berikut. a. sisi-sisi yang berhadapan sejajar. b. keempat sudutnya siku-siku. c. keempat sisinya sama panjang.

b. Jajar Genjang

Jajar genjang adalah bangun datar segiempat sisi-sisi yang berhadapannya sejajar dan sama panjang, serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar.

Baca :   Faktor Faktor Tentang Keberhasilan Dalam Usaha Kecuali

c. Layang-layang

Layang-layang adalah bangun datar segi empat yang mempunyai dua pasang sisi sama panjang dan saling membentuk sudut. Layang-layang dengan keempat sisi yang sama panjang disebut belah ketupat.

d. Trapesium

Trapesium adalah bangun datar segi empat yang dibentuk oleh empat sisi yang dua diantaranya saling sejajar namun tidak sama panjang.

Bukan Segibanyak

Bukan segi banyak adalah bangun tertutup yang tidak hanya terdiri atas garis saja, melainkan dibentuk juga oleh kurva lengkung  dan tidak selalu memiliki sudut. Contoh : Lingkaran, oval, 3/four lingkaran,  bentuk bulan sabit, bentuk hati dan lain-lain. Beberapa ciri bukan segi banyak, antara lain sebagai berikut :

  1. Kurva tidak selalu tertutup,
  2. Bentuk bisa cembung atau cekung,
  3. Tidak selalu memiliki sudut,
  4. Tidak selalu memiliki sisi berupa garis lurus.

Secara umum bangun segibanyak dibedakan menjadi 2 macam, yaitu beraturan dan tak beraturan.

1. Segibanyak Beraturan

Segi banyak beraturan adalah sebuah bangun yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar. Jika sisi-sisi dan sudut-sudut pada suatu segi banyak mempunyai ukuran sama maka segi banyak itu disebut segi banyak beraturan. Bangun segi banyak beraturan juga disebut poligon. Di lihat dari bentuk bangunnya, bangun segi banyak beraturan memiliki ciri ciri antara lain: a. memiliki sisi yang sama panjang b. mempunyai sudut yang sama besar.

Contoh bentuk bangun segi banyak beraturan adalah segitiga sama sisi (trigon), persegi (tetragon), segilima beraturan (pentagon), segienam beraturan (heksagon), segitujuh beraturan (heptagon), segidelapan beraturan (oktagon), segisembilan beraturan (nonagon), segisepuluh beraturan (dekagon).

2. Segibanyak Tidak Beraturan

Bangun segi banyak tidak beraturan adalah bangun segi banyak yang sisinya tidak sama panjang atau sudutnya tidak sama besar. Ciri ciri bangun segibanyak tak beraturan, antara lain:

  1. Panjang sisi bangun tersebut tidak sama.
  2. Besar sudut bangun tersebut tidak sama besar.

Contoh bangun segibanyak tak beraturan antara lain: segitiga samakaki, segitiga sembarang, segitiga siku-siku, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, layang layang, dan trapesium. Perbadaan segibanyak beraturan dan tidak beraturan antara lain.sebagai berikut. Segi banyak beraturan memiliki sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar sedangkan segi banyak tak beraturan memiliki salah satunya atau kedua duanya.

Baca :   Lagu Bangun Pemuda Pemudi Dinyanyikan Dengan Tempo

Contoh 1

Kelompokkanlah bangun-bangun berikut menjadi dua kelompok, yaitu kelompok bangun segi banyak dan bukan bangun segi banyak!

Kelompok bangun segi banyak adalah A dan D. Kelompok bukan bangun segi banyak adalah B, C dan E.

Contoh 2

Kelompokkanlah bangun-bangun segi banyak berikut menjadi dua kelompok, yaitu kelompok bangun segi banyak beraturan dan bangun segi banyak tidak beraturan!

Kelompok bangun segi banyak beraturan adalah B, D, dan E. Kelompok bukan bangun segi banyak beraturan adalah A dan C

Contoh 3

Berilah nama pada bangun segi banyak di bawah ini!.

a. Segitiga siku-siku. Bangun segi banyak yang memiliki iii sisi dan three sudut. b. Persegi. Bangun segi banyak yang memiliki iv sisi dan 4 sudut. c. Segilima beraturan. Bangun segi banyak yang memiliki v sisi dan 5 sudut. c. Segienam beraturan. Bangun segi banyak yang memiliki 6 sisi dan vi sudut.

Untuk lebih jelasnya silahkan saksikan video berikut ini

Ayo Mencoba
1. Berilah tanda centang (√) pada gambar yang merupakan bangun segi banyak dan tanda 10 yang bukan bangun segi banyak!

ii. Berilah arsiran pada bangun yang merupakan segibanyak beraturan pada gambar di bawah ini!

3. Gambarlah bangun segibanyak pada kotak di bawah ini dengan ketentuan berikut! a. Empat bangun segi banyak beraturan berbeda.

b. Empat bangun segi banyak tidak beraturan berbeda.

4. Buatlah bangun segi banyak dengan ketentuan sebagai berikut!

a. Bangun segi banyak beraturan dengan 6 sisi. b. Bangun segi banyak beraturan dengan three sisi. five. Tuliskan nama-nama bangun segi banyak beraturan berikut!

Segibanyak adalah suatu kurva sederhana tertutup yang dibentuk dari segmen garis-segmen garis. Segmen garis-segmen garis yang telah membentuk segibanyak tersebut dinamakan sisi. Segibanyak dengan tiga sisi dinamakan segitiga. Segibanyak dengan empat sisi dinamakan segi empat. Dan seterusnya, kita tinggal melihat banyaknya sisi. Apabila sisi dan sudut segibanyak masing-masing berukuran sama maka segibanyak tersebut dinamakan segibanyak beraturan.


Posted by Nanang_Ajim

Mikirbae.com Updated at: 12:57 PM

Contoh Bangun Segi Banyak Tidak Beraturan

Source: https://apaartidari.com/gambarkan-masing-masing-tiga-contoh-bangun-segi-banyak-beraturan-dan-segi-banyak-tidak-beraturan

Check Also

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Teks Tersebut Adalah SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI TEKS PROSEDUR MATA …